Bacaterus / Tanaman / 10 Jenis Tanaman yang Bisa Dicangkok dengan Mudah

Bacaterus / Tanaman / 10 Jenis Tanaman yang Bisa Dicangkok dengan Mudah

10 Jenis Tanaman yang Bisa Dicangkok dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Januari 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Januari 2019

Pada sebuah pekarangan rumah atau kebun, biasanya terdapat pohon-pohon yang bisa menghasilkan buah. Pohon-pohon berbuah sendiri dipilih karena selain menghasilkan suasana yang sejuk, tetapi juga menghasilkan buah-buahan yang bisa diambil oleh sang pemiliknya. Semua orang tentu menginginkan pohon berbuah dengan cepat juga rutin.

Lalu apa, sih, alternatif yang biasa orang-orang lakukan agar tanaman yang ia miliki dapat berbuah dengan cepat dan rutin? Salah satu caranya adalah mencangkok. Mencangkok adalah suatu kegiatan pengembangbiakan tanaman guna menghasilkan bibit yang baru untuk dipindahkan atau ditanam kembali di tempat lain.

Tanaman yang bisa dicangkok, hanyalah tanaman jenis dikotil saja. Lalu tanaman apa saja yang bisa dicangkok dan kaya manfaat? Kami telah merangkum beberapa tanaman yang bisa dicangkok dan kaya manfaat di bawah ini.

10 Tanaman yang Bisa Dicangkok

1. Jambu Bol

Pohon jambu bol

* sumber: www.satuharapan.com

Pohon pertama yang bisa dicangkok dengan buahnya yang enak adalah jambu bol. Jambu bol sendiri memiliki beberapa sebutan lain, di antaranya jambu kepal, jambu merah, ataupun jambu jamaika. Dalam bahasa inggris, jambu ini dikenal dengan sebutan Malay apple.

Buah yang dihasilkan berwarna merah kehitaman dengan rasa yang manis saat matang dan tekstur yang lembut. Jambu bol juga kaya akan manfaatnya di antara lain menyehatkan mata, mencegah osteoporosis, melancarkan pencernaan, dan mencegah diabetes.

Pohon jambu bol umumnya berukuran sedang hingga 15 meter. Memiliki dahan yang besar dan bercabang rendah, pohon ini termasuk ke dalam tumbuhan dikotil yang tentu saja bisa dicangkok.

2. Pohon Mangga

Pohon mangga

* sumber: www.kata.co.id

 

Tak asing lagi, pohon mangga adalah pohon yang sering dicangkok. Alasan orang mencangkok pohon mangga salah satunya karena pohon ini mudah dijumpai dan memiliki buah yang harum juga enak. Ada berbagai macam jenis mangga, misalnya mangga apel, arumanis, mangga golek, mangga madu, dan masih banyak lagi.

Buah mangga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, itulah salah satu alasan mengapa orang mencangkok pohon mangga. Manfaat dari mangga sangat banyak sekali, seperti mengurangi kadar kolesterol, pencegah kanker, pembakar kalori, juga bisa menyehatkan kulit wajah.

3. Pohon Alpukat

* sumber: wow.tribunnews.com

Pohon alpukat termasuk pada golongan dikotil sehingga tanaman ini bisa dicangkok. Tanaman yang bisa tumbuh hingga 20 meter ini berasal dari Meksiko dan Amerika tengah. Buah yang dihasilkan memang tidak memiliki rasa yang begitu manis, akan tetapi manfaat yang terkandung dari buahnya sangatlah banyak dimulai dari segi kesehatan hingga kecantikan.

Alpukat bisa membatu penyerapan Vitamin, menjaga kesehatan mental, mencegah katarak, mencegah sembelit, dan mengontrol gula darah.

4. Pohon Rambutan

Rambutan

* sumber: jogja.tribunnews.com

Rambutan adalah tanaman tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Kata rambutan berasal dari bentuknya sendiri yang memiliki bulu menyerupai rambut. Pohon ini akan berbunga setelah 7 tahun ditanam jika ditanam dari biji. Maka dari itu, pohon rambutan seringkali dicangkok agar menghasilkan bunga dan berbuah lebih cepat.

Buah yang dihasilkan biasanya manis sehingga banyak orang yang menyukainya. Keistimewaan rambutan adalah kandungan karbohidratnya yang tinggi dan menjadi pemberi sumber energi bagi manusia.

Selain itu, buah rambutan juga kaya akan Vitamin A, Vitamin C, juga mineral yang dapat menambah produksi sel darah merah dan memulihkan daya tahan tubuh yang sering melemah. Tak hanya itu saja, buah rambutan juga bisa untuk menyembuhan diare, radang, juga hipertensi.

5. Pohon Durian

* sumber: krishnalearningcenter.com

Pohon durian adalah pohon yang terbilang cukup tinggi yaitu 25-50 meter. Pohon ini merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Namanya diambil dari sifat buahnya sendiri yang memiliki banyak duri pada kulitnya.

Buah yang dihasilkan memiliki bau khas yang menyengat dan rasa yang manis dari dagingnya. Buah durian bisa membantu mencegah sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Akan tetapi buah ini tidak dianjurkan untuk penderita darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

6. Pohon Sawo

* sumber: nusantaranews.co

Pohon sawo adalah salah satu tanaman yang berumur panjang. Umumnya, pohon ini bisa tumbuh mencapai 30-40 meter. Pohon sawo juga punya cabang rendah dan seluruh bagiannya mengandung getah berwarna putih seperti susu. Buahnya berwarna coklat dengan rasa yang manis dan tekstur kulit yang lembut.

Kegunaan dari pohon sawo sangatkah banyak. Di Amerika, getah sawo disadap untuk dijadikan bahan permen karet alami. Selain getahnya, batangnya pun tergolong pada kayu keras sehingga cocok untuk digunakan sebagai perabotan. Manfaat dari buah sawo sendiri di antaranya mencegah anemia, menjaga kecantikan kulit, menjaga kesehatan mata, mengatasi wasir, dan menjaga kesehatan tulang juga gigi.

7. Pohon Jambu Air

Jambu air

* sumber: www.merdeka.com

Jambu air adalah kelompok dari jambu-jambuan yang berasal dari Asia tenggara. Pohon jambu air umumnya memiliki tinggi 3-10 meter dengan cabang yang bengkak-bengkok.

Manfaat dari jambu air ini hampir sama dengan jambu bol atau jambu lainnya dan dapat saling menggantikan. Buah ini kerap dijadikan salah satu bahan rujak. Beberapa khasiat dari jambu air ini di antaranya mengontrol diabetes, mengatasi diare, dan perut kembung.

8. Pohon Jambu Batu

* sumber: m.merdeka.com

Jambu batu atau juga yang sering disebut jambu biji ini sudah tak asing lagi untuk dicangkok, selain rasanya yang lezat, jambu ini kaya akan vitamin C. Jambu batu ini merupakan tanaman dari Brasil yang disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

Daging buahnya berwarna merah muda dan ada pula yang berwarna putih. Jambu batu dapat mencegah kanker, menurunkan hipertensi, mengobati diare, merawat kulit, dan mencegah sembelit. Selain buah, daunnya pun bermanfaat untuk penyakit gangguan pencernaan.

9. Pohon Jeruk

* sumber: lifestyle.sindonews.com

Jeruk merupakan buah yang memiliki banyak kandungan air dan kaya akan vitamin C. Buah ini rasanya manis namun ada pula yang masam segar. Buah jeruk berasal dari Asia timur dan Asia tenggara. Buah ini juga termasuk ke dalam jenis dikotil sehingga bisa dicangkok.

Jenis-jenis dari jeruk juga sangat beragam, di antaranya jeruk mandarin, jeruk nipis, jeruk keprok, dan masih banyak lagi. kandungan Vitamin C yang terdapat pada jeruk dapat meredakan sembelit, pencegah kanker, melawan infeksi virus, melindungi dari penyakit jantung, serta mengatur tekanan darah.

10. Pohon Nangka

Nangka

* sumber: rona.metrotvnews.com

Nangka adalah nama sejenis pohon sekaligus buahnya. Dalam bahasa inggris dikenal sebagai jackfruit. Pada umumnya, pohon ini tumbuh hingga berukuran 20 meter dan memiliki getah putih apabila dilukai. Buahnya memiliki rasa manis dengan tekstur dagingnya yang lembut.

Manfaat buahnya sangat banyak, antara lain dapat menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain buahnya, bijinyapun bisa direbus sebagai penambah karbohidrat lho!

Bagi kamu yang ingin memiliki pohon buah namun tidak ingin menunggu berlama-lama untuk berbuah, mencangkok bisa jadi pilihan yang sangat tepat kerena manfaat dari mencangkok sendiri yaitu dapat mempercepat sebuah pohon untuk berbunga dan berbuah juga menghasilkan buah dengan sifat yang sama seperti induknya.

Nah, itu dia pohoh-pohon yang bisa dicangkok juga kaya akan manfaat. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan serta wawasan untuk kita semua dan menjadi penentu pilihan kamu untuk mencangkok pohon. Untuk saran dan masukannya silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya!

[sharethis-inline-buttons]
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar