Bacaterus / Misteri Jakarta / Uji Nyali Anda di 10 Tempat Angker di Jakarta Berikut Ini

Uji Nyali Anda di 10 Tempat Angker di Jakarta Berikut Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Beberapa waktu lalu Bacaterus sempat mengulas seputar tempat-tempat angker di Indonesia. Ada beberapa tempat angker yang berasal dari Jakarta, seperti Rumah Pondok Indah, Rumah Kentang, Mall Klender, dan Terowongan Casablanca. Namun, tahukah Anda bahwa masih ada tempat angker lainnya yang di Jakarta?

Di tulisa kali ini, Bacaterus ingin mengajak Anda untuk uji nyali di 10 tempat angker di Jakarta. Beberapa tempat yang akan kami bahas ini memiliki cerita mistis masing-masing dan pernah dijadikan tempat beruji nyali untuk acara reality show misteri. Penasaran? Ini dia daftar lengkapnya.

10 Tempat Angker di Jakarta

1. Menara Saidah

Menara Saidah Tempat Angker di Jakarta

Berada di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, sebenarnya Menara Saidah ini merupakan bekas gedung perkantoran yang sangat megah. Gedung ini sudah tutup sejak tahun 2009 lalu dengan alasan konstruksi bangunannya miring.

Menara Saidah 2

Akan tetapi, ada desas-desus yang mengatakan bahwa alasan utama gedung ini mulai ditanggalkan oleh perusahaan-perusahaan yang menyewa ruangan di sini adalah karena keangkerannya. Banyak penampakan mahluk astral di Menara Saidah, mulai dari hantu berbaju merah di lantai 3, hantu yang menyamar jadi penumpang lift, dan patung romawi di tengah lobby yang bisa bergerak sendiri.

2. Taman Langsat Mayestik

Taman Langsat Mayestik

Berbicara soal tempat angker di Jakarta, Anda pasti teringat dengan Taman Langsat Mayestik yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kisah mistis di taman ini terdengar hingga telinga sineas perfilman, sehingga taman ini dibuat menjadi lokasi syuting film horror dengan judul Taman Langsat Mayestik.

Di siang hari taman ini memang nampak teduh dan asri. Namun, pada malam hari taman ini  “ramai” dengan aktivitas mahluk gaib. 3 mahluk astral yang menghuni taman ini adalah kuntilanak, genderuwo, dan pocong. Ada satu pohon beringin yang usianya sudah ratusan tahun di taman ini. Konon, sering ada penampakan pocong di pohon beringin tersebut.

3. Stasiun Kereta Api Manggarai

Stasiun Kereta Api Manggarai

Siapa sangka stasiun kereta api yang masih aktif ini merupakan tempat angker di ibu kota? Ya, selain berfungsi sebagai stasiun yang mengangkut dan menurunkan penumpang, Stasiun Manggarai ini juga merupakan tempat penampungan gerbong-gerbong kereta yang rusak karena sudah tua atau kecelakaan.

Jika Anda masih ingat dengan tragedi kecelakaan Bintaro pada tahun 1987, gerbong kereta maut tersebut juga pernah diletakkan di sini. Menurut penjaga stasiun, penampakan yang sering terlihat di area penyimpanan gerbong yang sudah tidak terpakai adalah sekumpulan anak-anak yang bermain layangan pada malam hari, genderuwo, dan hantu wanita yang sering melintas di antara gerbong-gerbong rusak.

4. Toko Merah

Toko Merah

Jika Anda sedang berjalan-jalan di kawasan kota tua Jakarta, Anda pasti akan menemukan sebuah rumah besar dengan dinding berwarna merah dan arsitektur khas negerti tirai bambu. Ya, itulah Toko Merah yang sering dijadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto pada masa kini. Siapa yang menyangka jika Toko Merah ini memiliki sejarah kelam yang membuatnya menjadi salah satu tempat angker di Jakarta.

Konon, bangunan ini pernah menjadi tempat penyiksaan dan pembantaian etnis Tionghoa sebelum akhirnya diubah menjadi toko di tahun 1851. Di bangunan yang sekarang menjadi cagar budaya ini sering terdengar suara tangis wanita dan derap langkah kaki para tentara.

5. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti adalah sebuah komplek pemakaman untuk orang-orang yang berpengaruh pada pemerintahan zaman Belanda di Indonesia. Di setiap nisan biasanya terdapat patung, ukiran, atau kaligrafi. Di siang hari, lokasi ini memang nampak menarik untuk dikunjungi atau dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Akan tetapi, suasana akan berbeda jika Anda kemari di malam hari. Komplek pemakaman ini menebarkan aura seram mulai dari pintu masuknya. Di dekat pintu masuk ada sebuah lonceng yang konon bisa berbunyi sendiri ketika ada orang meninggal yang akan dimakamkan di sini. Selain itu, ada juga suara isak tangis wanita yang sering terdengar pada malam hari.

6. Rumah Sakit Salemba

Rumah Sakit Salemba

Pernah mendengar cerita tentang suster ngesot? Kisah suster ngesot ini bermula dari seorang suster yang diperkosa, lalu kakinya dipotong sebelum dibunuh. Konon, hantu suster ngesot ini kerap kali menampakkan diri di Rumah Sakit Salemba.

Tak hanya itu saja, rumah sakit ini juga sudah terkenal dengan keangkerannya. Pada waktu dini hari biasanya sering ada gangguan dari mahluk gaib, seperti pintu kamar pasien maupun suster jaga yang diketuk secara tiba-tiba tapi ketika dibuka tidak ada orang dan suara orang bermain air.

7. Jalan HR Rasuna Said, Kuningan

Jalan HR Rasuna Said, Kuningan

Warga Jakarta pasti sudah familiar dengan jalan yang satu ini. Ya, Jalan HR Rasuna Said merupakan jalan besar yang di sepanjangnya terdapat bangunan perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan. Percaya tidak percaya, Jalan HR Rasunan Said ini cukup angker meskipun ramai.

Pada tahun 90-an ada pengalaman seorang wanita yang mengendarai mobil tengah malam melintas jalanan ini. Saat mobilnya berhenti karena lampu merah, ada seorang anak kecil berdiri di samping kaca mobilnya meminta uang. Namun, wanita itu mengangkat tangan sebagai tanda bahwa ia tidak memiliki uang kecil. Anehnya, anak itu tetap berdiri sambil tersenyum.

Saat lampu telah hijau, wanita ini menginjak gas mobilnya dalam-dalam, tetapi saat mobilnya sudah berjalan pun anak tersebut tetap berdiri di sebelah kaca mobilnya. Sontak wanita tersebut kaget, apalagi ketika anak itu terbang ke atas sambil tertawa mengerikan. Akhirnya, wanita tersebut mengalami kecelakaan dan selamat meskipun mengalami shock berat.

8. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala

Berbicara mengenai tempat angker di Jakarta, kisah mistis di museum yang satu ini mungkin tidak seberapa familiar di telinga Anda. Museum Satria Mandala hampir sama dengan museum-museum lainnya, di mana banyak benda peninggalan jaman penjajahan yang disimpan di sini.

Yang membuat museum ini angker adalah kisah seorang petugas yang meninggal di sini karena jatuh dari tangga. Konon, arwah petugas museum tersebut masih sering menampakkan diri di dalam museum ini.

9. Kali Sunter

Kali Sunter

Kali Sunter yang berada di kawasan Ancol ini juga merupakan satu dari sekian banyak tempat seram di Jakarta. Konon, di sekitar danau ini banyak mahluk gaib yang sering mengganggu manusia. Menurut tetua di sekitar sini, Kali Sunter kerap kali dijadikan sebagai tempat pembuangan mayat pada zaman penjajahan.

Beberapa tahun lalu pernah ada metromini yang terjatuh ke kali ini hingga menenggelamkan seluruh penumpangnya. Tak hanya itu saja, di sini juga banyak warga yang sering jatuh dan tenggelam layaknya orang yang bunuh diri.

10. Danau Taman Makam Pahlawan Kalibata

Danau Taman Makam Pahlawan Kalibata

Danau yang lokasinya berada di kawasan Taman Makam Pahlawan Kalibata ini juga terkenal angker. Bahkan, kejadian angker tersebut bisa dialami saat siang atau sore hari. Di sini sering terlihat sosok-sosok astral berupa keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang duduk di tepi danau.

Akan tetapi, sosok yang Anda lihat sebenarnya bukan manusia dan bahkan tidak terlihat orang lain. Di samping itu, sering ada kejadian yang dialami oleh pemancing yang datang kemari sendirian. Pengunjung lain akan melihat Anda sedang memancing berdua orang lain, padahal Anda sedang memancing sendirian.

Berani mengunjungi 10 tempat angker di Jakarta ini? Uji nyali Anda dengan melakukan wisata mistis mengunjungi 10 tempat di atas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *