Bacaterus / Misteri Jawa Barat / 10 Tempat Angker di Jawa Barat yang Ditakuti Masyarakat

10 Tempat Angker di Jawa Barat yang Ditakuti Masyarakat

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Februari 2019

Pernahkah Anda penasaran untuk mengunjungi tempat-tempat angker? Pasalnya, cerita mistis yang tersebar dari mulut ke mulut terkadang menimbulkan rasa penasaran untuk langsung membuktikan keangkeran tempat tersebut. Nah, apakah Anda termasuk salah seorang yang tertantang untuk mengunjungi tempat angker secara langsung?

Bagi Anda yang berdomisili di Bandung, Karawang, Depok, Bogor, Cianjur, dan kawasan Jawa Barat lainnya, Bacaterus akan memberikan informasi mengenai tempat angker yang berada di dekat tempat tinggal Anda. Inilah tempat angker di Jawa Barat yang paling ditakuti oleh masyarakat. Berani membaca?

10 Tempat Angker di Jawa Barat

1. Goa Jepang & Goa Belanda – Bandung

Goa Jepang & Goa Belanda - Bandung Tempat Angker di Jawa Barat

* sumber: sportourism.id

Goa Jepang dan Goa Belanda adalah satu dari sekian banyak tempat angker yang berada di Kota Bandung. Sejatinya, kedua goa ini berada di kompleks wisata Taman Hutan Raya Juanda. Jumlah wisatawan yang berkunjung kemari memang sangat banyak, tapi hal tersebut tidak mampu menepis keangkeran kedua goa ini.

Goa Belanda dulunya dipakai sebagai gudang senjata. Namun, tempat ini juga digunakan sebagai lokasi pembantaian warga pribumi. Oleh karena itu, goa ini diklaim angker hingga saat ini.

Konon, wisatawan dilarang untuk mengucapkan kata “lada” saat berada di kawasan Goa Belanda. Warga setempat percaya jika kita menyebut kata tersebut makan penghuni goa akan marah karena “lada” merupakan nama sesepuh mereka.

Tak jauh dari Goa Belanda juga terdapat Goa Jepang yang tak kalah angker. Apalagi bangunan Goa Jepang nampak lebih tidak terawat dan bagian dalamnya sangat gelap. Berani berkunjung ke goa ini atau berminat mengunjungi tempat angker lainnya yang dibahas dalam artikel tempat angker di Bandung ini?

2. Terowongan Kereta Paledang – Bogor

Terowongan Kereta Paledang Tempat Angker di Bogor

* sumber: www.netralnews.com

Bogor juga memiliki sebuah tempat yang dianggap angker oleh masyarakat setempat, yaitu Terowongan Kereta Paledang. Konon, sering terlihat penampakan hantu tanpa kepala yang berjalan di sepanjang terowongan ini.

Usut punya usut, dulu ada sekelompok anak-anak pramuka yang menumpang dengan duduk di atas kereta. Saat melewati terowongan, kepala anak-anak ini terbentur bibir terowongan, terjatuh, dan langsung terlindas kereta.

Jika ingin membuktikan keberadaan hantu tanpa kepala, silakan menuju ke Terowongan Kereta Paledang. Namun jika ini tak cukup seram bagi Anda, silakan membaca artikel tempat angker di Bogor ini untuk menemukan tempat yang paling seram.

3. Studio Alam TVRI – Depok

Studio Alam TVRI Depok

Keseraman tempat angker di Jawa Barat yang satu ini memang tidak dapat dipungkiri lagi. Studio Alam TVRI dulunya sering dipakai sebagai lokasi syuting. Sayangnya, saat ini tempat tersebut sepi dan jarang digunakan sehingga semakin menambah keangkerannya.

Konon, Studio Alam TVRI dihuni oleh Hantu Marni, sosok hantu sinden yang sering mengganggu pengunjung atau kru film yang sedang bekerja di lokasi. Selain Hantu Marni, ternyata tukang ojek yang biasa mangkal di sekitar lokasi ini juga sering diganggu hantu wanita yang minta diantar ke Studio Alam TVRI lalu tiba-tiba menghilang dari boncengan.

Keangkeran Studio Alam TVRI tidak seberapa jika dibandingkan dengan sejumlah tempat lain yang dapat Anda baca di artikel tempat angker di Depok.

4. Rumah Gadang Jaka Permai – Bekasi

Rumah Gadang Jaka Permai

* sumber: jakartakita.com

Rumah angker juga menjadi salah satu destinasi wisata horor di Jawa Barat yang harus Anda singgahi. Adalah Rumah Gadang Jaka Permai yang terletak di Perumahan Jaka Permai, Jalan Kenanga Raya, Bekasi. Dari siang, tampilan rumah ini nampak biasa saja, tapi cobalah melewati rumah ini selepas maghrib, pasti aura mistisnya semakin terasa.

Gangguan makhluk astral yang dirasakan masyarakat setempat berupa penampakan wanita misterius di depan rumah ini. Selain itu, kadang-kadang orang yang lewat di depan rumah ini juga sering dilempar batu oleh sesuatu yang tak kasat mata. Yang paling bikin merinding kadang-kadang sering terdengar suara alunan musik Melayu di rumah yang tak berpenghuni ini.

Selain Rumah Gadang Jaka Permai, Anda juga bisa menjelajah tempat angker lainnya di dalam artikel kumpulan tempat angker di Bekasi.

5. Lakespra (Bekas Rumah Sakit Paru-paru) – Cianjur

Lakespra (Bekas Rumah Sakit Paru-paru)

* sumber: elmicha.id

Ada sejumlah tempat angker di Jawa Barat, khususnya di wilayah Cianjur yang bisa Anda baca dalam artikel tempat angker di Cianjur. Namun bagi Bacaterus, bangunan bekas rumah sakit paru-paru inilah yang paling angker.

Di bangunan yang berada di kawasan Cipanas ini terdapat berbagai makhluk halus yang mengganggu warga sekitar. Ketika ditelusuri oleh tim Zona Angker, acara misteri di TransVision, bangunan ini dihuni oleh sosok kuntilanak dan makhluk gaib yang menyerupai bola api.

Tak hanya itu saja, bangunan bekas rumah sakit paru-paru ini juga dihuni oleh genderuwo berjenis kelamin wanita. Hal ini cukup tabu mengingat biasanya genderuwo berjenis kelamin pria lah yang sering mengganggu manusia.

6. Tanjakan Penganten – Garut

Tanjakan Penganten

* sumber: www.supranaturaljawa.com

Masyarakat yang tinggal di Garut dan sekitarnya pasti sudah sangat familiar dengan Tanjakan Penganten dan mitos-mitos yang menyertainya. Di tanjakan ini sering terjadi kecelakaan yang merenggut korban jiwa. Pada umumnya, korban adalah pengantin dan rombongannya.

Menurut mitos yang beredar, pengantin dilarang melewati tanjakan ini secara bersamaan. Jika harus melewati tanjakan ini bersama, maka pengantin harus turun dari kendaraan dan berjalan melalui tanjakan ini.

Terlepas dari mitos-mitos ini, Tanjakan Penganten adalah jalur yang sangat berbahaya. Jalur ini diapit oleh jurang dan tebing. Selain itu, pada malam hari jalan ini sangat minim penerangan. Apabila Anda tertarik untuk menelusuri Tanjakan Penganten dan tempat angker lainnya, silakan menuju ke artikel tempat angker di Garut.

7. Jembatan Sewo – Indramayu

Jembatan Sewo

* sumber: www.antaranews.com

Sebuah jalur pantura yang terdapat di perbatasan Subang – Indramayu ini memang sarat akan cerita misteri. Jembatan Sewo terlihat seperti jembatan pada umumnya. Hanya saja ada pemandangan unik di jembatan ini. Beberapa warga setempat duduk di tepi jalan sambil mengais recehan yang dilemparkan pengendara yang melintas.

Recehan yang dilempar oleh pengguna jalan bukan serta merta diberikan pada warga. Recehan tersebut adalah sebuah ritual yang dilakukan pengendara agar selamat dan tidak celaka ketika melewati Jembatan Sewo.

Tercatat ada begitu banyak kecelakaan yang terjadi di Jembatan Sewo. Konon, kecelakaan tersebut ada hubungannya dengan penari ronggeng yang berubah wujud menjadi buaya putih karena melanggar sumpahnya sendiri. Kemudian, keluarga si penari merasa malu dan memutuskan untuk bunuh diri dengan loncat ke sungai di bawah Jembatan Sewo.

Warga setempat percaya bahwa kecelakaan yang terjadi adalah campur tangan si penari ronggeng dan arwah gentayangan keluarganya. Oleh karena itu, pengguna jalan melempar koin sebagai tanda “permisi” kepada makhluk astral penghuni Jembatan Sewo.

Informasi mengenai tempat angker lain yang berada di Indramayu dan sekitarnya dapat Anda baca di dalam artikel tempat angker di Indramayu.

8. Tanjakan Emen – Subang

Mitos di Tanjakan Emen

Dari sekian banyak tempat yang kami bahas dalam artikel tempat angker di Subang, nampaknya Tanjakan Emen adalah tempat angker yang paling terkenal. Di jalur inilah banyak kecelakaan yang terjadi. Bahkan, tak sedikit korban yang meregang nyawa di Tanjakan Emen.

Usut punya usut, ternyata serangkaian yang terjadi di sini disebabkan oleh arwah Emen. Emen adalah seorang sopir angkot yang juga mengalami kecelakaan hingga tewas di sini. Arwah Emen yang penasaran seperti menuntut balas pada setiap orang yang lewat di tanjakan ini.

Ada mitos yang mengatakan bahwa ketika melewati Tanjakan Emen Anda harus membunyikan klakson atau melempar rokok. Ritual semacam ini dilakukan agar pengguna jalan tidak merasa diganggu oleh arwah Emen.

9. Stasiun Purwakarta – Purwakarta

Stasiun Purwakarta

* sumber: beritagar.id

Stasiun yang satu ini dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan bangkai gerbong kereta api yang sudah tidak terpakai. Meskipun lokasinya eksotik dan sering menjadi tempat hunting foto bagi para fotografer, tetapi ada kisah seram di Stasiun Purwakarta.

Kemunculan hantu tanpa kepala dan suara-suara tangisan di malam hari sering dikaitkan dengan peristiwa yang terjadi di tahun 1988. Kala itu, sekelompok pemuda sedang mabuk-mabukkan di sekitar stasiun. Namun naas tubuh mereka justru tertabrak oleh kereta yang lewat. Alhasil, tubuh mereka terseret beberapa meter dan jasadnya ditemukan tidak utuh.

Kisah mistis lain yang terjadi di Purwakarta bisa Anda temukan dalam artikel kumpulan tempat angker di Purwakarta.

10. Rumah Sakit Nirmala – Ciamis

Rumah Sakit Nirmala

* sumber: nolduanews.com

Memang tidak semua bangunan bekas rumah sakit selalu angker, tapi sebagian besar bangunan bekas rumah sakit memang terbukti angker. Seperti Rumah Sakit Nirmala yang berada di Ciamis ini. Keangkeran rumah sakit ini memang sudah terkenal hingga di kalangan warga setempat.

Bau anyir darah kerap tercium ketika warga melintasi rumah sakit ini pada malam hari. Yang lebih ekstrem lagi, warga sering mendengar suara jendela yang digedor dari dalam. Bahkan, warga mengaku pernah mendengar suara ambulance masuk ke dalam rumah sakit ini pada malam hari. Padahal sudah jelas tidak ada orang yang menghuni rumah sakit ini.

Spot angker lainnya yang berada di sekitar Ciamis dapat Anda baca dalam artikel tempat angker di Ciamis.

Tempat Angker Lainnya di Jawa Barat

Rasanya kurang puas jika hanya ada 10 tempat angker di Jawa Barat. Maka dari itulah, kami memberikan beberapa informasi lainnya seputar tempat yang seram di Jawa Barat. Jika Anda berada di wilayah sekitar tempat angker ini, coba kunjungi dan Anda bisa merasakan aura seram yang ditimbulkan. Berikut beberapa tempat angker lainnya di Jawa Barat.

11. Grand Inna Samudra Beach – Sukabumi

Kamar 308 untuk Nyi Roro Kidul Misteri Pelabuhan Ratu

* sumber: juragan-berita.blogspot.co.id

Pelabuhan Ratu adalah objek wisata di Sukabumi yang selalu menjadi favorit bagi wisatawan. Namun di kawasan wisata tersebut terdapat sebuah hotel mewah yang dikenal angker, namanya Grand Inna Samudra Beach.

Keangkeran hotel ini bukan terletak pada penampakan atau gangguan makhluk halus, melainkan di salah satu kamarnya, yaitu kamar 308, dijadikan sebagai kamar Nyi Roro Kidul. Konon, kanjeng ratu kidul sering mengunjungi kamar bernuansa hijau ini.

Berani berkunjung ke Grand Inna Samudra Beach? Atau Anda tertarik untuk mengunjungi tempat angker di Sukabumi untuk mencari referensi tempat angker lainnya?

12. Jembatan Cirahong – Tasikmalaya

Jembatan Cirahong

* sumber: www.reonkpost.com

Tempat angker di Jawa Barat yang satu ini bisa dibilang sangat unik, namanya adalah Jembatan Cirahong. Jembatan ini nampak seperti terowongan tapi di atasnya adalah rel kereta api yang masih aktif digunakan. Jadi, ketika berada di dalam jembatan ini Anda bisa merasakan getaran yang cukup keras ketika ada kereta yang melintas di atas jembatan tersebut.

Di balik keunikannya ternyata Jembatan Cirahong menyimpan misteri. Penampakan genderuwo atau mobil yang bisa melayang sendiri adalah segelintir cerita mistis yang terjadi di jembatan ini. Apalagi jembatan ini sering dijadikan sebagai lokasi bunuh diri, tentu saja jadi sangat menyeramkan, bukan?

Selain Jembatan Cirahong, Anda juga bisa menemukan tempat angker lainnya dalam artikel tempat angker di Tasikmalaya.

13. Gunung Ciremai – Kuningan

Misteri Gunung Ciremai

Di antara sejumlah tempat angker di Jawa Barat, Gunung Ciremai adalah salah satu tempat angker di Kuningan yang wajib untuk Anda kunjungi. Para pendaki yang melakukan pendakian di gunung ini sering mengalami kejadian-kejadian mistis yang ceritanya pasti membuat bulu kuduk merinding.

Cerita mistis dari Gunung Ciremai antara lain adalah penampakan kuntilanak yang sering dijumpai oleh pendaki ketika melewati jalur pendakian Batu Lingga. Selain itu, suara-suara gamelan mistis juga sering terdengar oleh para pendaki. Konon, jika si pendaki berusaha mencari sumber suara tersebut, maka ia akan tersesat.

Gunung Ciremai hanyalah satu dari beberapa tempat angker yang ada di Kuningan. Anda dapat membaca artikel tempat angker di Kuningan untuk mengetahui informasi tempat angker lainnya.

14. Stasiun Kaliwedi – Cirebon

Stasiun Kaliwedi

* sumber: www.dictio.id

Sebuah stasiun kecil yang tak lagi beroperasi ini berlokasi jauh dari pemukiman warga, tapi cukup dekat dengan sungai. Oleh karena itu, Stasiun Kaliwedi ini dianggap angker bagi warga setempat. Pasalnya, tak banyak orang yang melintas atau beraktivitas di dekat stasiun ini.

Yang membuat Stasiun Kaliwedi semakin angker adalah stasiun ini tidak memiliki pembatas perlintasan rel. Orang yang lewat di stasiun ini juga tidak mendengar peringatan dari menara stasiun. Alhasil, korban tewas karena tertabrak kereta di stasiun sangat banyak. Warga sekitar pun percaya bahwa arwah-arwah korban meninggal di stasiun ini masih gentayangan dan menebar teror di stasiun ini.

Bukan hanya Stasiun Kaliwedi saja, Anda juga dapat membaca artikel tempat angker di Cirebon untuk mengetahui tempat-tempat seram lainnya.

15. Gunung Kunci – Sumedang

Gunung Kunci

* sumber: kamarpublik.blogspot.com

Gunung Kunci merupakan nama sebuah benteng peninggalan zaman Belanda yang terletak di Sumedang. Lokasi benteng ini berada di hutan konservasi. Rimbunnya pepohonan dan suasana yang tidak terlalu ramai membuat tempat ini cocok diklaim sebagai tempat angker di Jawa Barat.

Dari cerita sejarah, benteng ini difungsikan sebagai pertahanan Tentara Belanda. Akan tetapi, penyiksaan dan pembantaian terhadap warga pribumi juga kerap dilakukan di benteng ini. Tak terhitung berapa banyak nyawa yang melayang di Gunung Kunci.

Gangguan gaib yang terjadi di Gunung Kunci diawali dengan bau anyir darah yang tiba-tiba tercium, kemunculan hantu wanita yang muncul sebagai photobomb di foto pengunjung, sampai dengan sosok besar setinggi pohon-pohon di sana yang sering berpindah-pindah tempat.

Sumedang tak hanya memiliki Gunung Kunci sebagai tempat angker. Masih ada sejumlah tempat angker yang dapat Anda jelajahi dalam artikel tempat angker di Sumedang.

16. Bendungan Walahar – Karawang

Bendungan Walahar

* sumber: masterplesir.blogspot.com

Di Karawang terdapat sebuah bendungan yang dibangun sejak jaman pemerintahan Belanda, namanya Bendungan Walahar. Konon, pembangunan bendungan ini menjadi warga pribumi sebagai tumbalnya. Banyak warga pribumi yang meninggal karena dipaksa bekerja untuk membangun bendungan ini.

Baik warga setempat maupun penjaga pintu air sering mendapat gangguan makhluk astral. Sosok gaib yang kerap menampakkan diri di sekitar Bendungan Walahar adalah sosok Tuan Brochman. Sosok yang menyerupai pria bule ini dipercaya sebagai warga Belanda yang turut andil dalam pembangunan ini.

Selain Bendungan Walahar, ada berbagai tempat angker lainnya yang dapat Anda baca kisahnya dalam artikel tempat angker di Karawang.

17. Sungai Citarum

Sungai Citarum

* sumber: www.nazava.com

Sungai terpanjang di Jawa Barat yang satu ini juga menyimpan berbagai misteri. Tak hanya dikenal sebagai salah satu sungai terkotor di dunia, Sungai Citarum juga dikenal sebagai tempat angker di Jawa Barat.

Anggapan mengenai keangkeran Sungai Citarum tak lepas dari mitos mengenai keberadaan siluman kerbau bernama Munding Dongkol. Ada yang mengatakan bahwa sosok gaib ini tidak bisa dilihat oleh semua orang. Namun kemunculannya sering disebut-sebut sebagai pertanda air Sungai Citarum akan meluap dan menyebabkan banjir.

Keangkeran Sungai Citarum juga tak lepas dari banyaknya penemuan mayat yang terjadi di sungai ini. Entah karena bunuh diri atau dibunuh, sungai ini nampaknya menjadi “langganan” tempat menemukan jasad tak bernyawa. Kisah Sungai Citarum lainnya dapat Anda baca dalam artikel Misteri Sungai Citarum.

18. Tol Cipularang – Purwakarta

Tol Cipularang

* sumber: katadata.co.id

 

Berbicara mengenai tempat angker di Jawa Barat Anda tentu tidak akan melewatkan Tol Cipularang. Tol yang menghubungkan Cikampek – Purwakarta – Padalarang ini sarat akan cerita mistis. Yang paling menghebohkan adalah cerita mengenai kerajaan gaib yang ada di tol ini, tepatnya di KM 90 – 100.

Sudah menjadi rahasia umum jika banyak kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang. Bahkan kecelakaan tersebut juga sering merenggut nyawa korbannya. Anehnya, kecelakaan selalu terjadi di antara KM 90 dan KM 100.

Makhluk halus penghuni Tol Cipularang juga tidak segan-segan menampakkan diri kepada pengguna jalan tol ini. Penampakan makhluk halus terkadang bisa membuat si pengemudi kaget, membanting setir, dan berujung pada kecelakaan. Kisah mistis mengenai Tol Cipularang dapat Anda temukan dalam artikel Misteri Tol Cipularang.

19. Tol Cipali – Cirebon

Tol Cipali

Tol Cipali menghubungkan Cikopo, Purwakarta dan Palimanan, Cirebon. Jalan tol yang satu ini juga tidak kalah seram dengan Tol Cipularang. Bahkan bisa dibilang penampakan dan gangguan makhluk gaib di Tol Cipali ini lebih ekstrem dibanding di Tol Cipularang.

Sosok hantu wanita yang nampak menyeberang jalan sering diduga sebagai penyebab kecelakaan di tol ini. Selain itu, ada pengemudi yang mengaku pernah melihat bayangan raksasa di flyover KM 166. Melihat semua gangguan yang terjadi di Tol Cipali maka jalan tol ini sangat tepat berada dalam jajaran tempat angker di Jawa Barat.

Terlepas dari semua itu, sebuah batu besar yang berada di KM 90 diduga sebagai markas jin. Batu ini didiami oleh sosok jin dengan tubuh besar berbulu serta matanya merah menyala. Di kawasan ini juga banyak terjadi kecelakaan yang sering merenggut nyawa pengemudi atau penumpangnya.

Ingin membaca tentang misteri Tol Cipali selengkapnya? Silakan menuju ke artikel Misteri Tol Cipali berikut ini.

Berbagai tempat angker di Jawa Barat ini menebar teror tersendiri bagi masyarakat yang berada di sekitarnya. Apakah Anda termasuk salah seorang pemberani yang ingin menjelajahi semua tempat angker ini?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar