Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Inilah 5 Tempat Angker di Sukabumi yang Terkenal Seram

Inilah 5 Tempat Angker di Sukabumi yang Terkenal Seram

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Sukabumi terkenal dengan tempat wisatanya yang bernama Pelabuhan Ratu. Namun siapa sangka jika tempat wisata tersebut justru terkenal angker? Meskipun angker, tempat wisata tersebut tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar Sukabumi. Lantas, apa sebenarnya misteri yang tersimpan di Pelabuhan Ratu?

Bacaterus akan mengajak Anda untuk berjalan-jalan mengunjungi sejumlah tempat angker di Sukabumi yang terkenal seram. Bahkan, keseraman tempat ini bukan hanya dikenal oleh warga sekitarnya, tetapi sampai ke seluruh Nusantara. Berani untuk melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat angker ini?

5 Tempat Angker di Sukabumi

1. Jalan Cikidang

Jalan Cikidang Tempat Angker di Sukabumi

* sumber: at0zz.wordpress.com

Setiap daerah tentu memiliki jalan yang dianggap angker oleh masyarakat setempat. Di Sukabumi Anda akan menemukan Jalan Cikidang, sebuah tikungan angker Sukabumi yang kerap kali menelan korban jiwa. Ya, banyak kecelakaan maut yang terjadi di jalur ini. Entah sudah berapa banyak korban meninggal karena kecelakaan di Jalan Cikidang.

Sekedar informasi, Jalan Cikidang adalah sebuah jalan penuh tikungan tajam dan tanjakan yang curam. Di sisinya ada sebuah tebing batu dan di sisi lainnya terdapat jurang yang cukup berbahaya. Pada malam hari, tak ada penerangan lampu satupun di jalan ini sehingga pengemudi hanya mengandalkan lampu kendaraannya saja. Oleh karena itu, Jalan Cikidang ini sering dihindari oleh pengguna kendaraan pada malam hari.

Jalan Cikidang dianggap sebagai tempat angker di Sukabumi karena kecelakaan yang sering terjadi di sini. Masyarakat setempat percaya bahwa kecelakaan tersebut merupakan campur tangan penunggu jalur yang meminta tumbal.

Kecelakaan paling tragis yang pernah terjadi di Jalan Cikidang ini terjadi pada tahun 2015. Kala itu, sebuah truk yang mengangkut peserta drumband terguling setelah menabrak tebing. Sementara penumpangnya yang sebagian adalah anak-anak drumband tersebut berada di bak truk. Alhasil, penumpang truk berjatuhan ke jalanan. Tragedi ini menewaskan 3 orang dan lainnya mengalami luka berat maupun ringan.

2. Curug Sawer

Curug Sawer

* sumber: travel.detik.com

Warga Sukabumi pasti pernah mendengar nama Curug Sawer. Ini merupakan sebuah tempat wisata yang cukup hits di Sukabumi. Ya, Anda memang tidak akan menjumpai rumah sakit angker di Sukabumi, melainkan tempat angker di sini berbentuk tempat wisata.

Wisata air terjun ini memang cukup ramai dikunjungi. Namun Curug Sawer memiliki sejarah kelam sehingga membuatnya dicap sebagai tempat angker di Sukabumi. Dulu kawasan air terjun ini merupakan tempat orang-orang melakukan ritual gaib, entah itu melatih ilmu kekebalan tubuh, mencari pengasihan, atau pesugihan.

Kenyataan mengenai masa lalu Curug Sawer inilah yang membuat kawasan air terjun ini memperoleh predikat sebagai tempat angker. Apalagi suasana di sekitar air terjun masih sangat asri sehingga banyak ditumbuhi pepohonan rimbun yang dipercaya sebagai sarang makhluk gaib.

Selain itu, sungai di dalam memiliki arus yang sangat deras sehingga pengunjung dilarang keras untuk berenang di bawah air terjun ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Tertarik untuk mencari tahu kebenaran mengenai misteri Curug Sawer Sukabumi yang katanya angker ini?

3. Puncak Darma

Puncak Darma

* sumber: ridwanderful.com

Tak ada pabrik angker di Sukabumi, yang ada justru tempat wisata yang angker. Tempat angker di Sukabumi yang akan kami bahas berikutnya adalah Puncak Darma, sebuah bukit dengan ketinggian 230 meter di atas permukaan laut yang menyajikan panorama yang begitu indah. Keindahan Puncak Darma ini menarik perhatian para wisatawan untuk datang dan berfoto-foto di sini.

Jalanan untuk menuju ke Puncak Darma begitu memanjakan mata. Anda akan disuguhkan pemandangan berupa barisan bukit hijau dan perkebunan. Meskipun setelah melewati itu semua Anda harus melewati jalanan yang cukup menantang karena banyak tanjakan curam dan lubang besar pada jalanan tersebut.

Keindahan Puncak Darma ini ternyata juga diselingi dengan cerita mistis. Konon, warga setempat sering melihat sosok kuntilanak duduk di atas bukit sambil menggoyangkan kedua kakinya. Nah, apakah Anda berminat untuk menikmati pemandangan dari Puncak Darma sambil ditemani oleh kuntilanak?

4. Curug Cikaso

Curug Cikaso

* sumber: www.hargatiketmasuk.info

Selanjutnya, ada Curug Cikaso yang merupakan kawasan wisata air terjun setinggi 100 meter. Curug Cikaso ini terbilang unik karena terbagi menjadi tiga buah air terjun yang masing-masing memiliki nama, yaitu Curug Asepan yang berada di bagian paling kiri, Curug Meong yang berada di tengah, dan Curug Aki yang berada di bagian yang paling kanan.

Masyarakat setempat percaya bahwa ketiga curug ini memiliki penunggunya masing-masing. Penunggu di ketiga curug ini bukan sosok yang sembarangan. Curug Asepan dipercaya telah dijaga oleh Nyai Blorong, sedangkan Curug Meong ditunggui oleh Eyang Santang, dan yang terakhir Curug Aki merupakan persinggahan bagi Prabu Siliwangi.

Kenyataan mengenai “penjaga” di tiga curug ini memang sudah cukup membuat bulu kuduk merinding. Ditambah lagi pengunjung juga sering melihat penampakan makhluk gaib di sekitar curug saat menjelang sore. Tak hanya itu saja, pengunjung juga sering mengalami kesurupan.

Tempat angker di Sukabumi ini semakin menakutkan tatkala ada yang mengaku pernah melihat sosok ular yang besarnya sangat tidak wajar keluar dari air terjun ini. Tentu saja tak ada yang bisa menjawab apakah ular tersebut benar-benar ular atau jadi-jadian.

Larangan untuk memotret di Curug Cikaso juga sudah tersebar di berbagai kalangan. Konon, ketika mengambil foto dengan ponsel atau kamera Anda tidak akan menyadari ada “sosok” yang ikut di foto Anda. Namun ketika Anda melihat-lihat kembali hasil fotonya setelah keluar dari kawasan Curug Cikaso, Anda akan menemukan penampakan makhluk gaib yang hadir di foto Anda.

5. Grand Inna Samudra Beach

Grand Inna Samudra Beach

Hotel yang berada di Pelabuhan Ratu ini merupakan hotel berbintang yang menyediakan service memuaskan bagi para tamunya. Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana bisa hotel berbintang masuk dalam daftar tempat angker di Sukabumi?

Kamar 308 di Grand Inna Samudra Beach adalah alasan mengapa hotel ini dinilai angker. Pasalnya, kamar tersebut disediakan khusus penguasa laut selatan, yaitu Nyi Roro Kidul. Di dalam kamar bernuansa hijau ini terdapat lukisan Nyi Roro Kidul dalam ukuran besar lengkap dengan bunga segar dan sesajen.

Masyarakat maupun pegawai hotel ini percaya bahwa Nyi Roro Kidul akan mendatangi kamar ini setiap malam-malam tertentu. Bahkan, salah satu pegawai hotel mengaku pernah melihat tempat tidur kamar ini berantakan seperti habis digunakan.

Misteri kamar 308 di Grand Inna Samudra Beach ini sangat menarik wisatawan. Bahkan, terkadang wisatawan memang diperbolehkan masuk ke kamar ini untuk sekedar melihat-lihat. Namun ada juga wisatawan yang memilih mencari penginapan lain ketimbang harus tidur di hotel mewah ini.

Bukan hanya Grand Inna Samudra Beach saja yang angker, Anda juga dapat mengetahui keangkeran Pelabuhan Ratu melalui artikel Misteri Pelabuhan Ratu ini.

Inilah 5 tempat angker di Sukabumi yang terkenal seram dan menarik untuk dieksplor lebih dalam lagi. Anda pun dapat mencari referensi tempat angker lain dengan membaca artikel kumpulan tempat angker di Jawa Barat.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment