Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2018

Rumah dengan dekorasi yang cantik adalah idaman semua orang. Maka dari itu, tak sedikit orang yang sangat memperhatikan dekorasi rumahnya, baik interior ataupun eksteriornya, misalnya penataan balkon, rooftop, hingga mini garden. Material yang digunakan untuk mendekor rumahpun sangat beragam, dimulai dari batu alam, kayu-kayu, hingga tanaman hias tergantung pada konsep yang diinginkan oleh sang pemilik rumah.

Namun kali ini, Bacaterus akan membahas tentang tanaman hias yang paling pas untuk dijadikan dekorasi rumah idaman kalian. Bagi kamu yang memiliki konsep alam untuk diterapkan pada rumahmu, tentu saja unsur tanaman tak akan bisa terlepaskan. Kira-kira apa saja jenis tanaman hias yang paling pas untuk dekorasi rumah? Ini dia 10 tanaman hias yang berhasil kami rangkum untuk kamu.

10 Tanaman yang Bagus Ditanam di Depan Rumah

1. Tanduk Rusa

* sumber: id.m.wikipedia.org

Tanaman tanduk rusa ini terbilang unik. Sesuai dengan namanya, bentuk dari tanaman ini menyerupai tanduk rusa bercabang. Tanaman ini sangat cocok dijadikan dekorasi rumahmu karena bisa menambah kesan alami. Biasanya, tanduk rusa disimpan dengan cara ditempel pada sebuah pohon.

Tanduk rusa sendiri bisa menghasilkan anakan yang dapat dipisahkan dengan induknya dan ditempel di tempat yang lain. Tanaman tanduk rusa juga mampu bertahan tanpa ada hujan atau air dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Kuping Gajah

* sumber: www.jenistanaman.com

Kuping gajah adalah jenis tanaman berdaun. Sesuai dengan namanya, daun pada tanaman ini berbentuk melebar seperti telinga gajah. Tanaman ini biasanya ditanam pada sebuah pot. Cara perawatannya sangatlah mudah, hanya dengan memberi sentuhan sinar matahari dan air yang cukup, tanaman ini akan tumbuh dengan baik. Tanaman ini cocok untuk dijadikan hiasan gantung untuk rumahmu!

3. Daun Dollar

* sumber: www.idnportal.com

Berbeda dengan sebelumnya, nama dari tanaman ini tak ada hubungannya dengan mata uang asing. Tanaman yang satu ini berasal dari Afrika yang bisa hidup pada tanah kering. Tanaman dollar ini tumbuh memanjang dengan daunnya yang berbentuk oval. Memiliki tekstur lembut dan biasanya ditanam dalam sebuah pot. Tanaman daun dollar ini juga kaya akan manfaat seperti menyehatkan pencernaan dan mengobati ambeien.

4. Kaktus

* sumber: wayahna.com

Tanaman kaktus terbilang tanaman yang unik karena tumbuh tinggi tanpa daun melainkan duri di sepanjang batangnya. Kaktus termasuk ke dalam tanaman sukulen karena mampu menampung banyak persediaan air dalam tubuhnya. Jenis kaktus juga sangat beragam, di antaranya Ariocarpus, Astrophytum, Ferocactus, dan Gymnocalycium.

Kaktus ini bisa ditanam langsung di tanah atapun dalam pot jika ukurannya mencukupi. Kaktus yang ditanam di sebuah pot cocok untuk disimpan sebagai interior maupun eksterior. Cara perawatan kaktus yaitu dengan menyimpannya di sebuah tempat yang melimpah akan sinar matahari. Jika kaktus berada dalam sebuah ruangan, maka disarankan untuk menyimpannya di jendela agar tetap terkena sinar matahari.

Selain matahari, cahaya lampu juga bisa menjadi alternatif lain. Jika kaktus tak terkena cahaya matahari atau lampu dalam jangka waktu yang lama, maka akar kaktus akan membusuk dan menimbulkan hama. Selain itu, kaktus membutuhkan suhu yang baik yaitu 18-29 derajat Celcius.

5. Pandan

* sumber: www.dekoruma.com

Pandan merupakan tumbuhan yang hidup di daerah tropis. Memiliki daun yang panjang dan bau yang harum. Jenis dari pandan juga sangat beragam, yaitu pandan wangi, pandan hias, pandan laut, pandan duri, pandan putih, dan masih banyak lagi. Salah satu jenis pandan juga bisa digunakan sebagai penyedap makanan agar memiliki harum yang khas.

Pandan juga bisa digunakan sebagai hiasan untuk rumah baik ditanam langsung pada tanah maupun disimpan dalam sebuah pot. Selain memberi kesan cantik pada rumahmu, wangi dari pandan juga menjadi alasan mengapa pandan dipilih sebagai dekorasi rumah.

6. Pohon Palem

Pohon palem

* sumber: kiosbunga.id

Pohon palem juga populer digunakan banyak orang untuk mempercantik halaman rumahnya, di antaranya palem merah. Palem merah sendiri merupakan jenis palem yang sering dijumpai pada pekarang rumah. Kata merah berasal dari warna batang palem tersebut.

Pohon palem dapat tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi yang beriklim tropis. Pohon ini mudah beradaptasi dengan lingkungan dan berumur panjang. Selain mampu meningkatkan keindahan dan nilai estetika suatu bangunan, pohon palem juga mampu menyerap polusi udara lho!

7. Monstera

Monstera

* sumber: www.cgtrader.com

Tanaman hias yang satu ini tumbuh dengan daun yang sangat unik, melebar dengan ‘abnormal’ karena memiliki daun yang tidak biasa dengan lubang alaminya. Walau begitu, tanaman ini terbilang tanaman yang unik dan menambah estetika suatu ruangan. Tanaman ini cocok digunakan untuk menjadi dekorasi indoor maupun outdoor. Jika kamu mengusung konsep tropical pada rumahmu, tanaman ini sangat cocok untuk ikut serta menghiasinya.

8. Lidah buaya

* sumber: www.rumah.com

Tanaman yang kaya akan manfaat ini juga cocok untuk menjadi bagian dari hiasan ruamahmu, karena keunggulan lidah buaya ini adalah mudah ditanam dan tak sulit untuk merawatnya. Lidah buaya atau aloevera ini sangat cocok untuk ditanam dalam sebuah pot baik itu pot berjajar maupun pot gantung.

Cara perawatannya sangatlah mudah, karena lidah buaya merupakan tanaman yang liar, maka perawatannya cukup dengan memberinya air juga sinar matahari yang cukup. Jika berlebihan, maka permukaan lidah buaya akan bersisik dan rusak.

9. Sirih Gading

* sumber: idea.grid.id

Sirih gading juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mau mendekor rumahmu. Dengan gerakannya yang merambat, tanaman ini sangat cocok untuk disimpan pada garden vertikal di rumahmu. Selain cara penanaman yang cukup sederhana, perawatannya pun sangat simple, hanya dengan menyiramnya dengan rutin tanpa harus sering memberinya pupuk.

Selain menambah nuansa alam pada rumahmu, sirih gading juga banyak memiliki banyak manfaat, misalnya adalah mampu menyerap racun.

10. Sanseviera

* sumber: today.line.me

Tanaman hias yang terakhir adalah Sanseviera atau yang lebih dikenal dengan lidah mertua. Tanaman ini menjadi pilihan banyak orang karena dapat tumbuh dengan kondisi air yang sedikit dan cahaya matahari yang rendah. Tanaman ini memiliki daun yang panjang, bisa ditanam langsung atau dalam sebuah pot.

Tanaman ini bisa disimpan sebagai dekorasi dalam ruangan maupun di luar ruangan. Selain memiliki manfaat untuk dekorasi, sanseviera juga memiliki manfaat lain, di antaranya mengobati wasir, diabetes, penyubur rambut, hingga kanker ganas. Wow, kaya akan manfaat, ya?

Dari 10 tanaman hias yang sudah kami rangkum di atas, kira-kira mana yang akan menjadi pilihanmu? Beri komentar di bawah sini, ya! Semoga pemaparan di atas dapat membantu kamu dalam memilih dan menentukan tanaman hias yang cocok untuk mendekorasi rumahmu. Jangan lupa share agar banyak orang yang terbantu dalam menentukan tanaman hias untuk mendekorasi rumahnya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .