Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 5 Tempat Angker di Karawang yang Seramnya Bikin Merinding

5 Tempat Angker di Karawang yang Seramnya Bikin Merinding

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Karawang adalah sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Bekasi. Ada banyak tempat wisata menarik di Karawang yang dapat Anda baca dalam artikel tempat-tempat wisata unik di Karawang. Namun, kali ini Bacaterus tidak mengajak Anda membahas tentang tempat wisata. Kami akan mengajak Anda berkunjung ke tempat-tempat yang bisa membuat jantung deg-degan, keringat dingin menetes, dan bulu kuduk meremang.

Ya, Bacaterus akan mengajak Anda berkunjung ke sejumlah tempat angker di Karawang. Berbagai mitos maupun cerita mistis seputar makhluk gaib di tempat yang akan kami bahas ini memang rasanya tak masuk akal. Namun masyarakat setempat memang meyakini bahwa tempat-tempat di Karawang ini memang benar angker dan dihuni oleh makhluk gaib yang suka mengganggu manusia.

5 Tempat Angker di Karawang

1. Jembatan Teluk Jambe

Jembatan Teluk Jambe Tempat Angker di Karawang

* sumber: daerah.sindonews.com

Jembatan Teluk Jambe adalah tempat angker di Karawang yang sebenarnya terletak di lokasi yang cukup strategis. Jembatan angker di Karawang ini banyak dilewati oleh kendaraan. Namun, jembatan yang berada di atas Sungai Citarum mulai dianggap angker setelah ada sejumlah kejadian aneh dan mengerikan yang terjadi di sini.

Pertama, pernah ditemukan jenazah seorang tuna wisma di bawah Jembatan Teluk Jambe. Sebelumnya, tuna wisma tersebut memang tinggal di bawah kolong Jembatan Teluk Jambe.

Setelah kejadian tersebut, ada juga pria yang dilaporkan hilang secara misterius di jembatan ini. Namun keesokan harinya jasad pria tersebut ditemukan tak bernyawa di Sungai Citarum yang berada di bawah jembatan ini.

Konon, bisikan-bisikan gaib dari makhluk halus penunggu Jembatan Teluk Jambe inilah yang mendorong seseorang untuk bunuh diri. Sebaiknya Anda tidak melamun atau berpikiran kosong ketika melintasi Jembatan Teluk Jambe ini.

2. Gunung Sanggabuana

Gunung Sanggabuana

* sumber: megapolitan.antaranews.com

Sebuah gunung yang tingginya hanya 1.291 meter ini berada di Karawang. Gunung ini menjadi langganan bagi para pendaki pemula yang ingin mencoba mendaki gunung. Mengingat gunungnya tidak terlalu tinggi dan medannya tidak terlalu berat, maka gunung ini selalu menjadi pilihan untuk melakukan pendakian ringan.

Meskipun tidak terlalu tinggi, Gunung Sanggabuana juga terbilang angker. Maklum saja, setiap tempat yang banyak ditumbuhi pepohonan dan minim aktivitas manusia pasti menjadi tempat tinggal bagi makhluk halus.

Cerita misteri Gunung Sanggabuana yang pernah terdengar adalah sekelompok pendaki yang dihampiri oleh segerombolan pemuda yang salah satunya seorang kakek. Kakek ini minta tolong difotokan lalu usai berfoto ia langsung hilang begitu saja. Rasanya cukup mustahil bagi seorang kakek-kakek dapat mendaki dengan begitu cepat. Padahal, dari tempat mereka masih bisa melihat objek sejauh 100 meter.

Selain itu, Gunung Sanggabuana dianggap sebagai tempat angker di Karawang karena banyak makam-makam keramat di puncak gunung. Konon, dahulu orang-orang sakti membawa keranda berisi jenazah yang akan dikubur di puncak gunung ini dengan cara terbang.

3. Rumah Susun Adiarsa

Rumah Susun Adiarsa

* sumber: www.radar-karawang.com

Sebuah bangunan rumah susun dengan dinding berwarna hijau di kawasan Adiarsa ini sebenarnya sudah cukup layak untuk dihuni. Sayangnya, rumah susun ini dibiarkan kosong sehingga dicap oleh warga setempat sebagai tempat angker di Karawang.

Kondisi bangunan Rumah Susun Adiarsa ini sangat memprihatinkan. Selain kosong dan tak berpenghuni, aset pendukung bangunannya juga dicuri oleh maling. Instalasi air, instalasi listrik, toilet, sampai daun pintu raib karena dicuri maling. Meskipun malingnya telah tertangkap, tetapi tak ada inisiatif untuk membenahi bangunan tersebut.

Usut punya usut ternyata Rumah Susun Adiarsa ini berdiri di lahan bekas rumah sakit. Salah satu bagian rusun ini berdiri di bekas kamar mayat. Tentu saja warga yang hendak menyewa rusun ini jadi enggan karena takut diganggu makhluk halus.

Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata banyak juga cerita-cerita mistis yang terdengar di rusun kosong ini. Warga setempat mengaku sering melihat penampakan hantu wanita berpakaian merah yang berjalan-jalan di bagian dalam rusun sambil menggendong anak. Padahal, dapat dipastikan bahwa rusun ini tidak berpenghuni dan bagian dalamnya dibiarkan gelap tanpa pencahayaan.

Harga sewa rusun ini sangat murah, berkisar dari di harga 250 ribu rupiah per bulan. Sayangnya, meskipun murah, tak ada yang mau menempati Rumah Susun Adiarsa Karawang yang terkenal angker ini.

4. Bendungan Walahar

Bendungan Walahar

Bendungan Walahar mulai beroperasi pada tahun 1925. Pemerintah Belanda membuat bendungan ini untuk mengatur debit air Sungai Citarum serta untuk mengairi sawah-sawah yang berada di Karawang.

Bagaimana bisa bendungan ini menjadi tempat angker di Karawang? Bendungan ini dianggap angker karena semasa pembangunannya banyak memakan korban jiwa. Konon, banyak warga pribumi yang dipaksa untuk bekerja membangun jembatan ini sampai kelelahan. Ada mitos yang mengatakan bahwa para pekerja sengaja dijadikan tumbal untuk pembangunan bendungan ini.

Sejak aktif beroperasi sampai saat ini, Bendungan Walahar dianggap angker karena banyak warga setempat yang merasa “diganggu” oleh makhluk gaib saat berada di sekitar bendungan. Tak hanya pengguna jalan atau warga sekitar saja, penjaga pintu air pun juga diganggu oleh makhluk halus yang diyakini adalah arwah pekerja yang meninggal saat membangun bendungan ini.

Salah satu petugas pintu air menceritakan cerita mistis Bendungan Walahar Karawang yang dialami teman kerjanya yang bernama “HR.” HR dikenal sebagai pria hidung belang yang sering mengundang wanita-wanita panggilan ke dalam pintu air Bendungan Walahar.

Malam itu, HR menunggu kedatangan wanita panggilannya dengan gelisah. Namun setelah melihat ke arah jembatan, HR justru mendapati wanita yang ia tunggu-tunggu bercumbu dengan sosok pria Belanda dengan postur tubuh tinggi besar.

Ketika HR mendekati mereka berdua, sosok pria Belanda itu tiba-tiba lenyap. Si wanita pun juga kebingungan melihat pria yang bercumbu dengannya tiba-tiba hilang. Setelah HR dan si wanita itu menyadari bahwa pria bule tersebut adalah makhluk gaib, wanita tersebut pingsan karena shock.

Usut punya usut, arwah pria bule yang kerap mengganggu orang-orang di sekitar Bendungan Walahar adalah Tuan Brochman. Sosok yang diduga ikut andil dalam pembangunan bendungan ini memang sering mengusili warga sekitar.

5. Bekas Pabrik Tekstil

Bekas Pabrik Tekstil

* sumber: www.majalahparanormal.com

Sebuah bangunan bekas pabrik tekstil di wilayah Karawang ini memang disinyalir angker. Bahkan, tim Dua Dunia, acara yang membahas seputar dunia gaib di stasiun TV nasional, pernah menyambangi tempat ini.

Pabrik tekstil ini berhenti beroperasi pada tahun 2003. Konon, pabrik ini ditinggalkan karena lahannya tidak cukup untuk menempatkan alat-alat pabrik yang baru sehingga pabrik ini pindah tempat.

Sejak ditinggalkan, bekas pabrik tekstil ini menjelma sebagai salah satu tempat angker di Karawang, Warga setempat sering melihat penampakan berwujud tentara Belanda yang mondar-mandir di gedung terbengkalai ini.

Itulah sejumlah tempat angker di Karawang yang seramnya bikin Anda merinding. Jika bagi Anda tempat-tempat ini belum cukup seram untuk membuat bulu kuduk merinding, silakan membaca artikel tempat angker di Jawa Barat untuk menemukan tempat yang benar-benar seram.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment