Bacaterus / Lifestyle / Romansa / Para Menantu, Yuk, Kenali 10 Tanda Mertua Menyukai Anda

Para Menantu, Yuk, Kenali 10 Tanda Mertua Menyukai Anda

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Hubungan ibu mertua dengan menantu perempuannya sering dinilai kurang harmonis. Sebagai mertua, sang ibu selalu khawatir menantunya tidak bisa melayani putranya dengan baik. Sementara menantu perempuan juga merasa bahwa ibu mertuanya terlalu banyak ikut campur dalam kehidupan rumah tangganya. Lantas, adakah hubungan mertua dan menantu yang benar-benar harmonis?

Tidak semua ibu mertua memusuhi menantu perempuannya, lho. Ada ibu mertua yang menyayangi menantunya seperti anaknya sendiri. Nah, bagi Anda para menantu, sudah saatnya mengenal 10 tanda mertua menyukai Anda ini. Bacaterus akan membantu Anda mendeteksi rasa sayang mertua kepada Anda.

10 Tanda Mertua Menyukai Anda

1. Menghargai Privasi Anda

Menghargai Privasi Anda Tanda Mertua Menyukai Anda

Ada banyak menantu yang merasa risih ketika mertuanya ikut campur dalam kehidupan pribadi dan rumah tangganya. Faktanya, memang tak sedikit mertua sejenis itu yang kerap kali mengganggu privasi menantunya.

Tanda mertua menyukai Anda, beliau akan menghargai privasi Anda. Beliau berusaha untuk tidak ikut campur pada urusan pribadi Anda. Sebagai contoh, ketika Anda pamit kepada beliau untuk pergi bersama teman-teman, beliau tidak akan menginterogasi Anda layaknya seorang polisi. Bahkan, beliau akan bersikap kooperatif dengan membantu menjaga buah hati Anda selama pergi.

2. Sering Memberikan Sesuatu

Sering Memberikan Sesuatu

Ketika seorang ibu mertua jatuh hati kepada menantunya, ia akan rela memberikan segala yang ia miliki, entah itu waktunya, tenaganya, dan barang berharga yang ia miliki. Apabila ibu mertua Anda sering memberikan sesuatu, bahkan mungkin sesuatu yang bernilai di hari-hari spesial Anda, itu artinya ia menyukai Anda.

Ibu mertua yang sudah terlanjur menyukai menantunya pasti akan bersikap royal dan tidak perhitungan. Ia ikhlas memberikan segala sesuatu kepada menantunya karena sudah menganggap si menantu sebagai anaknya sendiri.

3. Hati-hati Saat Berbicara

Hati-hati Saat Berbicara

Pernah menonton adegan mertua kejam yang kerap kali memarahi menantunya di sinetron-sinetron tanah air? Gambaran tersebut menandakan ketidaksukaan mertua terhadap menantunya. Setiap menantu pasti akan menjadi stres dan frustasi jika mendapatkan mertua nyinyir yang kerap kali berbicara menyakitkan.

Nah, apabila ibu mertua selalu hati-hati saat berbicara dengan Anda, itu artinya ia menyukai Anda. Beliau tidak ingin menyakiti perasaan menantunya, maka ia pun berbicara dengan kata-kata yang baik dan menyenangkan. Sebagai menantu yang baik, hargai lah rasa sayang mertua Anda dengan turut bersikap baik kepadanya. Jagalah setiap tutur kata yang terucap agar Anda tidak menyakiti hati ibu mertua.

4. Turut Mengingat Hari Spesial Anda

Turut Mengingat Hari Spesial Anda

Mendapat ucapan ulang tahun dari mertua adalah suatu anugerah yang begitu berharga. Pasalnya, tidak semua menantu perempuan seberuntung Anda. Banyak di luar sana mertua yang tidak menyukai menantunya sampai-sampai tidak pernah memberikan ucapan ulang tahun.

Sejatinya, tanda mertua menyukai Anda dapat dikenali dari seberapa intens beliau mengingat hari-hari spesial Anda, entah itu hari ulang tahun atau hari ulang tahun pernikahan Anda dan anaknya. Tak sekedar ucapan, mertua yang menyukai Anda pasti akan memberikan doa dan harapan terbaik saat hari spesial Anda.

5. Tidak Segan Membantu

Tidak Segan Membantu

Alangkah bahagianya jika Anda memiliki mertua yang siap membantu Anda kapanpun. Mertua yang menyukai Anda pasti tidak pernah menolak permohonan Anda. Sebisa mungkin ibu mertua akan selalu membantu menantu yang ia kasihi.

Bila Anda memiliki mertua ringan tangan yang tidak pernah menggerutu ketika Anda meminta bantuan, itu artinya Anda adalah seorang menantu yang beruntung. Sudah jelas jika ibu mertua menyukai Anda. Ia tidak akan menolak permintaan dari menantu yang sudah dianggap sebagai putrinya sendiri.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa mertua bukan asisten rumah tangga yang bisa dimintai bantuan setiap saat. Ingatlah posisi Anda sebagai menantu. Jangan terlalu sering merepotkan mertua jika keadaannya tidak benar-benar mendesak.

6. Menghargai Aturan yang Anda Buat

Menghargai Aturan yang Anda Buat

Tanda mertua menyukai Anda yang satu ini berlaku bagi menantu perempuan yang tinggal bersama dengan ibu mertuanya. Di dalam rumah tangga, sudah menjadi kewajiban bagi istri untuk membuat peraturan di dalam rumah dan mengurus keluarga. Nah, biasanya mertua yang sedikit rese akan menentang aturan yang telah dibuat menantunya sendiri.

Namun, jika ibu mertua Anda tidak pernah protes terhadap aturan yang Anda buat dan cenderung menghargainya, sudah dapat dipastikan bahwa beliau sangat menyayangi Anda. Beliau tidak ingin memaksakan kehendaknya untuk turut mengatur rumah tangga karena beliau menghindari perselisihan dengan Anda. Sangat jarang, lho, ada mertua yang seperti ini!

7. Selalu Menjadi Pendengar yang Baik

Selalu Menjadi Pendengar yang Baik

Yang satu ini pasti sangat jarang terjadi dalam hubungan ibu mertua dan menantu perempuannya. Ya, sangat jarang ada mertua yang mau mendengarkan cerita atau keluh kesah dari menantunya. Ibu mertua biasa bersikap tidak peduli karena merasa bahwa masalah menantunya bukan tanggung jawabnya.

Namun, semua akan terasa berbeda jika ibu mertua benar-benar menyayangi Anda. Ia akan selalu menjadi pendengar yang baik bagi Anda menantunya. Bahkan, beliau tidak pelit dalam memberikan nasihat kepada Anda.

8. Tidak Pernah Membandingkan Anda dengan Wanita Lain

Tidak Pernah Membandingkan Anda dengan Wanita Lain

Kebiasaan buruk dari sebagian ibu mertua adalah kerap kali membanding-bandingkan menantunya dengan perempuan lain. Apalagi jika kawannya memiliki menantu yang dirasa lebih baik segalanya dari menantunya sendiri, tentu beliau tidak akan segan membandingkan Anda dengan menantu kawannya itu.

Perlu Anda ketahui bahwa tanda mertua menyukai Anda bisa dilihat dari sikapnya yang tidak pernah membandingkan Anda dengan wanita lain. Tentu saja di dalam hati beliau bersyukur memiliki menantu seperti Anda. Sebagai menantu yang budiman, saatnya tunjukkan kasih sayang Anda kepada mertua agar beliau semakin sayang kepada Anda.

9. Siap Membela Anda

Siap Membela Anda

Percaya atau tidak, mertua yang telah jatuh hati kepada menantunya pasti tidak akan ragu untuk membela menantunya. Bahkan, ketika si menantu sedang bertengkar dengan anaknya, ia tidak akan segan membela si menantu ini.

Apabila saat ini ibu mertua membela Anda di hadapan pasangan, itu adalah tanda mertua menyukai Anda yang terlihat dengan sangat jelas. Hal ini sekaligus menepis pemikiran bahwa mertua pasti akan selalu membela anaknya dan menyalahkan menantunya.

10. Tidak Ragu Memeluk atau Menyentuh Anda

Tidak Ragu Memeluk atau Menyentuh Anda

Ketika sedang berbincang-bincang dengan ibu mertua, sesekali beliau akan menyentuh tangan Anda dengan penuh kasih. Itu adalah pertanda bahwa beliau menyukai Anda. Ia tidak ragu mengungkapkan kasih sayangnya dengan bahasa tubuh yang ramah.

Menariknya, ketika Anda memberikan kabar bahagia atau menceritakan kesedihan Anda, beliau juga tidak canggung memeluk seperti ibu kandung Anda sendiri. Sebagai manusia, Anda pun pasti bisa merasakan cinta dari mertua melalui body language-nya ini.

10 tanda mertua menyukai Anda ini bisa menjadi sarana untuk mendeteksi apakah mertua Anda menyukai Anda atau sebaliknya. Semoga Anda dan ibu mertua bisa memiliki hubungan yang harmonis layaknya seorang ibu dan anak, ya!

Kalau saat ini Anda memiliki mertua yang egois, baca artikel cara menghadapi mertua yang egois ini untuk menemukan langkah yang tepat saat harus berurusan dengan beliau.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment