Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 7 Tempat Angker di Nganjuk Jawa Timur yang Menyeramkan

7 Tempat Angker di Nganjuk Jawa Timur yang Menyeramkan

Ditulis oleh

Bukan hanya Indramayu, tempat angker di Nganjuk juga terbilang menyeramkan dengan kisah-kisah mistis yang bikin bulu kuduk Anda merinding. Kisah-kisah gaib yang ada di beberapa tempat di Nganjuk ini juga terbilang populer untuk masyrakat sekitar Nganjuk.

Bahkan, ada juga tempat yang memiliki beberapa pantangan jika Anda mengunjungi salah satu tempat angker di Nganjuk ini. Nah, jika Anda penasaran dengan beberapa tempat angker di Nganjuk, Bacaterus sudah berhasil merangkumnya untuk Anda. Berikut paparan mengenai tempat-tempat angker di Nganjuk Jawa Timur yang paling populer dan menyeramkan.

7 Tempat Angker di Nganjuk

1. Jembatan Karangsemi

tempat angker di nganjuk Jembatan Karangsemi

Jika Indramayu terkenal dengan tempat angkernya, Jembatan Eretan dan Jembatan Sewo, maka Nganjuk ini punya tempat angker yang sangat terkenal dengan penghuni kuntilanaknya, yakni Jembatan Karangsemi. Jembatan ini merupakan penghubung antara Desa Karangsemi dan Desa Demangan, Kabupaten Nganjuk.

Sekilas, jembatan ini nampak kokoh dan kuat, namun nyatanya, jembatan ini kerap kali ambruk dan rusak. Warga sekitar menyebutkan, bahwa Jembatan Karangsemi selalu rusak dan bahkan pernah mengalami ambruk sebanyak 2 kali dalam setahun tanpa sebab apapun.

Padahal, setiap kali Jembatan Karangsemi ini ambruk atau mengalami kerusakan, warga setempat akan selalu bergerak cepat untuk memperbaikinya. Namun anehnya, selang beberapa bulan baru diperbaiki, jembatan itu akan mengalami kerusakan dan ambruk lagi.

Warga juga sempat menuturkan bahwa mereka sering melihat penampakan makhluk halus berwujud perempuan cantik dengan jubah putih yang selalu duduk di pagar pembatas jembatan. Hal inilah juga yang membuat para warga enggan untuk melakukan aktivitas di malam hari dan selalu menghindari jembatan ini pada hari sudah gelap.

Keangkeran Jembatan Karangsemi semakin menjadi saat tahun 2016 silam seorang wanita muda asal Nganjuk memilih untuk mengakhiri nyawanya dengan melompat ke sungai yang ada di bawah Jembatan Karangsemi. Dikatakan, wanita itu mengalami gangguan jiwa. Apapun itu, yang jelas jembatan ini masih menyimpan berbagai macam misteri yang mengerikan.

2. Goa Ndalem

Goa Ndalem

Hollywood Nganjuk, begitulah julukan untuk goa yang indah dan sangat populer di Nganjuk ini. Disebut sebagai ‘Hollywood’ karena memang tempat wisata ini memiliki tulisan “Goa Ndalem” layaknya tulisan “Hollywood” di luar negeri sana.

Sebenarnya, goa ini sudah sangat tidak asing untuk masyarakat Nganjuk, sejak dulu. Hanya saja, pemerintah desa Kebonagung dan warga setempat, sepakat untuk membuka Goa Ndalem sebagai salah satu destinasi wisata di tahun 2016.

Kalau orang luar Nganjuk sih melihatnya sangat indah dan menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan. Namun, pandangan berbeda yang ditujukan oleh masyarakat sekitar Goa Ndalem. Ya, ini adalah salah satu tempat angker di Nganjuk, bahkan Goa Ndalem ini merupakan tempat keramat lho.

Konon, Goa ini dulunya adalah padepokan yang dimiliki oleh keturunan ke-7 Raden Patah, Raden Ayu Kaji Siti Halimah. Padepokan dibuat dengan tujuan untuk menggembleng murid-muridnya agar menjadi pribadi yang kuat dan baik. Selain itu juga, di sekitar Goa Ndalem masih ada goa lainnya, yakni Goa Topo, Goa Payung, Goa Kacur, dan Goa Macan. Penasaran ingin berkunjung ke sana?

3. Makam Tua Mbah Ngliman

Makam Tua Mbah Ngliman

Makam Tua Mbah Ngliman ini juga menjadi salah satu spot angker yang ada di Nganjuk. Bagaimana tidak, konon katanya, makam yang dikeramatkan ini adalah tempat persemayaman Patih Agung Majapahit, Gajah Mada. Bahkan, hal tersebut sudah tercantum dalam Wewaler (pesan spiritual) yang sudah dijaga kerahasiaannya selama 650 tahun.

Misteri lainnya mengatakan bahwa, jika Wewaler tersebut diungkap sebelum waktunya maka akan terjadi bencana besar di pulau Jawa. Oh iya, ada juga yang mengungkapkan bahwa kata “Ngliman” ini diambil dari kata “Liman” yang diartikan sebagai “Gajah” dalam ilmu Gothak Gathuk Mathuk.

Itulah beberapa faktor yang membuat orang-orang percaya bahwa makam ini adalah makam Gajah Mada. Faktor lain juga diperkuat dengan adanya pohon Bodhi di sekitar makam. Artinya, orang yang dimakamkan di tempat tersebut bukanlah orang sembarangan dan orang yang sangat berpengaruh di zamannya.

Nah, kalau Anda mengunjungi Makam Mbah Ngliman ini, Anda akan masuk dengan menapaki beberapa anak tangga. Konon, setiap orang yang melewati tangga tersebut tidak akan pernah menghitung anak tangga dengan jumlah yang benar dan selalu mendapati jumlah yang berbeda-beda.

Di makam ini juga ada pantangan untuk tidak mengambil foto makam. Orang-orang sekitar percaya, jika ada orang yang mengambil foto makam, maka orang tersebut akan mendapatkan petaka. Wah, cukup mengerikan, ya?

4. Candi Ngetos

Candi Ngetos

Nganjuk memang tidak lepas dengan yang namanya sejarah dari kerajaan Majapahit. Pun begitu dengan Candi Ngetos yang dipercaya sebagai tempat dimakamkannya Hayam Wuruk. Sejumlah mitos dan cerita mistis pun tersebar luas di kalangan masyarakat sekitar.

Nah, kalau memang Anda penasaran berkunjung ke candi yang dijadikan tempat wisata ini, Anda bisa mendatangi Desa Ngetos. Oh iya, nilai sejarah yang ada pada Candi Ngetos cukup kuat. Para ahli juga menemukan empat buah relief di candi ini. Sayangnya, hanya 1 relief yang masih bagus dan sisanya sudah hancur. Juga, ada dua arca yang ada di Candi Ngetos.

Menurut penuturan salah seorang pemerhati sejarah, pada candi tersebut ada sebuah pahatan seperti patung dengan motif Kalamakara yang sangat besar dan angker. Konon, bentuknya yang seram inilah akan mendatangkan kewibawaan dan menghindari malapetaka.

5. Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo

Salah satu tempat angker di Nganjuk ini juga memiliki pesona wisata yang indah dan menyejukan. Air Terjun Sedudo yang terletak di desa Ngliman ini memiliki beragam mitos dan cerita mistis yang dipercaya oleh sejumlah orang.

Pasalnya, Air Terjun Sedudo ini sudah dijadikan tempat untuk membersihkan benda-benda pusaka dan benda mistis, seperti keris, di waktu-waktu tertentu termasuk malam satu suro. Dan yang menarik, ritual pembersihan benda pusaka ini sudah dilakukan dari zaman Majapahit.

Selain menjadi tempat ritual, orang-orang kerap kali mendatangi Air Terjun Sedudo untuk mandi yang dipercaya sebagai obat awet muda. Bahkan, beberapa politikus juga dikabarkan pernah mendatangi lokasi ini untuk memperlancar jalannya pemilihan.

Terlepas dari semua itu, ada banyak pantangan yang harus dituruti oleh pengunjung. Dikatakan bahwa pengunjung tidak boleh mengambil apapun di sekitar air terjun, tidak boleh bertindak asusila, sampai dilarangnya membawa pulang shampoo dan sabun yang dibawa dari rumah.

Dan yang pastinya, pengunjung dilarang berkomentar hal-hal yang tidak penting. Berita terakhir dari Air Terjun Sedudo ini adalah bencana longsor yang menyebabkan 3 orang tewas dan 9 orang mengalami luka berat.

6. Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo

Masih di Desa Ngliman tepatnya di Kecamatan Sawahan, selain Air Terjun Sedudo, ada juga air terjun yang memang masih sangat jarang diketahui banyak orang, Air Terjun Singokromo. Konon katanya, air terjun yang berlokasi di daerah lereng Gunung Wilis ini merupakan tempatnya para “singa kawin.”

Hal itulah yang membuat beberapa orang enggan mendatangi tempat angker ini. Selain itu, setiap malam bulan purnama, para warga sekitar kerap kali mengunjungi air terjun dan mengambil airnya. Mereka percaya, air tersebut bisa mengobati segala jenis penyakit.

Bukan hanya itu saja, Air Terjun Singkoromo juga terkenal dengan mitos “pencari jodoh.” Pasalnya, beberapa orang mempercayai bahwa mandi dengan air terjun dari Singkromo akan segera dipertemukan dengan jodohnya. Penasaran ingin mengunjunginya?

7. Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning

Meski terkesan indah dengan pesona alam di Air Terjun Roro Kuning, namun nyatanya air terjun yang berlokasi di lereng Gunung Wilis ini juga menyimpan berbagai misteri yang cukup menyeramkan. Asal-usul dari air terjun ini berkisah dua orang putri raja bernama Roro Kuning (Dewi Sekartaji) dan Ruting (Dewi Kilisuci).

Pada masanya, mereka dinyatakan mengidap penyakit dan tidak ada yang bisa menyembuhkan. Akhirnya, kedua putri raja itu mengembara ke hutan, naik-turun gunung, hingga bersinggah di lereng Gunung Wilis. Dalam persinggahannya, mereka bertemu dengan Resi Darmo yang juga orang sakti dan bisa menyembuhkan penyakit mereka berdua.

Konon katanya, kedua putri raja itu juga sering mandi di air terjunnya. Maka dari itulah, air terjun ini dinamakan dengan Air Terjun Roro Kuning. Terlepas dari legendanya, warga sekitar juga merasa merinding dengan kejadian-kejadian gaib yang ada di lokasi tersebut.

Di sekitar Air Terjun Roro Kuning ada sebuah patung Roro Kuning yang menjadi sentral angker di air terjun itu. Diceritakan pada tengah malam, selalu ada keramaian di sekitar air terjun, padahal sangat sepi. Seringkali juga ada penampakan makhluk halus yang ada di patung Air Terjun Roro Kuning.

Di patung tersebut juga kerap kali muncul sosok bayangan wanita cantik, warga percaya bahwa itu adalah arwah dari Roro Kuning. Yang anehnya lagi, di sungai Nganjuk kerap kali ditemukan selendang berwarna kuning yang membuat geger masyarakat sekitar.

Belum lagi bencana banjir yang pernah terjadi di Nganjuk. Bencana tersebut dipercaya akibat ulah Roro Kuning lantaran air banjirnya sulit surut. Maka dari itulah, warga setempat sampai mengadakan acara ritual untuk menenangkan arwah Roro Kuning.

Itulah tadi 7 tempat angker di Nganjuk yang terkenal dan bahkan beberapa di antaranya dijadikan tempat wisata yang sangat populer. Bagaimana, Anda berminat untuk mengunjungi salah satunya? Atau Anda punya rekomendasi tempat angker di Nganjuk lainnya? Bagikan di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment