Bacaterus / Tanaman / Catat! Inilah Beberapa Tanaman yang Tidak Disukai Kucing

Catat! Inilah Beberapa Tanaman yang Tidak Disukai Kucing

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2019

Jika Anda memiliki kebun-kebunan di halaman rumah dan tidak ingin hal itu dirusak oleh kucing-kucing liar atau peliharaan, maka Anda dapat melakukan pencegahan tanpa harus menyakiti sang kucing. Dengan melakukan hal ini, bibit-bibit tanaman muda yang Anda tanam di kebun dapat terselamatkan dari galian-galian kucing yang mengganggu.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menanam tanaman-tanaman yang tidak disukai kucing. Hal ini mampu mengurangi dampak kerusakan kebun yang disebabkan oleh sekitar 70% jenis kucing. Dengan adanya tanaman ini, kucing akan merasa enggan untuk datang ke kebun Anda, terutama untuk buang air besar.

Sebagai informasi, kotoran kucing yang berbau menyengat tidak dapat dijadikan pupuk sebagaimana kotoran binatang ternak. Malahan kotoran kucing dapat menyebabkan masalah kesehatan serta mengandung parasit yang berbahaya bagi manusia khususnya ibu hamil.

Kotoran kucing juga tidak baik untuk tanah dan tanaman yang Anda tanam. Hal itu dapat menyebabkan tanaman menjadi sakit atau bahkan mati. Oleh karenanya, Anda dapat menanam tanaman-tanaman yang tidak disukai berikut ini.

Aroma tanaman ini sangat sensitif bagi kucing dan kadang-kadang mampu membuat kucing berhenti dan buang kotoran di sekitar mereka. Walaupun tidak sepenuhnya mengusir kucing, tapi tanaman-tanaman ini dapat Anda andalkan dengan baik.

Tanaman yang Tidak Disukai Kucing Karena Baunya

Ada beberapa tanaman yang tidak disukai oleh kucing karena baunya. Nah, agar kucing Anda merasa nyaman saat di rumah maka sebaiknya Anda jangan menempatkan tanaman-tanaman berikut ini.

1. Plectranthus Caninus/Coleus Canina

Plectranthus Caninus

* sumber: commons.wikimedia.org

Plectranthus caninus adalah sebuah tanaman herbal dalam keluarga mint Lamiaceae. Tanaman ini berasal dari kawasan Afrika Timur dan Asia Selatan. Di pasaran tanaman ini dikenal dengan sebutan coleus canina yang memiliki manfaat sebagai obat nyamuk alami serta tanaman pengusir kucing dan anjing (dengan sebutan “scaredy cat plant” dan “piss-off plant”.

Walaupun tidak ada penelitian yang mendukung hal tersebut, namun tanaman ini telah dianggap mampu membuat kucing tidak suka berada di sekitarnya. Dengan menanam coleus canina di area kebun, kucing-kucing kemungkinan tidak betah berada di sana untuk menggali-gali dan buang kotoran.

Mengapa demikian? Karena tanaman ini mengeluarkan aroma pesing yang kurang disukai kucing dan bahkan oleh manusia. Plectranthus caninus dapat mudah Anda tanam tanpa perlu banyak perawatan.

2. Lavender

Lavender

* sumber: pixabay.com

Tanaman selanjutnya yang tidak disukai kucing adalah lavender. Tanaman berbunga (umumnya berwarna ungu) ini dapat ditemukan di banyak wilayah di dunia mulai dari Cape Verde dan Kepulauan Canary, Eropa, Afrika bagian utara dan timur, Mediterania, Asia Barat Daya, Tiongkok dan India.

Jenis tanaman herbal ini banyak digunakan di berbagai industri. Lavender mengeluarkan aroma wangi  yang kuat dan menyenangkan. Akan tetapi, lavender adalah salah satu tanaman yang tidak disukai kucing. Dengan menanam lavender di dalam kebun, tanaman-tanaman milik Anda dapat terhindarkan dari kenakalan para kucing.

Lavender dapat tumbuh dengan mudah di daerah kering. Anda juga dapat menanamnya di dalam pot dan menyimpannya di area-area di mana kucing suka buang kotoran.

3. Helichrysum Italicum/Curry Plant

Helichrysum Italicum

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/duncanh1/

Helichrysum italicum adalah tanaman berbunga lainnya yang mengeluarkan aroma kuat seperti kari dari daun-daunnya. Tanaman yang tidak disukai kucing ini dapat tumbuh di tanah kering, berbatu atau berpasir. Tidak seperti coleus canina dan lavender, helichrysum italicum bukanlah sebuah tanaman herbal.

Selain sebagai tanaman pengusir kucing, curry plant juga dapat dijadikan penghias kebun Anda karena memiliki bunga berwarna kuning yang indah. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 50 cm.

4. Rosemary

Rosemary

* sumber: pixabay.com

Rosemary adalah sejenis tanaman herbal yang terkenal karena memiliki banyak manfaat khususnya untuk makanan. Rosemary juga sering ditanam sebagai tanaman hias di kebun-kebun karena mampu mengendalikan hama, yang salah satunya adalah kucing. Jadi selain indah, tanaman ini juga membantu menjaga tanaman-tanaman Anda dari serangan hama.

Walaupun aroma tanaman ini sangat menyenangkan jika dihirup oleh manusia, tapi tidak bagi kucing. Mereka sensitif dengan bau rosemary sehingga tidak suka berada di dekatnya. Tanaman asli Mediterania dan Asia ini mampu bertahan di daerah kering yang sering kekurangan air. Rosemary dapat tumbuh hingga ketinggian 1,5 meter atau bahkan lebih.

5. Rue/Ruta Graveolens

Ruta Graveolens

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Ruta graveolens adalah tanaman herbal yang juga berfungsi sebagai tanaman hias. Selain dibudidayakan sebagai ramuan obat dan bumbu masakan, ruta graveolens juga sering ditanam sebagai tanaman penolak serangga. Tanaman ini berasal dari Semenanjung Balkan di Eropa dan kini sudah menyebar ke seluruh dunia.

Karena bau yang dikeluarkannya, kebanyakan kucing tidak suka dengan tanaman ini. Oleh karena itu, ruta graveolens dapat juga digunakan sebagai tanaman pencegah kucing di kebun-kebun Anda. Tanaman ini mampu tumbuh dengan baik di kondisi tanah yang kering.

6. Pennyroyal

Pennyroyal

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Tanaman dari keluarga mint ini berasal dari kawasan Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Pennyroyal memiliki banyak manfaat seperti sebagai obat tradisional dan ramuan kuliner tradisional. Daun tanaman pennyroyal yang sudah dihancurkan akan mengeluarkan aroma yang sangat kuat mirip dengan spearmint.

Selain manfaat di atas, pennyroyal juga sering digunakan sebagai insektisida dan pembasmi hama. Tanaman pennyroyal dikenal tidak disukai kucing sehingga efektif digunakan sebagai tanaman pengusir kucing di kebun-kebun.

Ketika menggunakan tanaman ini sebagai penolak hama, penggunaan minyak pennyroyal pekat harus dihindari karena bisa sangat beracun bagi manusia dan hewan, bahkan dalam jumlah kecil.

Tanaman-tanaman di atas cukup efektif digunakan sebagai tanaman pengusir kucing di kebun. Anda dapat menanamnya secara berbaris sehingga berfungsi sebagai penghalang fisik kucing untuk masuk ke area kebun atau menanamnya di area-area sesuai kebutuhan.

Sebelum siap menanam tanaman-tanaman di atas, sebaiknya Anda mencari tahu info lebih lanjut mengenai mereka. Apakah mereka memiliki dampak negatif atau tidak Anda perlu mengetahuinya dengan baik.

Tanaman yang Tidak Disukai Kucing Karena Durinya

Jika tanaman di atas tidak disukai kucing karena baunya, maka tanaman-tanaman ini tidak disukai kucing karena durinya. Ini adalah opsi tanaman pengusir kucing lainnya yang dapat Anda tanam di kebun, utamanya sebagai penghalang fisik kucing di area-area kebun yang sering dijadikan pintu masuk oleh binatang tersebut.

1. Hawthorn

Hawthorn

* sumber: pixabay.com

Hawthorn adalah sejenis semak-semakan dengan duri-duri tajam. Anda dapat menanam tanaman ini di celah-celah pagar kebun Anda agar kucing tidak berani masuk.

2. Blackberry

Blackberry

* sumber: commons.wikimedia.org

Tanaman berduri tajam ini juga dapat bermanfaat sebagai tanaman penghalang bagi kucing ke kebun Anda. Selain itu, buah blackberry juga dapat Anda konsumsi karena rasanya enak. Pastikan Anda menanam varietas blackberry yang berduri jika ingin menggunakannya sebagai pencegah masuknya kucing ke dalam kebun.

3. Pyracantha

Pyracantha

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/starr-environmental/

Ini adalah sejenis semak cemara dengan duri tajam panjang yang dapat ditanam sebagai semak atau pagar. Jadi, ini opsi tanaman berduri lainnya yang dapat Anda tanam agar kucing tidak berani masuk ke dalam kebun.

4. Rosa Rugosa

Rosa Rugosa

* sumber: commons.wikimedia.org

Selain menghasilkan bunga yang indah, tanaman berduri rosa rugosa juga ampuh dijadikan sebagai tanaman penghalang kucing yang ingin masuk ke dalam kebun Anda.

Nah, itulah beberapa tanaman yang tidak disukai kucing yang dapat Anda tanam di kebun. Beberapa tanaman mungkin memiliki dampak negatif bagi manusia. Jadi, Anda perlu memikirkannya matang-matang sebelum menanamnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar