Bacaterus / Misteri Jawa Timur / 5 Tempat Paling Angker di Kediri Menurut Warga Sekitar

5 Tempat Paling Angker di Kediri Menurut Warga Sekitar

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Juli 2019

Tidak sedikit orang yang tertarik dengan cerita mistis di sebuah tempat yang dianggap angker oleh warga sekitar. Walaupun terkadang menakutkan, tapi toh penikmat cerita misteri selalu tidak ‘kapok’ untuk mengetahui berbagai kisah seram di setiap tempat baru. Jika kamu sedang membaca artikel ini, mungkin kamu juga termasuk salah satu penikmat cerita misteri.

Di kesempatan kali ini, Bacaterus akan mengajakmu untuk mengunjungi Kediri, sebuah kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Ada beberapa tempat di Kediri yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar. Penasaran dengan kisah-kisah seramnya? Langsung saja simak cerita-ceritanya berikut ini.

1. Kuburan Dempul Lirboyo

Kuburan Dempul Lirboyo

* sumber: jatimplus.id

Bila kamu sudah membaca artikel tempat angker di Sidoarjo, kamu pasti tahu bahwa salah satu tempat angker di kota tersebut adalah makam Mr. X atau yang dikenal sebagai makam bagi orang-orang tak dikenal, teroris, atau jasad yang tidak memiliki sanak keluarga. Di Kediri, ada jug makam serupa yang juga dianggap angker oleh warga setempat, namanya Kuburan Dempul.

Kalau kamu datang kemari, kamu tidak akan melihat batu-batu nisan layaknya makam pada umumnya. Bahkan, jenazah di sini dikuburkan hanya sedalam lutut orang dewasa. Jenazah yang dikuburkan di sini adalah jenazah korban pelaku kejahatan yang ditembak oleh petugas sampai dengan jasad yang identitasnya tidak diketahui.

Konon, area makam ini dihuni oleh jin-jin jahat yang kerap kali mengganggu manusia. Bahkan, jin tersebut juga berada di kawasan Pondok Pesantren Lirboyo. Sebelum pondok pesantren ini dibangun, area ini benar-benar dihindari oleh warga setempat karena keangkerannya. Namun, setelah pembangunan pesantren selesai, jin-jin tersebut secara tidak langsung hanya berpusat di area makam.

Sampai saat ini makam tersebut masih dikenal angker. Tak sedikit orang yang datang ke area makam untuk bersemedi dengan maksud tertentu. Di tahun 2014, ditemukan seorang warga yang kerap kali mencari ilmu kanuragan tewas dalam sumur tua yang berada di area Makam Dempul.

2. Balai Kota Kediri

Balai Kota Kediri

* sumber: jdih.kedirikota.go.id

Balai kota alias kantor walikota Kediri dianggap sebagai spot yang sangat angker. Bagaimana tidak, ada banyak kejadian mistis di bangunan yang masih berfungsi hingga saat ini.

Salah satunya adalah cerita seorang warga yang melintas di depan bangunan balai kota tengah malam. Ia melihat sosok wanita berpakaian putih dan berambut panjang beserta tiga orang anak. Keempat sosok ini terlihat sedang bermain. Namun, saat warga ini memperhatikan lebih lanjut, sosok-sosok itu nampak lenyap tak berbekas.

Ada pula pengakuan seorang staf balai kota yang pernah mendapat gangguan dari makhluk gaib berwujud anak-anak. Menurutnya, sebelum pulang ia menata berkas-berkas dengan rapi. Akan tetapi, keesokan harinya ia mendapati berkas-berkas tersebut acak-acakan dan tak seorang pun mengaku pernah mengacak-acak berkas itu.

Di halaman parkir balai kota juga terdapat sebuah pohon beringin yang dipercaya sebagai tempat tinggal hantu berwujud wanita. Sampai saat ini, tak ada ada yang berani menebang pohon tersebut karena takut mendapat gangguan dari ‘penghuni’ tak kasat matanya.

3. Pemakaman Dusun Joho

Pemakaman Dusun Joho

* sumber: www.merdeka.com

Komplek pemakaman yang satu ini bukan area makam Mr. X. Area pemakaman ini banyak dipakai oleh warga setempat untuk menguburkan sanak keluarganya yang telah berpulang. Akan tetapi, yang membuat tempat ini angker bukan penampakan makhluk astral dan sebagainya, melainkan sebuah pohon besar yang nampak seperti habis ditebang.

Pohon Bulu ini sudah hidup selama ratusan tahun. Suatu hari, pohon ini tumbang sehingga pengelola makam setuju untuk memotong-motong pohon yang tumbang itu. Setelah dipotong, tiba-tiba sebuah hal yang mengejutkan terjadi. Pohon yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian itu kembali berdiri dengan tegak dan kokoh.

Hal ini tentu saja membuat gempar warga sekitar, apalagi pengakuan dari orang yang bertugas memotong pohon cukup menguatkan bahwa pohon ini memiliki daya mistis tersendiri. Petugas yang memotong pohon terdiri dari empat orang. Keempatnya mengalami hal-hal ganjil, mulai dari macetnya gergaji mesin, putusnya mata gergaji, sampai salah seorang dari mereka yang merasa tubuhnya terlempar.

Sejak kejadian di luar nalar ini, tak ada satupun orang yang berani menebang Pohon Bulu di area Pemakaman Dusun Joho. Mereka percaya bahwa pohon tersebut ada penunggunya.

4. Desa Badal Pandean

Desa Badal Pandean

* sumber: www.tempatangker.com

Tempat angker selanjutnya adalah Desa Badal Pandean yang berlokasi di  Kecamatan Ngadiluwih, Kediri. Desa ini terkenal dengan sebuah urban legend-nya, yakni Hantu Farida. Namun, hantu yang satu ini dikenal sebagai hantu baik karena kerap kali memberikan ‘hadiah’ bagi warga setempat.

Hantu Farida sendiri berwujud perempuan cantik. Hampir sebagian sopir bus yang mengemudikan bus di malam hari pernah berjumpa dengan Hantu Farida ini ketika busnya melintas di Desa Badal Pandean. Jika di malam hari ada sosok wanita cantik menunggu bus di perempatan alun-alun menuju Desa Badal Pandean, maka sosok tersebut adalah Hantu Farida.

Uniknya, Hantu Farida selalu membayar uang kepada sopir bus yang ia tumpangi. Bahkan, ketika sosok ini memakai jasa tukang becak, ia pun membayar uang kepada si tukang becak tersebut. Uang yang diberikan pun tidak menjadi daun dan bisa dibelanjakan.

Yang lebih ajaib lagi, hantu yang konon dulunya merupakan wanita pribumi yang dibunuh oleh penjajah Belanda ini juga sering memberikan mebel, sepeda motor, material bangunan, dan barang-barang lain secara random kepada warga setempat.

5. RSUD Gambiran Kota Kediri

RSUD Gambiran Kota Kediri

* sumber: kabarone.com

Rumah sakit ini merupakan bangunan baru yang mulai berfungsi sejak tahun 2018. Namun, sebelum beroperasi pembangunan rumah sakit ini sempat mangkrak selama beberapa waktu. Bangunannya yang dulu masih belum berfungsi dikenal angker bagi warga setempat. Tidak sedikit warga yang mengalami hal-hal mistis ketika melintas di depan bangunan rumah sakit, terutama pada malam hari.

Sebelum berfungsi, bangunan rumah sakit ini nampak gelap dan sangat minim pencahayaan. Warga yang melintas di depan rumah sakit mengaku pernah melihat bayangan atau penampakan makhluk halus berwajah seram dari ruangan-ruangan gelap yang ada di rumah sakit ini. Warga setempat percaya bahwa bangunannya dihuni oleh sosok genderuwo yang kerap mengganggu manusia.

Saat ini, RSUD Gambiran Kota Kediri sudah berfungsi sebagai rumah sakit umum. Seiring berjalannya waktu, tentu saja cerita-cerita menyeramkan di bangunan ini telah memudar. Jika kamu pernah berkunjung ke rumah sakit ini, coba ceritakan apakah masih ada hal-hal yang di luar nalar saat kamu berada di sana?

Tempat-tempat angker di Kediri ini memang sangat menarik untuk dibahas. Bahkan, cerita di sejumlah tempat yang berlokasi di Kediri ini secara tidak langsung mengajarkan bahwa tempat yang ramai sekalipun tidak menjamin bahwa lokasinya benar-benar tidak angker.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar