Bacaterus / Misteri Bandung / 10 Tempat Angker di Bandung yang Pas untuk Uji Nyali

10 Tempat Angker di Bandung yang Pas untuk Uji Nyali

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung memang memiliki banyak tempat-tempat indah untuk dikunjungi. Selain banyak pusat perbelanjaan dan kuliner, Bandung juga memiliki destinasi wisata malam hari yang bisa dicoba untuk menguji adrenalin Anda.

Ya, terdapat banyak tempat di Bandung yang dikenal sangat angker oleh para warganya. Berbagai tempat tersebut memiliki cerita mistis yang membuat bulu kuduk merinding. Tidak sedikit pula orang yang penasaran untuk mengunjungi tempat tersebut. Apakah Anda juga ingin berkunjung, Good Readers? Yuk simak 10 tempat angker di Bandung berikut ini.

10 Tempat Paling Angker di Bandung

1. Goa Belanda dan Goa Jepang

goa belanda

Lorong di dalam Goa Belanda

Goa Belanda terletak di taman hutan raya Ir.H. Juanda, Dago Pakar. Goa ini memang terkenal sangat angker oleh warga sekitar. Banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi Dago Pakar hanya untuk memasuki Goa Belanda.

Pada masa penjajahan Belanda, Goa ini digunakan sebagai gudang penyimpanan senjata oleh pasukan Belanda. Namun tak jarang, para serdadu Belanda tersebut juga melakukan pembantaian terhadap warga pribumi di dalamnya. Karena itulah goa ini menjadi sangat angker.

Selain tak boleh bertindak sembarangan, ada satu kata yang sangat tabu untuk disebut ketika Anda berkunjung ke tempat ini yaitu kata “lada”. Kata tersebut dipercaya dapat membangkitkan amarah si penunggu Goa karena “Lada” merupakan nama sesepuh mereka.

Tidak jauh dari Goa Belanda juga terdapat goa lainnya yang diberi nama Goa Jepang. Goa ini juga menjadi salah satu tempat angker di Bandung yang menyeramkan. Terlebih goa ini proses pembangunannya belum selesai sehingga tidak terurus dan jauh lebih gelap daripada Goa Belanda.

2. Patung Pastor di Jalan Maluku

pastor taman maluku

Jalan Maluku terletak tepat di tengah kota tak jauh dari pusat perbelanjaan Bandung Indah Plaza. Pada siang hari jalanan ini memang ramai oleh lalu lalang kendaraan, namun pada malam hari. Hiiiy.. Anda mungkin berpikir dua kali untuk melewatinya. Jalanan ini minim lampu penerangan pada malam hari.

Saat melewati jalan Maluku Anda akan mendapati sebuah taman dengan patung pastor menjulang. Tak perlu masuk ke dalam taman, Anda bisa melihatnya dari pinggir jalan. Konon patung tersebut sering berjalan-jalan di malam hari. Mitosnya juga, jika Anda mau diam menunggu di dekat patung tersebut, patung tersebut akan berubah posisi.

3. Bandung Medical Center

tempat angker di bandung bmc

Siapa sangka di tengah keriuhan kota Bandung ada satu bangunan yang cukup menyeramkan. Tak banyak yang tahu, ada sebuah rumah sakit yang berlokasi tak jauh dari lapangan Gasibu Bandung tepatnya di belakang taman Panata Yudha. Rumah sakit bernama Bandung Medical Center ini telah ada sejak dulu.

Konon, rumah sakit ini sebenarnya merupakan rumah sakit yang baru saja di renovasi. Namun karena terjadi masalah saat pembangunannya, sampai saat ini rumah sakit tersebut dibiarkan terbengkalai dan hanya dijaga oleh beberapa orang.

Saat pertama kali berkunjung, Anda pasti sudah bisa merasakan ada sesuatu yang berbeda pada bangunan ini. Meskipun di kanan kiri bangunan terdapat rumah warga, namun karena lokasi bangunan tepat berada di pojok, rumah sakit ini nampak terasing dari bangunan sekitarnya.

Hal itu semakin didukung juga dengan pepohonan besar dan rimbun yang tumbuh di sekitar bangunan. Membuat suasana salah satu tempat angker di Bandung ini semakin terkesan menyeramkan.

Jika Anda punya keberanian, silahkan kunjungi rumah sakit ini. Karena Anda bisa melakukan wisata malam didampingi penjaga bangunan. Masuklah ke dalam, jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan sosok bayi yang menangis mencari-cari ibunya. Hiiiy~

4. Jalan Tamansari

jalan tamansari

Bandung memiliki daerah yang masih asri dengan banyaknya pepohonan besar di pinggir jalan. Salah satunya adalah kawasan jalan Taman Sari. Jalan Taman Sari sangat dekat dengan kampus ITB yang juga tersohor dengan berbagai kisah mistisnya.

Banyaknya pepohonan besar tersebut juga memunculkan ‘kengerian’ tersendiri jika melewati jalan tersebut. Konon banyak pengendara mobil yang sering diganggu jika ia berkendara tanpa membaca doa. Bahkan terkadang ada makhluk yang suka ikut dibonceng jika kita membawa motor melintasi daerah tersebut namun lupa untuk menutup footstep.

5. Jalan Cipaganti

jalan cipaganti

Tak jauh berbeda dengan jalan Tamansari, sepanjang Jalan Cipaganti juga ada pohon-pohon besar. Lagi-lagi hal itu pula yang membuat jalanan ini terkesan angker.  Hati-hati jika Anda melintasi jalanan ini pada tengah malam. Konon katanya jika sedang beruntung Anda akan ditemani berkendara oleh makhluk tak kasat mata.

6. Gedung Sekolah di Jalan Belitung

sma 3 dan 5 bandung

Bangunan sekolah ini terletak samping taman Musik Bandung. Selain terkenal karena berprestasi, sekolah ini juga tersohor karena keangkeran bangunan sekolahnya. Bangunan yang digunakan sebagai gedung sekolah ini sudah sangat tua dan bentuknya hampir tak pernah berubah sejak dulu.

Ada mitos yang sangat kencang berhembus di daerah ini. Jika Anda mengelilingi gedung sekolah dan memanggil nama ‘Nancy’, akan muncul sesosok noni Belanda di jendela paling atas gedung sekolah. Berani mencoba datang ke sekolah angker di Bandung ini?

7. Rumah Ambulans

rumah ambulance

Rumah Ambulans sempat tenar beberapa tahun yang lalu ketika ada film yang mengangkat cerita mengenai rumah ini. Konon katanya di rumah ini ada ambulans yang tidak bisa dipindahkan dan kadang selalu menyala sendiri di malam hari. Kini rumah ambulans yang ada di Jalan Bahureksa ini telah diubah menjadi sebuah distro.

8. Jalan Dayang Sumbi

jalan dayang sumbi bandung

Jalan Dayang Sumbi merupakan sebuah jalan kecil yang menghubungkan antara Jalan Dago dan Jalan Tamansari. Jalan ini terletak di sebelah utara kampus ITB. Seperti jalan di sekitarnya, jalan ini juga cukup rimbun oleh pepohonan besar di kanan kirinya.

Di daerah jalan Dayang Sumbi ada sebuah rumah. Konon katanya rumah tersebut memiliki sebuah garasi yang tidak pernah ditutup pintunya. Mitosnya jika ada orang yang mencoba menutup pintu garasi tersebut, Ia akan diganggu oleh penunggu rumah.

9. Babakan Siliwangi (Baksil)

babakan siliwangi

Sebenarnya Jalan Babakan siliwangi masih termasuk ke dalam jalan Tamansari. Babakan Siliwangi sendiri adalah nama daerah di sepanjang jalan dari ITB menuju ke jalan perempatan Ciumbuleuit dan Cihampelas.

Jika Anda hendak menuju ke jalan Cihampelas melalui jalan Tamansari, Anda akan melewati jembatan yang tak begitu besar yang membelah sungai Cikapundung. Di sekitar situ ada sebuah pohon. Konon katanya jika Anda melihat ke arah pohon itu dalam waktu yang cukup lama, Anda akan melihat sebuah boneka menggantung.

Boneka tersebut konon dimiliki oleh seorang anak kecil korban kecelakaan di daerah tersebut. Saat terjadi kecelakaan, anak tersebut meninggal dan bonekanya terlempar dan menggantung di pohon. Jika Anda berhasil melihat boneka yang menggantung di pohon tersebut, berhati-hatilah, Anak itu mungkin mengikuti Anda untuk mengajak Anda bermain. Hiiiii…

10. Kampus ITB

kampus itb

Salah satu kampus ternama di Kota Bandung ini memang memiliki segudang kisah misteri. Kampus ini sudah ada semenjak jaman penjajahan Belanda. Selain itu, kampus ini juga dikelilingi oleh jalan-jalan angker seperti Dayang Sumbi, Tamansari, dan Babakan Siliwangi.

Konon katanya banyak penampakan aneka hantu di sekitar kampus ini, seperti hantu yang berwajah rata, hantu yang menyerupai orang lain, dan masih banyak lagi. Beberapa tempat yang dikenal cukup angker di antaranya adalah lab mesin, aula barat, PAU, dan lapangan sipil.

Anda boleh percaya atau tidak dengan mitos-mitos tempat angker di atas Good Readers. Karena disadari atau tidak, makhluk astral memang selalu ada di sekitar kita. Mereka berada di manapun tanpa kita bisa melihatnya. Jadi ke manapun Anda pergi, Anda sebenarnya akan selalu bertemu dengan makhluk-makhluk tak kasat mata.

Tempat Angker Lainnya di Bandung

Masih ingin menguji adrenalin dengan mengunjungi tempat-tempat angker di Bandung? Tenang saja, Bacaterus masih punya daftar tempat angker lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di Bandung. Berikut daftar lengkapnya:

11. Waduk Saguling

Waduk Saguling

* sumber: www.kbknews.id

Tak perlu bersusah-susah mencari tempat rekreasi angker di Bandung. Waduk Saguling adalah salah satu tempat angker di Bandung yang dapat Anda kunjungi. Bahkan, di siang hari waduk ini nampak menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar.

Penampakan makhluk halus sampai dengan mitos seputar kerajaan gaib kerap kali menghantui waduk ini. Usut punya usut, saat pembangunan waduk ini banyak pekerja yang meninggal karena tumbal dari makhluk gaib waduk ini. Misteri seputar Waduk Saguling lainnya dapat Anda baca di artikel Misteri Waduk Saguling.

12. Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

* sumber: medium.com

Gunung yang memiliki legenda Sangkuriang ini juga dikenal sebagai tempat angker di Bandung. Pasalnya, di gunung ini pernah terdengar cerita hantu wanita misterius yang berlokasi di dekat kawah Gunung Tangkuban Perahu. Hantu wanita ini meminta tolong untuk dicarikan selendangnya. Namun setelah kita membalikkan badan, hantu tersebut sudah tidak nampak lagi.

Beragam kisah mistis maupun asal-usul gunung yang menjadi tempat rekreasi paling favorit ini bisa Anda baca dalam artikel Misteri Tangkuban Perahu.

13. Rumah Sakit Dustira

Rumah Sakit Dustira Tempat Angker di Cimahi

* sumber: ujanxofficial.blogspot.com

Rumah sakit dikenal sebagai salah satu tempat angker karena setiap harinya pasti ada pasien yang meninggal. Sama halnya dengan Rumah Sakit Dustira, sebuah rumah sakit peninggalan jaman Belanda yang masih berfungsi hingga saat ini.

Di rumah sakit ini, warga setempat sering melihat penampakan berupa mister dan noni Belanda yang berjalan-jalan. Untuk mengetahui tentang sejumlah tempat angker di sekitar Rumah Sakit Distira, silakan baca artikel tempat angker di Cimahi.

14. Rumah Kentang

Rumah Kentang

* sumber: hallooudebandoeng.blogspot.com

Bukan hanya di Jakarta yang memiliki rumah kentang yang berada di kawasan Dharmawangsa. Namun di Bandung juga terdapat sebuah rumah yang dijuluki rumah kentang. Bahkan, bau kentang rebus akan tercium jelas jika Anda melintasi bagian depan rumah ini di malam-malam tertentu.

Yang membuat rumah kentang Bandung ini berbeda dengan yang berada di Jakarta adalah penampakan makhluk astralnya lebih banyak.  Menurut warga setempat, sosok genderuwo dan kuntilanak kerap kali terlihat di rumah kentang yang berlokasi di Jalan Banda ini.

15. Kawah Putih Ciwidey

kawah putih ciwidey

Kalau Anda sedang berlibur di Lembang dan bermaksud untuk mencari tempat angker di Lembang. Mungkin Anda harus melipir cukup jauh dari Lembang untuk bisa menemukan tempat angker. Anda harus menempuh waktu 2 jam untuk sampai ke Kawah Putih Ciwidey, sebuah objek wisata yang cukup terkenal tetapi juga diklaim angker.

Tempat wisata di Bandung Selatan ini konon merupakan tempat berdirinya kerajaan gaib. Tempat yang selalu dikelilingi oleh kabut tebal ini masih dianggap sakral oleh penduduk sekitar hingga saat ini. Berani untuk membuktikannya?

Di samping tempat-tempat angker ini, kami juga menghimpun beberapa tulisan mengenai tempat angker lain di kawasan Bandung, salah satunya artikel Misteri Curug Malela, sebuah miniatur air terjun Niagara yang menyimpan misteri di balik pesona cantiknya.

Hal yang terpenting adalah memperkuat iman agar kita selalu terjaga dan hidup damai berdampingan dengan makhluk-makhluk tersebut. Jika berani, silahkan coba kunjungi berbagai tempat angker di Bandung tersebut. Selain di Bandung, banyak juga tempat angker lain di Jawa Barat seperti yang pernah kami bahas di kumpulan tempat angker di Jawa Barat ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

5 Responses

  1. Syirajuddin Munir Putera Pangg berkata:

    Ngaco, saya sering ke kampus malam-malam, tak ada yang seram tuh di kampus ITB. Tapi, memang, Kalo tak beriman, sama tikus lewat aja takut tuh..

  2. Yang bikin serem itu bukan hantunya tapi begalnya ????

    1. Semoga tidak pernah ketemu ya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *