Bacaterus / Misteri Kalimantan / 5 Tempat Angker dengan Cerita Menyeramkan di Balikpapan

5 Tempat Angker dengan Cerita Menyeramkan di Balikpapan

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 April 2019

Setiap wilayah selalu memiliki tempat yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar. Tak peduli itu adalah kota besar dan gemerlap seperti Jakarta dan Surabaya, tetap saja ada beberapa tempat yang selalu dinaungi oleh cerita-cerita seram.

Kali ini, Bacaterus ingin mengajakmu mengenal tempat-tempat yang diklaim angker bagi warga Kota Balikpapan. Sudah siap untuk mendengarkan beragam cerita seram yang meliputi tempat-tempat ini? Jika sudah, bacalah artikel ini di malam hari agar kamu lebih mendapatkan “feel”-nya.

1. Hotel Tirta

Hotel Tirta

* sumber: balikpapan.prokal.co

Sebuah bangunan bertingkat yang berada di Jalan Ahmad Yani, Balikpapan, terlihat tak lagi berpenghuni. Warga Kota Balikpapan mengenal bangunan ini sebagai eks. Hotel Tirta. Sejak masih beroperasi, cerita seram kerap terdengar dari tamu-tamu yang menginap di sini. Konon, mereka sering diganggu oleh makhluk astral sehingga tidur mereka pun tak lagi nyaman.

Akibat para tamu kerap kali diganggu makhluk halus, maka jumlah pengunjung hotel kian sepi. Sampai pada akhirnya sang pemilik memutuskan untuk menutup Hotel Tirta. Mengingat tak ada aktivitas manusia di bangunan hotel ini, atmosfer angker di dalamnya jadi semakin kental.

Di bagian dalam hotel terdapat sebuah kolam renang. Konon, kolam renang tersebut dihuni oleh siluman buaya putih yang kerap kali meminta tumbal. Tim acara televisi “Mister Tukul” pernah mengunjungi Hotel Tirta ini. Menurut paranormal yang menjadi bintang tamu di acara tersebut, tak hanya siluman buaya putih yang nampak di sekitar hotel, ada juga sosok kuyang yang berkeliaran di sini.

2. Kilang Minyak Balikpapan

Kilang Minyak Balikpapan

* sumber: indopetronews.com

Sebuah kilang minyak yang berlokasi di teluk Balikpapan ini beroperasi hampir 24 jam. Namun, banyaknya aktivitas manusia di lokasi tersebut tidak mengurangi kesan angker. Bahkan, lampu-lampu terang yang ada di area kilang minyak tidak menyurutkan keinginan makhluk astral untuk mengganggu para pekerja di sana.

Usut punya usut, kilang minyak ini sebenarnya sudah beroperasi sejak zaman Belanda. Kepemilikan kilang minyak ini juga sempat berpindah tangan beberapa kali, mulai dari Belanda, Inggris, Jepang, hingga akhirnya Indonesia (Pertamina).

Menurut cerita dari para pekerja di sana, sosok hantu tanpa kepala sering terlihat di kawasan kilang minyak. Penampakan makhluk astral tersebut sudah beberapa kali tertangkap oleh kamera pengawas (CCTV). Pekerja di sana meyakini bahwa penampakan itu merupakan arwah gentayangan dari orang-orang yang kepalanya dipenggal saat zaman penjajahan.

3. Gunung Dubs

Gunung Dubs

* sumber: naldoleum.blogspot.com

Masyarakat Balikpapan pasti sudah sangat familiar dengan kawasan Pegunungan Dubs. Sebuah dataran tinggi di Kota Balikpapan ini menawarkan pemandangan perbukitan hijau yang sangat asri. Akan tetapi, di balik keasrian yang ditawarkan ternyata Gunung Dubs memiliki beberapa spot yang diklaim angker bagi masyarakat sekitar.

Rumah Dalang dan Rumah Pembantaian adalah tempat yang dianggap angker di Gunung Dubs. Rumah ini nampak seperti hunian di barat, tepatnya seperti rumah-rumah yang ada di Selandia Baru. Namun, rumah tak berpenghuni ini menyalurkan aura mistis yang begitu kuat.

Adapun cerita yang terdengar di kawasan Gunung Dubs ini adalah cerita tentang Suster Maria. Urban legend terkenal di Balikpapan ini menceritakan tentang sosok wanita yang semasa hidupnya adalah seorang perawat keturunan Belanda. Nasib Suster Maria begitu tragis karena ia dibantai di salah satu rumah di Gunung Dubs ini oleh Tentara Jepang.

Sejak pembantaian sadis itu, hantu Suster Maria kerap kali menampakkan diri. Sosoknya kerap kali terlihat sedang duduk di kursi salah satu rumah atau melintas di jembatan gantung yang menghubungkan Rumah Dalang dan Rumah Pembantaian.

Yang lebih mengerikan lagi, penampakan Suster Maria ini juga kerap mengganggu pengemudi yang melintas di sekitar Gunung Dubs. Hantu suster ini sering “menumpang” di mobil pengguna jalan. Biasanya, jika kursi bagian belakang mobil kosong, sosok hantu Suster Maria akan terlihat duduk di dalamnya.

Bagaimana penampilan hantu Suster Maria? Wah, sangat mengerikan! Suster Maria menampakkan diri dengan wujud perawat berwajah seram dengan pakaian lusuh yang ada percikan darahnya. Dijamin, kamu pasti ogah untuk bertemu sosok Suster Maria.

4. Jembatan Maryati

 Jembatan Maryati

* sumber: balikpapan.prokal.co

Urban legend terkenal di Balikpapan ternyata tidak hanya Suster Maria saja. Ada juga hantu Maryati yang cukup terkenal di Gunung Sari. Sedikit informasi, Gunung Sari sendiri adalah nama kelurahan yang berada di Balikpapan Tengah. Di kelurahan inilah adalah sebuah jembatan yang dinamakan Jembatan Maryati karena terkenal dengan cerita mistisnya.

Dikisahkan pada tahun 1940-an, ada seorang wanita bernama Maryati yang memasang begitu banyak susuk di tubuhnya. Susuk ini ia gunakan untuk menarik lawan jenis. Baik pria tua maupun muda, lajang atau beristri semuanya tertarik pada kecantikan Maryati. Kesempatan tersebut tidak dilewatkan oleh Maryati, ia pun balas menggoda para pria tersebut sehingga banyak wanita yang iri dan sakit hati padanya.

Suatu hari Maryati terkena kanker rahim. Di tengah kondisinya yang mengenaskan, ada seorang ustad yang berhasil melepaskan susuk-susuk di tubuh Maryati. Namun, kondisi tubuh bagian bawahnya membusuk. Sadar usianya tak lagi lama, Maryati menyampaikan niatnya untuk meminta maaf kepada orang-orang yang pernah disakitinya. Namun, tak ada satupun orang yang mau datang kepada Maryati.

Ketika Maryati meninggal, bahkan saat jenazahnya belum dimakamkan, warga melihat sosok Maryati duduk di teras rumahnya. Saat jenazahnya diangkut dengan menggunakan angkot, si sopir angkot mengaku bahwa peti yang membawa jenazah Maryati berbunyi seperti diketuk dari dalam. Pengendara motor yang berada di belakang angkot pun melihat sosok Maryati duduk di dalam angkot sambil melambai.

Usai jenazah Maryati dikuburkan, teror hantu Maryati masih berlanjut. Konon, arwah Maryati yang gentayangan selalu datang di malam hari dan mengetuk pintu-pintu rumah warga. Ketika pintu dibuka, sosok hantu Maryati tanpa kepala akan terlihat.

5. Bukit Soeharto

Bukit Soeharto

* sumber: itravelo.wordpress.com

Jika kamu melakukan perjalanan darat dari Balikpapan ke Samarinda atau sebaliknya, kamu akan melintasi sebuah tempat yang sangat terkenal dengan keangkerannya, yaitu Bukit Soeharto. Kawasan perbukitan ini menyimpan begitu banyak cerita seram. Konon, hal tersebut karena Bukit Soeharto sendiri merupakan tempat romusha yang dilakukan oleh Tentara Jepang.

Akibat kerja paksa tersebut, banyak pribumi yang meninggal dan tidak dikubur secara layak di kawasan tersebut. Alhasil, banyak cerita yang beredar di sekitar Bukit Soeharto. Salah satu cerita yang santer adalah penampakan hantu korban romusha yang meneror pengguna jalan di malam hari. Penampakan yang paling sering terlihat adalah hantu pribumi yang kepalanya hampir putus.

Itulah 5 tempat angker di Balikpapan yang sangat terkenal. Kamu boleh mempercayai urban legend seram ini atau tidak karena semuanya kembali lagi pada pribadi masing-masing. Bila kamu punya pengalaman mistis di salah satu tempat di atas, silakan berbagi pengalamanmu di kolom komentar.

Kunjungi juga artikel tempat angker di Indonesia agar kamu mengetahui bahwa di setiap daerah pasti memiliki tempat yang dianggap angker bagi masyarakat setempat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar