Bacaterus / Telur / Inilah 5 Telur Terbesar di Dunia yang Sangat Mengesankan

Inilah 5 Telur Terbesar di Dunia yang Sangat Mengesankan

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Juli 2019

Telur ayam merupakan salah satu sumber makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Sumber protein ini mudah sekali didapatkan karena nilai komersialnya sangat tinggi. Banyak jenis makanan yang menggunakan telur ayam sebagai salah satu atau bahan utamanya, seperti kue-kue dan omelet.

Ukuran telur ayam cukup kecil dengan kisaran berat antara 40 hingga 65 gram. Di dunia ini ternyata ada beberapa hewan bertelur lain yang mampu menghasilkan telur berukuran sangat besar, berpuluh-puluh kali lipat dari ukuran telur ayam. Telur hewan apa saja yang ukurannya besar-besar? Berikut adalah daftarnya.

1. Telur Burung Unta

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/drplokta/

Burung unta merupakan jenis burung terbesar di dunia yang masih hidup. Burung yang tidak dapat terbang ini berasal dari benua Afrika. Walaupun demikian, burung unta adalah pelari yang handal. Dengan kakinya yang panjang dan kuat, mereka mampu berlari dengan kecepatan hingga 70 km per jam!

Sebagai salah satu jenis burung, burung unta tentu saja berkembangbiak dengan cara bertelur. Karena ukuran tubuhnya sangat besar, telur yang mereka hasilkan juga pastinya sangat besar, hingga berpuluh-puluh kali lipat ukuran telur ayam. Satu telur burung unta bisa memiliki berat hingga 2 kg dengan panjang dan lebar mencapai belasan cm!

Pada 17 Mei 2008, seekor burung unta di sebuah peternakan milik Kerstin dan Gunnar Sahlin di Borlänge, Swedia mengerami sebuah telur yang berbobot 2,589 kg. Guinness World Record kemudian mencatatnya sebagai telur terbesar di dunia. Hingga saat ini belum ada telur burung unta lain yang mengalahkan rekor ini.

Sebagai informasi, burung unta tidak memiliki banyak predator di alam liar. Tendangan kaki burung unta yang kuat ditakuti oleh banyak manusia dan pemangsanya karena hal itu bisa sangat mematikan. Burung mengesankan ini mungkin akan menggunakan senjatanya ini jika merasa terancam atau jika ada pemangsa yang mencoba mencuri telurnya yang jumbo.

Telur burung unta juga adalah salah satu sumber makanan yang lezat. Rasanya tidak jauh berbeda dengan telur ayam, tetapi memiliki rasa mentega yang lebih banyak dan sedikit lebih kuat jika dibandingkan dengan telur-telur lainnya. Karena terbilang jarang, satu telur burung unta bisa dihargai hingga ratusan ribu rupiah.

2. Telur Burung Emu

* sumber: commons.wikimedia.org

Mirip dengan burung unta, emu adalah jenis burung yang tidak dapat terbang terbesar kedua di dunia. Hewan ini berasal dari daratan Australia, tetangga kita di selatan. Bagi Australia burung emu adalah sebuah ikon budaya yang sangat penting, sehingga hewan ini dijadikan lambang negara tersebut. Burung ini dapat ditemukan hidup hampir di seluruh bagian benua Australia.

Seekor burung emu dapat tumbuh tinggi hingga 1,9 meter. Kaki mereka yang kuat membantu mereka berlari hingga kecepatan 50 km / jam. Salah satu fakta menarik tentang burung ini adalah selama musim kawin, betinanya akan berkelahi dengan betina lainnya untuk kawin. Selanjutnya tugas bersarang akan dilakukan oleh burung emu jantan.

Sebuah telur burung emu dapat memiliki bobot antara 450 gram hingga 650 gram dengan ukuran rata-rata 13 x 9 cm. Warna telurnya cukup unik, yaitu hijau tua dan kadang-kadang terlihat cukup mengkilap.

Emu adalah salah satu jenis burung dengan nilai ekonomis yang tinggi. Selain hidup di alam liar, mereka juga dipelihara untuk diambil daging, kulit, dan bulunya. Meskipun tidak seindah burung-burung lain, harga bulu burung emu bisa sangat mahal karena sangat lembut.

3. Telur Burung Kasuari

* sumber: commons.wikimedia.org

Burung kasuari adalah jenis burung raksasa yang tidak dapat terbang lainnya yang berasal dari hutan tropis Papua (Indonesia dan Papua Nugini), Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan timur laut Australia. Kasuari mendapat predikat sebagai burung tertinggi ketiga di dunia setelah burung unta dan emu serta burung terberat kedua di dunia.

Kasuari adalah hewan omnivora, tetapi makanan utama mereka adalah buah-buahan. Burung ini disebut-sebut sebagai burung paling berbahaya di dunia karena bisa sangat agresif jika merasa terganggu atau terancam. Cedera yang disebabkan oleh burung kasuari (mereka memiliki sepasang kaki dan cakar yang kuat) bisa sangat fatal dan serius, baik bagi manusia atau hewan lain seperti anjing.

Ukuran telur burung kasuari kira-kira 9 x 14 cm, lebih kecil dibandingkan dengan telur burung unta dan burung emu. Sayangnya kami belum menemukan catatan pasti mengenai berat rata-rata telur burung ini.

Terlepas dari perilaku agresifnya, burung kasuari telah masuk daftar spesies burung yang terancam punah di sebagian besar habitat mereka. Semoga upaya yang sangat serius segera dilakukan oleh pemerintah Indonesia, Papua Nugini, dan Australia untuk menjaga kelestarian burung yang sangat indah ini.

4. Telur Angsa Terompet

* sumber: lib2.colostate.edu

Angsa terompet adalah spesies angsa yang berasal dari Amerika Utara dan merupakan burung hidup terbesar yang ditemukan di kawasan tersebut. Lebar sayap seekor angsa terompet bisa lebih dari 3 meter! Sehubungan dengan tubuhnya yang besar, telur angsa terompet juga pastinya berukuran besar.

Telur angsa terompet diketahui dapat memiliki bobot hingga 350 gram. Hal ini merupakan yang terbesar di antara spesies-spesies burung yang bisa terbang.

Angsa terompet diketahui melakukan perjalanan jauh untuk menemukan tempat yang cocok untuk berkembang biak. Mereka umumnya berkembangbiak di bagian timur benua Amerika Utara. Selain terkenal karena ukurannya yang besar, angsa terompet juga terkenal karena bentuknya yang sangat indah dan cantik.

5. Telur Burung Kiwi

* sumber: commons.wikimedia.org

Kiwi adalah jenis burung yang tidak dapat terbang yang berasal dari Selandia Baru. Seperti halnya burung emu, burung kiwi juga adalah ikon nasional yang sangat penting bagi negara Selandia Baru.

Ukuran burung kiwi sebenarnya tidak begitu jauh berbeda dengan ukuran seekor ayam. Hanya saja telur burung kiwi termasuk salah satu yang terbesar di dunia karena ukurannya bisa mencapai 20% porsi tubuh hewan tersebut. Misalnya ada seekor kiwi betina dengan bobot 2 kg, maka telur yang dihasilkannya bisa mencapai berat 400 gram!

Kiwi adalah burung yang sangat pemalu dan dikenal hidup di liang-liang yang dalam. Mereka dapat dikenali dari kaki kekarnya yang pendek, rambut seperti bulu, dan lubang hidung yang terletak di ujung paruh panjang mereka untuk membantu mendeteksi mangsa.

Karena kemampuannya menghasilkan telur yang jumbo telah membuat kiwi cukup terkenal secara internasional. Bahkan orang-orang Selandia Baru pada umumnya disebut Kiwi.

Nah, itulah beberapa jenis telur terbesar di dunia yang semuanya dihasilkan oleh burung-burung terbesar juga, kecuali kiwi. Hewan-hewan mengagumkan di atas adalah endemik suatu wilayah, sehingga tidak dapat ditemukan di banyak tempat di seluruh dunia.

Menjaga kelestarian mereka sangatlah penting karena mereka kemungkinan besar hanya dapat hidup di habitat aslinya masing-masing. Pemerintah setiap negara di mana burung-burung ini hidup harus mampu menjaga mereka dari kepunahan agar keindahannya bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang. Ayo kita sama-sama menjaganya dengan tidak merusak habitat dan menangkap mereka!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar