Bacaterus / Dunia Mistis / 9 Tempat Angker di Dunia yang Seram dan Bikin Merinding!

9 Tempat Angker di Dunia yang Seram dan Bikin Merinding!

Ditulis oleh

Setiap tempat memiliki kisahnya masing-masing, di balik kisah tersebut, pasti ada misteri yang tersimpan. Misteri yang menjelma dan berubah menjadi aura tersendiri dan menciptakan ‘kehidupan’ tersendiri bagi kisah-kisah itu.

Kehidupan yang ada di dalam bangunan itu pun terkadang membuat kita tergelitik untuk menelisik kisah-kisah yang hidup dalam bangunan itu, yang kemudian menjadi rumor yang mengembang dengan persepsi yang dirasakan oleh kita. Lalu, lahirlah cerita-cerita tentang tempat mati yang kemudian hidup kembali, namun sudah menjelma menjadi sosok yang berbeda.

Bener banget ya? Setiap tempat punya kisahnya masing-masing. Bahkan disuatu tempat yang tidak terjamah sekali pun, punya kisahnya sendiri. Kali ini Bacaterus akan membahas tempat-tempat angker di dunia dan kisah dibalik tempat tersebut, berikut ini adalah tempat-tempat yang sangat angker dan bikin kamu merinding!

9 Tempat Paling Angker di Dunia

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu Malam Hari

Good readers, pasti sudah sangat familiar dengan tempat yang satu ini. Tempat ini merupakan salah satu ikon di kota Semarang.

Bertempat di dekat Simpang Lima, bangunan tua yang sudah berdiri saat zaman kompeni ini konon memiliki pintu yang banyak hingga berjumlah seribu, karena nama lawang yang berarti pintu dan sewu yang berarti seribu. Maka dari itu namanya lawang sewu, meskipun pintu yang dimiliki tidak mencapai seribu pintu.

Lawang sewu dibangun pada tahun 27 februari 1904. Pada saat itu, lawang sewu bernama Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij yang difungsikan sebagai kantor pusat NIS dan setelah kemerdekaan bangunan tersebut beralih fungsi sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).

Lawang sewu menjadi saksi bisu pahitnya penjajahan zaman Belanda. Di sana, tersimpan begitu banyak cerita dan misteri. Pasalnya, banyak masyarakat yang mengaku bahwa Lawang sewu merupakan tempat ribuan makhluk gaib bermukim.

Selain banyaknya aktivitas gaib di sana, lawang sewu juga merupakan tempat wisata terbuka untuk umum. Bahkan Anda bisa menikmati wisata malam hari di bangunan bersejarah ini.

2. Aokigahara

Berlokasi di Jepang, tepatnya di sebelah barat laut Gunung Fuji, membentang hutan dari kota kawaguchiko hingga desa Narizawa, Prefektur Yamanashi.

Lautan pohon, merupakan julukan aokigahara karena pohon ini memiliki pohon yang tinggi, lebat, dan sangat rapat. Namun, hutan satu ini sangat dikenal sebagai tempat bunuh diri, karena begitu banyaknya kasus bunuh diri yang sudah terjadi di hutan ini.

Aokigahara disebut “the perfect place to die” karena sudah tercatat sebanyak lebih dari 500 orang bunuh diri di sana. Meski sudah banyak larangan bunuh diri yang ada di sana, masih banyak kasus bunuh diri yang terjadi di tempat itu. Entah kenapa ya? Padahal jika dilihat, tempatnya bisa dibilang sangat indah dan menyejukkan. Tetapi sekali lagi, setiap tempat memiliki kisahnya.

3. Tuol Sleng Genocide Museum

Ketika berkunjung ke Kamboja, jangan lupa untuk sekalian berkunjung ke Museum satu ini. Museum Tuol Sleng Genosida merupakan tempat bersejarah di mana menyimpan tragedi terkeji rezim Khmer Merah (Angkar) yang membunuh begitu banyak rakyat Kamboja. Museum yang memiliki arti Bukit Pohon Beracun ini diberi kode penjara rahasia S-21.

Pada awalnya, bangunan ini merupakan sebuah sekolah (SMU) yang bernama Chao Ponhea Yat High School. Nama tersebut merupakan nama dari leluhur Raja Norodom Sihanouk. Tempat ini kemudian beralih fungsi menjadi tempat penyiksaan tahanan politik rezim Khmer Merah (Angkar) dan membuat begitu banyak korban yang berjatuhan.

Diperkirakan sekitar 17.000 orang meninggal dalam pembantaian tersebut. Yang harus diperhatikan jika Anda berkunjung ke sini adalah, begitu banyak peraturan yang harus ditaati oleh para tahanan. Berikutlah isi peraturannya:

  1. You must answer accordingly to my question- Don’t turn them away.
  2. Don’t try to hide the facts by making pretexts this and that, you are strictly prohibited to contest me.
  3. Don’t be a fool for you are a chap who dare to thwart the revolution.
  4. You must immediately answer my questions without wasting time to reflect.
  5. Don’t tell me either about your immoralities or the essence of the revolution. 
  6. While getting lashes or electrification, you must not cry at all.
  7. Do nothing, sit still and wait for my orders. If there is no order, keep quiet. When I ask you to do something, you must do it right away without protesting.
  8. Don’t make pretext about Kampuchea Krom in order to hide your secret or traitor.
  9. If you don’t follow all the above rules, you shall get many lashes of electric wire.
  10. If you disobey any point of my regulations, you shall get either ten lashes or five shocks of electric discharge

Dengan ketatnya peraturan untuk para tahanan, tak ayal banyak tahanan yang tumbang dan meninggal karena peraturan yang semena-mena tersebut. Saat ini, museum Tuol Sleng dibuka umum untuk mengingat bagaimana sejarah tragedi rezim Khmer Merah (Angkar).

4. Perkebunan Myrtles

Perkebunan satu ini sangat terkenal dengan sosok perempuan yang memakai gaun kuno. Menurut beberapa paranormal, terdapat sekitar 12 penampakan hantu yang sering bermunculan di tempat ini. Berlokasi di Lousiana Amerika Serikat, perkebunan yang dibangun pada tahun 1796 oleh Jendral David Bradford, merupakan tanah kuburan yang dikeramatkan suku Indian.

Kisah hantu Perkebunan Myrtles bermula dari kasus perempuan yang digantung karena terdakwa membunuh dua orang gadis kecil, salah satunya bernama Chloe. Kejadian tersebut berawal dari Chloe yang dihukum dan dipotong telinganya oleh sang majikan karena menguping pembicaraan sang majikan. Chloe pun membalaskan dendamnya dengan berusaha membunuh sang majikan.

Naas, pembalasan dendam tersebut membuat istri dan kedua anak dari majikannya meregang nyawa. Chloe pun didakwa dengan hukuman gantung karena perbuatannya. Sejak saat itulah banyak rumor yang mangatakan bahwa arwah Chloe beserta arwah istri dan anak majikannya kerap bergentayangan di perkebunan Myrtles.

5. Kamp Konsentrasi Auschwitz

* sumber: fokusjabar.com

Tempat inilah yang menjadi tempat pembantaian satu juta tahanan di kamar gas dan ratusan ribu orang yang dilakukan oleh rezim Nazi saat perang Dunia II. Kamp konsentrasi Auschwitz merupakan tempat di mana 1,5 juta tahanan warga Yahudi Eropa disiksa dan dibantai. Pembantaian yang membunuh 5,6 juta Yahudi di seluruh Eropa ini disebut Holocaust.

Kamp konsentrasi Auschwitz dibangun pada tahun 1940 dan diperluas pada tahun 1941 dengan kamp Auschwitz-Birkenau. Para tahanan yang notebene orang-orang Yahudi, Gay, Lesbian, orang-orang cacat, mengalami berbagai siksaan dan opresi sedemikian rupa hingga meregang nyawa.

Banyak dari korban yang harus berpisah dari keluarganya atau bahkan melihat keluarganya sendiri dibantai. Ada ratusan kali upaya melarikan diri yang terjadi di Kamp Konsentrasi Auschwitz. Kisah pelarian yang lumayan terkenal adalah kisah pelarian yang dilakukan oleh 4 tahanan Polandia yang menyamar sebagai anggota SS, dengan membobol gudang dan mencuri sejumlah senjata dan mobil dinas.

Lalu, berakhirnya rezim NAZI yang kejam dan brutal pada tanggal 27 Januari 1945 menjadi hari pembebasan para tawanan dari Kamp Konsentrasi Auschwitz, tepat 72 tahun yang lalu.

6. Whaley House

* sumber: www.taringa.net

Rumah kali ini bukan rumah biasa, bukan karena harganya yang fantastis atau pun bangunannya yang mewah, tetapi karena kisah mistis yang melekat pada bangunan ini. Bermula pada tahun 1857, Thomas Whaley membangun rumah ini.

Bertempat di atas tempat penggantungan, pemakaman umum, dan telah menelan banyak korban tak menyulutkan keinginan Whaley untuk membangun rumahnya. Setelah bangunan rumahnya selesai, banyak kejadian mistis yang kerap menyelimuti rumah ini.

Seperti kisah pada pertengahan tahun 1800-an ketika seorang gadis bernama Carrie Washburn, teman dari anak-anak Whaley yang tewas karena tercekik oleh tali jemuran. Kemudian mayat Washburn ditemukan dan ditinggalkan di atas meja dapur. Begitu pun kejadian-kejadian aneh lainnya menimpa orang-orang yang tinggal di dalam rumah Whaley.

Kini Rumah Whaley dijadikan sebuah museum sejak 1960. Para pengunjung rumah Whaley kerap melihat penampakan seseorang yang tergantung di sana.

7. Isla De Las Munecas (Pulau Boneka)

Isla De Las Munecas atau Pulau Boneka bertempat di sebelah selatan kota Mexico. Ribuan boneka yang ada di pulau tersebut merupakan kepemilikan dari Don Julian Santana, satu-satunya orang yang menetap di pulau tersebut hingga 50 tahun. Santana kerap dihantui oleh arwah penasaran saat dirinya baru datang di pulau terebut.

Awal mula pulau boneka terjadi ketika Santana menggantungkan satu boneka di atas sebuah pohon, yang merupakan makam seorang gadis kecil. Lama-kelamaan, Santana kerap menggantungkan boneka-boneka yang ia temui atau ia miliki dengan tujuan agar arwah penasaran di pulau itu bisa beristirahat dengan tenang.

Kebiasaan yang dilakukan oleh Santana membuatnya dianggap orang gila, karena percaya boneka-boneka itu adalah anak-anak kecil yang bisa hidup. Hingga akhir hayatnya, tepatnya selama 50 tahun lamanya, Santana terus melakukan kebiasaannya menggantung boneka-boneka di atas pohon.

Setelah kematian Santana, banyak rumor yang mengatakan bahwa boneka-boneka yang ada di pulau itu dapat hidup dan bergerak serta mengeluarkan jeritan. Meskipun banyak rumor tentang pulau ini, tak menyurutan para wisatawan untuk datang mengunjungi pulau itu.

8. Catacombes de Paris (Empire of The Dead)

Paris, kota romantis ini menyimpan sisi gelap yang tepat berada di bawahnya, tepatnya di sebelah selatan kota. Catacombes de Paris (Katakomba) merupakan tempat yang memiliki total panjang  300 kilometer, merupakan pemakaman bawah tanah atau ossuary yang ada di Paris.

Pemandangan yang disajikan oleh Katakomba tak tangung-tanggung membuat bulu kuduk para pengunjung berdiri. Pasalnya, dari awal masuk kita akan disuguhkan tulang belulang sisa jenazah. Sekitar 6 juta jasad yang telah dimakamkan di Katakomba.

Pada awalnya, Katakomba merupakan terowongan pertambangan batu yang sudah direnovasi. Terowongan ini pun menjadi solusi pemerintah untuk memindahkan tanah pemakaman yang padat demi menghindari pencemaran dan penyebaran penyakit karena membusuknya jenazah yang sudah dikubur.

Selain itu, Katakomba sendiri terkenal dengan nama Gate to Hell karena tempat ini dipercaya memiliki ‘portal’ yang bisa membawa kita masuk ke dalam neraka. Bahkan, ada turis yang dilaporkan hilang di sana. Berminat untuk berkunjung ke Katakomba?

9. Waverly Hill Mental Asylum

* sumber: mentalfloss.com

Rumah sakit jiwa Waverly Hills yang aktif dan dibuka pada tahun 1910 ini awalnya digunakan untuk merawat pasien yang terkena wabah TBC yang menyebar di daerah Louisville. Tetapi, pada saat itu, rumah sakit Waverly tak hanya digunakan untuk pengobatan para pasien melainkan adanya praktik eksperimen berbahaya meskipun dengan tujuan untuk mengobati pasien.

Sayangnya, eksperimen yang dilakukan oleh pihak rumah sakit tak mampu menyembuhkan para pasiennya. Sepuluh ribu pasien meninggal karena eksperimen berbahaya tersebut, yang tentu saja membuat rumah sakit Waverly Hills menjadi tempat yang memiliki cerita kelam.

Begitu banyaknya kesaksian yang mengatakan bahwa telah melihat beberapa penampakan yang ada di rumah sakit Waverly Hills, mulai dari suara-suara aneh hingga penampakan hantu anak kecil yang bermain dengan bola yang dibuat dari kulitnya sendiri.

Terlepas dari kesan angker yang ada tentang tempat-tempat di atas, hal itu kembali lagi pada persepsi orang-orang terhadap kisah yang tinggal di tempat tersebut. Kisah yang membuat banyak orang bersugesti dan membuat tempat tersebut menjadi angker, atau mungkin memang angker?

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat di atas? Bagi yang ingin share tentang tempat angker lainnya yang kalian ketahui, silakan bagikan di kolom komentar. Oh iya, bagi kamu yang bertempat tinggal di Solo atau sedang berkunjung ke Solo, ada juga 8 tempat angker yang mungkin bikin kamu penasaran, bisa cek daftarnya di artikel ini.

Selesai sudah untuk bahasan tempat-tempat angker di dunia kali ini, sampai ketemu di artikel selanjutnya dan jangan lupa untuk baca artikel-artikel menarik lainnya di sini. kenapa? Karena semakin terus baca, semakin kamu banyak tahu.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Annisa Harli Tanjung
Seorang Penikmat Kesenian, Pecinta Kucing dan Musik. Music in my Blood

Leave A Comment