Bacaterus / Misteri Jawa Timur / 10 Tempat Angker di Jawa Timur yang Bisa Bikin Anda Ngeri

10 Tempat Angker di Jawa Timur yang Bisa Bikin Anda Ngeri

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah membahas mengenai beberapa tempat angker di Surabaya dan Malang, rasanya tidak lengkap jika Bacaterus tidak mengulas seputar tempat angker di Jawa Timur. Provinsi yang berbatasan langsung dengan Madura dan Bali ini memang memiliki beberapa spot angker yang bisa bikin Anda ngeri.

10 tempat angker di Jawa Timur yang akan kami ulas berikut ini sebagian berbentuk bangunan, tapi ada juga yang berupa tempat wisata alam. Penasaran dengan keangkeran beberapa tempat di Jawa Timur ini? Yuk, wisata mistis ke tempat-tempat angker yang ada di Jawa Timur!

10 Tempat Angker di Jawa Timur

1. Rumah Sakit Mardi Waluyo – Blitar

Rumah Sakit Mardi Waluyo – Blitar Tempat Angker di Jawa Timur

Memulai cerita mengenai tempat angker di Jawa Timur, kami akan mengawalinya dengan Rumah Sakit Mardi Waluyo Blitar. Rumah sakit memang memberikan kesan angker tersendiri, tetapi suasana rumah sakit akan semakin angker jika dokter, suster, dan pasien di dalamnya adalah mahluk halus.

Cerita mistis datang dari pasutri yang mencari rumah sakit terdekat karena si istri yang hamil tua sudah mengalami kontraksi. Sesampainya di sana, mereka diterima oleh suster yang tampak diam dan tidak banyak bicara. Proses persalinan pun ditangani oleh dokter dan beberapa suster. Ketika bayi mereka lahir dalam kondisi sehat, si suami bermaksud pulang sebentar untuk memberi kabar ke keluarganya.

Ketika subuh-subuh ia kembali ke rumah sakit, betapa kagetnya ia ketika melihat rumah sakit itu kosong seperti bangunan yang tidak berpenghuni. Kamar-kamar yang tadinya dipenuhi pasien terlihat kosong. Ia mencari-cari istrinya ke mana-mana sampai akhirnya ia menemukan istrinya di dalam kamar mayat, si istri menangis ketakutan sambil memeluk bayinya.

2. Alas Purwo – Banyuwangi

Alas Purwo – Banyuwangi

Ingin tahu tempat paling angker di Jawa Timur? Alas Purwo di Banyuwangi ini adalah jawaban yang tepat. Cagar alam ini dipercaya dapat membawa Anda ke dimensi mahluk dunia lain. Pasalnya, menurut orang-orang dengan indra keenam, Alas Purwo merupakan sebuah kerajaan jin paling besar di Pulau Jawa.

Ada mitos yang mengatakan jika tersesat di sini Anda tidak mungkin kembali lagi ke dunia manusia. Namun, meskipun Anda berhasil menemukan jalan keluar setelah tersesat, maka hidup Anda akan dirundung kemalangan. Berani coba jalan-jalan di Alas Purwo?

3. Nusa Barong – Jember

Nusa Barong – Jember

Kalau Anda mencari di Google dengan keyword “Nusa Barong” maka Anda akan melihat foto-foto pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Bahkan, karena Nusa Barong adalah pulau yang tak berpenghuni, maka berada di sana akan serasa seperti berada di private island.

Namun, masihkah Anda ingin kesana setelah mengetahui bahwa Nusa Barong adalah tempat bagi orang-orang yang ingin mempelajari ilmu gaib? Konon, Nusa Barong dihuni oleh banyak mahluk halus tak kasat mata. Tak hanya itu saja, di sekitar pulau sering terjadi badai besar yang kerap kali menghilangkan para nelayan yang sedang berada di sekitar pulau ini.

4. Pantai Kenjeran – Surabaya

Pantai Kenjeran Surabaya

Pantai Kenjeran merupakan tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat Surabaya atau luar kota Surabaya. Akan tetapi, Pantai Kenjeran dianggap sebagai tempat angker di Jawa Timur karena konon pantai ini menjadi perkampungan bagi mahluk halus.

Beberapa wisatawan mengaku sempat menangkap bayangan di foto yang diambil di sini. Sekilas bayangan tersebut nampak mirip seperti kuntilanak. Ada juga desas desus yang mengatakan bahwa di pantai ini terdapat sebuah kerajaan gaib tak kasat mata yang dipimpin oleh siluman ular. Masih berani untuk bermain-main di Pantai Kenjeran pada malam hari?

5. Klampis Ireng – Ponorogo

Klampis Ireng – Ponorogo

“Jangan bertindak tidak sopan saat berada di Klampis Ireng!” Kalimat seperti ini mungkin akan Anda dengar jika ingin berkunjung ke Klampis Ireng. Jika Anda mengira bahwa Klampis Ireng adalah bangunan yang mangkrak, ini hanya sebuah lingkaran besar dari batu bata yang di tengahnya terdapat lubang seperti sumur.

Menurut cerita dari masyarakat, Klampis Ireng dibangun oleh Semar, tokoh punakawan dalam pewayangan Jawa. Di sini, Semara mendirikan kerajaan megah yang berlimpahkan emas. Hingga saat ini masih banyak orang-orang yang datang kemari untuk bersemedi atau sekedar membuktikan sendiri aura mistis di Klampis Ireng.

6. Alas Ketonggo – Ngawi

Alas Ketonggo – Ngawi

Berada 12 KM dari pusat Ngawi, Alas Ketonggo ini memiliki keangkeran yang tidak kalah dengan Alas Purwo. Nama Ketonggo sendiri berasal dari kata Katon (terlihat) dan Onggo (mahluk halus) yang artinya kehidupan mahluk halus yang akan terlihat bila Anda memasuki hutan ini. Tempat angker yang satu ini sering dikunjungi oleh manusia yang ingin mencari pesugihan.

Konon, di tempat ini juga dibangun kerajaan gaib yang masih kerabat dekat dengan kerajaan gaib di Alas Purwo. Menurut masyarakat yang pernah berkunjung ke Alas Purwo dan mendapatkan pengalaman gaib di sana, sering terdengar suara-suara memanggil tanpa ada sosok manusinya dan gundukan tanah yang dapat membesar sendiri.

7. Gunung Lawu

Gunung Lawu

Gunung Lawu berada di perbatasan provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kisah horror di gunung memang sudah bukan hal baru. Namun, kisah horror di Gunung Lawu ini pasti membuat Anda setuju jika Bacaterus memasukkan gunung ini ke dalam daftar tempat angker di Jawa Timur.

Ya, di Gunung Lawu ini terkenal dengan fenomena gaib berupa pasar setan. Usut punya usut, keberadaan pasar setan ini ada jalur pendakian Candi Cetho. Oleh karena itu, banyak pendaki yang lebih memilih jalur Cemoro Kandang atau Cemoro Sewu meskipun rutenya lebih jauh.

Tanda-tanda kemunculan pasar setan ini Anda akan mendengar suara, “Mau beli apa? (arep tuku opo)?” Jika sudah seperti ini, maka Anda harus membuang berapa pun uang Anda dan memetik daun di sekitarnya seolah-olah Anda memang membeli di situ. Karena jika tidak melakukannya, Anda bisa terkena celana.

8. Rumah Sakit Darmo – Surabaya

Rumah Sakit Darmo

Terletak di jalan besar Raya Darmo, Rumah Sakit Darmo ini masih aktif hingga saat ini. Meskipun sudah direnovasi berkali-kali, tetapi kesan angker yang melekat pada bangunan yang sudah dibangun sejak jaman Belanda ini. Tentu saja bangunan rumah sakit ini pernah digunakan sebagai lokasi perang.

Tak heran jika mungkin Anda akan mendapatkan pengalaman gaib jika berada di sini semalaman. Banyak pasien maupun pekerja rumah sakit yang sering mendengar rintihan orang kesakitan. Di samping itu, ada juga yang pernah melihat penampakan suster melayang di sini.

9. Alas Lali Jiwo – Gunung Arjuno

Alas Lali Jiwo – Gunung Arjuno

Gunung yang berada di Pasuruan dan Malang ini sering dianggap angker bagi para pendaki maupun masyarakat sekitar. Peristiwa orang hilang saat mendaki gunung mungkin sudah santer terdengar. Namun, cerita tersebut lebih sering terjadi di Gunung Arjuno.

Di gunung ini terdapat sebuah tempat dengan nama Alas Lali Jiwo. Di tempat ini sering dilaporkan pendaki yang hilang. Konon, orang-orang yang berniat buruk saat mendaki gunung ini dapat tersesat dan tidak kembali di kawasan Alas Lali Jiwo ini, sepintar apa pun orang tersebut membaca peta.

10. Kolam Renang Tamperan – Pacitan

Kolam Renang Tamperan – Pacitan

Sebuah kolam renang yang sudah lama ditinggalkan ini merupakan tempat angker yang kisahnya bisa bikin bulu kuduk meremang. Dahulu, Kolam Renang Tamperan merupakan objek wisata yang terkenal. Namun, kolam ini mulai sepi semenjak ada anak kecil yang berenang di sini lalu tenggelam. Setelah air di kolam dikuras habis, jenazah anak kecil tersebut tetap tidak pernah ditemukan.

Kabarnya, kolam ini dihuni oleh bangsa jin yang sering meminta tumbal nyawa pengunjung kolam ini. Sampai saat ini, warga sekitar masih sering mendengar tangisan arwah pengunjung yang pernah tewas di kolam ini.

Berani mengunjungi 10 tempat angker di Jawa Timur di atas? Untuk menjaga keselamatan diri sendiri dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya berdoa dulu sebelum mengunjungi suatu tempat dan selalu menjaga perkataan dan perilaku agar tidak mengganggu penghuni tak kasat mata di tempat yang Anda kunjungi.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *