Bacaterus / Tanaman Hias / Indahnya 10 Tanaman yang Cocok untuk Teras Rumah Ini

Indahnya 10 Tanaman yang Cocok untuk Teras Rumah Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Desember 2018

Teras adalah bagian rumah yang langsung terlihat oleh tamu-tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Jadi, untuk memberikan kesan baik kepada yang melihat, Anda harus mendesain teras dengan baik dan pastikan teras selalu bersih. Keindahan teras ini juga bisa terlihat dari tanaman yang menghiasinya.

Ada 10 tanaman yang cocok untuk teras rumah Anda. Dari 10 tanaman ini, Anda hanya perlu memilih yang cocok dengan desain teras Anda. Yuk, langsung saja simak 10 tanaman rekomendasi Bacaterus untuk mempercantik tampilan teras rumah Anda.

10 Tanaman yang Cocok untuk Teras Rumah

1. Suji

Suji Tanaman yang Cocok untuk Teras Rumah

* sumber: www.bebeja.com

Anda pasti kurang familiar ketika mendengar nama tanaman Suji. Lantas, bagaimana dengan nama “bambu rejeki”? Pasti sudah pernah mendengar sebelumnya, bukan? Suji adalah nama lain dari bambu rejeki. Tanaman yang cocok untuk teras rumah ini nampak seperti miniatur pohon bambu dengan daun-daun yang panjang dan runcing seperti daun pohon bambu pada umumnya.

Penjual biasanya memangkas suji dan membentuknya agar menyerupai miniatur bambu. Tanaman yang satu ini sangat cocok diletakkan di teras rumah karena modelnya sangat simple dan minimalis. Konon, tanaman ini juga dapat membawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

2. Anggrek

Anggrek

* sumber: www.faunadanflora.com

Ingin tanaman yang memiliki bunga yang cantik? Mudah saja, mengapa tak menanam anggrek di rumah Anda? Tanaman yang satu ini sangat cocok untuk teras rumah karena bisa ditanaman di dalam pot kecil maupun pot gantung. Bahkan, Anda bisa menanam anggrek di dalam cangkir dengan ukuran yang agak besar.

Anggrek juga merupakan bunga yang perawatannya cukup mudah. Ada puluhan jenis anggrek yang tersedia di Indonesia. Anda hanya perlu menemukan jenis dan warna anggrek yang cocok untuk teras Anda. Selanjutnya, tinggal pilih ingin menggantung atau meletakkan anggrek di atas meja kopi.

3. Kaktus

Kaktus

* sumber: gohias.blogspot.com

Ingin menghias meja kopi di teras dengan tanaman yang simple tapi memiliki daya tarik tersendiri? Letakkan saja beberapa buah pot kecil berisi tanaman kaktus. Dewasa ini, kaktus mini memang menjadi tanaman yang bisa digunakan untuk mempercantik ruangan maupun meja.

Bentuk dan warna kaktus yang beraneka ragam membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Kaktus sangat cocok untuk menghiasi teras rumah Anda. Apalagi perawatan kaktus ini terbilang sangat mudah karena Anda tidak harus menyiraminya dengan air setiap hari.

4. Geranium

Geranium

Warna-warni bunga geranium memang membuat siapa saja yang melihat jadi jatuh hati. Geranium yang diletakkan di dalam pot gantung bisa menjadi tanaman yang cocok untuk teras rumah Anda. Apalagi warna-warni bunga geranium ini akan memberikan sentuhan warna yang ceria untuk teras rumah.

Untuk membuat bunganya bisa mekar, gantung pot berisi geranium ini di bagian teras yang terkena sinar matahari karena geranium membutuhkan waktu pencahayaan 6-8 jam. Jika rumah Anda berada di dataran tinggi, geranium akan sangat cocok menghias teras rumah. Pasalnya, tumbuhan ini memerlukan temperature 15-21 derajat celcius pada siang hari.

5. Fortunella (Buah Kumkuat)

Fortunella (Buah Kumkuat)

Siapa bilang Anda tidak bisa menanam tumbuhan berbuah di teras rumah? Meskipun tidak ada tanah untuk menanam tumbuhan berbuah, Anda tetap bisa meletakkan tanaman berbuah di teras rumah. Ya, beli saja tumbuhan Fortunella atau yang biasa dikenal dengan Buah Kumkuat atau Jeruk Kalamansi.

Tumbuhan ini bisa dijadikan bonsai dan diletakkan di dalam pot kecil. Walaupun dijadikan bonsai, Fortunella tetap dapat berbuah sangat banyak asalkan Anda merawatnya dengan baik. Ketika tanaman ini berbuah, warna buahnya yang jingga akan memberi sentuhan warna ceria pada teras. Yang paling menarik, buah jeruk dari Fortunella ini bisa dimakan, lho.

6. Sweet Alyssum

Sweet Alyssum

Dengan bunga berwarna putih dan ungu, tanaman Sweet Alyssum ini siap mempercantik teras Anda. Untuk diletakkan di teras sebaiknya tanaman ini dimasukkan ke dalam pot gantung terlebih dahulu. Tak hanya cantik, tanaman gantung yang satu ini juga mengeluarkan aroma yang harum dan khas.

Sweet Alyssum sangat cocok diletakkan di teras yang tertutup dan tidak terpapar sinar matahari karena tanaman ini tidak dapat hidup jika terpapar sinar matahari secara langsung. Di samping itu, Sweet Alyssum dapat tumbuh subur di tanah yang lembab sehingga Anda harus menyiraminya setiap hari.

7. Lidah Mertua

Lidah Mertua

Percantik teras rumah dengan tanaman hias yang satu ini. Lidah mertua merupakan tanaman berdaun panjang yang mampu berdiri tegak. Tanaman yang cocok untuk teras rumah ini berasal dari Afrika. Banyak orang tertarik untuk menanam tumbuhan ini di teras atau di dalam rumah karena memang Lidah Mertua tidak membutuhkan air dan cahaya matahari yang terlalu banyak.

Bahkan, saking populernya tanaman ini banyak orang yang meletakkan lidah mertua di dalam ruangan ber-AC. Untuk menanam Lidah Mertua sebaiknya gunakan pot yang tinggi atau pot yang dilengkapi dengan penyangga agar daunnya bisa berdiri dengan tegak.

8. Lili Paris

Lili Paris

Nama Lili Paris atau Spider Plant pasti sering Anda dengar. Tanaman yang satu ini memiliki daun panjang yang menjalar hingga ke bawah potnya. Beberapa jenis Lili Paris memiliki ujung daun yang dapat membentuk seperti laba-laba.

Di permukaan daunnya juga ada corak warna putih atau kuning yang membuat tanaman ini semakin terlihat unik. Dengan meletakkan Lili Paris di teras, udara di sekitar teras jadi lebih sejuk karena tanaman ini memiliki kemampuan daya serap racun-racun di udara. Lili Paris akan terlihat semakin unik jika Anda menggantungnya di teras.

9. Heart Leaf Philodendron

Heart Leaf Philodendron

Tanaman dengan daun yang berbentuk waru ini terlihat sederhana. Akan tetapi, tanaman bernama Heart Leaf Philodendron siap menghiasi teras Anda. Uniknya, meskipun terlihat biasa saja tanaman ini akan terlihat cantik bila digantung di teras.

Jika tidak ingin digantung, Anda bisa menanam Heart Leaf Philodendron di pot biasa lalu diletakkan di sudut teras. Sama seperti Lili Paris, tanaman ini dapat menyerap polutan di udara sehingga udara di teras terasa lebih sejuk. Selain itu, tanaman ini juga perawatannya mudah dan bisa bertumbuh dengan subur.

10. Seruni

Seruni

Tampilan bunga seruni memang membuat siapa saja mampu berdecak kagum. Dengan tampilannya yang sederhana dan warna-warna cerah, bunga seruni siap memberi sentuhan warna yang lebih ceria pada teras. Seruni adalah tanaman yang fleksibel karena bisa tumbuh dengan subur di tanah maupun di dalam pot.

Bila Anda ingin menghiasi teras dengan warna-warni bunga seruni, letakkan di dalam pot yang ukurannya tidak terlalu besar. Seruni juga merupakan lambang kesuksesan dan kekayaan bagi orang-orang keturunan Tionghoa.

Dari 10 tanaman yang cocok untuk teras rumah ini, manakah yang paling ingin Anda letakkan di teras rumah Anda? Jika Anda memiliki rekomendasi tanaman lainnya yang bagus diletakkan di teras, silahkan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar yang tersedia. Inspirasi tanaman hias gantung lainnya bisa dibaca di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar