Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Yuk, Wisata Mistis di 10 Tempat Angker di Jogja Berikut

Yuk, Wisata Mistis di 10 Tempat Angker di Jogja Berikut

Ditulis oleh

Sebagai daerah istimewa di Indonesia, Yogyakarta menyimpan berbagai keunikan tersendiri, mulai dari budayanya, jajanan khas Jogja, tempat wisata, sampai dengan kisah mistis. Keberadaan mahluk gaib di sekitar kita memang nyata adanya. Bahkan, terkadang mahluk-mahluk tersebut sering membuktikan eksistensinya dengan mengganggu manusia di sekitarnya.

Di kesempatan kali ini, Bacaterus ingin mengajak Anda berwisata mistis ke 10 tempat angker di Jogja berikut ini. Berani untuk menguji nyali Anda? Lanjutkan saja membaca tulisan di bawah ini.

10 Tempat Angker di Jogja Paling Menyeramkan

1. Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarrukmo Tempat Angker di Jogja

Masyarakat Jogja dan sekitarnya pasti sudah akrab dengan mall megah yang berada di Jalan Laksda Adisucipto ini. Namun, siapa sangka jika mall ini masuk dalam daftar tempat angker di Jogja.

Sebelum menjadi pusat perbelanjaan seperti saat ini, dahulu tanahnya bekas Pesanggrahan Sultan Hamengkubuwono VII yang dianggap sebagai tempat suci dan dikeramatkan. Pembangunan mall ini memakan korban hingga belasan jiwa.

Adapun setelah menjadi mall, ada beberapa kisah mistis yang menyertainya. Seperti kisah cleaning service malam yang sedang membersihkan toilet, tapi ada 1 toilet yang pintunya tidak kunjung terbuka dan seperti ada aktivitas manusia di dalamnya. Ada pula penampakan kakek tua di basement dan area parkir lantai 1 yang sengaja ditutup setelah ada pengunjung yang tewas di dalam mobil.

2. Bundaran Fakultas Teknik UGM

Bundaran Fakultas Teknik UGM

Cerita horror hampir terdengar di setiap kampus. Bahkan, universitas sekaliber UGM pun tidak luput dari cerita mistis. Jika Anda sering melintas di sekitar UGM, Anda pasti tahu bundaran yang berada dekat dengan fakultas teknik UGM.

Dari cerita yang beredar dari mulut ke mulut, ada larangan untuk menyanyinkan lagu gugur bunga di sekitar bundaran. Bila kita melanggar dan menyanyikan lagu tersebut, konon ada arwah pejuang yang akan ikut menyanyi. Nah, apakah Anda berani menyanyikan lagu gugur bunga di tempat tersebut pada tengah malam?

3. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Sudah menjadi rahasia umum jika tempat-tempat bersejarah selalu dianggap angker. Pun begitu dengan Benteng Vredeburg yang dibangun pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Pada malam hari, sering ada kejadian di luar nalar yang bisa membuat bulu kuduk merinding.

Ada penampakan noni Belanda berkaki kuda dan hantu perempuan yang kerap kali terlihat oleh penjaga benteng ini. Yang paling ekstrem, kita akan mendengar derap langkah kaki pasukan tentara yang nampak sedang berlatih. Namun, setelah kita melihat sosoknya, ternyata para tentara tersebut tidak memiliki kepala. Hiii… seram banget ya!

4. Gereja Sayidan

Gereja Sayidan

Tempat angker di Jogja yang satu ini dikenal dengan nama Gereja Sayidan. Bangunan yang terletak di kawasan Gondomanan ini nampak seperti gereja gothic yang biasa dibangun di Eropa. Akan tetapi, bangunan ini sebenarnya bukanlah tempat ibadah, melainkan bekas rumah hunian dan pabrik batik. Namun, saat ini bangunan ini dibiarkan mangkrak begitu saja.

Kisah mistis terdengar dari warga sekitar. Aura mistis juga mulai terasa jika Anda memasuki gereja ini. Konon, warga sekitar sering melihat penampakan mahluk astral di Gereja Sayidan ini meskipun mereka enggan untuk membahas seperti apa sosok mahluk gaib yang mereka lihat.

5. Kandang Menjangan

Kandang Menjangan

Kandang Menjangan atau yang dikenal sebagai Panggung Krapyak ini dulunya adalah sebuah hutan tempat kerabat keraton berburu. Namun, setelah salah satu kerabat keraton tewas karena diseruduk kijang (menjagan), akhirnya dibangunlah tempat ini untuk berlindung dari hewan buas.

Hingga saat ini, tidak sembarang orang bisa masuk ke Kandang Menjangan tanpa persetujuan juru kunci. Pernah satu waktu ada seorang mahasiswa yang mengendarai motor melewati jalan depan bangunan ini. Ketika lampu motornya menyorot ke arah dalam Kandang Menjagan, tampak sosok wanita dengan posisi tergantung (seperti gantung diri) di dalam bangunan ini.

6. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo

Masyarakat Yogyakarta tentu sudah familiar dengan sosok Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul, sang penguasa pantai selatan. Nah, Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis dipercaya oleh warga sekitar sebagai gerbang gaib untuk menuju kerajaan pantai selatan Kanjeng Ratu. Siapa sangka jika pantai yang indah ini kerap kali memakan korban jiwa.

Ketika ada korban yang tewas terseret ombak pasti dikaitkan dengan tumbal yang memang diminta oleh Ratu Pantai Selatan. Ada mitos yang beredar bahwa pengunjung dilarang memakai pakaian berwarna hijau saat ke Pantai Parangkusumo dan Parangtritis jika tak ingin celaka. Konon, warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

7. Empire XXI Jogja

Empire XXI Jogja

Suka nonton film di bioskop? Nah, nontonlah film kesayangan Anda sambil beruji nyali di Empire XXI Jogja. Bioskop jaringan 21 Cineplex yang berada di Jalan Urip Sumoharjo ini ternyata dulunya adalah sebuah bioskop bernama Regent. Di tahun 1999, bioskop Regent mengalami kebakaran hingga menewaskan 15 orang yang masih terjebak di dalam bioskop.

10 tahun kemudian, didirikan Empire XXI Jogja yang masih beroperasi sampai sekarang. Adapun kisah mistis yang menaungi bioskop ini adalah bau busuk atau bau daging terbakar saat sedang menyaksikan pertunjukan paling malam.

Selain itu, ada juga kisah 4 orang yang nonton pertunjukan midnight di sebuah studio yang sepi. Ketika masuk studio nampak sangat ramai, tapi setelah film usai mendadak di dalam studio hanya ada mereka berempat.

8. Rumah Kentang Kota Baru

Rumah Kentang Kota Baru

Bukan hanya Jakarta yang memiliki tempat angker bernama Rumah Kentang, di Jogja pun ada Rumah Kentang yang kini sudah menjadi Bank BTN. Tempat angker di Jogja yang satu ini tidak berpenghuni meskipun bangunannya nampak terawat.

Menurut cerita dari mulut ke mulut sering tercium aroma kentang dari rumah ini yang menandakan kedatangan sosok astral Genderuwo. Tak hanya itu saja, di pintu pagar rumah ini juga terdapat lonceng yang kerap berbunyi sendiri pada malam hari.

9. Jembatan Fakultas Perikanan UGM

Jembatan Fakultas Perikanan UGM

Cerita seram tidak hanya terdengar dari bundaran fakultas teknik UGM saja. Sebuah jembatan yang berada di fakultas perikanan juga merupakan tempat angker. Kejadian angker tersebut sering terjadi malam hari di jembatan fakultas itu.

Di jembatan tersebut sering ada sosok penampakan hantu Rohana. Sosok ini berwujud wanita yang nampak seperti bunuh diri melompat dari jembatan. Namun, ketika Anda melihat ke bawah jembatan Anda tidak akan menemukan jasad wanita tersebut.

10. Puncak Becici

Puncak Becici

Kawasan Puncak Becici adalah tempat yang sangat Instagrammable. Banyak orang yang kemari untuk menikmati pemadangan Yogyakarta dari ketinggian. Namun, jangan lupa bilang permisi jika Anda menaiki salah satu ayunan pohon di sana. Konon, ada wisatawan yang naik ayunan tanpa mengucap permisi, lalu ia merasakan dorongan yang kuat dari belakang ayunan sampai hampir terjatuh. Menurut cerita yang beredar ada hantu anak kecil yang merasa terganggu apabila ada manusia yang menaiki ayunan tersebut tanpa permisi.

Selain itu, ada juga cerita dari wisatawan yang bermalam dengan membuka tenda di kawasan ini. Mereka meninggalkan tenda dalam keadaan kosong, tetapi setelah kembali terdengar suara gaduh di dalam tenda. Setelah dilihat ke dalam, ada sosok pocong di dalam tenda yang juga membalas tatapan mereka.

Itulah 10 tempat angker di Jogja yang paling terkenal. Beranikah Anda untuk beruji nyali di salah satu tempat tersebut? Jika Anda memiliki cerita mistis di tempat angker lainnya di Jogja, silakan tulis cerita Anda di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment