Bacaterus / Dunia Mistis / 8 Tempat Angker di Aceh dengan Kisah yang Menyeramkan

8 Tempat Angker di Aceh dengan Kisah yang Menyeramkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Agustus 2018

Bukan cuma Ibukota Jakarta saja yang punya tempat angker, karena di kota dengan sebutan Serambi Mekkah ini pun ada beberapa spot yang dianggap berhantu. Bahkan, tempat-tempat angker di Aceh ini punya kisah mistisnya sendiri, entah dari sejarahnya atau tempat bangunannya.

Nah, jika Anda penasaran dengan beberapa tempat angker di Aceh ini, maka Anda datang ke artikel yang tepat. Pasalnya, kali ini Bacaterus bekesempatan untuk mengulas beberapa tempat yang dianggap seram di Aceh. Ingin tahu beberapa tempat tersebut? Yuk, baca terus artikelnya sampai akhir.

8 Tempat Angker di Aceh

1. Jembatan Seunapet

Jembatan Seunapet

* sumber: steemit.com

Di jalan Nasional Banda Aceh-Medan, ada sepasang jembatan yang diberi nama Jembatan Seunapet. Jembatan ini menghubungkan dua jalan yang terpisah oleh sungai. Jalur Jembatan Seunapet ini memang ekstrem. Sehingga, ada saja kecelakaan yang terjadi di jembatan ini, entah sudah berapa banyak kecelakaan yang terjadi karena kelalaian pengendara.

Namun, beberapa orang juga percaya bahwa kecelakaan di Jembatan Seunapet justru terjadi karena kehadiran makhluk halus. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa hantu yang mengganggu pengendara adalah Hantu Halimah.

Konon, Halimah adalah sesosok gadis berusia 18 tahun yang bernasib buruk karena diperkosa oleh 5 pemuda. Seolah sudah jatuh tertimpa tangga pula, usai diperkosa, ia pun dibunuh. Bahkan jasadnya pun tidak dikubur, hanya ditutupi dedaunan dan bebatuan saja. Hal inilah yang memicu munculnya mitos tempat angker di Jembatan Seunapet.

2. TAHURA – Rumah ‘Scooby Doo”

* sumber: steemit.com

Siapa sangka tempat wisata yang asri ini masuk ke dalam salah satu daftar tempat angker di Aceh? Taman Hutan Raya atau sering disingkat dengan TAHURA ini berada di Aceh Besar. Bisa dibilang, TAHURA merupakan salah satu tempat bersejarah.

Konon pada zaman konflik Aceh dulu, TAHURA ini digunakan sebagai tempat untuk beristirahat para tentara Belanda. Namun saat ini, TAHURA sudah beralih fungsi sebagai Pos Polisi Hutan dan tempat wisata. Nah, kalau Anda berjalan-jalan ke TAHURA, bukan hanya menikmati pemandangannya saja karena Anda juga bisa meniliki sisi mistisnya.

Di TAHURA, ada sebuah rumah yang disebut sebagai rumah “Scooby Doo”. Katanya, rumah ini dihuni oleh sosok hantu wanita Belanda. Dulu, rumah ini didiami oleh seorang noni Belanda yang tengah mengandung 3 bulan. Ia menunggu suaminya pulang ke rumah, namun kenyataan pahit harus ia hadapi bahwa suaminya meninggal dunia saat perang.

Akhirnya, noni Belanda memutuskan untuk kembali ke Belanda. Sayangnya, dalam perjalanan sang noni Belanda ini tewas dan kini arwahnya menghuni rumah “Scooby Doo.”

3. Penampakan Kuntilanak di Kota Sigli

* sumber: hantupedia.com

Pada tahun 2012 silam, seorang warga Aceh kedapatan tidak sengaja memotret sesosok makhluk halus, kuntilanak, di kota Sigli. Kronologisnya, seorang warga Aceh tersebut hanya iseng ingin memotret toko-toko yang ada di bagian seberang jalan A. Madjid Ibrahim, Kota Sigli.

Saat itu, sang pemotret mengaku ingin mengabadikan spot cantik yang ada di pinggiran jalan kota Sigli. Ia pun berinisiatif untuk memotretnya. Namun, saat melihat hasil jepretannya sendiri, betapa terkejutnya ketika ia melihat sesosok kuntilanak yang tak sengaja ikut terfoto dalam gambar hasil jepretannya.

Semenjak itu pula, kisahnya pun tersebar hingga Kota Sigli dianggap dan dikenal sebagai salah satu Kota di Aceh yang menyeramkan dan angker.

4. Kuburan Belanda

tempat angker di aceh kuburan belanda

Tempat angker dan menyeramkan di Aceh selanjutnya adalah Kuburan Belanda. Ya, ini adalah tempat bersemayamnya jasad-jasad tentara Belanda yang kalah perang di Aceh pada masa lampau. Ada yang mengatakan, pada zaman dulu tempat ini merupakan kerajaan Hindia Belanda di mana tempatnya difungsikan sebagai bertemunya para perwira Belanda.

Jika diperhatikan komplek kuburan ini ada sebuah villa untuk berlibur. Nah, di villa ini kadang suka terdengar suara-suara gaib, bahkan ada yang mengaku pernah mendengar derap langkah tentara baris-berbaris. Kalau beruntung, mungkin Anda bisa mendengar suara orang-orang yang berbicara dalam Bahasa Belanda. Berani mengunjunginya?

5. PLTD Apung

PLTD Apung

Ingin menguji keberanian Anda? Coba kunjungi salah satu tempat menyeramkan di Aceh ini, PLTD Apung. Sebenarnya ini adalah sebuah kapal yang terseret akibat musibah tsunami tahun 2004 silam. Kapal ini sangat besar, punya berat ribuan ton, panjang 43 meter, dan luas 1.900 meter persegi.

Karena bencana tsunami ini, kapal pun terlihat acak-acakan dan tidak terurus. Sekilas memang terasa tidak ada yang aneh, tapi ketika sudah mulai malam hari maka Anda akan merasakan hal-hal mistis di PLTD Apung ini. Bahkan, ada yang pernah mendengar jeritan-jeritan gaib atau perempuan yang sedang menangis tersedu. Namun, ketika dicari tidak ada siapapun!

6. Kuburan Massal

kuburan massal

Kuburan massal ini masuk ke dalam daftar tempat angker di Aceh. Bagaimana tidak, kuburan ini dibangun karena musibah tsunami tahun 2014 silam. Banyaknya korban yang meninggal dunia maka banyak juga kuburan massal dengan ratusan ribu jasad di dalamnya.

Kalau sudah banyak jasad dan mayat tentu melekat dengan hal-hal mistis, ya? Sama halnya dengan seorang fotografer bernama Arie Basuki, ia mengaku pernah diikuti oleh sosok gaib berkerudung hitam setelah ia mengunjungi kuburan massal tersebut. Selain sosok wanita berkerudung hitam, sempat viral juga bahwa kuburan massal di Aceh memiliki wangi yang harum.

7. Rumah di Gampong Lambhuk

Rumah di Gampong Lambhuk

Tidak ada foto yang pasti mengenai rumah berhantu yang berada di Gampong Lambhuk, Aceh ini. Meskipun begitu, beberapa orang yang pernah mengunjunginya, rumah ini katanya punya tembok berwarna cat hijau dengan luas 20 x 12 meter. Jika Anda melihatnya, sosok rumah ini biasa saja dan terkesan tidak ada hal aneh.

Tapi, ketika Anda mengunjunginya saat matahari sudah terbenam, barulah Anda bisa merasakan hal-hal mistis di rumah yang tidak terlalu besar ini. Konon, seseorang yang pernah ke sana, sering diganggu dengan penampakan 3 sosok berbadan besar dan hitam. Sosok makhluk gaib besar dan hitam ini tergolong sangat agresif dan suka mengganggu siapapun yang mengunjunginya.

Bahkan, Anda juga akan sering mendengar seperti orang yang sedang menendang-nendang dinding. Belum lagi suara-suara mistis yang selalu membuat bulu kuduk meremang. Kalau Anda cukup berani, coba datang ke rumah hantu ini pada malam hari, ya.

8. Kampus Unsyiah

kampus unsyiah

* sumber: kampushantu.blogspot.com

Sudah bukan hal aneh lagi jika kampus merupakan salah satu tempat yang menyimpan banyak misteri makhluk gaib, seperti halnya salah satu kampus di Aceh ini, kampus Unsyiah. Konon, kampus ini seringkali terlihat sosok-sosok makhluk tak kasat mata yang kadang suka menjahili manusia.

Salah satu cerita yang cukup terkenal di kampus ini adalah, hantu tembus. Jadi, ada yang mengaku pernah didatangi sesosok wanita berbadan lesu dengan wajah yang sendu mengenakan gaun putih. Ia terus berjalan ke arahnya, namun saat hampir mendekat, sosok wanita itu pun langsung berbelok ke tembok dan menghilang begitu saja.

Tak hanya sosok hantu tembus di lantai 2 ruang arsitek saja, bahkan di parkiran kampus ini pun seringkali ada gangguan mistis. Salah satu mahasiswa yang harus pulang malam, ia tidak cukup beruntung dengan bertemu sosok tentara yang kehilangan tangannya, alias buntung.

Usut punya usut, ternyata memang kampus Unsyiah ini dulunya merupakan tempat basis pertahanan di zaman penjajahan. Jadi, ada saja tantara yang tewas di tempat ini. Hiii seram juga, ya?

8 tempat angker di Aceh tadi bisa dibilang menyeramkan, bahkan banyak gangguan makhluk gaib yang kadang membuat manusia ketakutan. Nah, kalau Anda punya pengalaman mistis lainnya di Aceh, ayo bagikan ceritanya di kolom komentar, ya!

Untuk Anda yang berada di domisili Jawa Barat, tidak perlu datang jauh-jauh ke Aceh untuk menguji nyali. Pasalnya, Anda bisa datangi ke 10 Tempat Angker di Jawa Barat yang pernah kami ulas ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini Ajeng Purvashti, penulis aktif sejak tahun 2017. Selain aktif menulis di carisinyal.com dan bacaterus.com, juga menjadi penulis lepas untuk review.bukalapak.com. Saat ini, bidang yang digeluti adalah tema penulisan seputar aplikasi, game, gadget, laptop, hardware, software, tutorial, dan entertainment. Selain menulis, Saya juga tertarik untuk mempelajari hal baru terutama mempelajari budaya-budaya dari negara lain. Salah satu budaya yang digemari adalah Korean Culture sehingga menjadikan Saya seorang KPOPers sejak zaman kuliah.

Leave A Comment