Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / 6 Tempat Angker di Garut yang Ditakuti Masyarakat Setempat

6 Tempat Angker di Garut yang Ditakuti Masyarakat Setempat

Tempat angker selalu menjadi pembahasan yang menarik. Apalagi jika tempat angker yang sedang dibahas adalah tempat yang berada di daerah asal Anda, tentu akan membuat Anda takut tetapi sekaligus penasaran. Kalau Anda tinggal di Garut, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat karena Bacaterus akan mengajak Anda menjelajahi tempat angker di Garut.

Sebuah tempat dikatakan angker jika banyak narasumber yang mengaku pernah diganggu oleh penampakan, suara, atau interaksi lain dari makhluk halus. Bacaterus telah mengumpulkan sejumlah tempat angker yang ditakuti oleh masyarakat karena sering terjadi interaksi antara makhluk astral dan manusia di sana.

6 Tempat Angker di Garut

1. Jalan Cijapati

Jalan Cijapati Tempat Angker di Garut

Berbicara mengenai tempat angker di Garut rasanya tidak afdol jika kita tidak membahas seputar jalanan yang sering menyebabkan kecelakaan. Adalah Jalan Cijapati sebuah jalanan yang sebenarnya sudah tidak layak dilewati oleh kendaraan. Jalanan yang berlubang dan penerangan yang sangat minim di malam hari tentu saja bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang kendaraan yang lewat di Jalan Cijapati.

Misteri Jalan Cijapati Garut ini tentu juga dikait-kaitkan dengan hal mistis. Misalnya, ada teori di mana kecelakaan yang terjadi di jalan ini adalah ulah makhluk astral. Pasalnya, kendaraan yang mengalami kecelakaan di Jalan Cijapati ini tidak hanya menyebabkan penumpangnya luka-luka, tetapi juga ada korban tewas.

2. Jalan Munjul

Garut memiliki dua jalan yang dianggap angker, yakni Jalan Cijapati dan Jalan Munjul. Meskipun tidak ada cerita mengenai penampakan mahluk halus dan sebagainya, masyarakat sekitar mengklaim Jalan Munjul sebagai jalanan yang angker.

Predikat sebagai jalanan yang angker muncul karena ada begitu banyak kecelakaan yang terjadi di jalan ini. Tak tanggung-tanggung, dulu pernah ada kecelakaan beruntun selama seminggu yang merenggut tiga nyawa korbannya.

Warga setempat pun percaya bahwa ada kuasa gaib yang negatif di Jalan Munjul yang meminta tumbal nyawa manusia. Melihat misteri Jalan Munjul Garut ini sebaiknya Anda harus selalu waspada, jika Anda terpaksa melewati jalanan ini sebaiknya baca doa dan jangan sampai pikiran Anda kosong, ya!

3. Gunung Gelap

Satu lagi tempat angker di Garut yang namanya cukup familiar di telinga masyarakat Garut, yaitu Gunung Gelap. Ini merupakan sebuah jalan yang di sisinya terdapat tebing-tebing yang cukup tinggi. Singkatnya, Gunung Gelap memang nampak seperti jalan pegunungan pada umumnya.

Misteri Gunung Gelap di Garut yang paling terkenal adalah dulunya wilayah ini adalah tempat pembuangan mayat-mayat korban “petrus” alias penembak misterius pada zaman Presiden Soeharto. Kenyataan tersebut membuat jalan ini menjadi sangat angker. Apalagi pada malam hari penerangan di wilayah ini sangat minim sehingga jalanan tampak sangat gelap.

Tak hanya itu saja, Gunung Gelap dianggap angker karena sungai yang melintas di jalanan ini dihuni oleh buaya jadi-jadian. Konon, jika Anda melempar batu dari jembatan ke dalam sungai, itu artinya Anda berniat melamar siluman buaya yang ada di sungai tersebut. Wah, ngeri banget kalau sampai ditagih janji untuk menikahi siluman buaya, ya!

4. Tanjakan Penganten

Sebuah tempat angker di Garut yang satu ini memang sangat terkenal. Bahkan, saking terkenalnya sudah ada beberapa acara misteri di stasiun TV nasional yang datang untuk meliput tempat ini.

Adalah Tanjakan Penganten, sebuah tanjakan curam yang kerap kali menelan korban jiwa. Nama Tanjakan Penganten diberikan ketika melihat hampir sebagian besar korbannya adalah pengantin dan rombongannya melintas di jalur ini dengan menggunakan kendaraan.

Misteri tentang korban kecelakaan yang selalu berupa pengantin dan korbannya ini nampak seperti sebuah kebetulan. Akan tetapi, warga setempat menganggap bahwa hal tersebut merupakan mitos yang wajib dipercayai jika ingin selamat.

Pengantin boleh melewati jalan ini asalkan tidak berbarengan. Misalnya, pengantin pria berangkat dulu, lalu keesokan harinya disusul oleh pengantin wanita dan rombongannya. Kalau terpaksa harus berbarengan sebaiknya di ujung tanjakan pengantin pria dan wanita turun dari kendaraan lalu berjalan kaki melewati tanjakan tersebut. Pengantin baru bisa naik kendaraannya lagi ketika sudah melewati tanjakan maut yang angker ini.

Terlepas dari mitos-mitos tersebut, Tanjakan Penganten memang merupakan jalur yang cukup berbahaya. Jalur sempit ini diapit oleh jurang dan tebing yang sangat tinggi. Di malam hari, tak ada pencahayaan yang maksimal untuk menyinari jalan di tanjakan ini.

5. Gunung Cikuray

Nama Gunung Cikuray mungkin tidak sepopuler Gunung Papandayan. Namun gunung setinggi 2.820 meter ini termasuk dalam daftar tempat angker di Garut. Bagaimana tidak, ada begitu banyak pengalaman mistis yang dialami oleh para pendaki di Gunung Cikuray.

Salah satu kisah misteri yang terkenal dari gunung ini adalah keberadaan hantu wanita berpakaian putih di salah satu pos pendakian. Hantu ini memiliki wajah yang nampak gelap. Konon, hantu wanita ini sering mengamati para pendaki dari dekat.

Selain hantu wanita berpakaian putih, misteri Gunung Cikuray lainnya dialami oleh seorang pendaki yang tidak disebutkan namanya. Yang pasti, pada hari pertama bermalam di gunung ini, si pendaki dan sejumlah teman-temannya sudah disambut dengan penampakan sundel bolong yang menggendong bayi. Hantu sundel bolong ini nampak terbang dari satu pohon ke pohon lainnya.

Hanya berselang beberapa jam sejak rombongan pendaki ini melihat sundel bolong, mereka kembali dikejutkan dengan salah satu teman mereka yang mengalami kesurupan. Saat kesurupan, teman mereka ini mengusir mereka dari Gunung Cikuray

Akhirnya demi keselamatan diri sendiri dan bersama rombongan pendaki ini turun. Saat melalui jalan turun, penulis cerita ini melihat sosok putih berdiri di balik batang pohon. Baru setelah mendekat akhirnya si penulis menyadari bahwa sosok putih tersebut adalah pocong yang lagi-lagi sedang mengawasi mereka.

Berbagai cerita misteri Gunung Cikuray ini memang menambah daftar panjang tempat angker di Garut. Selain Gunung Cikuray Anda juga dapat membaca cerita angker di gunung lain yang berada di Garut melalui tulisan misteri Gunung Papandayan.

6. Gunung Guntur

Lain Gunung Cikuray, lain pula Gunung Guntur. Sebuah gunung yang letaknya masih berada di Garut ini juga terkenal angker. Misteri Gunung Guntur Garut yang sampai saat ini belum bisa terpecahkan adalah larangan meniup suling (seruling) saat berada di sekitar gunung ini.

Usut punya usut, jika kita meniup suling di Gunung Guntur, maka akan muncul makhluk jadi-jadian yang menyerupai macan. Makhluk ini akan mendatangi rumah warga dan menebar teror. Meskipun mitos ini belum terbukti, tapi tetap saja tidak ada yang berani coba-coba meniup suling di gunung ini.

Itulah daftar tempat angker di Garut yang menjadi momok bagi warga setempat. Apakah tempat-tempat ini masih kurang seram bagi Anda? Mungkin Anda perlu membaca artikel tempat angker di Jawa Barat untuk mencari lokasi wisata mistis yang lebih seram lagi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment