Bacaterus / Kesemutan / Cara Cepat Mengatasi Tangan dan Kaki Sering Kesemutan

Cara Cepat Mengatasi Tangan dan Kaki Sering Kesemutan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Salah satu penyakit yang sering kita rasakan sehari-hari adalah kesemutan. Ketika kesemutan, anggota badan kita terasa kaku dan seperti digerayangi oleh banyak semut. Keadaan ini bisa terjadi di mana saja, seperti kaki, tangan, ujung jari, kepala, dan lainnya. Cara mengatasi tangan dan kaki sering kesemutan sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.

Dalam ilmu kedokteran, kesemutan dikenal dengan istilah parestesia. Parestesia merupakan sebuah sensasi pada anggota tubuh tanpa adanya rangsangan dari dunia luar. Sensasi yang dirasakan bisa berupa rasa panas, dingin, ataupun seperti dirambati sesuatu. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan kesemutan?

Penyebab Kesemutan

Penyakit tangan dan kaki sering kesemutan sangat erat kaitannya dengan jaringan saraf dan aliran darah yang kurang lancar. Penyebabnya sangatlah beragam, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling parah. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kesemutan:

  • Terlalu lama duduk atau berdiri.
  • Berada pada posisi yang salah dalam jangka waktu yang lama, seperti tidur dengan tangan tertindih, menonton TV dengan kaki tertekuk, dan lainnya sehingga menyumbat aliran darah.
  • Adanya tekanan pada saraf di tulang belakang akibat cedera dan lainnya.
  • Tingkat kalsium, kalium, atau natrium yang tidak normal pada tubuh.
  • Kekurangan asupan vitamin B12.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung racun.

Selain berbagai penyebab di atas, kesemutan juga bisa terjadi jika kita mengidap penyakit tertentu. Beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah Radang Sumsum Tulang Belakang (Myelitis), Kencing manis (Diabetes mellitus), Carpal Tunnel Syndrome (CTS), jantung, rematik, stroke, Spasmofilia (Tetani), dan Guillain-barre Syndrome.

Cara Mengatasi Tangan Sering Kesemutan

tangan sering kesemutan

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering terkena kesemutan. Kesemutan pada tangan biasanya terjadi akibat tangan kita tertindih oleh kepala dalam jangka waktu yang lama ketika tidur atau menonton televisi.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk memijat-mijat daerah tangan yang mengalami kesemutan tersebut. Pemijatan ini dimaksudkan untuk melancarkan kembali aliran darah yang terhambat. Jika aliran darah sudah normal kembali, maka kesemutan tersebut akan segera menghilang.

Cara Mengatasi Kaki Sering Kesemutan

kaki sering kesemutan

Kesemutan pada kaki biasanya diakibatkan karena kita berdiri dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu duduk dengan kaki yang tertekuk atau tertindih juga dapat merangsang timbulnya kesemutan karena terhambatnya aliran darah.

Untuk mengatasi kesmutan pada kaki ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kesemutan pada tangan. Caranya adalah dengan memijat daerah kaki yang mengalami kesemutan. Pijatlah dengan lembut selama beberapa saat hingga kesemutan tersebut sudah tidak terasa lagi.

Selain memijatnya, Anda juga dapat mencoba untuk menggerakkan kaki ketika terjadi kesemutan tersebut. Meskipun agak susah, namun cobalah untuk berjalan-jalan sebentar agar aliran darah di kaki Anda kembali normal seperti semula.

Cara Mencegah Kesemutan

Olahraga di kantor

Agar kesemutan tidak mudah terjadi, terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan mulai dari menambah nutrisi tubuh hingga rajin berolahraga. Berikut adalah beberapa tips agar tangan dan kaki Anda tidak mudah kesemutan.

  • Penuhi Kebutuhan Vitamin B1, B6, dan B12

Cukupilah kebutuhan vitamin B1, B6 dan B12. Ketiga vitamin tersebut sangat penting untuk menjaga agar jaringan saraf tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, ketiganya juga akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan maksimal.

  • Lakukan Peregangan

Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama, cobalah untuk menggerakan badan dalam interval waktu tertentu. Anda dapat melakukan peregangan otot, berjalan-jalan, atau aktivitas lainnya setiap setengah atau satu jam sekali.

  • Hindari Alkohol

Minuman beralkohol sangat tidak baik untuk tubuh karena dapat mengakibatkan defisiensi vitamin B, termasuk vitamin B1. Seperti kita ketahui, vitamin B1 memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan jaringan saraf.

  • Konsumsi Kalium, Kalsium dan Natrium

Konsumsilah makanan yang kaya kalium seperti pisang, unggas, dan ikan. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda dapat mengkonsumsi yoghurt dan susu, namun usahakan kedua yang bersifat rendah lemak. Sedangkan untuk natrium, Anda dapat menemukannya pada kecap dan makanan hasil laut.

  • Mandi Air Hangat

Mandi air hangat setiap sebelum tidur akan membantu mengendurkan otot-otot tegang di tangan dan kaki. Hal tersebut secara otomatis akan mengurangi kemungkinan timbulnya kesemutan ketika Anda sedang tidur.

  • Minum Air Putih

Meminum air putih minimal 8 gelas sehari dapat mencegah dehidrasi pada tubuh. Selain itu air putih juga dapat menetralisir racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Disarankan pula untuk meminum air kelapa untuk menyingkirkan berbagai macam racun tersebut.

Itulah beberapa tips dan trik untuk mengatasi kaki sering kesemutan. Namun jika kesemutan yang Anda alami tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama, semakin meluas ke bagian tubuh yang lain, atau bahkan hingga mati rasa dan kebal, maka segeralah hubungi dokter untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *