Bacaterus / Misteri Jawa Timur / 10 Tempat Angker di Trenggalek yang Bikin Jantung Deg-Degan

10 Tempat Angker di Trenggalek yang Bikin Jantung Deg-Degan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap kota pasti memiliki sejumlah tempat yang dianggap angker atau menakutkan. Beberapa tempat angker bahkan memiliki popularitas yang jauh lebih besar dibandingkan cafe-cafe menarik yang ada di sekitar tempat tersebut.

Sebut saja beberapa tempat seperti Lawang Sewu yang ada di Semarang, Rumah Kentang yang ada di Bandung, Rumah Darmo yang ada di Surabaya atau mungkin Menara Saidah yang ada di Jakarta.

Tempat-tempat tersebut memang cukup dikenal masyarakat karena keangkerannya. Saking terkenalnya, beberapa tempat itu juga kerap menjadi lokasi uji nyali oleh berbagai acara televisi.

Nah, tak jauh beda dari tempat yang sudah disebutkan di atas. Di Trenggalek sendiri terdapat tempat-tempat yang juga dianggap angker karena memiliki aura mistik yang cukup kuat. Dimana saja itu? Inilah 10 Tempat angker di Trenggalek yang bisa membuat jantung berdebar.

1. Gunung Semungklung

Gunung Semungklung

Salah satu gunung tertinggi yang ada di kabupaten Trenggalek ini memang terkenal angker. Banyaknya kejadian misterius yang sering dialami oleh pendaki gunung tersebut membuat gunung ini dicap menakutkan oleh sebagian masyarakat yang ada di Jawa Timur.

Gunung Semungklung sendiri merupakan gunung yang menghubungkan antara kecamatan Pule dan kecamatan Dongko. Meskipun menyimpan keindahan alam yang mempesona, namun gunung ini juga menyimpan banyak kisah kelam para pendaki yang kehilangan nyawa akibat pendakiannya.

Masyarakat sekitar gunung sendiri menjadikan beberapa wilayah yang ada di gunung tersebut sebagai tempat yang dikeramatkan untuk mencegah banyaknya korban pendaki yang terus berjatuhan di lokasi-lokasi tersebut.

2. Dam Bagong

Dam Bagong

Dam Bagong merupakan bendungan yang menjadi sumber pengairan bagi sawah-sawah ada di sekitar Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek. Konon menurut cerita setempat, Dam Bagong dibangun pada abad ke-16 oleh Adipati Minak Sopal sebagai bentuk kepeduliannya pada rakyat sekitar.

Kisah pembangunannya pun cukup unik karena sang Adipati menggunakan tumbal Gajah Putih untuk mencegah bendungan tersebut jebol. Tradisi menumbalkan hewan memang masih bisa kita lihat sampai sekarang. Meskipun saat ini dalam prakteknya masyarakat mengganti tumbalnya dengan kepala Kerbau. Mengingat gajah putih sendiri adalah hewan langka yang harus dilindungi.

3. Goa Lowo

Goa Lowo

* sumber: indonesia.travlr.com

Tempat selanjutnya yang juga dikenal angker adalah Goa Lowo. Goa Lowo terletak di Kecamatan Watulimo, Desa Agung, Kabupaten Trenggalek. Goa Lowo ini memiliki total panjang keseluruhan sekitar 2 km. Gua ini konon menyimpan cerita sejarah petilasan tiga tokoh yang dikenal masyarakat pulau Jawa, yaitu Sunan Kalijogo, Prabu Brawijaya dan Angling Dharma.

Kehadiran objek wisata yang syarat akan aura mistik ini memang bisa menarik perhatian masyarakat. Meskipun begitu, para pengunjung  Goa ini juga memiliki beberapa pantangan yang harus dipatuhi supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Gunung Cilik Trenggalek

Gunung Cilik Trenggalek

Salah satu tempat yang juga dianggap angker oleh masyarakat adalah Gunung Cilik yang berada di Kecamatan Dongko Trenggalek. Gunung Cilik sendiri merupakan tempat pemakaman para ulama yang telah berjasa dalam penyebaran agama Islam di Trenggalek.

Selain itu terdapat juga sebuah bukit kecil yang dijadikan area pemakaman bagi warga yang tinggal di sekitar desa. Kondisi jalan yang terlihat sepi membuat area pemakaman yang satu ini terlihat angker dan menakutkan. Masyarakat sendiri percaya bahwa di gunung Cilik berada sebuah kerajaan Jin.

5. Jalan Gandusari

Jalan Gandusari

Nah, tempat lain yang juga terkenal angker adalah jalan Gandusari. Jalan ini merupakan akses yang biasa dilalui oleh masyarakat yang ingin pergi menuju Goa Ngerit. Berlokasi jauh dari tempat  pemukiman warga membuat jalanan yang satu ini terlihat sepi dan cukup  menakutkan bagi siapa pun yang ingin melintas.

Masyarakat sendiri percaya bahwa di jalan tersebut sering terlihat penampakan hantu wanita yang terlihat cantik. Menurut salah satu sumber, banyaknya kejadian kecelakaan yang terjadi di sana akibat ritual pesugihan. Masyarakat sekitar pun bahkan kerap melihat ceceran beras kuning di sekitar pinggiran jalan yang diduga bagian dari ritual tersebut.

Baca juga: 10 Tempat Angker di Jawa Timur

6. Hutan Kota Trenggalek

Hutan Kota Trenggalek

* sumber: www.renidwiastuti.com

Tempat angker selanjutnya adalah Hutan Kota Trenggalek atau masyarakat sendiri sering menyebutnya dengan Huko. Selain menawarkan pemandangan hutan kota yang asri. Huko juga menyimpan cerita mistis yang bisa membuat buku kuduk merinding.

Keberadaan makam keramat yang ada di sana memang membuat aura mistis tempat tersebut semakin kuat. Sama seperti kepercayaan masyarakat di daerah lain. Hutan Kota yang ada di Trenggalek pun dipercaya memiliki penunggu.

7. Gunung Kumbokarno

Gunung Kumbokarno

Gunung Kumbokarno terletak di wilayah desa Karanggandu, kecamatan Watulimo, kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Gunung Kumbokarno sendiri memang lebih pas disebut sebuah bukit karena ukurannya yang kecil. Meskipun demikian tempat ini juga menyimpan cerita menakutkan yang membuatnya angker.

Banyaknya kejadian ganjil menimpa pengunjung gunung tersebut dipercaya akibat ulah makhluk halus yang ada di sana. Hal lain yang membuatnya percaya bahwa tempat itu angker karena masyarakat percaya bahwa tempat tersebut merupakan tempat dikuburnya kepala Kumbu Karno, salah satu tokoh terkenal yang ada dalam cerita  pewayangan.

8. Jalur Kampak Munjungan

Jalur Kampak Munjungan

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=snOB1Td52X4

Seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas yang merenggut banyak nyawa membuat salah satu jalur yang ada di Trenggalek ini masuk ke dalam tempat angker yang ada di Trenggalek. Jalur Munjungan sendiri memiliki medan yang cukup ekstrim bagi pengendara.

Beberapa masyarakat sendiri sering mengaitkan kecelakaan yang terjadi dengan aktivitas paranormal yang ada di sana. Sampai saat ini sudah tak terhitung jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di jalur tersebut.

Meskipun kecelakaan lalulintas yang terjadi bisa dijelaskan secara ilmiah, namun masih banyak masyarakat yang percaya bahwa hal tersebut adalah ulah makhluk halus yang meminta tumbal.

9. Tugu Batas

Tugu Batas

Tugu yang terletak diantara perbatasan Ponorogo dan Trenggalek ini memang telah dikenal masyarakat sebagai tempat paling angker dan menyeramkan. Tugu perbatasan tersebut dipercaya sebagai tempat bersemayamnya makhluk tak kasat mata seperti Genderuwo dan Pocong.

Meskipun jalan tersebut kerap dilalui oleh orang-orang yang melintas, namun tempat tersebut masih menyimpan aura mistis. Masyarakat sendiri kerap dibuat ketakutan dengan penampakan hantu Pocong di sekitar Tugu dan juga sosok bertubuh tinggi besar di sana. Nah, karena seringnya terlihat penampakan itulah yang akhirnya membuat tempat ini menjadi sangat angker.

10. Pantai Prigi

Pantai Prigi

Salah satu tempat wisata yang ada di Trenggalek ini juga tak lepas dari predikat angker. Pantai Prigi sendiri merupakan pantai Selatan yang berada di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sama seperti mitos pantai yang ada di Selatan Jawa. Pantai ini juga sering dikaitkan dengan penguasa laut pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Meskipun memiliki pemandangan yang indah dan mempesona, namun masyarakat sendiri sangat jarang melakukan aktivitas berenang di tempat tersebut. Hal tersebut karena kepercayaan masyarakat  terhadap mitos pantai Selatan yang menakutkan dan bisa membawa bencana.

Nah, itulah 10 Tempat angker di Trenggalek yang bisa membuat jantung berdebar. Apa kamu berani untuk mendatangi tempat-tempat tersebut seorang diri? Semoga informasi yang telah Bacaterus rangkum bisa menambah referensi tempat wisata horor yang ada di Trenggalek.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *