Bacaterus / Misteri Jawa Tengah / 7 Tempat Paling Angker di Jawa Tengah, Berani ke Sana?

7 Tempat Paling Angker di Jawa Tengah, Berani ke Sana?

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2018

Tidak dapat dipungkiri bahwa mitos-mitos yang berkembang di Indonesia banyak menyebut hal-hal mengerikan dan tentu saja ini menyinggung hal mistis yang seringkali tidak masuk akal. Indonesia memiliki segudang cerita mistis yang seolah tidak pernah habis untuk dibicarakan termasuk tempat-tempat yang dikenal angker.

Tempat-tempat angker tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk Jawa Tengah. Provinsi di pulau Jawa ini memang cukup identik dengan tempat-tempat angker yang menyimpan cerita mengerikan. Berikut ini adalah 7 tempat paling angker di Jawa Tengah.

7 Tempat Menyeramkan di Jawa Tengah

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu Malam Hari

Bangunan bergaya Eropa ini sempat dijadikan penjara penyiksaan pada masa penjajahan Jepang. Tidak heran, banyak cerita mistis di tempat ini. Beberapa lokasi di lawang sewu yakni lorong hantu, sumur, bahkan pintu masuk utama memiliki banyak cerita yang mengerikan. Suara jeritan dan bau anyir merupakan salah satu contoh kengeriannya. Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan paling bersejarah di Indonesia.

Gedung yang berada di kota Semarang ini dibangun pada tahun 1904-1907 dan merupakan kantor Netherlands-Indische Spoorweg Maatschappij. Nama Lawang Sewu sendiri mengacu pada seribu pintu, adapun jumlah dari pintu di gedung ini tidak mencapai seribu buah namun dengan lebih dari seribu daun pintu ditambah dengan jendela. Dengan demikian, setiap pintu bisa memiliki dua atau lebih daun pintu.

Tidak hanya itu, Lawang Sewu bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata paling angker di Asia. Kepopuleran Lawang Sewu menjadikannya destinasi wisata bersejarah sekaligus mistis yang mendunia. Ingin tahu lebih lengkap mengenai misteri tempat ini? Baca ulasan selengkapnya di artikel Misteri Lawang Sewu ini.

2. Alas Roban

Pantangan saat melewati Alas Roban Misteri Alas Roban

Sejarah kelam jalan tersebut disusul dengan rentetan kecelakaan, para korban seringkali mengalami kejadian yang tidak masuk akal sebelum mengalami kecelakaan. Masyarakat percaya bahwa banyak arwah penasaran yang mendiami wilayah tersebut dan sering mengganggu manusia yang melintas. Alas Roban mengacu pada nama hutan yang dijadikan jalan untuk menghubungkan kota-kota di Jawa Tengah.

Pembangunan Alas Roban bisa dikatakan sebagai pembangunan yang berdarah, sebab masa itu banyak pekerja rodi yang menjadi korban kejamnya kerja paksa di zaman Belanda. Konon, mayat pekerja dibuang begitu saja di sana. Tidak hanya itu, tersiar kabar bahwa pada tahun 1980an, banyak mayat korban penembakan misterius yang dibuang di hutan Alas Roban. Ada kisah menariknya tentang keangkeran hutan ini yang bisa dibaca dalam artikel Misteri Alas Roban.

3. Gunung Merapi

gunung merapi

* sumber: jogja.tribunnews.com

Beberapa tempat yang sangat tersohor karena kengeriannya di antaranya ialah bunker Kaliadem serta Pasar Bubrah. Bunker Kaliadem yang terletak di sekitar gunung merapi ini dikenal karena sering terdengar suara tangisan di sore hari. Sementara itu, Pasar Bubrah merupakan daerah batuan dan pasir yang dipercaya sebagai salah satu pusat keberadaan makhluk halus.

Konon, jika ada manusia yang berlaku tidak sopan, makhluk-makhluk tersebut tidak segan untuk menculiknya. Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta telah lama dikenal karena misteri yang menyelimutinya. Berbagai tempat di wilayah Gunung Merapi dianggap angker terutama karena adanya kepercayaan bahwa di sana terdapat kerajaan makhluk halus yang disebut Keraton Merapi.

Tidak hanya dua lokasi di atas, Gunung Merapi yang dianggap lokasi kerajaan tentu saja memiliki banyak tempat yang angker, nyaris setiap lokasi di gunung ini memiliki cerita mistis yang tidak bisa dianggap sepele. Salah satu penghuni Gunung Merapi yang cukup terkenal adalah Nyai Gadung Melati. Ia dianggap sebagai pimpinan dari pasukan penjaga Keraton Merapi yang kerap menunjukkan diri terutama jika ada manusia yang melanggar aturan disana.

4. Grojokan Sewu

* sumber: backpackerjakarta.com

Di Grojokan Sewu juga terdapat patung ular yang dianggap sebagai gerbang ke dunia ghaib yang bisa membuat manusia tersesat. Tidak hanya itu, diceritakan bahwa pada saat cuaca sedang berkabut, sering muncul kakek-kakek misterius sedang berdiri di jembatan. Pengunjung yang tidak hati-hati dan menjaga sikap bisa tersesat di alam ghaib.

Selain itu, ada cerita bahwa sepasang kekasih yang datang ke tempat tersebut bisa mendapatkan kutukan sehingga akan terpisahkan. Air terjun di Jawa Tengah ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Namun, siapa sangka bahwa tempat ini memiliki mitos yang tidak kalah mengerikan. Grojokan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu yang tidak kalah terkenal karena keangkerannya. Konon, berbagai titik di Grojokan Sewu dijaga oleh para kuntilanak.

5. Gunung Lawu

Di gunung ini terdapat candi Cheto yang konon dianggap sebagai pintu dunia ghaib. Terdapat juga cerita mengenai burung jalak misterius berwarna gading. Burung misterius ini disebut sebagai Kyai Jalak yang sering menjadi pemandu bagi pendaki yang tersesat namun memiliki hati yang bersih.

Indonesia memiliki banyak gunung yang tersebar di setiap pulau termasuk di pulau Jawa, salah satunya adalah Gunung Lawu. Para penyuka traveling menjadikan Gunung Lawu sebagai salah satu pilihan. Walau demikian, gunung yang terletak di Kabupaten Karanganyar ini tidak lepas dari cerita mistis yang membuatnya menjadi gunung yang dikenal angker.

Di gunung ini, fenomena mistis merupakan hal yang sudah biasa. Para pendaki maupun petugas telah sering menemukan hal tidak masuk akal termasuk kerasukan. Di gunung ini juga terdapat pantangan untuk tidak memakai baju berwarna hijau.

6. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan

Para penjaga lapas sudah tidak asing dengan berbagai kejadian mistis di Nusakambangan. Tidak hanya itu, beberapa jalan di pulau tersebut juga kerap diselimuti oleh cerita mistis. Warga sekitar menyebutkan bahwa sering muncul perempuan pucat berbaju putih di Pertelon Kamboja. Terdapat pula Jalan Tunggal Panaluan yang sering menelan korban.

Pulau di Jawa Tengah ini dikenal sebagai tempat berdirinya beberapa Lembaga Permasyarakatan dengan sistem keamanan yang ketat. Tidak hanya itu, pulau ini dikenal angker karena berbagai cerita misterius dan mengerikan yang tersiar ke berbagai wilayah di Indonesia. Pulau ini telah menjadi saksi bagi berbagai aktivitas penjara termasuk eksekusi terhadap kriminal yang telah berlangsung dari masa penjajahan Belanda.

Warga sekitar percaya bahwa hal ini disebabkan oleh makhluk halus yang merupakan korban eksekusi. Selain itu, terdapat mitos mengenai arwah yang paling kuat yakni Mbah Sukur, seorang pria misterius tanpa kepala.

7. Gunung Slamet

gunung selamet

* sumber: phinemo.com

Tidak hanya itu, terdapat pula mitos mengenai manusia kerdil serta pasar hantu. Manusia kerdil yang dimaksud sangatlah misterius dan pasar hantu merujuk pada wilayah dengan fenomena suara yang berisik. Akibatnya, orang-orang berpikir bahwa mungkin saja hal itu disebabkan oleh aktivitas makhluk-makhluk yang tidak terlihat.

Gunung Slamet menjadi tempat angker lainnya di Jawa Tengah. Gunung yang sering menjadi destinasi bagi para pendaki gunung ini konon memiliki sebuah tempat yang sakral, yakni gerbang dunia ghaib di Jalur Bambangan. Selain itu, Gunung Slamet juga kerap menjadi tempat pesugihan terutama dengan adanya air terjun yang dijaga oleh siluman naga.

Demikianlah 7 tempat angker di Jawa Tengah yang juga merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Sebagian besar dianggap memiliki gerbang ke dimensi lain yang tentu saja memiliki unsur mistis yang kuat. Walau demikian, tempat-tempat tersebut bisa dikatakan sebagai perpaduan dari keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia termasuk melalui mitos-mitosnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar