Bacaterus / Dunia Mistis / Misteri Indonesia / Berani Berwisata Mistis ke 10 Tempat Angker di Depok Ini?

Berani Berwisata Mistis ke 10 Tempat Angker di Depok Ini?

Tempat angker bisa berada di mana saja, termasuk di Depok. Kota yang satu ini juga memiliki beberapa tempat angker yang membuat warga setempat ogah untuk berkunjung ke sana. Dinilai angker karena di tempat-tempat tersebut sering terjadi kejadian di luar nalar yang disinyalir berasal dari makhluk halus yang tinggal di sana.

Bacaterus telah mengumpulkan 10 tempat angker di Depok berdasarkan cerita-cerita yang beredar luas di masyarakat. Cerita mistis dari tempat-tempat ini akan membuat Anda merinding sekaligus mengurungkan niat untuk datang ke sana.

10 Tempat Angker di Depok

1. Jembatan Panus

Jembatan Panus Tempat Angker di Depok

* sumber: www.hipwee.com

Jembatan Panus adalah sebuah tempat angker di Depok yang cukup menyeramkan. Berbagai cerita misteri mengenai Jembatan Panus Depok ini membuat masyarakat menjauhi jembatan ini dan memilih untuk melewati jembatan lain yang jaraknya sekitar 30 meter di sebelah utara Jembatan Panus.

Dikisahkan bahwa jembatan ini dibangun oleh arsitek berdarah Belanda, Stefanus Leander. Jembatan ini dibangun pada masa pemerintahan Belanda. Stefanus menikahi seorang wanita pribumi. Namun, ketika Stefanus diusir oleh Jepang untuk pulang ke negara asalnya, istrinya mengalami depresi hingga akhirnya bunuh diri di jembatan yang dibangun oleh suaminya itu.

Konon, sampai saat ini warga masih sering melihat penampakan hantu Stefanus dan istrinya yang berjalan di sepanjang jembatan sambil membawa anjingnya yang berwarna putih.

2. Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI Depok

Sebuah tempat angker di Depok ini memiliki sejumlah cerita misteri yang membuat bulu kuduk meremang. Lokasi syuting seluas 29 hektar ini kabarnya dihuni oleh hantu sinden cantik bernama Marni. Hantu Marni ini kerap mengganggu pengunjung atau kru film yang sedang syuting di tempat ini.

Tidak hanya Hantu Marni saja, tukang ojek yang sering mangkal di sekitar lokasi juga mengeluhkan sering mendapat penumpang jadi-jadian. Mereka mendapat penumpang perempuan yang minta diantar ke Studio Alam TVRI, lalu tiba-tiba wanita itu hilang dari boncengan.

Selain itu, tercatat sudah ada puluhan hingga ratusan orang yang mengalami kesurupan sejak lokasi ini dibuka untuk umum. Suasana juga semakin mengerikan ketika banyak yang membagikan pengalaman mendengar suara cekikikan kuntilanak saat berada di sini.

3. Tanjakan Keramat Citayam

Tanjakan Keramat Citayam

Masyarakat Kota Depok pasti pernah mendengar nama Tanjakan Keramat. Boleh dikatakan bahwa tanjakan tersebut merupakan tempat angker di Citayam yang banyak menelan korban jiwa.

Tanjakan tersebut sebenarnya jalan yang tinggi, menikung, dan rusak. Jika berpikir secara logis, kondisi jalan yang seperti itu membuat kendaraan tidak kuat menanjak sehingga mundur dan terbalik. Namun cerita yang beredar di kalangan warga membuat image Tanjakan Keramat ini menjadi sangat angker.

Ada yang mengatakan pernah melihat ular sangat besar melintas di tanjakan itu. Kemudian, ada juga yang melihat bayangan tinggi besar berwarna hitam di tanjakan yang lokasinya memang dekat dengan makam keramat itu.

4. Keranda Terbang di Sawangan

Pada tahun 2016, warga Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Depok, digegerkan dengan pengakuan salah satu warganya yang melihat keranda mayat terbang. Seorang nenek bernama Sainah mengaku melihat keranda mayat yang terbang perlahan melintasi depan rumahnya.

Kronologinya, subuh hari Sainah hendak berangkat ke pasar. Namun baru beberapa langkah keluar dari rumah ia melihat keranda mayat terbang sendiri tanpa ada yang mengangkatnya. Keranda tersebut kosong dan meninggalkan aroma wangi kembang tujuh rupa.

Tak ingin kampungnya dianggap sebagai tempat angker di Sawangan, warga akhirnya meminta bantuan “orang pintar” untuk mengusir keranda terbang tersebut. Namun justru keranda tersebut tidak muncul dan “orang pintar” beserta warga yang ada di lokasi mendengar suara tangisan wanita yang meminta tolong.

5. Rumah Hantu Cimanggis

Penggemar cerita horor pasti sudah pernah mendengar cerita misteri Rumah Cimanggis yang pernah viral di internet. Bahkan, cerita ini juga dibukukan dalam novel berjudul “4 Tahun Tinggal Di Rumah Hantu.”

Kisah nyata yang dialami oleh sebuah keluarga kecil ini menambah daftar panjang tempat angker di Depok. Keluarga ini tinggal di sebuah rumah yang dibangun di atas kuburan. Bahkan, ketika ditempati, di bawah rumah tersebut masih ada 13 jenazah yang terkubur.

Keluarga ini mengalami begitu banyak gangguan, mulai dari pembantu rumah tangga yang kesurupan, anak bayinya yang terus menerus menangis tanpa sebab, penampakan pocong, sampai dengan suara-suara yang mengganggu ketenangan keluarga ini. Nah, kalau Anda apakah berani tinggal atau sekedar berkunjung di rumah yang sangat angker ini?

6. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia Cerita Seram dari Kampus di Indonesia

Setiap kampus memang pasti memiliki cerita horor tersendiri. Begitu pula dengan Universitas Indonesia di Depok, sebuah perguruan tinggi ternama yang selalu menjadi impian siswa-siswa yang hendak masuk kuliah.

Universitas Indonesia (UI) berdiri di lahan seluas 320 hektare. Cerita-cerita mistis tentu saja menaungi UI dan membuatnya berada dalam daftar tempat angker di Depok. Berikut adalah beberapa spot angker dan cerita horor yang terjadi di UI:

  • Penampakan Si Merah
Penampakan Si Merah

* sumber: www.anakui.com

Cerita hantu yang paling populer di UI adalah penampakan hantu berkebaya merah. Ada yang mengatakan bahwa hantu ini adalah seorang mahasiswa yang meninggal karena kecelakaan tepat sebelum dirinya diwisuda.

Ada pula yang mengatakan bahwa hantu si merah ini dulunya adalah seorang gadis yang bunuh diri karena patah hati. Si merah ini kerap kali menampakkan wujudnya di rektorat, FIB, menara air, sampai di belakang kaca jendela bis kuning UI.

  • Pusat Kegiatan Mahasiswa (PUSGIWA)

PUSGIWA UI

Gedung PUSGIWA juga menyimpan cerita mistis tersendiri. Kejadian seram dialami oleh seorang mahasiswa yang menjadi panitia bantuan medis saat ada kegiatan. Saat sedang berjaga malam, mahasiswa ini melihat sesuatu berdiri di shelter sepeda.

Rasa penasaran yang begitu besar mendorong mahasiswa tersebut untuk mendekat. Namun betapa kaget dirinya ketika menyadari bahwa sosok yang berdiri di shelter sepeda itu adalah pocong berwajah menyeramkan.

  • Ruang Gamelan FIB
Ruang Gamelan FIB

* sumber: www.anakui.com

Di gedung Fakultas Ilmu budaya terdapat sebuah ruang gamelan yang berisi alat musik tradisional. Menurut penjaga gedung, dirinya pernah melihat sosok wanita yang termenung di pojok ruangan gamelan ini pada malam hari. Padahal, waktu itu sudah tengah malam dan tidak ada kegiatan mahasiswa di kampus tersebut. Selain itu, di malam-malam tertentu alat-alat musik ini juga sering terdengar seperti ada yang memainkannya.

  • Stasiun UI

Stasiun UI

Kisah misteri yang satu ini sudah beredar sejak tahun 90-an. Seorang mahasiswa yang pulang malam hari menunggu kereta di Stasiun UI untuk menuju ke Stasiun Tebet. Ketika masuk ke dalam kereta, ia melihat para penumpang diam, lesu, berwajah dingin, dan berpakaian lusuh.

Kejanggalan mulai terasa ketika kereta tidak berhenti di stasiun manapun dan hanya berhenti di Stasiun Tebet, tujuan mahasiswa tersebut. Akhirnya, si mahasiswa baru menyadari bahwa kereta yang ia tumpangi adalah kereta berhantu ketika seorang penjaga stasiun bertanya mengapa dirinya berjalan kaki di sepanjang rel kereta.

6 tempat angker di Depok ini tidak kalah seram dengan tempat-tempat angker di kota lain, bukan? Anda juga dapat membaca artikel tempat angker di Jawa Barat jika Anda ingin mengeksplor tempat-tempat seram lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment