Bacaterus / Misteri Dunia / Menarik, Teka-Teki Albert Einstein yang Belum Terpecahkan

Menarik, Teka-Teki Albert Einstein yang Belum Terpecahkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Albert Einstein. Siapa yang tidak tahu tokoh ilmuwan dunia yang disebut paling jenius dan berpengaruh dalam sejarah dunia ini? Ia telah menyumbang banyak sekali ilmu pengetahuan dalam pengembangan mekanika kuantum, statistika, kosmologi dan ia juga mempopulerkan teori relativitas.

Albert Einstein dikenal pula sebagai fisikawan dan filsuf yang paling menguasai matematika, teknologi, serta sains di dunia. Kecerdasan yang dimilikinya mampu menutupi semua cerita pahit semasa kecilnya, karena nyatanya Albert Einstein tetap sama layaknya orang lain yang pernah merasakan fase terburuk di hidupnya.

Masa Lalu Albert Einstein

* sumber: amp.theguardian.com

Sebelum namanya dikenal banyak orang, Albert Einstein menjalani kehidupan yang cukup memprihatinkan. Ia terlahir di keluarga yang miskin. Selain itu, saat duduk di bangku sekolah dasar, dirinya acap kali diremehkan karena mengalami keterlambatan bicara dan dianggap bodoh.

Siapa sangka, yang memotivasi diri dan perlahan merubah hidupnya adalah kompas yang Albert peroleh dari ayahnya saat berusia 5 tahun. Lebih tepatnya, Albert kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar pada jarum kompas yang selalu menunjuk ke arah yang sama.

Sepeninggal Albert, selain dikenal sebagai ilmuwan, ia juga merupakan salah satu dari ‘hardest brain teaser’ karena meninggalkan banyak teka-teki. Ada yang sudah terpecahkan, dan ada juga yang belum. Teka-teki Albert Einstein kerap kali dilontarkan di sekolah, biasanya oleh guru sains atau guru matematika.

Teka-teki Albert sangat sulit dipecahkan, bahkan Albert Einstein selaku pembuat riddle menyatakan pada beberapa abad lalu melalui bukunya. Bahwa, teka-teki tersebut hanya mampu diselesaikan oleh 2% saja orang di dunia, meskipun teka-tekinya tidak mengandung trik apapun dan hanya membutuhkan logika.

Lantas, apakah kamu termasuk dalam golongan 2% orang itu, atau merupakah salah satu dari 98% orang di dunia yang tidak bisa menjawabnya? Berikut ini adalah teka-tekinya mendiang Albert Einstein.

Teka-Teki Albert Einstein yang Tak Terpecahkan

* sumber: www.chicagotribune.com

Jika terdapat lima buah rumah yang tiap rumahnya mempunyai warna berbeda-beda, dan tiap rumah itu dihuni oleh seorang pria yang memiliki negara kebangsaan berbeda pula. Lalu, penghuni rumah tersebut juga menyukai jenis minuman tertentu, dan penghuni rumah itu merokok dengan satu merk rokok tertentu.

Bahkan juga memelihara satu jenis hewan tertentu, di mana tidak ada satupun dari kelima penghuni pria itu yang meminum jenis minuman, merokok satu merk rokok, maupun memelihara satu jenis hewan yang sama dengan penghuni yang lain. Maka, siapakah yang memelihara seekor ikan?

Ini adalah riddle yang paling sulit dari Albert Einstein. Namanya adalah ‘Einstein’s five-houses riddle’. Jika kamu ingin mencoba memecahkannya, ada beberapa petunjuk sebagai berikut.

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=MiyEsH5Ya9Y

1. Orang asal Inggris yang tinggal di dalam rumah berwarna merah
2. Orang dari Swedia yang ternyata memelihara anjing
3. Orang berkebangsaan Denmark yang suka meminum teh
4. Rumah berwarna putih yang berada tepat di bagian sebelah kiri rumah berwarna coklat
5. Penghuni rumah berwarna putih yang gemar meminum kopi
6. Orang yang merokok PallMall memelihara seekor burung
7. Penghuni rumah yang terletak di tengah-tengah suka meminum susu
8. Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill
9. Orang asal Norwegia yang bertempat tinggal di rumah paling pertama
10. Orang yang merokok Marlboro bermukim di sebelah orang yang memelihara kucing
11. Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill
12. Orang yang merokok Winfield senang meminum bir
13. Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang dari Norwegia
14. Orang berkebangsaan Jerman merokok Rothmans
15. Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang meminum air

Bagaimana? Apakah kamu bagian dari 2% orang di dunia yang dimaksud Albert Einstein? Bisakah kamu memecahkan teka-tekinya dan menemukan rahasia untuk menjawab persoalan tersebut? Sangat sulit dan membingungkan, bukan? Merupakan sesuatu yang wajar jika kamu merasa kesusahan. Pasalnya, sudah banyak sekali orang yang mencoba dan tidak bisa menemukan jawaban dari teka-teki Albert Einstein di atas.

Meskipun sudah diberi 15 petunjuk cara pemecahan, tapi tetap saja riddle tadi belum menemui titik terang. Tak heran, ada banyak orang yang menyebut teka-teki ini hanya kebohongan, walaupun nyatanya benar dan sudah pernah dipecahkan ratusan tahun lalu.

Memang, teka-teki yang Albert Einstein buat tampak sepele dan sederhana, namun faktanya dibutuhkan kesabaran, kerajinan dan ketelitian untuk menganalisanya sampai jawabannya ketemu. Bukan sekedar logika saja, tetapi juga kepercayaan diri yang tinggi harus dimiliki oleh pemikir riddle. Pokoknya 15 petunjuk yang diberi di atas sangat berkaitan antara satu petunjuk dan petunjuk lainnya, jadi harus diperhatikan secara seksama.

* sumber: www.xlsemanal.com

Kehebatan Albert Einstein adalah sangat pandai memainkan akal logika dan sifat ragu-ragu dari manusia. Karena dirinya tahu, salah satu kelemahan manusia adalah memutuskan sesuatu dalam jangka waktu yang singkat. Dari 15 petunjuk yang disebutkan, pria kelahiran tahun 1879 itu menganalisisnya lagi dengan 25 peluang yang dikali 25 peluang dan kembali dikali lagi 25 peluang sebelum akhirnya dikalikan 25 peluang jawaban.

Walaupun sudah ada 15 petunjuk yang diberi Albert Einstein sebelumnya, tiap poinnya bisa menciptakan satu kemungkinan-kemungkinan lain di otak kita ketika tengah kebingungan menentukan pilihan. Kecerdasan yang Albert Einstein miliki memang sangat-sangat luar biasa. Jika kamu masih tertarik menyelesaikan teka-teki tersebut, kamu bisa menyimak beberapa tahapan di bawah ini.

* sumber: cekau.blogspot.com

Perhatikan jawaban dari petunjuk pertama, lalu beralih ke petunjuk kedua, begitupun saat menemukan jawaban atas petunjuk kedua, jangan lupakan petunjuk pertama. Lanjutkan cara tersebut dan mulai fokus pada satu rangkai susunan kelompok dari jenis objek yang terkait pada petunjuk. Jangan lupa pisahkan susunan kelompok menurut jenisnya, lalu urutkan kelompok itu dan susun secara vertikal maupun horizontal.

Setelah susunan kelompok sudah mulai tampak rapi, selanjutnya masukkan satu objek yang terkait dengan petunjuk. Jika sudah, pilih satu objek lagi dari petunjuk dan tuliskan pada bagian kanan atas, terus ulangi dan tulis lagi ke arah kanan. Kalau kamu mengalami kesulitan, maka tulis secara menurun. Jika jenis objek yang ditemukan sudah ditulis secara vertikal dan juga horizontal, selanjutnya kamu bisa mencari space yang kosong.

Pada tempat kosong itulah, kamu bisa menentukan peluang awal untuk menebak peluang-peluang lainnya. Terus ulangi hingga kamu berhasil menemukan objek yang ‘pantas’ mengisi kekosongan tersebut, sesuai pertanyaan dan petunjuk yang tertera. Buktikan, apakah kamu berhasil menemukan jawaban atas teka-teki Albert Einstein five-houses riddle?

Pria yang percaya akan fenomena UFO dan mendorong terciptanya bom atom di Amerika Serikat ini memang tak henti-hentinya membuat decak kagum orang di segala penjuru dunia, padahal raganya sudah tak ada. Albert Einstein adalah seorang yang memiliki kebiasaan tak biasa seperti tidur siang selama satu detik dan merokok mengenakan pip. Namun, kecerdasan yang dimilikinya sangat luar biasa.

Ada salah satu quotes Albert Einstein yang banyak menginspirasi, “Penting untuk tidak berhenti bertanya sebab keingintahuan punya alasan tersendiri agar tetap ada.”. Semoga teka-teki dan kelebihan dirinya dalam membuat teka-teki tersebut dapat semakin memotivasi kita untuk berani mencoba dan pantang menyerah saat memecahkan masalah, ya.

Kamu sudah menemukan jawaban teka-teki di atas, belum? Selamat mencoba! Oh iya, selain misteri teka-teki Albert Einstein, kami juga pernah membahas misteri lainnya yang bisa dicek di link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *