Bacaterus / Tanaman Hias / Hias Rumah dengan 10 Tanaman yang Cocok untuk Hidrogel Ini

Hias Rumah dengan 10 Tanaman yang Cocok untuk Hidrogel Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Anda sedang mencari tahu apa saja tanaman yang cocok untuk hidrogel? Bacaterus akan membahasnya sekarang. Tapi, sebelum itu, apakah Anda sudah paham istilah hidrogel sendiri?

Hidrogel adalah kristal polimer yang berfungsi menyerap air serta nutrisi dalam jumlah besar. Hidrogel sangat berguna untuk menampung air dalam waktu yang lama, jadi tanaman Anda tidak akan mati kekeringan walau Anda tinggal bepergian berhari-hari.

Hidrogel biasanya digunakan untuk tanaman indoor alias yang dirawat di dalam rumah. Bentuk hidrogel mirip jelly boba yang ada di minuman milk tea, atau mirip juga seperti kelereng transparan dalam berbagai warna tembus pandang. Jadi, selain bermanfaat untuk terus menutrisi tanaman, hidrogel juga dapat sekaligus mempercantik ruangan di rumah.

Dengan menggunakan hidrogel, tanaman tidak lagi membutuhkan tanah, kerikil, pasir, zeloit, dan kawan-kawannya. Selain terlihat lebih cantik, perawatan tanaman dengan hidrogel lebih mudah daripada dengan media lainnya. Anda hanya perlu menyemprot tanaman seminggu, dua minggu, hingga sebulan sekali (tergantung besar media dan tanaman).

Jenis tanaman yang cocok dengan media tanam hidrogel adalah tanaman yang tidak berkayu, tidak memerlukan sinar matahari terlalu banyak, tahan terhadap kelembaban tinggi, dan tanaman yang tidak berbuah dan tidak berbunga. Berikut adalah contoh tanaman yang cocok untuk hidrogel yang telah Bacaterus rangkum untuk Anda.

10 Tanaman Yang Cocok Untuk Hidrogel

1. Daun Mutiara / Aluminum Plant (Pilea cadieri)

Daun Mutiara / Aluminum Plant (Pilea cadieri)

* sumber: id.pinterest.com

Tanaman yang cocok untuk hidrogel yang pertama ada Daun Mutiara atau Aluminum Plant. Tanaman dengan nama Latin Pilea cadieri ini berbentuk daun-daun kecil yang lebat. Di permukaan daunnya terlihat corak warna silver, mungkin dari sanalah asal nama “mutiara” dan “aluminum”. Tanaman ini tidak akan tumbuh terlalu lebat dan besar, jadi bisa dijadikan hiasan meja kerja atau di susun di ruang tamu.

2. Hanjuang (Dordyline)

Hanjuang (Dordyline)

* sumber: desainlanskap.blogspot.co.id

Tanaman ini bernama hanjuang, tapi orang Jawa menyebutnya sebagai andong. Tanaman ini laris manis sekali di tukang bunga, karena memang di Indonesia tanaman ini sering dan mudah didapatkan untuk jadi tanaman hias. Ada sekitar 15 jenis tanaman hanjuang, dengan ukuran dan warna yang berbeda-beda. Tapi, rata-rata warnanya didominasi ungu tua.

Untuk menjadikan hanjuang tanaman yang cocok untuk hidrogel, Anda harus memilih hanjuang yang kecil-kecil. Lalu, gunakan pot yang kecil juga, karena kalau potnya besar, nanti hanjuang akan terus tumbuh hingga sebesar pot yang digunakan.

3. Heart-leaf Philodendron

Heart-leaf Philodendron

* sumber: mycityplants.com

Philodendron merupakan jenis tumbuhan yang paling sering dijadikan tanaman hias. Tapi, perlu Anda ketahui kalau tanaman philodendron ini banyak sekali jenisnya. Ada yang besar dan tinggi, ada juga yang kecil-kecil tapi merambat. Heart-leaf philodendron merupakan salah satu spesies philodendron yang cocok untuk dijadikan tanaman hias di dalam rumah menggunakan hidrogel.

Seperti namanya, daun ini berbentuk seperti hati. Philodendron adalah sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies. Namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo (“cinta”) dan dendron (“pohon”). Karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya, Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.

4. Lidah Mertua (Sansevieria)

Lidah Mertua (Sansevieria)

* sumber: worldofsucculents.com

Sansevieria atau lidah mertua merupakan tanaman hias yang sangat populer, terutama di Indonesia. Tanaman ini bisa ditanam di pot kecil mau pun besar, tergantung ukuran tanamannya. Lidah mertua hanya memerlukan sedikit air dan sedikit cahaya matahari untuk bertahan hidup. Makanya, lidah mertua merupakan tanaman yang cocok untuk hidrogel. Penasaran dengan manfaat lidah mertua? Baca di sini, ya.

5. Snake Plant / Lidah Mertua Mini

Snake Plant / Lidah Mertua Mini 

* sumber: www.plantdecor.ca

Snake plant merupakan versi mungilnya dari lidah mertua. Kalau di Indonesia, tanaman ini tetap disebut lidah mertua, tapi ada kata “mini” atau “mungil” di belakangnya.

Jika lidah mertua raksasa dirasa agak boros untuk Anda, karena pasti membutuhkan sangat banyak hidrogel, pilihlah lidah mertua versi mini ini. Karena ukurannya mini, tanaman ini bisa dijadikan pemanis meja mungil di kamar Anda, atau mungkin di tengah meja makan Anda.

6. Bambu Cina (Dracaena sp)

Bambu Cina (Dracaena sp)

* sumber: www.nurturinggreen.in

Tanaman yang cocok untuk hidrogel yang ke-6 adalah bambu cina mini. Bambu cina merupakan tanaman yang sangat populer di Indonesia. Jika biasanya tanaman ini ditanam di pekarangan rumah, kali ini Anda bisa menyimpannya di dalam rumah.

Bentuk bambu cina mini pun bermacam-macam, ada yang disusun lurus begitu saja, ada juga yang dibentuk hati, banyak sekali pokoknya. Bambu cina mini memang didesain sebagai tumbuhan pot yang bisa ditanam di media tanah, air, maupun hidrogel.

7. Sirih Merah (Scindapsus sp)

Sirih Merah (Scindapsus sp)

Daun sirih merah dikenal karena manfaatnya sebagai obat mimisan, sariawan, luka bakar ringan, mata merah, gusi berdarah, hingga bronkhitis. Jadi, daripada menanam tumbuhan yang hanya cantik saja.. Bagaimana kalau Anda menanam daun sirih saja, yang sudah cantik, bermanfaat pula!

8. Marginata (Dracaena marginata)

Marginata (Dracaena marginata)

Daun yang tipis, lebar, dan lembek merupakan ciri-ciri dari Marginata. Tanaman ini banyak sekali spesiesnya. Ada yang batangnya tinggi dan daunnya tipis-kurus. Ada yang daunnya lebar-lebar tapi batangnya pendek. Ada yang warna daunnya berwarna ungu. Dan lain sebagainya. Pilihlah yang paling Anda sukai untuk mendekor rumah Anda.

9. Kuping Gajah (Anthurium)

Kuping Gajah (Anthurium)

Nama tanaman ini diambil dari bentuk daunnya yang lebar dan lentur, mirip seperti kuping gajah. Tanaman ini banyak spesiesnya, ada yang berdaun lebar sekali (biasanya tidak berbunga), dan ada juga yang daunnya kecil-kecil tapi berbunga. Tanaman yang cocok untuk hidrogel adalah kuping gajah kecil yang ada bunganya seperti ini. Warna bunganya tidak cuma merah, ada pink, putih, ungu, hingga biru.

10. Sayuran

Sayuran

* sumber: id.pinterest.com

Ya, Anda bisa juga menanam sayuran seperti selada, kangkung, seledri, mint, rosemary, daun bawang, sawi, dan masih banyak lagi menggunakan hidrogel. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, tumbuhan seperti bayam dan kangkung dapat tumbuh kembali hanya dengan direndam atau ditanam akarnya. Nah, Anda bisa menjadikan hidrogel sebagai media untuk menanam sayuran-sayuran ini.

Selesai, deh, pembahasan Bacaterus tentang 10 tanaman yang cocok untuk hidrogel. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda mulai tertarik untuk bercocok tanam di dalam rumah menggunakan media hidrogel? Jika ya, tanaman apa yang pertama kali mau Anda tanam?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar