Bacaterus / Misteri Jabar Selatan / 6 Tempat Angker di Ciamis yang Cocok Banget untuk Uji Nyali

6 Tempat Angker di Ciamis yang Cocok Banget untuk Uji Nyali

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berkunjung ke tempat angker memang memberikan sensasi yang berbeda. Anda akan merasakan antusiasme yang besar, penasaran, takut, sampai dengan jantung berdebar tak karuan. Sensasi mengunjungi tempat yang dianggap angker oleh masyarakat memang asyik. Apalagi jika Anda bisa berinteraksi dengan makhluk gaib penghuni tempat tersebut, tentunya akan jadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda.

Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda menelusuri sejumlah tempat angker di Ciamis. Tempat-tempat ini diyakini angker oleh masyarakat sekitar. Jadi, bagi Anda yang ingin coba beruji nyali, Anda dapat menemukan tempat yang cocok dalam daftar ini.

6 Tempat Angker di Ciamis

1. Desa Kosong

Desa Kosong Tempat Angker di Ciamis

* sumber: agenterpercayaidn.blogspot.com

Mitos mengenai adanya Desa Kosong Ciamis ternyata bukan isapan jempol belaka. Ada sekelompok pemuda yang mengaku pernah masuk ke tempat angker di Ciamis ini. Konon, Desa Kosong terletak di jalur yang sama ketika Anda hendak menuju ke Pangandaran.

Sesuai dengan namanya, desa ini benar-benar kosong dan tidak berpenghuni. Hanya patung-patung terbengkalai saja yang menempati desa ini. Anehnya, para pemuda ini mengaku pernah melihat patung itu hidup dan beraktivitas layaknya manusia. Ketika mereka mencoba mengabadikan foto-foto patung itu, foto tersebut justru selalu tidak tersimpan di kamera.

Cerita mistis juga sering terjadi pada orang-orang yang tidak sengaja memasuki Desa Kosong ini. Misalnya, mereka mendengar alunan suara musik Sunda dari sebuah rumah. Padahal, tidak ada seorang manusia pun yang tinggal di desa gaib ini. Kemudian, ketika sampai di rumah tersebut, orang itu melihat patung wanita nampak menyisir rambutnya sendiri sambil menghadap ke kaca.

Ketika orang itu meninggalkan rumah tempat di mana ia melihat patung wanita sedang menyisir rambut, ia kembali ke mobil bersama teman-temannya. Namun, di bak mobil pick up mereka terdapat patung anak kecil sedang tersenyum.

Tak ada seorang pun yang mengaku sudah meletakkan patung itu di dalam mobil. Ketika patung itu diturunkan dari mobil, salah seorang dari mereka mengambil fotonya dan ia kaget setelah melihat hasilnya. Di foto nampak seorang anak kecil (bukan patung) sedang tersenyum.

2. Rumah Sakit Nirmala

Rumah Sakit Nirmala

* sumber: nolduanews.com

Satu lagi tempat angker di Ciamis yang menebar teror gaib kepada warga yang tinggal di sekitarnya. Adalah Rumah Sakit Nirmala Ciamis, sebuah bangunan rumah sakit yang sudah lama tidak beroperasi. Kesan angker langsung bisa dirasakan ketika Anda melihat bangunannya yang sudah kotor dan tidak berpenghuni.

Menurut warga sekitar yang pernah ronda malam di sekitar rumah sakit, ia pernah mendengar suara kaca jendela yang digedor-gedor. Kemudian, bau anyir darah juga sering tercium di malam-malam tertentu. Yang paling ekstrem, warga sering mendengar suara mobil ambulance masuk ke halaman rumah sakit, padahal rumah sakit ini sudah tidak beroperasi.

Bangunan Rumah Sakit Nirmala ini memang dikenal angker oleh warga setempat. Bahkan, mereka juga sering mendengar suara roda tempat tidur rumah sakit seperti ada “sesuatu” yang mendorongnya. Rumah sakit angker ini memang cocok sekali dijadikan tempat uji nyali.

3. Gunung Jetak

Gunung Jetak

* sumber: www.rancahpost.co.id

Gunung Jetak bukanlah sebuah gunung melainkan hanya sebuah nama jalan alternatif untuk menuju Sukasari dari Dusun Jetak. Akan tetapi, jalanan ini cukup sepi dan tidak ada bangunan rumah penduduk di sekitarnya. Hanya ada pohon-pohon tinggi dan beberapa blok makam di pinggir Jalan Gunung Jetak.

Pada umumnya, sebagian besar pengguna jalan ini adalah warga Dusun Jetak. Mengingat jumlah warga dusun ini tidak terlalu banyak maka sesama warga pasti saling mengenal satu sama lain. Namun, warga sering bertemu orang yang tak dikenal di Jalan Gunung Jetak ini lalu orang tersebut menghilang begitu saja.

4. Jembatan Cigede

Jembatan Cigede

* sumber: www.netralnews.com

Tempat angker di Ciamis yang berikutnya adalah Jembatan Gede atau yang dikenal dengan nama Jembatan Tonjong. Jembatan ini berada di perbatasan Desa Indragiri dan Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Ciamis.

Konon, jembatan ini dulunya dijadikan tempat pembuangan mayat pada tahun 80-an. Mayat-mayat yang dibuang di sini rata-rata merupakan korban “petrus” karena selalu ada tattoo di tubuh jenazah tersebut. Fakta ini tentu menambah keangkeran Jembatan Cigede.

Di jembatan ini sering terlihat penampakan hantu wanita cantik. Yang bikin merinding, hantu ini kadang-kadang menumpang pada mobil pengendara yang lewat di sini pada malam hari, terutama saat malam jumat kliwon.

5. Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong

* sumber: www.aktual.com

Jembatan yang sudah dibangun sejak zaman Belanda ini merupakan penghubung antara Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Tasikmalaya. Jembatan ini cukup unik karena di atas jembatan terdapat rel kereta api yang masih aktif digunakan, sedangkan alas dari jembatan ini terbuat dari kayu.

Sebenarnya agak mengerikan karena alas jembatan ini hanya terbuat dari kayu, sementara yang melintasi jembatan ini mulai dari pejalan kaki, sepeda, motor, sampai dengan mobil.

Berbagai kejadian mistis telah menaungi Jembatan Cirahong sehingga jembatan ini masuk dalam daftar tempat angker di Ciamis. Konon, ada banyak sekali makhluk halus yang tinggal di jembatan ini. Salah satu sosok yang fenomenal di Jembatan Cirahong adalah genderuwo dan kuntilanak.

Salah satu pengguna jembatan ini pernah menuturkan pengalamannya saat melintas di malam hari. Kala itu, ia melihat sebuah mobil yang jalan di depan mobilnya. Namun tiba-tiba mobil di depannya itu melayang terbang. Saat si pengemudi mulai heran sekaligus takut, tiba-tiba mesin mobilnya mati mendadak.

Ada lagi pengakuan saksi mata yang melihat mobil sport berwarna putih yang hilang secara misterius di jembatan ini. Anehnya, saksi mata menemukan sekuntum mawar putih segar di lokasi kejadian hilangnya mobil tadi.

6. Jalan Jenderal Sudirman

Jalan Jenderal Sudirman

Di Ciamis ada sebuah jalur utama yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah, namanya adalah Jalan Jenderal Sudirman. Sebagai jalur utama, tentu saja jalan ini sangat banyak dilewati oleh kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil, truk, sampai bus pasti sering melintas di jalan ini.

Kenyataan bahwa Jalan Jenderal Sudirman adalah jalanan yang sangat ramai ternyata tidak mengurangi keangkeran di jalan tersebut. Baik warga setempat maupun pengendara yang melintas di jalan ini percaya bahwa Jalan Jenderal Sudirman dikenal angker.

Penampakan hantu wanita berbaju dan berselendang merah memang sering terlihat oleh pengendara yang melintasi jalanan ini pada malam hari. Para pengemudi angkutan umum juga menceritakan pengalaman seramnya di mana mereka mengaku sering diberhentikan oleh seseorang di pinggir jalan. Namun ketika mobil menepi dan berhenti, orang itu hilang dengan sendirinya.

Inilah sejumlah tempat angker di Ciamis yang bisa Anda jadikan sebagai tempat uji nyali. Baca juga mengenai hal-hal mistis di Pantai Pangandaran yang lokasinya tidak jauh dari Ciamis dalam artikel Misteri Pantai Pangandaran. Selain itu, untuk menambah referensi Anda seputar tempat-tempat angker di sekitar Ciamis, Anda juga dapat membaca artikel mengenai Tempat Angker di Jawa Barat.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *