Bacaterus / Misteri Bandung / 5 Tempat Angker di Cimahi yang Paling Menyeramkan

5 Tempat Angker di Cimahi yang Paling Menyeramkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa yang terkenal dari Cimahi? Apakah kue balok khas Cimahi atau kue semprongnya yang renyah? Kalau Anda sedang berada di Bandung dan ingin berjalan-jalan di luar Kota Bandung, Cimahi adalah kota yang cukup dekat dari Bandung.

Anda dapat menempuh perjalanan selama 30 menit saja untuk berangkat dari Bandung menuju ke Cimahi. Sesampainya di sana, silakan kuliner mencoba makanan khas Cimahi atau mengunjungi tempat-tempat yang spesial di Cimahi. Berbicara tempat spesial, Cimahi memiliki beberapa lokasi yang dapat dibilang angker.

Tempat angker di Cimahi tersebut memiliki cerita-cerita mengerikan yang beredar di kalangan masyarakat. Bahkan, saking angkernya tempat itu menjadi sangat terkenal dan menarik perhatian orang-orang pemberani untuk menguji nyali mereka. Penasaran dengan sejumlah tempat angker di Cimahi yang akan kami bahas di sini? Simak ulasan selengkapnya dari Bacaterus berikut ini.

5 Tempat Paling Angker di Cimahi

1. Rumah Sakit Dustira

Rumah Sakit Dustira Tempat Angker di Cimahi

* sumber: ujanxofficial.blogspot.com

Cerita angker yang santer terdengar di rumah sakit adalah hal biasa. Pasalnya, setiap hari ada saja pasien yang meninggal dunia di setiap rumah sakit, entah itu karena kecelakaan, percobaan bunuh diri, atau sakit. Sama halnya dengan tempat angker di Cimahi yang berupa bangunan rumah sakit ini.

Rumah Sakit Dustira adalah rumah sakit yang telah beroperasi sejak tahun 1887 sampai saat ini. Bisa Anda bayangkan betapa tuanya rumah sakit yang satu ini, bukan? Bangunan rumah sakit ini dulunya digunakan untuk merawat tawanan tentara Belanda dan Jepang. Sejak tahun 1887 tentu sudah ada ratusan nyawa yang menghadapi ajalnya di rumah sakit ini.

Cerita horor yang menaungi Rumah Sakit Dustira antara lain ketika warga setempat bermain tenis meja di pelataran rumah sakit yang kebetulan sedang kosong. Saat sedang asyik bermain, tiba-tiba ada bayangan berupa pria bule yang melintas di depan mereka dan menghilang begitu saja. Semua yang berada di situ melihat sosok hantu pria bule itu dan tertegun sejenak menyaksikan penampakan tersebut menghilang.

Kisah mistis tidak hanya dialami oleh warga sekitar, tetapi juga perawat di Rumah Sakit Dustira. Perawat yang bertugas malam melihat ada seorang perempuan berambut pirang di dekat tempat pengambilan air. Awalnya, si perawat mengira bahwa perempuan tersebut adalah salah satu pasien. Namun ketika perempuan itu berjalan ke arah tempat pengambilan air tiba-tiba sosoknya menghilang begitu saja.

2. Gunung Bohong

Gunung Bohong

* sumber: www.buruan.co

Tempat angker di Cimahi berikutnya adalah sebuah gunung yang sebenarnya tidak terlalu tinggi. Gunung Bohong adalah nama dari sebuah bukit yang tingginya hanya 896 meter saja. Dinamakan Gunung Bohong karena sebenarnya ini hanyalah bukit yang tampilannya seperti gunung, sehingga warga setempat menyebutnya dengan nama “Gunung Bohong.”

Gunung Bohong dijadikan sebagai lapangan tembak berstandar internasional oleh Kodam III/Siliwangi. Namun ada misteri Gunung Bohong Cimahi yang membuat bukit ini dikenal angker. Konon, terdapat pasar jin yang ada di bukit ini. Entah benar atau tidak, tetapi mitos mengenai pasar jin ini cukup membuat ngeri orang-orang yang berada di kawasan Gunung Bohong saat hari mulai gelap.

3. Universitas Jenderal Achmad Yani

Universitas Jenderal Achmad Yani

* sumber: blogagyson.wordpress.com

Adakah dari Anda yang sedang atau pernah menempuh pendidikan di Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) Cimahi? Jika ya, mungkin Anda pernah mendengar beberapa kisah mistis yang membuat kampus tersebut menjadi salah satu tempat angker di Cimahi.

Kisah horor memang banyak terdengar dari UNJANI. Misalnya, gedung fakultas ekonomi di kampus ini dikenal angker. Para mahasiswa dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun di gedung ini melebihi jam 10 malam. Konon, jika melanggar aturan ini, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kesurupan massal.

Kemudian, ada juga yang pernah menyaksikan penampakan pocong melompat dari Gedung Sasana Krida (GSK) ke Gedung Kuliah Bersama (GKB). Para mahasiswa di sini menyebutkan bahwa itu adalah pocong parkour.

Yang paling membuat ngeri adalah cerita yang tersebar di mahasiswa INKOM (Informasi dan Komunikasi). Konon, mahasiwa INKOM pasti sudah familiar banget dengan sosok hantu perempuan yang diberi nama Neng Geulis. Hantu ini kerap kali menampakkan diri di dekat ruangan untuk siaran radio kampus. Kadang-kadang meskipun tidak melihat, mereka juga dapat merasakan kehadiran Neng Geulis di sekitar mereka, lho.

4. Kuburan Cina Santiong

Kuburan Cina Santiong

* sumber: www.jia-xiang.biz

Di Cimahi juga terdapat pemakaman Cina yang dinamakan Santiong. Kuburan Santiong ini memiliki batu-batu nisan dengan ukiran yang megah, sangat khas dengan pemakaman jenazah orang-orang keturunan Tionghoa. Namun, kuburan ini masuk dalam daftar tempat angker di Cimahi karena memang memiliki sejumlah cerita seram yang mampu membuat bulu kuduk merinding.

Menurut warga setempat, jika Anda lewat seorang diri di komplek pemakaman ini lepas tengah malam, Anda dapat bertemu dengan hantu tanpa kepala. Bahkan, menurut salah satu cerita di forum online, ada pemuda yang mengaku pernah bertatap muka langsung dengan hantu tanpa kepala ini.

Ketika si pemuda tetap berusaha tenang dan berjalan melewati sosok gaib itu, ternyata hantu tersebut justru berjalan mengikutinya lalu kemudian hilang dengan sendirinya.

Belum lagi desas-desus yang mengatakan bahwa Kuburan Cina Santiong ini juga dihuni oleh pocong yang kerap kali menampakkan diri. Benar atau tidaknya cerita tersebut memang belum terbukti. Jika Anda ingin langsung membuktikan sendiri, lewatlah di dekat Kuburan Santiong pada tengah malam dan buktikan sendiri apakah Anda akan bertemu pocong atau hantu tanpa kepala.

5. Rumah Tua Cibeureum

Rumah Tua Cibeureum

* sumber: kota-cimahi.blogspot.com

Sebuah rumah tua yang terbengkalai dan berada di dekat kebun kopi Cimahi ini memang menawarkan sisi angker tersendiri. Bagaimana tidak, rumah tua ini sudah nampak tak berpenghuni. Bangunannya sendiri terlihat suram dan meninggalkan kesan angker.

Rumah Tua Cibeureum ini memang tidak terkenal akan penampakan hantunya atau cerita misteri yang ada di dalamnya. Akan tetapi, sebagian masyarakat meyakini bahwa rumah ini angker karena sudah lama tidak dihuni.

Angker atau tidaknya rumah tua ini memang tidak dapat dibuktikan kecuali Anda melakukan uji nyali langsung di rumah itu. Saat ini, Rumah Tua Ciebereum memang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin membuktikan keangkeran rumah tersebut.

Itulah sejumlah tempat wisata di Cimahi yang masing-masing menyimpan cerita mistis tersendiri. Jika Anda ingin mengetahui sejumlah tempat angker lainnya yang ada di Bandung, Anda dapat membaca artikel 10 tempat angker di Bandung.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *