Bacaterus / Misteri Sumatera / 5 Tempat Angker Batam yang Terkenal dengan Cerita Seramnya

5 Tempat Angker Batam yang Terkenal dengan Cerita Seramnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 April 2019

Kalau mendengar kata “Batam”, apa yang ada di dalam benakmu? Sebuah kota yang asyik untuk berburu barang-barang impor? Atau kota yang dekat dengan Singapura? Ya, Batam memang bukan kota segemerlap Jakarta. Namun karena posisinya yang sangat dekat dengan Singapura, perekonomian dan pembangunan di Batam sudah terbilang maju.

Di balik padatnya aktivitas ekonomi di Batam ternyata kota terbesar di Kepulauan Riau ini memiliki beberapa tempat yang dianggap angker oleh warga setempat. Nah, di mana saja tempat angker yang ada di Batam? Simak ulasan dari Bacaterus berikut ini, ya!

1. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

* sumber: ksmtour.com

Dinamakan Kampung Vietnam karena tempat ini dulunya merupakan pemukiman bagi pengungsi dari Vietnam. Pada tahun 1975, di Vietnam terjadi perang saudara yang membuat ratusan ribu masyarakat di sana pergi meninggalkan negaranya dengan menggunakan kapal sederhana. Batam adalah salah satu tempat yang menjadi tujuan pengungsi-pengungsi tersebut.

Jika saat ini kamu berkunjung ke Kampung Vietnam, kamu akan melihat bekas bangunan berupa rumah-rumah penduduk, tempat ibadah, rumah sakit, dan sekolah. Namun, kini Kampung Vietnam sudah tidak berpenghuni dan dijadikan objek wisata.

Menurut pengalaman wisatawan yang pernah berkunjung kemari, di sini mereka pernah mengalami kejadian-kejadian yang di luar nalar. Mulai dari suara tangisan atau rintihan misterius, bayangan yang lewat sekelebat, sampai kejadian di mana beberapa wisatawan yang berfoto di sini mengalami sakit yang secara tiba-tiba saat sudah tiba di rumah.

Keangkeran Kampung Vietnam sudah tersohor hingga seluruh tanah air. Bahkan, karena keangkerannya inilah Kampung Vietnam di Pulau Galang ini menjadi destinasi tujuan “Mister Tukul”, sebuah cara wisata mistis yang tayang di salah satu televisi nasional.

2. Wisata Mata Kucing

Wisata Mata Kucing

* sumber: cassosubhi.blogspot.com

Walaupun sudah menjadi kawasan hutan wisata yang dilengkapi dengan kebun binatang mini, tapi toh tetap saja masih banyak yang menganggap bahwa Wisata Mata Kucing ini sebagai tempat angker. Konon, tempat ini dihuni oleh begitu banyak makhluk astral dengan berbagai wujud.

Wisata Mata Kucing sendiri dulunya dipakai sebagai tempat pembuangan jin atau makhluk halus. Apabila ada orang yang merasa diganggu makhluk halus dan meminta bantuan orang pintar untuk mengusirnya, konon orang-orang pintar tersebut akan “membuang” makhluk halus itu ke kawasan Wisata Mata Kucing ini.

3. Sei Ladi

Sei Ladi

* sumber: www.youtube.com

Sebuah sungai di Batam yang satu ini juga merupakan tempat angker yang sangat terkenal, namanya adalah Sei Ladi. Di siang hari, jembatan di atas sungai memang nampak ramai dilalui kendaraan. Namun, di malam hari kendaraan yang melintas sudah sangat jarang dan penerangan di sekitar juga sangat minim.

Ada begitu banyak cerita seram yang menambah kesan angker Sei Ladi. Konon, selain Wisata Mata Kucing, Sei Ladi juga dipilih oleh orang-orang pintar untuk membuang makhluk halus atau teluh yang mengganggu pasiennya.

Tak hanya itu saja, Sei Ladi sendiri diyakini sebagai tempat pembuangan janin-janin aborsi. Bahkan, Sei Ladi juga dipilih sebagai tempat pembuangan mayat oleh para pembunuh.

Daya mistis yang berasal dari Sei Ladi memang sangat kuat. Konon, orang yang sedang depresi atau stres sebaiknya tidak berlama-lama berada di sini. Pasalnya, tempat ini sudah menjadi “langganan” bagi orang-orang yang bunuh diri dengan melompat ke dalam sungai. Ketika pikiran kosong, makhluk-makhluk halus di sekitar sungai inilah yang “menghasut” kita untuk lompat ke dalam sungai.

Melihat track record-nya yang cukup menyeramkan, tak heran jika berbagai pengalaman mistis turut dirasakan oleh pengguna jalan di jembatan yang ada di atas sungai. Di Sei Ladi ini sering terlihat penampakan hantu wanita berpakaian putih, hantu orang tua, dan hantu anak-anak. Tak heran jika Sei Ladi sendiri mendapat predikat sebagai “Telaga Hantu” oleh masyarakat Kota Batam.

4. Jalan Sei Tamiang

Jalan Sei Tamiang

* sumber: www.rakyatmediapers.co.id

Kalau kamu pernah mendengar peristiwa pembegalan yang terjadi di Jalan Sei Tamiang, percayalah hal menakutkan di jalan tersebut tidak hanya karena pembegalan saja. Jalan yang menghubungkan Tiban dan Batu Aji itu terkenal angker.

Jalan Sei Tamiang sendiri letaknya tidak jauh dari Wisata Mata Kucing. Selain itu, salah satu hal yang membuat aura angker dari jalan ini semakin kuat adalah lokasinya yang dekat dengan pemakaman umum.

Cerita seram yang terjadi di Jalan Sei Tamiang nampaknya bukan sekadar isapan jempol belaka. Ada segelintir kecelakaan yang terjadi di jalan ini. Menurut kesaksian korban selamat, dirinya melihat sosok wanita berpakaian putih dan berwajah pucat berdiri di pinggir jalan. Penampakan sosok yang diyakini sebagai kuntilanak inilah yang membuat pengemudi kaget dan berisiko kecelakaan.

Ada pula pengalaman seorang sopir taksi yang mengaku taksinya dihentikan oleh seorang wanita pada malam hari. Wanita tersebut tidak banyak bicara dan minta diantar ke Tiban. Ketika melintasi jalan di dekat Wisata Mata Kucing, si sopir menoleh ke belakang dan betapa terkejutnya ia karena tidak menemukan penumpangnya di jok belakang.

5. Gedung Beringin

Gedung Beringin

* sumber: www.liputan6.com

Melihat dari penampilannya, kamu pasti tak akan menyangka bahwa Gedung Beringin ini dulunya adalah gedung yang sangat penting. Di era pemerintahan Presiden Soeharto, Gedung Beringin difungsikan sebagai tempat rapat para pejabat tinggi di Batam. Namun, gedung tersebut lambat laun beralih fungsi sebagai gedung kesenian.

Kini, Gedung Beringin hanyalah merupakan sebuah bangunan tua yang tidak berfungsi. Tak ada aktivitas manusia yang terlihat di sana. Bahkan, alat-alat musik yang dulunya berdiam di dalam gedung juga sudah dipindahkan ke tempat lain.

Setelah lama kosong, berbagai kisah seram tampak menaungi gedung ini. Petugas keamanan yang menjaga gedung pernah mengaku melihat sosok wanita melangkah keluar gedung pada malam hari. Padahal, sudah jelas bahwa tidak ada satu orang pun yang mungkin masuk ke gedung ini pada malam hari.

Selain itu, masyarakat sekitar mengaku sering mendengar musik khas Melayu atau dentuman gong yang berasal dari Gedung Beringin. Bagaimana bisa ada suara gong jika semua alat musik di dalam gedung ini sudah dipindahkan?

Kisah seram lainnya dari Gedung Beringin juga pernah terjadi ketika gedung ini masih berfungsi sebagai tempat pementasan kesenian. Kala itu, salah satu pengisi acara mengalami kesurupan secara misterius di dalam gedung ini.

Cerita-cerita seram mengenai kelima tempat ini merupakan urban legend atau cerita yang beredar di kalangan masyarakat. Sebagai pembaca, kamu boleh percaya, boleh juga tidak percaya.

Apakah cerita seram yang terdapat di tempat-tempat di atas sudah benar terbukti keangkerannya? Sekali lagi, Bacaterus hanya menyampaikan cerita yang beredar di kalangan masyarakat. Kalau kamu kurang percaya, kamu bisa membuktikannya sendiri dengan langsung terjun uji nyali ke tempat-tempat di atas.

Kunjungi juga artikel tempat angker di Indonesia agar kamu mengetahui bahwa setiap wilayah pasti memiliki lokasi yang dianggap menyeramkan bagi masyarakat di sekitarnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar