Bacaterus / Dunia Mistis / 7 Tempat Angker di Indramayu yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri

7 Tempat Angker di Indramayu yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Ditulis oleh

Banyak orang percaya bahwa Indonesia memang punya banyak tempat seram dan angker, bahkan hampir di setiap kota atau pun kabupaten di Indonesia punya tempat-tempat angker yang cukup populer. Sebut saja Jakarta, Ibu Kota Nusantara ini juga bahkan menyimpan sejuta tempat misteri yang belum terpecahkan.

Bukan hanya Jakarta yang memiliki tempat angker, bahkan di Indramayu pun punya sejumlah tempat-tempat angker yang dipercaya sebagai lokasi berkumpulnya makhluk halus. Nah, jika Anda penasaran dan ingin tahu beberapa tempat angker di Indramayu yang paling bikin merinding, kami sudah merangkumnya dalam artikel berikut ini.

7 Tempat Angker di Indramayu

1. Jembatan Eretan

Jembatan Eretan

Jika dilihat, Jembatan Eretan Indramayu ini sekilas nampak seperti jembatan pada umumnya. Namun nyatanya, jembatan yang sudah dibangun sejak zaman penjajahan Jepang ini justru menyimpan beragam cerita yang cukup mistis.

Usut punya usut, jika Anda berkendara melalui Jembatan Eretan, maka Anda harus membunyikan klakson sebagai tanda ‘berpamitan’ dan jangan asal kebut-kebutan. Sebab, jika Anda tidak ‘berpamitan’ maka kendaraan yang Anda tumpangi akan terjadi kecelakaan maut.

Hal ini dipercaya dengan banyaknya kejadian kecelakaan yang menimpa kendaraan mengebut di Jembatan Eretan, entah karena memang mereka ugal-ugalan atau memang ‘diganggu’ oleh makhluk penunggu Jembatan Eretan, Wallahuallam.

Cerita seram dari Jembatan Eretan juga datang dari pengendara becak. Pasalnya, sudah berkali-kali pengendara becak melalui Jembatan Eretan di malam hari. Mereka kerap mendapatkan penumpang di jembatan tersebut dan meminta di antar sampai tujuan. Bukan sampai tujuan, justru penumpang sudah hilang di tengah jalan dan tukang becak malah dibawa ke area pemakaman.

2. Jembatan Sewo

Jembatan Sewo

Selain Jembatan Eretan, ada juga tempat angker di Indramayu yang sangat terkenal, Jembatan Sewo. Misteri jalur pantura yang berlokasi di perbatasan antara Subang dan Indramayu ini sudah cukup terkenal di kalangan pengemudi maupun warga setempat. Jadi, jika Anda mudik melalui Pantura, maka Anda menemukan Jembatan Sewo yang terkenal angker ini.

Uniknya, setiap Anda melewati Jembatan Sewo maka Anda akan melihat beberapa warga yang duduk di deretan Jembatan Sewo dengan membawa sapu. Mereka membawa sapu untuk mengais recehan yang dilemparkan para pengendara.

Recehan tersebut bukan untuk diberikan ke pada warga sekitar melainkan untuk keselamatan pengendara. Dipercaya, jika pengendara ingin selamat dari kecelakaan maut, maka mereka harus melemparkan sejumlah uang receh ke jalanan di Jembatan Sewo ini. Hal ini dianggap sebagai ritual ‘pamitan’ ketika pengendara melewati jembatan yang populer dengan mistisnya ini.

Sebab, di Jembatan Sewo seringkali terjadi kecelakaan maut yang menewaskan cukup banyak korban, sebut saja kecelakaan terparah yang menyebabkan bus tercebur ke dalam sungai dan menewaskan 68 orang.

Ada yang mengatakan juga bahwa Jembatan Sewo memiliki kaitan erat dengan seorang penari Ronggeng yang berubah wujud menjadi sosok buaya putih lantaran melanggar sumpahnya sendiri. Akhirnya, keluarga penari tersebut merasa malu dan memutuskan untuk menceburkan diri ke sungai yang ada di bawah Jembatan Sewo.

Maka dari itulah, masyarakat sekitar percaya bahwa kejadian sang penari Ronggeng beserta keluarganya inilah yang menjadikan Jembatan Sewo menjadi salah satu tempat angker di Indramayu yang mengerikan.

3. Makam Buyut Tambi

Makam Buyut Tambi

Mendengar kata ‘makam’ pasti erat kaitannya dengan keangkeran yang ada di tempat tersebut. Terlebih lagi jika makamnya merupakan sebuah tempat keramat yang kerap kali dipercaya untuk mendapatkan wangsit untuk memperoleh kesuksesan sampai dengan jodoh.

Banyak orang berbondong-bondong ke Makam Buyut Tambi ini untuk melakukan pertapaan di dalam area makam ini. Jangan berharap dapat melihat potret di dalam bangunan Makam Buyut Tambi ini, ya, karena menurut sang juru kunci makam, percuma saja.

Beberapa orang juga sudah berusaha beberapa kali memotret dan mempublikasikan area di dalam makam, namun hasilnya selalu nihil. Ada juga cerita mistis di mana seorang Camat yang tidak percaya kemistisan Makam Buyut Tambi. Ia tidak melepas sepatu saat memasuki area makam dan hasilnya sampai pulang ke rumah, Camat itu pun tetap tidak bisa melepas sepatunya.

Jika Anda penasaran dengan asal-usul sosok Buyut Tambi, maka Anda tidak akan menemukannya. Sebab, warga sekitar dan bahkan juru kunci makam pun enggan untuk menceritakan lebih detail siapa sosok Mbah Buyut Tambi ini. Hanya saja beredar kabar bahwa Buyut Tambil lah yang membabat hutan dan mendirikan desa Tambi ini.

4. 41 Monyet di Situs Buyut Banjar

41 Monyet di Situs Buyut Banjar

Masih dengan tempat angker di Indramayu dengan lokasi makam keramat. Kali ini, Anda bisa menemukan cerita mistis yang cukup populer di kalangan masyarakat Indramayu, legenda 41 monyet yang tidak pernah kurang dan tidak pernah lebih di daerah makam keramat Buyut Banjar.

Konon katanya, 41 monyet yang berkeliaran di area Situs Buyut Banjar ini tidak pernah mengalami pengurangan atau penambahan. Masyarakat setempat percaya bahwa monyet-monyet itu adalah monyet kutukan dari prajurit sang raja bernama Surya Negara.

Dikisahkan bahwa Raja Surya Negara ingin membuat sebuah bendungan untuk menghindari bencana banjir dan meminta bala bantuan dari 41 orang prajurit. Sayangnya, 41 prajurit tersebut terlambat datang dan membuat sang raja murka, hingga akhirnya raja mengutuk mereka menjadi sosok monyet.

Hingga saat ini, monyet-monyet yang ada di Situs Buyut Banjar dibiarkan begitu saja. Anehnya, ada kejadian di mana satu monyet pernah meninggal akibat tidak sengaja tertabrak mobil, para warga pun berinisiatif mengubur monyet itu. Namun, monyet yang sudah meninggal itu menghilang dan jika dihitung lagi, jumlah monyet masih tetap 41, tidak ada yang berkurang.

Ada lagi cerita di mana salah satu pengunjung ingin mengambil dan memelihara salah satu monyet dari Situs Buyut Banjar, namun pada akhirnya, ia mengembalikan monyet itu. Menurutnya, semenjak monyet dibawa pulang, banyak gangguan mistis terjadi di rumahnya.

5. Makam Selawe

Makam Selawe

Di Indramayu memang banyak sekali tempat mistis yang berhubungan dengan makam keramat. Setelah makam Buyut Banjar, kini ada juga yang namanya Makam Selawe. Kalau dalam Bahasa Jawa, selawe memiliki arti 25, sesuai jumlah makam yang ada di tempat ini.

Terkesan jauh dari unsur horror dan angker, justru Makam Selawe ini sangat rapi dan bersih berkat juru kunci Makam Selawe. Namun, di balik kerapihannya tersimpan mitos yang cukup unik dan menarik. Masyarakat percaya, jika pengunjung menghitung jumlah makam mencapai 25 atau lebih dari 25 makam, maka akan mendapatkan keberuntungan.

Namun sebaliknya, jika Anda justru menghitung makam dengan jumlah kurang dari 25 makam, maka dipercaya bahwa Anda tidak akan mendapatkan keberuntungan. Tapi jangan kecewa, karena Anda masih bisa menghitung ulang. Jika sudah menghitung ulang dan mendapatkan angka 25 atau lebih, tidak disarankan untuk menghitungnya lagi, ya.

Entah kenapa tidak boleh menghitung lagi, beberapa percaya jika dihitung kembali maka keberuntungan akan menghilang.

6. Kerajaan Jin Pulo Mas

Kerajaan Jin Pulo Mas

Pulo Mas, sebuah rawa-rawa yang memiliki wilayah yang sangat luas sampai berhektar-hektar di Desa Cantigi Kulon, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu. Jika dilihat dengan mata orang normal, mungkin tempat ini terkesan ‘biasa saja’ dan tidak ada hal yang aneh.

Namun, masyrakat sekitar percaya bahwa di Pulo Mas ini ada sebuah kerajaan gaib yang menguasai daerah Cantigi. Hanya segelintir orang yang bisa melihat kerajaan tersebut, bahkan tak jarang tempat ini dijadikan sebagai ajang pesugihan untuk sebagian orang.

7. Kerajaan Siluman Sungai Cimanuk

tempat angker di Indramayu Kerajaan Siluman Sungai Cimanuk

Setelah Pulo Mas, kini Kali Cimanuk Indramayu menjadi salah satu spot terseram yang ada di Indramayu. Sungai yang menghubungkan desa-desa yang ada di Indramayu ini dipercaya adanya sebuah kerajaan mistis jauh di dasar Sungai Cimanuk.

Beberapa warga Indramayu percaya bahwa Sungai Cimanuk memiliki penampakan gaib yang membuat bulu kuduk merinding. Kehadiran sosok tuyul, buaya putih, hingga suara-suara gamelan pun kerap kali dialami oleh warga yang berada di sekitar lokasi Sungai Cimanuk.

Konon katanya, saat pembuatan jembatan di atas sungai Cimanuk yang menghubungkan Desa Bangkaloa Ilir di Barat dan Desa Pilangsari di Timur ini kerap kali mengalami gangguan dari makhluk halus yang bersemayam di daerah Sungai Cimanuk. Para pekerja yang membangun jembatan sering digoda dengan bau-bau busuk, penampakan, dan hal mistis lainnya.

Yang menyeramkan, setiap pekerja yang membangun jembatan tersebut, seperti mandor dan para pekerja lainnya, didapati merenggang nyawa setelah merampungkan pembangunan jembatan. Ada cerita seram lainnya dari seorang ibu-ibu yang pernah mengalami koma selama dua bulan lamanya.

Selama koma, ia mengaku bahwa jiwanya dibawa ke kerajaan Siluman di Sungai Cimanuk dan dipekerjakan sebagai juru dapur di kerajaan gaib tersebut.

Demikianlah beberapa tempat angker di Indramayu yang berhasil kami rangkum. Jika Anda punya pengalaman pernah berkunjung ke salah satu tempat angker yang sudah disebutkan tadi, bisa bagikan ceritanya di kolom komentar, ya. Baca juga kumpulan tempat-tempat angker lainnya di sekitar Indramayu melalui artikel tempat angker di Jawa Barat.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment