Bacaterus / Misteri Jawa Timur / 5 Tempat Angker di Sidoarjo Beserta Cerita Seramnya

5 Tempat Angker di Sidoarjo Beserta Cerita Seramnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juni 2019

Setiap berkunjung ke suatu kota atau daerah, kamu pasti menemukan tempat-tempat yang dianggap angker oleh masyarakat setempat. Masyarakat menilai sebuah tempat angker berdasarkan pengalaman pribadi bertemu atau diganggu makhluk astral, aura tempat yang terkesan suram, sampai dengan sejarah yang pernah terjadi di sana (seperti tempat pembunuhan).

Kali ini, Bacaterus ingin mengajakmu berkunjung ke Sidoarjo, sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya. Ada sejumlah tempat yang diyakini angker oleh warga setempat. Bahkan, saking angkernya cerita-cerita seram tentang tempat tersebut mulai santer terdengar dan menjadi buah bibir.

Penasaran dengan tempat-tempat yang mendapatkan gelar angker di Sidoarjo? Simak cerita lengkapnya di sini.

1. Museum Mpu Tantular

* sumber: kresnabayutour.com

Banyak masyarakat Surabaya dan Sidoarjo yang mengaku belum pernah berkunjung ke Museum Mpu Tantular. Padahal, museum yang sudah dibangun sejak tahun 1933 ini memiliki koleksi sejarah yang cukup lengkap. Di dalam museum tersimpan benda berharga “Garudeya” yang terbuat dari emas 22 karat.

Selain terkenal dengan koleksi benda sejarahnya, museum yang berlokasi di Jalan Raya Buduran – Jembatan Layang ini mempunyai cerita-cerita seram yang membuat orang enggan mengunjungi museum ini karena alasan takut.

Cerita yang santer terdengar adalah penampakan makhluk astral yang sering terlihat oleh pengunjung meskipun di siang hari. Meskipun tak dijelaskan bagaimana wujud makhluk astralnya, tapi cerita tersebut cukup membuat bulu kuduk merinding.

Suasana museum yang terbilang sepi juga menjadi alasan orang “takut” untuk berkunjung kemari. Apalagi ada cerita lain yang mengatakan bahwa benda-benda koleksi di museum ini terkadang bisa bergerak sendiri.

Percaya atau tidak, cerita-cerita tersebut sudah menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Jika ingin membuktikan kebenarannya, kamu bisa langsung berkunjung ke Museum Mpu Tantular ini.

2. Pabrik Tekstil di Tanggulangin

* sumber: faktualnews.co

Bangunan tua yang sudah tidak berpenghuni selalu memiliki kesan seram tersendiri bagi siapa saja yang melihat. Terlebih lagi bangunan tersebut tidak terawat dan ditumbuhi rerumputan yang tinggi. Wah, kesan angker jadi semakin terasa kental, bukan?

Sebuah bangunan bekas pabrik tekstil di Tanggulangin diyakini angker bagi sebagian masyarakat Sidoarjo. Bagaimana tidak, pabrik ini sudah berhenti beroperasi sejak tahun 1999, tepatnya pada saat krisis moneter.

Sebelum menjadi pabrik celana dan benang, bangunan yang konon sudah berdiri sejak zaman penjajahan ini merupakan pabrik gula milik orang Belanda. Baru setelah kemerdekaan pabrik ini beralih menjadi pabrik tekstil.

Menurut warga sekitar yang kerap kali melintasi bangunan tua ini pada malam hari, sering terdengar suara-suara ribut di dalam pabrik. Padahal, sudah tidak ada aktivitas apapun di dalam pabrik, apalagi di malam hari.

3. Kompleks Makam Mr. X

* sumber: faktualnews.co

Sebuah kompleks pemakaman di Jalan Raya Magersari, Kelurahan Pucang, Kabupaten Sidoarjo, dikenal sebagai kompleks makam Mr. X. Dinamakan “Makam Mr. X” karena yang dikuburkan di sana adalah jasad yang tidak memiliki keluarga, mulai dari korban kecelakaan tanpa identitas, korban penembak misterius (Petrus), sampai dengan terduga teroris.

Makam yang sudah ada sejak tahun 80-an ini dikenal sangat angker oleh warga setempat. Tak jarang warga mendapatkan pengalaman gaib ketika melintas di depan makam ini, terutama pada malam hari. Mulai dari aroma busuk atau anyir darah, sampai dengan penampakan sosok gaib semuanya pernah dialami oleh warga sekitar.

Menurut kesaksian warga, pada malam Jumat Kliwon pernah terlihat sosok dua wanita berpakaian putih dengan wajah rusak berdiri di depan makam. Bahkan, ada juga pengalaman seorang bapak bernama Budi yang pada malam hari mengajak anaknya pergi ke warung dan melintasi area makam tersebut. Sang anak kemudian bercerita bahwa ia melihat sosok pocong di makam tersebut yang memandang ke arahnya.

Keangkeran area Kompleks Makam Mr. X ini seolah menjadi terror yang tak berkesudahan bagi warga setempat. Namun, tetap saja makan ini selalu menjadi rujukan jika ada jasad yang tidak dikenal atau tidak diterima untuk dimakamkan di tempat pemakaman umum lainnya.

4. Bekas SMAN 2 Sidoarjo

* sumber: faktualnews.co

Kalau kamu mencari SMAN 2 Sidoarjo di Jalan Sidokare Gang Sekolahan, kamu pasti tidak akan menemukannya. SMAN 2 Sidoarjo sudah pindah ke gedung baru yang beralamatkan di Jalan Raya Lingkar Barat Gading Fajar 2. Menurut desas-desus yang beredar, kepindahan sekolah ini disebabkan karena gedung sekolah yang lama sangat angker.

Di gedung lama, banyak guru dan siswa yang mengalami fenomena gaib. Tersiar kabar bahwa sekitar 20 orang guru yang menderita penyakit berbeda-beda. Entah itu sebuah kebetulan atau memang karena hal gaib, sampai saat ini masih belum ada yang bisa menjawabnya. Yang pasti, 7 dari 20 guru tersebut meninggal di usia yang masih terbilang muda.

Kesurupan massal juga pernah terjadi di lingkungan SMAN 2 Sidoarjo lama. Siswa-siswa pun mengaku sering melihat penampakan makhluk halus dengan wujud yang bermacam-macam, mulai dari kuntilanak, pocong, sampai dengan hantu yang menggendong anak kecil.

Kabarnya, bangunan bekas SMAN 2 Sidoarjo ini sudah beralih fungsi menjadi kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja. Namun, sampai kini belum terdengar kabar apakah tempat tersebut masih angker atau sudah steril dari gangguan makhluk gaib.

5. Bekas Pabrik di Rangkah Kidul

Satu lagi tempat angker di Sidoarjo, yakni bekas pabrik di Rangkah Kidul. Pabrik yang tak lagi beroperasi ini berada di sebelah Sonic Futsal. Keangkeran bangunan pabrik ini sudah terkenal di kalangan warga sekitar. Bahkan, ada yang mengaku tak berani menengok ke arah pabrik jika melintas di depannya pada malam hari.

Fenomena gaib yang dialami warga yang melewati jalan depan pabrik pada malam hari adalah terdengar suara rantai yang diseret dari dalam bangunan. Padahal, pabrik ini tidak lagi beroperasi dan tidak ada aktivitas manusia di dalamnya.

Cerita mistis lain datang dari seorang warga yang mengaku pernah melihat penampakan pocong di jendela pabrik. Spontan orang tersebut langsung shock dan menguatkan diri untuk berlari.

Kebenaran seputar cerita-cerita mistis di pabrik yang berlokasi di Rangkah Kidul ini memang belum tentu benar. Namun, jika kamu memang ingin membuktikan sendiri, mungkin kamu bisa beruji nyali di sana atau sengaja melintas di depan pabrik pada malam hari? You choose!

Itulah 5 tempat di Sidoarjo yang dianggap angker oleh masyarakat setempat. Sekali lagi, keangkeran tempat tersebut berdasarkan cerita atau buah bibir yang beredar di masyarakat. Kalau kamu merupakan warga setempat atau orang yang memang belum pernah mengalami fenomena gaib ketika berkunjung ke tempat-tempat di atas, tak berarti cerita seram yang dialami orang lain adalah hoax.

Ingin tahu lebih banyak mengenai tempat-tempat angker yang berlokasi di Surabaya? Kunjungi artikel tempat angker di Surabaya ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar