Bacaterus / Lifestyle / Romansa / 10 Tanda Hubungan Tidak Sehat dan Harus Segera Diakhiri

10 Tanda Hubungan Tidak Sehat dan Harus Segera Diakhiri

Ditulis oleh

Ada yang bilang kalau awal-awal pacaran adalah masa terindah. Masa di mana kedua orang sama-sama menggunakan “topeng” untuk menutupi keburukan masing-masing agar pasangannya tidak ilfeel. Akan tetapi, kalau kamu merasa hubungan sudah mulai hambar dan ternyata ada sejumlah hal-hal lain yang bikin kamu makin tidak nyaman bersama dia, kemungkinan kalian sudah memasuki fase hubungan yang tidak sehat.

Kamu mungkin belum menyadari bahwa kamu dan dirinya sedang menjalani hubungan yang tidak sehat. Oleh karena itu, Bacaterus akan membantumu untuk mengenal tanda hubungan tidak sehat yang harus segera diakhiri.

10 Tanda Hubungan Tidak Sehat

1. Saling Menyimpan Rahasia

Saling Menyimpan Rahasia Tanda Hubungan Tidak Sehat

Dalam menjalani hubungan, keterbukaan antara kamu dan dia sangat penting. Dulu kamu selalu bercerita mengenai hal-hal kecil sampai dengan hal yang bersifat pribadi. Namun, kini kamu tidak ingin membagi semua cerita hidupmu kepadanya. Bahkan, ada beberapa hal yang cenderung kamu sembunyikan di hadapannya.

Pun begitu dengan si dia. Kamu mulai curiga bahwa dia tidak sepenuhnya jujur kepadamu. Dia lebih senang menyimpan sesuatu hal. Mirisnya lagi kamu mungkin mengetahui rahasianya dari orang lain.

Kalau kamu dan dia sudah saling menyimpan rahasia satu sama lain, itu adalah tanda hubungan tidak sehat. Pasangan yang menjalin hubungan yang sehat akan berbagi cerita hidup dan tidak ingin merahasiakan suatu hal kepada pasangannya.

2. Sulit Berkomunikasi

Sulit Berkomunikasi

Dahulu kamu dan dia saling pengertian. Ketika si dia bercerita, kamu dengan antusias mendengarkannya. Begitu juga sebaliknya ketika kamu mengajak dia berdiskusi, dia pun memberi tanggapan yang membuatmu senang.

Namun saat ini, kamu dan dia jadi sulit berkomunikasi. Kalau tidak terlalu penting, kalian jadi malas berbicara satu sama lain. Kalau pun berbicara, akhirnya berujung pada tindakan saling sindir, saling mencemooh, atau bahkan bertengkar. Kesulitan berkomunikasi adalah tanda-tanda bahwa hubunganmu dengan dia harus segera berakhir. Untuk apa mempertahankan pacar yang tidak bisa diajak komunikasi dengan baik?

3. Cemburu Abnormal atau Justru Masa Bodoh

Cemburu Abnormal atau Justru Masa Bodoh

Ada dua tanda hubungan tidak sehat yang wajib kamu ketahui. Pertama, kamu atau dia jadi pencemburu. Cemburu ini bersifat abnormal yang artinya kamu bisa mencemburui hal-hal sepele. Bahkan, mungkin kamu cemburu kepada ibunya yang selalu menghabiskan waktu lebih banyak dengan kekasihmu.

Kedua, kamu dan dia menjadi masa bodoh. Dia tidak keberatan kamu jalan berduaan terus-menerus dengan temanmu yang lawan jenis. Sebaliknya, kamu juga tidak merasa kesal ketika dia sibuk membalas chatting dari teman ceweknya.

Jika kamu dan dia mengalami salah satu hal ini, baik cemburu yang abnormal atau masa bodoh sama sekali, maka hubungan kalian sudah tidak sehat lagi. Pertimbangkan untuk rehat sejenak atau justru mengakhiri hubungan.

4. Sering Menyalahkan Satu Sama Lain

Sering Menyalahkan Satu Sama Lain

Masih ingat waktu awal-awal pacaran di mana segala tindakannya terlihat begitu sempurna di matamu? Kini, tindakannya yang sepele seperti dia enggan mengantarmu ke salon, pasti akan terlihat salah bagimu. Kamu merasa segala sesuatu yang ia lakukan salah dan begitu pun dirinya terhadapmu.

Hubungan yang sehat adalah hubungan saling mengasihi. Baik kamu dan dia tidak seharusnya mencari-cari kesalahan masing-masing. Kalau kamu dan dia tidak bisa untuk tidak saling menyalahkan, maka sebaiknya akhiri saja hubungan yang tidak sehat ini.

5. Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Konsekuensi dalam menjalin hubungan dengan seseorang adalah harus menerima dia apa adanya, termasuk kekurangannya. Kalau sekarang kamu sering membandingkan pacarmu dengan orang lain atau mantanmu, itu adalah tanda hubungan tidak sehat.

Meskipun kamu membandingkan pacarmu dengan orang lain di dalam hati, tetap saja hal itu menjadi pertanda hubungan kalian tidak sehat. Apalagi jika secara terang-terangan dia juga memintamu untuk menjadi orang lain dengan berkata seperti ini, “Rambutmu panjangin biar kayak mantanku.” Wah, siap-siap saja untuk segera meninggalkannya.

6. Intensitas Bertengkar Meningkat

Intensitas Bertengkar Meningkat

Hubungan yang adem tentu saja jauh dari pertengkaran. Bahkan, ketika pacarmu melakukan kesalahan, kamu tidak akan ambil pusing dan segera memaafkannya. Akan tetapi, saat hubungan mulai tak sehat, intensitas bertengkar jadi meningkat. Kesalahan kecil menjadi besar di mata kalian dan berujung pada pertengkaran.

Ingat, bertengkar dalam hubungan kekasih adalah hal yang wajar jika terjadi sesekali. Namun, jika pertengkaran terjadi lebih sering atau mungkin setiap hari, itu merupakan tanda hubungan tidak sehat. Pertengkaran yang terjadi setiap hari akan membuat batinmu terluka dan kondisi psikismu jadi tidak sehat.

7. Terjadi Kekerasan Fisik Maupun Lisan

Terjadi Kekerasan Fisik Maupun Lisan

Kekerasan fisik atau lisan adalah hal yang tidak dapat ditolerir dalam sebuah hubungan. Coba bayangkan, belum menikah saja dia sudah berani berkata atau bertindak kasar kepadamu, bagaimana jika kamu hidup dengannya setiap hari?

Pelaku kekerasan fisik maupun lisan tidak hanya kaum adam, tetapi kaum hawa pun juga berpotensi untuk menjadi pelakunya. Jika saat ini kamu memiliki kekasih yang kerap kali bertindak atau berbicara kasar, segera putuskan hubungan kalian. Kamu berhak mendapatkan pasangan yang lebih baik dan menghargai dirimu.

8. Merasa Terkekang

Merasa Terkekang

Pernahkah kamu meminta izin kepada pacarmu untuk pergi bersama teman-teman, tapi si dia tidak mengizinkanmu? Padahal, kamu hanya kumpul-kumpul untuk minum kopi bersama teman, tapi dia melarangmu dengan alasan yang tidak jelas.

Kalau si dia sering mengaturmu dan membatasi kebebasanmu, maka hubungan yang kamu jalani dengan si dia sangat tidak sehat. Hubungan yang sehat tidak membuatmu merasa terkekang. Sebagai kekasih, dia tidak bisa membatasi kebebasanmu selama hal yang kamu lakukan positif dan tidak merugikan diri sendiri atau orang lain.

9. Mulai Malas Bertemu dan Membalas Pesannya

Mulai Malas Bertemu dan Membalas Pesannya

Ingatkah kamu ketika PDKT dengan pacarmu dulu? Kamu selalu ingin membalas pesannya secepat mungkin. Ketika akhir pekan, kamu pun tidak sabar untuk segera bertemu dengannya. Apabila saat ini perasaanmu terbalik, kamu jadi mengulur waktu membalas pesannya atau kerap kali membatalkan janji temu, itu artinya kamu sudah bosan dengannya.

Ketika bosan melanda di dalam hubungan, seharusnya hal tersebut bisa diperbaiki. Namun, jika kamu tidak berniat memperbaikinya, untuk apa mempertahankan hubungan yang seperti ini?

10. Dia atau Kamu Sering Bersifat Egois

Dia atau Kamu Sering Bersifat Egois

Dalam menjalin hubungan semuanya harus seimbang. Tidak ada satu orang yang lebih berkorban untuk pasangannya. Akan tetapi, tanda hubungan tidak sehat bisa terbaca kalau salah satu dari pasangan memiliki sifat egois yang akut.

Sifat egois ini bisa digambarkan dari hal-hal sepele, seperti dia yang selalu menentukan tempat kencan, dia yang memilih film yang akan ditonton, dan dia yang selalu menututmu ini-itu tapi tidak pernah berkorban untukmu. Hubungan yang berjalan dengan egoisme ini tidak akan membuatmu bahagia.

10 tanda hubungan tidak sehat ini bisa menjadi pedoman bagimu yang mulai merasakan tanda-tanda serupa dengan pasanganmu. Kalau hubunganmu masih memasuki fase jenuh, kamu masih bisa mengatasinya dengan tips di artikel cara mengatasi pacar yang jenuh pada kita.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment