Bacaterus / Misteri Jabar Selatan / 5 Tempat Angker di Tasikmalaya yang Dapat Menguji Adrenalin

5 Tempat Angker di Tasikmalaya yang Dapat Menguji Adrenalin

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tempat angker memiliki segudang cerita mistis yang biasanya beredar dari mulut ke mulut. Walaupun kita belum pernah melihat penampakan makhluk gaib di tempat yang disebut angker, tapi jantung pasti akan terasa berdebar tak karuan ketika memasuki tempat yang dikenal angker. Boleh dibilang, tempat angker dapat menguji adrenalin Anda.

Bagi Anda yang suka mengunjungi tempat-tempat angker, Bacaterus akan merekomendasikan 5 tempat angker di Tasikmalaya yang dapat menguji adrenalin Anda. Cerita misteri dan pengalaman dari orang-orang yang pernah mengalami kejadian mistis di tempat angker ini akan kami ulas selengkapnya di sini.

5 Tempat Angker di Tasikmalaya

1. Pabrik Engsun

Pabrik Engsun Tempat Angker di Tasikmalaya

* sumber: tasikeksis.blogspot.com

Pabrik tua yang sudah tidak terpakai lagi biasanya akan diklaim sebagai tempat angker oleh warga setempat. Sama seperti Pabrik Engsun yang berlokasi di kawasan Dadaha, Taksimalaya. Pabrik yang bangunannya rusak seperti habis terbakar ini pernah disambangi oleh tim Jejak Paranormal, sebuah acara bertema misteri yang tayang di stasiun TV nasional.

Menurut warga setempat, pabrik ini dihuni oleh banyak sosok makhluk astral. Akan tetapi, sosok yang paling sering menampakkan diri adalah genderuwo dan kuntilanak. Selebihnya, sosok gaib penghuni tempat angker di Tasikmalaya ini hanya menampakkan diri berupa bayangan.

Pabrik Engsun memang terkenal angker meskipun di siang hari. Bahkan, jika beruntung Anda bisa bertemu dengan hantu wanita bermuka rata yang kabarnya juga sering menampakkan diri pada orang-orang yang mengunjungi pabrik ini.

Wisata mistis di Pabrik Engsun ini memang sangat mendebarkan. Meskipun tak dapat melihat penampakan makhluk astral, minimal Anda sudah dibuat merinding dengan atmosfer angker dari bangunan pabrik ini.

2. Kampung Naga Singaparna

Kampung Naga Singaparna

* sumber: mataarah.com

Berbicara mengenai tempat angker di Singaparna, Kampung Naga pasti tidak luput dari pembahasan tersebut. Meskipun namanya adalah Kampung Naga, tetapi tidak ada naga yang berkeliaran di kampung ini, yang ada hanyalah sejumlah penduduk yang masih memegang teguh adat istiadat leluhurnya.

Jika Anda berjalan-jalan kemari, penduduk di sini masih hidup secara tradisional. Rumahnya saja tidak ditembok seperti rumah-rumah pada umumnya. Warga Kampung Naga takut bila melanggar adat istiadat leluhur maka mereka akan mendapatkan malapetaka.

Menurut penduduk Kampung Naga, kampung tersebut banyak dihuni oleh makhluk tak kasat mata. Bahkan, di salah satu sungai yang ada di kampung ini juga dihuni oleh makhluk halus penunggu sungai.

Kampung Naga juga masuk dalam kategori tempat angker di Tasikmalaya karena penduduk di kampung ini percaya adanya kuntilanak yang kerap kali mengganggu wanita hamil maupun yang baru melahirkan, serta ririwa yang merupakan makhluk halus pengganggu manusia.

Di Kampung Naga, para penduduknya percaya bahwa alam manusia dan alam gaib berdampingan. Bahkan, terkadang warga Kampung Naga kerap meletakkan sesajen. Melihat adat istiadat dan kepercayaan penduduknya, maka masyarakat luar mengklaim Kampung Naga sebagai tempat angker di Tasikmalaya. Padahal kampung ini memiliki panorama yang sangat menakjubkan.

3. Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong

* sumber: www.reonkpost.com

Jembatan Cirahong pernah dibahas oleh Bacaterus dalam artikel tempat angker di Ciamis. Namun, jembatan ini juga masuk dalam daftar tempat angker di Tasikmalaya lantaran jembatan ini memang berada di perbatasan antara Tasikmalaya dan Ciamis.

Unik, itulah satu kata yang dapat menggambarkan tentang jembatan ini. Pasalnya, di bagian atas jembatan terdapat rel lintasan kereta api. Jadi, ketika kita melewati jembatan ini maka bisa saja ada kereta api yang juga melintas di atas kepala kita. Rel kereta api di atas Jembatan Cirahong juga masih aktif digunakan hingga saat ini.

Konon, dahulu jembatan ini merupakan tempat bunuh diri yang paling favorit. Tak terhitung berapa nyawa yang telah menemui ajalnya di jembatan ini. Kisah-kisah mengenai orang yang pernah bunuh diri di jembatan ini juga menambah kesan angker pada jembatan beralaskan kayu.

Cerita misteri Jembatan Cirahong memang santer terdengar. Penampakan di Jembatan Cirahong ini berupa genderuwo dengan ukuran tubuh yang besar. Bahkan, pengguna jembatan ini juga pernah menuturkan pengalamannya melihat mobil yang bisa melayang ketika melewati Jembatan Cirahong pada malam hari.

Kisah mengenai kendaraan yang sering hilang dengan sendirinya merupakan hal yang biasa di jembatan ini. Apalagi jika malam hari jembatan ini sangat minim penerangan sehingga Anda memang harus mengandalkan lampu kendaraan. Nah, apakah Anda berani untuk menguji nyali diri sendiri di jembatan tua yang penuh misteri ini?

4. Situ Sanghyang

Situ Sanghiang

* sumber: motorplus.gridoto.com

Satu lagi tempat angker di Tasikmalaya yang berupa tempat wisata, Situ Sanghyang yang berlokasi di Desa Cibalanarik dan Cilolohan berjarak 25 kilometer dari Tasikmalaya. Danau ini sering dijadikan sebagai tempat wisata bagi warga Tasik dan sekitarnya.

Namun, masyarakat setempat percaya bahwa danau ini dihuni oleh makhluk halus. Penunggu danau ini dapat membahayakan orang-orang yang bersikap atau berkata tidak sopan ketika berkunjung ke Situ Sanghiang.

Suatu waktu pernah ada seorang pemuda bersama teman-temannya berkemah di tepi Situ Sanghyang. Ketika bersenda gurau, si pemuda ini mengeluarkan kata-kata yang kurang sopan. Tak dijelaskan bagaimana kronologinya, pemuda tersebut hilang selama 3 hari. Ketika ditemukan, jasad pemuda itu sudah tak bernyawa.

Benar atau tidaknya misteri Situ Sanghyang ini kembali lagi kepada kepercayaan masing-masing. Yang penting kita harus selalu menjaga sikap dan tutur kata di mana pun kita berada.

5. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

* sumber: arifsetiawan.com

Tempat angker di Tasikmalaya yang selanjutnya adalah Gunung Galunggung. Gunung yang sebenarnya sangat indah ini menyimpan aura mistis yang begitu besar. Hal tersebut terbukti dari susahnya para fotografer handal untuk mengabadikan potret gunung ini. Sampai detik ini belum ada fotografer sehebat apapun yang mampu memotret Gunung Galunggung dengan sangat cantik.

Gunung Galunggung dianggap angker karena dipercaya menjadi tempat tinggal bagi bangsa jin. Kalau Anda dapat melihat situasi gunung ini dengan mata batin, Anda akan melihat sebuah keramaian yang tidak wajar. Ya, keramaian tersebut adalah penampakan bangsa jin yang beraktivitas di gunung ini.

Tak sampai di situ saja, Gunung Galunggung dianggap angker beberapa pesawat yang melintas di atas gunung ini pernah mengalami mati mesin. Menurut pengakuan pilot, pesawat yang dikemudikannya memasuki kabut hitam yang sangat tebal. Ketika berhasil melewati kabut tersebut, mesin pesawat pun baru bisa dihidupkan kembali.

Keangkeran atau kejadian mistis lainnya di Gunung Galunggung dapat Anda baca dalam artikel Misteri Gunung Galunggung. Tak dapat dipungkiri bahwa gunung ini menjadi satu dari sekian banyak gunung angker di Indonesia.

5 tempat angker di Tasikmalaya ini memang dapat menguji adrenalin Anda. Anda dapat membuktikan keangkeran tempat-tempat ini dengan datang langsung ke lokasinya pada malam hari. Jika tidak menemukan kejadian mistis, mungkin Anda harus mencoba kembali keesokan harinya. Referensi mengenai tempat-tempat angker lainnya dapat Anda baca dalam artikel kumpulan tempat angker di Jawa Barat.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *