Bacaterus / Misteri Jawa Tengah / Uji Nyalimu di 10 Tempat Angker Terkenal di Tegal ini

Uji Nyalimu di 10 Tempat Angker Terkenal di Tegal ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain sebagai kota wisata sejarah, Tegal juga memiliki wisata horor yang menarik untuk ditelusuri. Banyaknya tempat-tempat angker yang tersebar di beberapa wilayah yang ada di kota tersebut memang menjadi sesuatu yang seru untuk dibahas.

Tegal sendiri memang memiliki tempat menarik yang memiliki nilai sejarah serta mistis yang kuat. Sehingga pas rasanya bila kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa tempat di kota tersebut yang bisa membuat kamu merinding. Nah, dimana saja lokasinya? Berikut adalah daftarnya.

1. Objek Wisata Guci

 

Salah satu objek wisata pemandian air panas yang ada di Tegal ini memang cukup menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar daerah yang ingin  berkunjung. Meskipun menawarkan bentang alam yang indah serta udara sejuk yang menenangkan, namun objek wisata pemandian Guci juga terkenal karena keangkerannya.

Hal itu akibat seringnya terjadi kecelakaan yang menelan banyak korban jiwa di jalur yang tak jauh dari lokasi objek wisata. Sebagian orang memang kerap mengaitkan kecelakaan tersebut dengan hal-hal yang berbau mistik. Walaupun kejadian kecelakaan tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah, namun sepertinya image angker untuk objek wisata ini sudah melekat kuat di masyarakat.

Hal lain yang membuat objek wisata ini juga terkesan menyimpan aura mistik yang kuat karena mitos patung naga yang dipercaya masyarakat dihuni oleh pengikut Nyi Roro Kidul.

2. Sungai Gung Tegal

Sungai Gung Tegal

Tempat selanjutnya yang juga dikenal angker adalah sungai Gung Tegal. Masyarakat mempercayai kehadiran sosok siluman Buncul yang dikenal masyarakat adalah makhluk halus yang kerap memakan anak-anak yang sedang mandi di sungai. Siluman Buncul sendiri kerap memangsa korbannya dengan cara melilit dengan rambutnya menyeretnya ke dalam sungai.

Hal lain yang membuat tempat tersebut terkesan angker karena dahulu tak jauh dari lokasi sungai terdapat jembatan merah yang digunakan sebagai tempat pembantaian para pamong praja yang dilakukan oleh kelompok Kutil pada November 1945. Dimana darah para korban yang dibantai mengalir ke sungai Gung dan membuatnya berwarna merah.

Oleh karena itu jembatan yang membelah sungai Gung pun dikenal dengan jembatan Merah.

3. Pabrik Gula Pangka

Pabrik Gula Pangka

Salah satu tempat angker yang satu ini memang cukup populer di Tegal. Selain menyimpan cerita sejarah masalah lalu, konon makhluk penghuni pabrik kerap menampakkan diri. Saking populernya tempat ini sering dijadikan tempat lokasi syuting sebuah film atau acara televisi.

Penampakkan yang terjadi di tempat ini memang bisa membuat orang yang melihat terbirit-birit. Beberapa mahkluk yang sering menampakkan diri di tempat tersebut diantaranya adalah sosok kakek berkaki panjang yang berjalan ngesot, noni Belanda dengan paras yang hancur, serta tentara tanpa kepala yang kerap berlalu lalang di bagian gudang dan tempat penggilingan.

Nah, apakah kamu berani untuk adu nyali di tempat ini?

4. Sungai Ketiwon

Sungai Ketiwon

Selain sungai Gung ada pula kali Ketiwon yang dikenal masyarakat sebagai tempat paling angker selanjutnya yang ada di kota Tegal. Masyarakat setempat mempercayai bahwa di sungai tersebut terdapat makhluk halus penunggu sungai berupa siluman buaya putih yang sering terlihat menampakkan diri sedang melintasi aliran sungai.

Selain itu di sungai yang mengalirkan airnya langsung ke laut tersebut terdapat pula mitos yang menyebutkan bahwa di sana berdiri sebuah kerajaan gaib yang dihuni oleh sepasang naga raksasa. Mitos yang dipercaya masyarakat ini pun pada akhirnya menjadikan lokasi kali Ketiwon sebagai salah satu sungai angker.

5. Pantai Indah Alam

Pantai Indah Alam

* sumber: www.inibaru.id

Salah satu pantai yang ada di kota Tegal ini merupakan salah satu wisata pantai yang cukup disukai pengunjung. Pantai Indah Alam sendiri konon merupakan tempat kerajaan makhluk halus yang di kuasai oleh Nyi Rantam Sari, yang diketahui masih memiliki keterkaitan dengan penguasa laut pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

Pantai Indah alam sendiri merupakan objek wisata yang dikenal angker di daerah Tegal. Banyaknya pengunjung yang hilang atau terseret air laut yang terjadi di sana memang sering dikaitkan dengan hal-hal mistis oleh masyarakat sekitar. Meskipun begitu pantai yang menjadi salah satu ikon wisata kota Tegal ini masih saja dipadati para pengunjung.

Baca juga: Cerita Misteri Alas Roban, Salah Satu Hutan Angker di Indonesia

6. Tikungan Pengantin

Tikungan Pengantin

Bila selama ini kita kenal tanjakan maut pengantin sebagai salah satu jalan angker yang ada di Garut. Maka di Tegal terdapat pula sebuah tikungan yang dipercaya masyarakat sangat angker bernama tikungan pengantin. Tikungan pengantin merupakan sebuah jalan berada diantara jalan kapten Soetomo dan jalan Ismail yang tak jauh dari gereja Pius.

Menurut mitos yang dipercayai warga setempat, di daerah tersebut terdapat sosok mistis yang dikenal dengan nama Nyai Ronggeng. Masyarakat mempercayai bila ada sebuah rombongan pengantin atau pasangan pengantin yang melintas di daerah tersebut kehidupan sang pengantin akan berakhir tragis, bahkan sampai menyebabkan kematian.

7. Jembatan Brug Belis

Jembatan Brug Belis

Kemudian ada sebuah jembatan Brug Belis yang juga dikenal masyarakat Tegal sebagai jembatan paling angker. Masyarakat Tegal sendiri mengenal jembatan ini sebagai jembatan setan. Konon mereka yang melintasi di bawah jembatan tersebut baik manusia maupun hewan ternak akan meninggal seketika di lokasi kejadian.

Selain itu seringnya terjadi kecelakaan yang menewaskan korban jiwa di atas jembatan membuatnya mendapat predikat angker.  Salah seorang paranormal yang sempat menyelidiki misteri jembatan tersebut pun menyebutkan bahwa tak jauh dari lokasi kejadian terdapat sebuah gerbang menuju alam gaib. Nah, kira-kira apa kamu berani uji nyali di sana?

8. Rumah Belanda Teksin Tegal

Rumah Belanda Teksin Tegal

Selanjutnya ada rumah peninggalan sejarah Belanda Teksin yang dikenal masyarakat sebagai pemukiman tempo dulu yang sangat angker. Masyarakat sendiri kerap menemukan sosok noni Belanda berpakaian putih berwajah cantik sering berada di sekitar pemukiman tersebut.

Rumah Belanda memang kerap diidentikkan sebagai tempat angker karena banyak menyimpan cerita pilu di masa lalu. Kepopuleran rumah angker khas kolonial ini memang semakin memuncak ketika banyak acara-acara bertema misteri yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi syuting untuk membuktikan keberadaan makhluk halus yang menghuni tempat tersebut.

9. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban

* sumber: www.inibaru.id

Waduk yang diresmikan sejak zaman presiden pertama Republik Indonesia pada tahun 1952 ini memang terkenal angker dan sering meminta korban nyawa. Waduk Cacaban sendiri dipercaya masyarakat sekitar dikuasai oleh dua sosok makhluk bernama Mbah Santi dan Brahmana Sumandara.

Sejak terjadinya insiden yang merenggut banyak nyawa di lokasi tersebut. Kini masyarakat sekitar pun sering mengadakan ritual sebagai pengganti tumbal dengan mengarak seekor kepala kerbau untuk kemudian dihanyutkan ke dalam waduk. Ritual ini dipercaya sebagai cara untuk mencegah korban jiwa akibat ulah penunggu waduk yang menginginkan tumbal. Seram, ya!

10. Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari

* sumber: www.tagar.id

Sebelum akhirnya dikenal sebagai salah satu tempat yang angker. Kehadiran Danau Beko Margasari memang cukup menarik perhatian masyarakat Tegal. Danau Beko merupakan danau yang terbentuk akibat penambangan batuan kapur. Banyaknya titik penambangan batuan kapur pada akhirnya membentuk sebuah danau yang sekilas sangat indah.

Hal tersebut tentu menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang ingin menikmati indahnya lokasi danau. Hanya saja sejak kejadian tenggelamnya beberapa remaja yang bertempat tinggal tak jauh dari desa tersebut. Danau Beko pun kemudian sering dikaitkan dengan korban tumbal serta amukan makhluk penunggu danau yang merasa terusik hingga menelan korban jiwa.

Karena kepercayaan tersebut, masyarakat pun menganggap tempat ini sebagai tempat angker. Sementara pemerintah setempat pun kemudian mengambil langkah cepat dengan menutup daerah untuk mencegah kejadian serupa terjadi di lokasi tersebut.

Nah, itulah 10 Tempat angker yang terkenal ada di Tegal. Sejatinya setiap tempat memang memiliki cerita menarik tersendiri. Meskipun demikian, kita sebagai masyarakat harus bersikap bijak dalam menerima setiap informasi. Semoga apa yang telah Bacaterus rangkum kali ini bisa menghibur kamu di kala suntuk.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *