Bacaterus / Misteri Jawa Timur / 10 Tempat Angker di Malang yang Cocok untuk Uji Nyali

10 Tempat Angker di Malang yang Cocok untuk Uji Nyali

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap kota pasti memiliki kisah mistis tersendiri. Pun begitu dengan Malang. Kota dengan udara sejuk dan jajanan khasnya yang sangat lezat ini ternyata juga memiliki beberapa tempat yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar. Tidak semua tempat angker di Malang ini merupakan bangunan kosong atau mangkrak. Beberapa di antaranya bahkan masih aktif digunakan oleh manusia.

Jika Anda merasa bernyali besar dan selalu menyukai tantangan baru, cobalah menguji nyali Anda di 10 tempat angker yang berada di Malang yang berhasil dirangkum oleh Tim Bacaterus berikut ini. Datanglah pada malam hari agar suasana mistisnya lebih terasa.

1. Pabrik Jamur Cangar

* sumber: dailyradit.blogspot.com

Cangar terkenal dengan wisata pemandian air panasnya. Bila kamu hendak menuju ke pemandian tersebut, kamu pasti melewati bangunan yang merupakan bekas pabrik jamur. Namun, bangunan ini sudah tak lagi berpenghuni lantaran ditinggalkan oleh pemiliknya sejak sekitar tahun 2010.

Keangkeran bangunan sudah dirasakan sejak pabrik masih beroperasi. Menurut mantan pekerja di pabrik tersebut, beberapa pekerja memang sering mendapatkan pengalaman gaib, mulai dari penampakan nenek-nenek yang berjalan ngesot sampai dengan suara tangisan dan jeritan minta tolong.

Tak jauh dari bangunan pabrik ada juga sebuah villa yang tak lagi dipakai. Aura mistis semakin kental tatkala villa tersebut juga hampir tertutup dengan rumput-rumput tinggi. Konon, warga sekitar yang melintas di depan villa tersebut pada malam hari sering melihat penampakan sosok wanita yang tampak memanggil-manggil ke arah mereka.

2. Wisma Erni

Wisma Erni

Tak jauh dari Hotel Niagara ada sebuah rumah megah di atas bukit, sayangnya rumah ini dibiarkan kosong begitu saja dan nampak tidak terawat. Pilar-pilar besar yang menopang rumah ini membuktikan bahwa tampilan rumah yang dinamakan Wisma Erni ini dulu pasti sangat mewah.

Keangkeran Wisma Erni memang sudah terkenal. Bahkan, tim dari sebuah acara stasiun TV nasional, Mister[i] Tukul Jalan-Jalan, pernah mendatangi Wisma Erni.

Dari pengakuan masyarakat sekitar, di balkon rumah kosong ini sering ada penampakan Hantu Erni. Hantu wanita ini muncul dengan paras pucat dan pandangan nanar. Konon, di rumah ini pernah terjadi pembataian keji yang menewaskan Erni dan keluarganya.

3. SMA Negeri 1 Malang

SMA Negeri 1 Malang

Sebagai salah satu sekolah favorit, SMA Negeri 1 Malang atau yang akrab dikenal sebagai SMA Tugu ini berada di lokasi yang cukup strategis, yakni di dekat Alun-alun Tugu. Namun, keramaian di kawasan ini tidak mengurangi kesan angker di SMA Tugu ini.

Hal yang di luar nalar terjadi di sekolah ini ketika di beberapa lantai kelas terdapat bercak darah misterius. Bercak darah ini tidak kunjung hilang meskipun sudah diganti dengan ubin yang baru. Pun begitu di aula sekolah ini juga pernah terdapat bercak darah misterius pada lantainya. Selain itu, ada juga yang mengatakan banyak penampakan mahluk astral di ruang-ruang kelas sekolahan ini.

4. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya

Anda pasti tidak menyangka bahwa kampus yang cukup terkenal ini berada dalam daftar tempat angker di Malang, bukan? Ya, Universitas Brawijaya memang memiliki beberapa cerita mistis. Salah satu cerita mistis yang paling terkenal adalah hantu muka rata yang berada di dekat Fakultas Kedokteran.

Tak hanya itu saja, ada juga kuntilanak berbaju merah yang berada di Gedung Widyaloka di depan Gedung Fakultas Kedokteran Gigi. Di Asrama Koperasi Mahasiswa juga tidak kalah seram karena ada hantu yang sering mengganggu mahasiswa yang sedang terlelap tidur dengan penampakan penggalan tangan yang menarik selimut.

5. Wisma Tumapel

Wisma Tumapel

Bangunan tua peninggalan jaman Belanda ini berlokasi di Jalan Tumapel No. 1, Klojen, Malang. Wisma Tumapel ini sering dikunjungi wisatawan, terutama tim fotografer yang ingin hunting foto di sini. Namun, penjaga tempat ini sering mengingatkan pengunjung untuk berlaku dan bertutur kata dengan sopan agar tidak diganggu oleh “penghuni” bangunan ini.

Menurut cerita yang beradar dari mulut ke mulut, Wisma Tumapel ini dihuni oleh sosok hantu Noni Belanda yang kerap berjalan-jalan di lorong. Tak hanya itu saja, ada beberapa kamar di Wisma Tumapel ini yang tidak boleh sembarangan dibuka.

6. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang

Tidak kalah populer dengan Universitas Brawijaya, ternyata Universitas Negeri Malang ini juga memiliki kisah mistis tersendiri. Cerita hantu paling terkenal di kampus ini adalah hantu tanpa kaki.

Dikisahkan ada seorang mahasiswi yang asyik menggunakan fasilitas hotspot WiFi di taman Fakultas Seni Rupa. Karena keasyikan berselancar di dunia maya, si mahasiswi tidak sadar bahwa malam telah larut. Tiba-tiba teman si mahasiswi menelpon dan mengingatkan untuk pulang.

Teman tersebut juga sempat membahas seputar rumor hantu tanpa kaki tersebut. Bergegas si mahasiswi mengemasi barang-barangnya dan segera pulang. Baru beberapa langkah tiba-tiba terdengar suara parau, “Kamu mau pulang karena sudah malam atau sudah tahu?” Betapa kagetnya si mahasiswi ketika melihat sosok hantu tanpa kaki yang diceritakan temannya tadi.

7. Jembatan Sulfat

Jembatan Sulfat

Membahas seputar tempat angker di Malang, Anda tentu tidak akan melewatkan Jembatan Sulfat. Konon, ini adalah tempat sekaligus jembatan yang terangker di Kota Malang. Jembatan ini masih aktif digunakan untuk menuju ke Sawojajar. Pembangunan jembatan ini memang memangkas areal pemakaman umum.

Kisah seram yang sering dialami warga yang melintas di sini menggunakan sepeda motor pada malam hari ini adalah beban sepeda motor yang bertambah berat seperti membonceng orang. Katanya, beban yang bertambah berat ini disebabkan oleh kuntilanak yang menumpang motor itu.

8. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya

Bukan rahasia lagi jika museum selalu dianggap sebagai tempat angker karena menyimpan benda-benda bersejarah yang mungkin memiliki kisah kelam yang menaunginya. Di Museum Brawijaya ini juga ada satu spot yang dianggep angker, yakni Gerbong Maut.

Sedikit cerita mengenai Gerbong Maut, ini adalah sebuah gerbong kecil yang pernah memuat 100 lebih pejuang yang dikirim oleh Belanda. Tempatnya yang sangat sempit dan udara yang minim membuat puluhan orang meregang nyawa di dalam gerbong dan sisanya sekarat. Konon, pada malam hari sering terdengar jeritan kesakitan dari dalam gerbong tersebut.

9. Rumah Sakit Lavalette

Rumah Sakit Lavalette

Di rumah sakit yang masih beroperasi hingga sekarang ini ternyata dianggap angker oleh orang-orang yang memiliki kemampuan untuk melihat mahluk gaib. Terdapat sebuah pohon tua yang besar di pelataran Rumah Sakit Lavalette ini. Pohon tua ini dihuni oleh sejumlah mahluk halus yang yang tak kasat mata. Maka Anda harus selalu waspada dan hati-hati apabila melewati bagian depan Rumah Sakit Lavelette ini.

10. Rumah Hantu Rinjani

* sumber: malang.merdeka.com

Merasa familiar dengan arsitektur rumah yang satu ini? Ya, arsitektur rumah di Jalan Rinjani No. 14 ini mengingatkan kita pada rumah yang menjadi lokasi syuting film Pengabdi Setan. Tak hanya arsitekturnya saja yang nampak mirip, keangkerannya pun juga bisa dibilang nyaris sama.

Rumah dengan arsitektur bergaya Eropa ini tak lagi berpenghuni. Menurut buah bibir yang beredar di kalangan masyarakat sekitar, di pekarangan rumah ini sering nampak hantu noni Belanda yang mondar-mandir di malam hari.

Kadang-kadang, masyarakat sekitar yang kebetulan melintas di sini mendapati anak-anak kecil yang bermain di halaman rumah. Padahal, anak-anak manusia tidak mungkin bermain di sana mengingat seramnya cerita rumah tersebut.

Berani menguji nyali Anda di 10 tempat angker di Malang ini? Beberapa bangunan di atas masih aktif digunakan oleh manusia. Tak ada salahnya jika Anda memilih salah satu tempat ini untuk menguji keberanian Anda.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *