Bacaterus / Misteri Pantura / 8 Tempat Angker di Purwakarta yang Sangat Menyeramkan

8 Tempat Angker di Purwakarta yang Sangat Menyeramkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pesona Purwakarta di bidang wisata memang sangat kuat. Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya kolam renang maupun tempat wisata di kabupaten yang jaraknya 80 kilometer di sebelah tenggara Jakarta ini. Namun, Purwakarta tidak hanya memiliki tempat wisata hiburan, tetapi ada juga tempat wisata mistis. Apalagi kabupaten ini juga dilalui oleh Tol Cipularang, tol angker yang banyak menelan korban jiwa.

Nah, apa saja tempat angker di Purwakarta? Adakah cerita mistis yang beredar di tempat-tempat angker tersebut? Bacaterus telah merangkum misteri yang terjadi di 8 tempat angker di Purwarkarta dalam tulisan ini.

8 Tempat Angker di Purwakarta

1. Gunung Tilu

Gunung Tilu Tempat Angker di Purwakarta

Sejak zaman dulu, Gunung Tilu dikenal sebagai tempat angker di Purwakarta. Cerita mengenai pesugihan di Gunung Tilu Purwakarta ini tersebar luas di kalangan masyarakat. Alhasil, banyak sekali orang-orang yang ingin menjadi kaya secara cepat datang untuk mencari pesugihan ke gunung ini.

Hantu-hantu yang menghuni Gunung Tilu ini berbagai macam bentuknya, ada genderuwo, kuntilanak, buto ijo, wewe gombel, sampai dengan pocong. Meskipun cerita mengenai penampakan-penampakan makhluk halus di Gunung Tilu telah tersebar luas, tapi toh masih ada saja orang-orang yang tertarik untuk mendaki gunung angker ini.

2. Waduk Jatiluhur

Asal-usul Waduk Jatilihur Misteri Waduk Jatiluhur

* sumber: www.tempat.me

Cerita mengenai misteri Situ Buleud Purwakarta mungkin belum dapat dipastikan kebenarannya. Namun, jika cerita mistis tersebut berhubungan dengan Waduk Jatiluhur pasti banyak orang yang mempercayainya. Waduk terbesar di Indonesia ini masuk dalam jajaran tempat angker di Purwakarta.

Waduk yang mulai beroperasi pada tahun 1967 ini konon dikuasai oleh makhluk astral bernama Mbah Jawer. Cerita mengenai Mbah Jawer bisa Anda baca dalam artikel Misteri Waduk Jatiluhur. Yang jelas waduk ini telah menelan puluhan hingga ratusan korban jiwa sejak mulai beroperasi.

Korban yang tenggelam di dalam Waduk Jatiluhur sebagian besar pasti akan meregang nyawa. Banyak yang menduga bahwa korban-korban meninggal di waduk ini adalah tumbal yang diminta oleh Mbah Jawer.

3. Gunung Burangrang

Gunung Burangrang

* sumber: zoerry.wordpress.com

Secara geografis, letak Gunung Burangrang berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang, Bandung Barat. Namun, gunung ini berbatasan dengan Purwakarta sehingga ketika kita sedang membahas mengenai tempat angker di Purwakarta, maka gunung ini pun tidak luput dari pembahasan tersebut.

Misteri Gunung Burangrang Purwakarta ini sudah cukup terkenal di dunia penerbangan. Ada mitos yang mengatakan bahwa pesawat yang melintas di atas makam-makam Tentara Mataram pasti jatuh. Nyatanya, ada beberapa tragedi pesawat jatuh setelah melintas gunung ini. Kenyataan tersebut tentu menambah angker gunung dengan ketinggian 2.064 meter ini.

4. Tol Cipularang

Tol Cipularang

Apa yang terbesit dalam benak Anda ketika mendengar kata “Tol Cipularang”? Tol yang menghubungkan Cikampek – Purwakarta – Padalarang ini memang sudah terkenal angker. Hal tersebut juga didukung dengan banyaknya kecelakaan yang terjadi di tol ini hingga menewaskan korbannya. Salah satu korban tewas kecelakaan di Tol Cipularang adalah istri pedangdut Saiful Jamil, Virginia Anggraeni.

Sudah banyak kejadian mistis yang di luar nalar terjadi di Tol Cipularang ini. KM 90 – 100 diyakini sebagai lokasi paling angker yang ada di Tol Cipularang. Mitos kerajaan gaib sampai adanya makhluk halus yang tak segan-segan mengganggu atau menampakkan diri pada pengguna tol ini tentu sudah santer terdengar. Anda dapat membaca kisah-kisah mistis yang terjadi di tol ini dalam artikel Misteri Tol Cipularang.

5. Jembatan Sasak Beusi

Jembatan Sasak Beusi

Misteri Jembatan Sasak Beusi Purwakarta tidak banyak dibahas oleh warga net. Namun di kalangan masyarakat setempat jembatan ini dikenal angker. Pernah suatu waktu terjadi tabrakan beruntun yang menghilangkan 3 nyawa sekaligus.

Jembatan yang usianya sudah ratusan tahun ini dianggap angker karena masyarakat setempat percaya bahwa makhluk halus penunggu jembatan inilah yang menyebabkan kecelakaan hingga merenggut nyawa korbannya.

Walaupun tidak memiliki bukti kuat mengenai makhluk halus penunggu Jembatan Sasak Beusi, tetapi lewat di atas jembatan ini pada saat malam hari bisa membuat bulu kuduk merinding. Maklum, penerangan di jembatan ini masih sangat minim sehingga suasananya lebih mencekam.

6. Gunung Hejo

Gunung Hejo

* sumber: yeaharip.com

Kalau Anda melintas di Tol Cipularang sepanjang KM 90 – 100, Anda akan melihat sebuah gunung kecil yang tidak terlalu tinggi di sisi jalan. Gunung tersebut dinamakan Gunung Hejo, salah satu tempat angker di Purwakarta yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat maupun pengemudi yang lewat di Tol Cipularang.

Di kawasan Gunung Hejo inilah pengemudi sering melihat makhluk halus yang memang mengganggu mereka sehingga terjadi kecelakaan. Konon, ada cerita di balik kemarahan makhluk-makhluk halus yang menghuni gunung yang kabarnya menjadi petilasan Prabu Siliwangi ini.

Sebelum dibangun tol, petilasan sang prabu ini banyak dikunjungi oleh peziarah. Beredar kabar bahwa sebenarnya pihak kontraktor ingin menembus Gunung Hejo untuk membuat jalan tol, tetapi usaha tersebut gagal karena gunung tidak dapat dihancurkan dengan alat berat.

Kontraktor juga sempat berjanji akan membuat jalan akses ke Gunung Hejo untuk memudahkan para peziarah. Sayangnya, janji tersebut tidak ditepati dan akhirnya membangkitkan amarah makhluk-makhluk halus penunggu gunung tersebut. Akibat rasa marah dari para makhluk halus penunggu Gunung Hejo, akhirnya pengemudi yang melintasi di jalur tersebut akan diganggu oleh makhluk halus.

7. Waduk Cirata

Waduk Cirata Peminta Tumbal Nyawa Manusia

* sumber: www.frozzaholic.com

Apakah Anda berpikir bahwa Waduk Jatiluhur adalah satu-satunya waduk angker di Purwakarta? Pada kenyataannya, ada sebuah waduk lainnya di Purwakarta yang juga mendapat gelar angker dari warga sekitar.

Adalah Waduk Cirata, sebuah tempat angker di Purwakarta yang kabarnya masih memiliki hubungan dengan Waduk Saguling. Hubungan dari kedua waduk ini sebenarnya disebabkan oleh kerajaan gaib yang ada di masing-masing waduk. Kabarnya, kerajaan gaib tak kasat mata ini berada di dasar waduk.

Selain itu, mitos berupa keberadaan ular raksasa besar yang menghuni waduk ini juga sangat terkenal. Konon, ular tersebut dapat berenang dengan sangat cepat. Sayangnya, belum ada yang mampu membuktikan kebenaran seputar ular jadi-jadian ini.

Tak hanya itu saja, penampakan hantu banaspati juga sering terlihat di sekitar waduk ini. Anda dapat membaca berbagai misteri di sekitar waduk ini dalam artikel Misteri Waduk Cirata.

8. Stasiun Purwakarta

Stasiun Purwakarta

* sumber: penjajakata.com

Stasiun Purwakarta menjadi tempat untuk menyimpan gerbong-gerbong kereta yang sudah tidak terpakai. Beberapa di antara gerbong tersebut merupakan gerbong dari kereta yang mengalami kecelakaan, sehingga kesan seram akan langsung terasa ketika Anda melihat tumpukan bangkai gerbong kereta.

Keangkeran stasiun ini semakin terasa ketika Anda mengetahui peristiwa di tahun 1988. Kala itu, sekelompok pemuda yang asyik minum minuman keras justru tertabrak kereta yang akan masuk ke Stasiun Purwakarta. Tubuh mereka terseret dan jasadnya ditemukan tidak utuh. Peristiwa ini juga dianggap sebagai penyebab munculnya hantu tanpa kepala dan suara tangisan yang terjadi stasiun ini.

8 tempat angker di Purwakarta ini benar-benar bikin Anda merinding. Untuk mengetahui seputar tempat angker lain di Jawa Barat, Anda dapat membaca artikel tempat angker di Jawa Barat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

    1. Haha and we love you more! Thanks for read and appreciate my writes.

  1. masih banyak yg ketinggalan tempat2 angker di purwakarta syh si penjelajah purwakarta

    1. Hai Deni, kalau ada tempat angker lain yang belum diulas di artikel ini, kamu bisa menambahkannya di kolom komentar, ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *