Bacaterus / Misteri Jawa Tengah / Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini

Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota “Solo? Mungkin Keraton Solo atau mungkin Serabi Solo? Akan tetapi, kali ini Bacaterus tidak akan membahas tentang tempat wisata atau jajanan khas Solo, melainkan kami akan membahas seputar tempat angker di Solo yang menjadi momok bagi masyarakat sekitar.

Hampir di setiap wilayah pasti ada yang namanya tempat angker. Pun begitu dengan Kota Solo. Di balik keramahan masyarakatnya, ternyata ada sejumlah tempat yang dianggap horror oleh masyarakat setempat. Penasaran? Mari ikuti kami mengunjungi 8 tempat angker di Solo.

8 Tempat Paling Angker di Solo

1. Gamelan Lokananta

Gamelan Lokananta Tempat Angker Di Solo

* sumber: nglarasgending.blogspot.co.id

Lokananta adalah tempat rekaman para musisi yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Selain menjadi studio rekaman, ternyata Lokananta juga menjadi tempat penyimpanan gamelan tua. Sayangnya, gamelan tersebut hanya teronggok di sudut salah satu ruangan Lokananta.

Menurut pengelola tempat ini, ketertarikan anak-anak muda zaman sekarang terhadap gamelan memang sudah berkurang sehingga gamelan tua tersebut nampak terabaikan. Namun, meskipun tidak ada anak-anak muda yang memainkan gamelan tersebut, menurut warga setempat gamelan itu kerap kali berbunyi sendiri di malam-malam tertentu.

Suara gamelan itu terdengar jelas dari ruangan penyimpanan gamelan di Lokananta. Padahal, tidak ada seorang pun yang berada di Lokananta ketika gamelan itu berbunyi.

2. Rel Bengkong Slamet Riyadi

Rel Bengkong Slamet Riyadi

Kalau Anda melintas di pusat Kota Solo, terutama di Jalan Slamet Riyadi, Anda akan menemukan sebuah tikungan perlintasan kereta api yang benar-benar melintas di jalan yang berada di pusat kota. Hal ini tidak lazim mengingat biasanya rel kereta api tidak berada di pusat kota. Mengingat lokasi rel kereta api yang ekstrem ini, maka banyak sekali tragedi kecelakaan yang merenggut korban jiwa di tempat ini.

Cerita misteri mengenai tempat angker di Solo yang satu ini juga tak habis begitu saja. Pasalnya, di malam hari banyak pengendara yang melihat penampakan mahluk astral di sekitar perlintasan kereta api ini. Konon, penampakan tersebut adalah arwah dari pekerja paksa yang dulu membuat rel kereta api ini atau korban kecelakaan yang meninggal di sini.

3. Universitas Negeri Sebelas Maret

Universitas Negeri Sebelas Maret

* sumber: uns.ac.id

Berbicara soal kampus terbaik di Solo, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Solo. Banyak mahasiswa yang datang dari luar Solo untuk menempuh pendidikan di kampus ini. Akan tetapi, selalu ada cerita mistis di setiap kampus atau sekolah, bukan?

Cerita mistis berawal dari fakultas pertanian dan kedokteran yang letaknya tak jauh dari Bukit Kendil. Beberapa mahasiswa dari kedua fakultas tersebut mengaku pernah melihat penampakan kereta kencana dan kusir gaibnya. Bahkan, kadang-kadang juga muncul penampakan wanita dengan rambut panjang terurai.

Lain lagi dengan cerita horror dari fakultas hukum. Di salah satu ruangan fakultas ini sering terdengar suara gaduh seperti kegiatan belajar-mengajar, padahal saat itu sudah lepas tengah malam.

4. Taman Balekambang

Taman Balekambang

* sumber: ksmtour.com

Sempat menjadi tempat uji nyali bagi salah satu reality show misteri dari stasiun TV nasional, Taman Balekambang dinilai angker bagi masyarakat setempat. Namun, penggunaan Taman Balekambang sebagai lokasi syuting uji nyali acara televisi tersebut dikecam karena dapat menjatuhkan stigma taman yang sering dijadikan tempat pementasan wayang orang alias ketoprak tersebut.

Meskipun mendapat kecaman, hampir sebagain masyarakat Solo sudah mengetahui bahwa Taman Balekambang memang terkenal angker. Bahkan, bukan sekali dua kali saja pengunjung taman ini mendapatkan interaksi dari mahluk astral penghuni tempat ini.

5. Bekas Mess Arseto Solo

Bekas Mess Arseto Solo

* sumber: joglosemar.co

Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1977 ini dulunya digunakan sebagai mess bagi klub sepakbola Arseto. Sayangnya, mess ini menjadi bangunan mangkrak yang ditinggalkan. Konon, peristiwa gantung diri yang pernah terjadi di mess inilah yang menjadi alasan mengapa saat ini mess tersebut ditinggalkan begitu saja.

Keangkeran bangunan ini membuat tim uji nyali dari reality show mistis yang tayang di televisi nasional berminat untuk menjadikan Bekas Mess Arseto Solo ini sebagai lokasi uji nyali. Akan tetapi, permintaan tersebut ditolak oleh beberapa pihak dengan alasan mengutamakan keselamatan peserta uji nyali.

Seseram itukah bekas mess Arseto Solo ini sampai-sampai tidak bisa digunakan untuk syuting acara uji nyali? Selain itu, banyak warga setempat yang mengaku pernah melihat penampakan hantu wanita berpakaian suster di sekitar bangunan terbengkalai ini.

6. Pabrik Tua Gembongan

Pabrik Tua Gembongan

* sumber: www.solopos.com

Di kawasan Gembongan, Kartasura, Sukorharjo, terdapat sebuah pabrik tembakau yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Bangunan pabrik ini memang sudah dibiarkan lama terbengkalai, tetapi ada yang mengatakan bahwa pabrik tersebut menjadi gudang penyimpanan bagi salah satu pabrik rokok di Solo.

Mengingat kondisinya pabrik ini yang kosong, lembab, dan tidak terjamah oleh manusia, maka tak heran jika pabrik tua ini menjadi lokasi favorit bagi mahluk astral. Penampakan yang sering terlihat di salah satu tempat angker di Solo ini antara lain adalah hantu anak-anak yang kerap bermain di dalam pabrik meskipun sudah larut malam.

7. Taman Sekartaji

Taman Sekartaji

* sumber: www.skyscrapercity.com

Sekilas tak ada yang aneh dari Taman Sekartaji. Taman ini nampak sama dengan taman-taman kota lainnya. Dari pagi hingga sore hari taman ini selalu ramai pengunjung dari berbagai usia. Pengunjung taman ini ada yang sedang duduk-duduk saja, bermain, atau berolahraga.

Di balik keramaian yang terjadi pada Taman Sekartaji sejak pagi hingga sore hari, malam hari taman ini memiliki suasana angker yang cukup kental.

Hal tersebut seakan diaminkan oleh penjaga taman ini yang menuturkan bahwa “penunggu” gaib taman ini memang cukup banyak. Ada sosok perempuan yang diyakini sebagai kuntilanak di salah satu pohon besar. Kemudian, ada juga beberapa mahluk halus yang bertempat tinggal di belakang tembok yang bertuliskan “Taman Sekartaji”

8. Solo Paragon Hotel

Solo Paragon Hotel

Tak ada yang menyangka bahwa hotel bintang 4 yang cukup mewah ini juga masuk dalam daftar tempat angker di Solo. Yang membuat Solo Paragon Hotel dicap angker bagi masyarakat sekitar adalah sejarahnya sebelum menjadi hotel. Dulu tempat ini merupakan rumah sakit yang sudah berdiri sejak zaman Belanda.

Meskipun sekarang bangunannya dirombak menjadi hotel mewah tapi kisah mistis tetap menaungi tempat ini. Beberapa pengunjung hotel mengaku sering mendengar suara tangisan perempuan, sofa kamar yang tiba-tiba bergeser, dan sejumlah kejadian ganjil lainnya. Hmm.. Apakah Anda berani mencoba menginap di hotel ini?

Itulah 8 tempat angker di Solo yang cocok dipakai menjadi lokasi uji nyali. Apakah Anda berani mencoba berkunjung dan beruji nyali di tempat-tempat tersebut? Pada dasarnya, semua tempat memang memiliki “penunggu” masing-masing. Akan tetapi, tidak semua “penunggu” mengganggu manusia. Sebagai manusia, kita memang harus hidup berdampingan dengan mahluk dari alam lain.

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *