Bacaterus / Misteri Ciayumajakuning / Inilah 6 Tempat Angker di Kuningan yang Paling Mencekam

Inilah 6 Tempat Angker di Kuningan yang Paling Mencekam

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Desember 2018

Berada di sebuah tempat yang angker memang bisa membuat bulu kuduk merinding. Apalagi jika Anda berada di tempat tersebut seorang diri dan pada malam hari. Hiii.. Tentu saja suasana di tempat tersebut bisa menjadi lebih mencekam.

Setiap tempat angker pasti memiliki ceritanya tersendiri. Bahkan, makhluk astral yang terdapat di setiap tempat angker tentu berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini Bacaterus ingin mengajak Anda untuk menelusuri tempat angker di Kuningan.

Menurut cerita yang tersebar dari mulut ke mulut, sejumlah tempat ini dihuni oleh makhluk astral. Bahkan, beberapa di antaranya tidak segan untuk mengganggu manusia. Penasaran dengan tempat angker di Kuningan yang akan dibahas oleh Bacaterus? Yuk, cari tahu kisah selengkapnya di sini.

6 Tempat Angker di Kuningan

1. Jalan Raya Ciharendong

Jalan Raya Ciharendong Tempat Angker di Kuningan

Masyarakat Kuningan mengenal Jalan Raya Ciharendong sebagai jalan angker di Kuningan. Ada begitu banyak kecelakaan yang terjadi di jalan ini. Bahkan, jumlah korban tewas dari kecelakaan yang terjadi di Jalan Raya Ciharendong sudah tak terhitung lagi jumlahnya.

Usut punya usut, hantu wanita berkebaya yang sering menampakkan diri di depan pengendara lah yang menyebabkan serangkaian kecelakaan di jalan ini. Kemunculan hantu wanita ini tentu mengagetkan pengemudi sehingga membanting setir kendaraannya.

Menurut warga setempat, hantu wanita itu dikenal sebagai Nyai Ronggeng. Konon, kuburan Nyai Ronggeng berada tak jauh dari jembatan yang ada di Jalan Raya Ciharendong. Menurut desas-desus yang terdengar, sang nyai meninggal secara tidak wajar yaitu dikubur hidup-hidup. Itulah sebabnya arwah Nyai Ronggeng masih bergentayangan di jalan ini.

2. Curug Putri

Curug Putri

* sumber: www.garudacitizen.com

Salah satu tempat wisata alam yang sedang hits di Kuningan adalah Curug Putri. Jalan untuk menuju ke air terjun ini penuh tantangan, tetapi justru hal tersebut lah yang membuat perjalanan Anda ke Curug Putri semakin menarik.

Curug Putri dikenal sebagai tempat angker di Kuningan karena pengunjung yang datang kemari mengaku melihat sosok putri yang berada di sekitar air terjun. Mitos Curug Putri Kuningan juga didukung adanya fakta ketika memotret air terjun, maka air terjun itu akan terlihat seperti siluet seorang putri.

Benar atau tidaknya keangkeran Curug Putri tentu tergantung kepercayaan Anda masing-masing. Pasalnya, setiap orang punya persepsi sendiri untuk menilai sebuah tempat angker.

3. Waduk Darma

Waduk Darma

* sumber: duniawarnaku.wordpress.com

Waduk atau perairan yang luas selalu diidentikan sebagai tempat angker. Cerita dan pengalaman warga setempat menjadi acuan untuk menilai angker tidaknya sebuah tempat. Waduk Darma juga salah satu tempat angker di Kuningan menurut warga setempat.

Di bagian tengah waduk terdapat sebuah pulau kecil. Konon, pulau di tengah Waduk Darma ini merupakan sarang bagi kuntilanak dan tuyul. Bisa Anda bayangkan jika sebuah pulau dipenuhi dengan sosok astral dengan rupa yang mengerikan?

Selain itu, misteri Waduk Darma lainnya adalah terdapat siluman belut putih yang dikenal sebagai penunggu waduk. Siluman ini berukuran sebesar naga dan wajahnya pun sangat seram. Siluman belut putih memiliki tubuh yang licin. Meskipun demikian, siluman belut putih ini sangat jarang menampakkan diri di hadapan manusia.

4. Curug Bangkong

Curug Bangkong

* sumber: www.indonesiakaya.com

Cerita misteri Curug Bangkong juga tak kalah mengerikan dibanding sejumlah tempat angker di Kuningan yang pernah kami bahas sebelumnya. Air terjun ini berlokasi di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kuningan. Lokasi air terjun ini berada sangat dekat dari Waduk Darma.

Asal-usul nama Bangkong sebenarnya berasal dari seorang pertapa bernama Wiria. Suatu ketika, penduduk desa bingung mencari keberadaan Wiria di dekat air terjun. Karena jasadnya tidak ditemukan maka Wiria dianggap telah mencapai kesempurnaannya. Akan tetapi, sejak saat itu di sekitar air terjun sering terdengar suara bangkong alias katak. Konon, Wiria berubah wujud menjadi kodok dan tinggal di sekitar Curug Bangkong.

Misteri Curug Bangkong tak hanya sampai di situ saja. Pasalnya, curug ini juga dinilai sering meminta tumbal. Ada seorang anak bernama Yoyo yang dinyatakan tewas karena hanyut di sungai yang berada di air terjun ini. Anehnya, jenazah Yoyo tidak pernah ditemukan sampai saat ini. Selain itu, ada seorang pria bernama Tatang yang kabarnya gantung diri di sekitar Curug Bangkong.

5. Gunung Ciremai

Misteri Gunung Ciremai

Warga Kuningan dan sekitarnya pasti sudah pernah mendengar tentang keangkeran Gunung Ciremai. Gunung yang dulunya pernah menjadi tempat bertapa bagi Sunan Gunung Jati ini memang menyimpan sejumlah cerita misteri yang di luar nalar.

Berdasarkan cerita dari para pendaki, sosok Nyi Linggi dan dua ekor macan tutul gaib sering terlihat di gunung ini. Semasa hidupnya Nyi Linggi bertapa di Gunung Ciremai untuk melanjutkan pertapaan Sunan Gunung Jati. Sebelum berhasil mencapai kedigdayaannya, Nyi Linggi meninggal dunia dan jasadnya ditemukan oleh warga setempat. Konon, Nyi Linggi pernah menampakkan diri pada juru kunci maupun pendaki.

Cerita lain yang membuat Gunung Ciremai masuk dalam daftar tempat angker di Kuningan adalah pengalaman para pendaki yang melihat sosok kuntilanak. Konon, kuntilanak ini sering terlihat ketika pendaki mengambil jalur pendakian Batu Lingga. Kehadiran kuntilanak ini sering diawali dengan bau kemenyan yang sangat menyengat.

Salah satu cerita mistis yang paling terkenal dari Gunung Ciremai adalah suara gamelan misterius yang sering terdengar oleh para pendaki. Jika Anda bersikeras mencari sumber suara gamelan, Anda bisa tersesat dan terpisah dari rombongan. Kisah mistis lain seputar Gunung Ciremai dapat Anda baca dalam artikel Misteri Gunung Ciremai.

6. Makam Nyi Ratna Herang

Makam Nyi Ratna Herang

* sumber: tempathorror.blogspot.com

Nyi Ratna Herang adalah seorang penari ronggeng yang cantik jelita. Kecantikan Nyi Ratna Herang membuat para pria berebut untuk memiliki dirinya. Kala itu, ada dua orang jawara yang berkelahi adu kekuatan karena sama-sama ingin memiliki sang penari cantik itu. Namun naas, justru Nyi Ratna Herang lah yang terkena serangan dan meninggal dunia.

Sebelum meninggal, Nyi Ratna Herang berpesan bahwa di desa tersebut tidak akan ada gadis cantik yang dapat hidup hingga usia 19 tahun. Masyarakat setempat pun mempercayai mitos ini dan mengirim anak gadisnya keluar kota untuk tinggal bersama sanak saudara atau bersekolah. Mereka diperbolehkan kembali ke desanya setelah melewati usia 19 tahun.

Yang membuat miris, jenazah Nyi Ratna Herang awalnya tidak dikuburkan dengan layak. Justru jenazahnya dihanyutkan begitu saja di Sungai Cigede. Akhirnya, sang penari ini dimakamkan di tanah yang ada di bantaran Sungai Cigede. Sejak saat itu banyak masyarakat sekitar yang berziarah di makam tersebut untuk berdoa atau mengharapkan berkah.

Dari 6 tempat angker di Kuningan ini, manakah tempat yang menurut Anda paling angker? Apabila Anda memiliki pengalaman mistis lainnya yang terjadi Kuningan dan sekitarnya, jangan ragu untuk membagikan pengalaman Anda melalui kolom komentar. Informasi mengenai tempat-tempat angker lain yang perlu Anda kunjungi dapat dibaca melalui artikel tempat angker di Jawa Barat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar