Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 8 Tempat Angker di Subang yang Cocok untuk Wisata Mistis

8 Tempat Angker di Subang yang Cocok untuk Wisata Mistis

Subang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang bisa ditempuh dengan jalur darat dari Bandung hanya dalam waktu 3 jam. Namun, siapa sangka jika di kabupaten kecil ini banyak terdapat tempat angker yang tentunya menarik untuk diulas satu persatu.

Bagi Anda yang suka berwisata mistis atau hunting hal-hal yang berbau dunia lain, Subang adalah daerah yang cocok untuk Anda. Apalagi di kabupaten ini juga terdapat tanjakan angker yang banyak menelan korban jiwa, yaitu Tanjakan Emen. Yuk, langsung saja simak rangkuman 8 tempat angker di Subang versi Bacaterus.

8 Tempat Angker di Subang

1. Tanjakan Emen

Misteri Sosok “Emen” yang Menyebabkan Kecelakaan Misteri Tanjakan Emen

Tak ada yang dapat mengalahkan popularitas tempat angker di Subang yang satu ini. Tanjakan Emen adalah sebuah tanjakan yang menghubungkan Bandung dengan Subang. Tentu saja jalur ini sangat banyak dilalui oleh kendaraan besar, mulai dari mobil pribadi, truk, sampai dengan bus. Selain itu, Tanjakan Emen juga merupakan jalur untuk menuju Tangkuban Perahu.

Banyaknya kecelakaan yang menelan korban jiwa yang terjadi di tanjakan ini membuat warga setempat mengklaim bahwa tanjakan ini angker. Nama Tanjakan Emen sendiri berasal dari kisah tragis seorang sopir angkot bernama Emen yang tewas setelah mengalami kecelakaan di sini.

Dugaan sementara, arwah Emen lah yang menyebabkan serangkaian kecelakaan yang terjadi di ruas jalan ini. Benar atau tidaknya, sebagian besar orang yang melewati jalan ini selalu membunyikan klakson atau melempar rokok sebagai tanda “permisi” pada arwah Emen. Kisah mengenai tanjakan angker ini dapat Anda baca di artikel Misteri Tanjakan Emen.

2. Sungai Cipunagara

Sungai Cipunagara menjadi salah satu tempat angker di Pagaden Subang. Pasalnya, sungai ini melintasi Kecamatan Pagaden, Subang. Kejadian mistis yang sering terjadi di sungai ini adalah hilangnya anak-anak yang bermain di tepi sungai. Naas, terkadang anak tersebut ditemukan dalam kondisi tewas.

Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat setempat, keangkeran Sungai Cipunagara ini berasal dari makhluk siluman jadi-jadian yang terkadang bisa berubah wujud menjadi manusia yang memegang cambuk. Mitos yang beredar juga membenarkan adanya kerajaan siluman yang berada di Sungai Cipunagara ini.

3. Bioskop Chandra

Bangunan bekas gedung bioskop ini dulunya bernama Chandra. Ketika masih beroperasional, bioskop ini merupakan salah satu tempat hangout bagi para muda-mudi di Subang. Sayangnya, saat ini bioskop tersebut justru ditinggalkan dan menjadi hunian bagi makhluk tak kasat mata.

Kejadian mistis dialami oleh seorang pedagang CD/DVD yang membuka lapaknya tak jauh dari bangunan gedung Bioskop Chandra. Beliau pernah melihat sosok seperti kuntilanak terbang melintas di atas gedung.

4. Rumah Sejarah Kalijati

Rumah Sejarah Kalijati

* sumber: purwasuka.id

Kalau Anda belajar sejarah, Anda pasti pernah mendengar seputar Perjanjian Kalijati, di mana perjanjian tersebut merupakan kesepakatan Belanda untuk menyerahkan kekuasaannya kepada Jepang. Rumah yang dijadikan tempat penandatanganan kesepakatan tersebut masih ada dan menjadi tempat angker di Kalijati.

Sebagai tempat angker di Subang, Rumah Sejarah Kalijati tidak hanya menebar teror pada warga setempat. Teror gaib juga dialami penjaga rumah ini. Si penjaga mengaku sering mendapati makhluk gaib yang duduk di kursi ruang tengah rumah ini. Bahkan, lukisan yang tergantung sendiri juga sering menjadi “hidup” jika kita terus menatapnya pada malam hari.

5. Sungai Ciasem

Bagi Anda yang berdomisili di Subang, Anda pasti pernah mendengar bahwa Sungai Ciasem adalah salah satu tempat yang sering menelan korban. Setiap tahunnya ada saja warga yang terseret arus sungai dan hilang. Butuh waktu berhari-hari untuk dapat menemukan jasad korban yang sudah tidak bernyawa.

Misteri Sungai Ciasem Subang ini menjadi momok bagi masyarakat setempat. Apalagi menurut desas-desus yang sering terdengar, kawasan Sungai Ciasem ini menjadi tempat pembuangan mayat korban “petrus” atau penembak misterius di era kepemimpinan Presiden Soeharto. Kenyataan tersebut tentu semakin membuat kita merinding jika membayangkannya.

Bukan hanya teror gaib saja, warga setempat juga digegerkan dengan kemunculan buaya di tepi Sungai Ciasem. Entah buaya jadi-jadian atau bukan, yang jelas kehadiran buaya tersebut tentu menimbulkan keresahan masyarakat yang banyak melakukan aktivitas di dekat sungai.

6. Hotel Subang Plaza

Hotel Subang Plaza

* sumber: www.rri.co.id

Bangunan terbengkalai yang sudah lama ditinggalkan ini dulunya adalah Hotel Subang Plaza. Sayang, hotel tersebut hanya beroperasi tahun 2000 – 2005 saja. Sejak ditinggalkan, bangunan tersebut tidak lagi difungsikan untuk kegiatan apapun. Jika saat ini Anda berkunjung ke sana, Anda hanya akan menemukan bangunan kolonial dua lantai yang kotor dan suram.

Setiap bangunan kosong yang lama tak berpenghuni pasti memunculkan berbagai cerita mistis di kalangan warga sekitar. Hotel Subang Plaza juga termasuk tempat angker di Subang karena beberapa warga sering melihat sosok seperti kuntilanak yang wara-wiri di halaman hotel ini. Berani untuk menyambangi Hotel Subang Plaza di malam hari?

7. Pabrik Tua Sang Hyang Seri

Di Subang terdapat bangunan bekas pabrik tepung tapioka yang beroperasi pada jaman penjajahan Belanda. Namun pabrik tersebut telah lama ditinggalkan dan menjadi spot angker yang berada di Kabupaten Subang.

Pabrik tua Sang Hyang Seri ini lokasinya berada dekat dengan Jalur Pantura Subang, tepatnya di daerah Sukamandi. Bangunan bekas pabrik ini selalu dihindari oleh warga setempat karena mereka percaya banyak makhluk gaib yang menghuni di sana.

Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat, pabrik ini dikuasai oleh hantu Nyai Ronggeng. Selain itu, ada juga sosok yang menyerupai ular raksasa yang sering melilit cerobong asap di pabrik tersebut. Nah, apakah Anda berminat untuk membuktikan sendiri keberadaan sang nyai ronggeng dan ular raksasa di Pabrik tua Sang Hyang Seri?

8. Jalur Pantura Ciasem

Tempat angker di Subang yang berupa jalan raya ternyata bukan hanya Tanjakan Emen. Jalur Pantura Ciasem pun dinilai angker bagi warga setempat maupun pengemudi yang sering melintas di sini. Entah sudah berapa banyak kecelakaan yang terjadi di sepanjang jalur pantura ini.

Berbeda dengan Tanjakan Emen yang memiliki tikungan tajam, jalur pantura ini merupakan jalan lurus yang dikeliling oleh area persawahan. Meskipun jalannya lurus, jalur ini kerap kali menelan korban jiwa.

Mitos yang beredar di Jalur Pantura Ciasem ini menyatakan bahwa di sini sering terlihat sosok hantu wanita berambut panjang dan berpakaian putih yang sering disebut sebagai kuntilanak. Kuntilanak ini sering menampakkan diri secara tiba-tiba di depan kendaraan korbannya sehingga korban kaget dan membanting setir. Ketika membanting setir, risiko menabrak kendaraan lain atau kendaraan yang ditumpangi terguling semakin besar.

8 tempat angker di Subang ini bisa Anda jadikan destinasi wisata mistis. Anda dapat mengajak teman-teman atau komunitas mistis lainnya untuk bersama-sama menelusuri tempat-tempat di atas. Rekomendasi tempat angker lainnya juga bisa Anda peroleh dengan membaca artikel tempat angker di Jawa Barat yang pastinya tak kalah angker dengan 8 tempat angker di Subang ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment