Bacaterus / Tanaman Hias / 10 Tanaman untuk Taman Minimalis yang Jadi Daya Tarik Rumah

10 Tanaman untuk Taman Minimalis yang Jadi Daya Tarik Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Oktober 2019

Salah satu bagian rumah yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah taman. Sebagian orang yang memiliki lahan kosong, biasanya akan memanfaatkan area tersebut untuk membuat taman. Namun tidak semua orang memiliki area kosong yang luas sehingga membuat taman minimalis adalah pilihan yang tepat.

Memiliki taman di dalam maupun di luar ruangan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi rumahmu. Selain membuat rumah tampak cantik dan indah, kehadiran taman minimalis juga membuat penghuninya mendapatkan udara yang segar.

Jika kamu ingin membuat taman minimalis tapi belum tahu tanaman apa saja yang mau dipilih, berikut beberapa ide tanaman untuk taman minimalis.

1. Pakis Haji

Pakis Haji (Copy)

Pakis haji atau yang disebut sikas merupakan kelompok tanaman kuno yang tamanannya berdaun keras dan selalu hijau. Tanaman ini bisa tumbuh di pasir maupun batuan keras. Karena itu pakis haji sangat cocok untuk ditanam pada taman minimalis karena biasanya menggunakan batu kerikil untuk menjaga tanah supaya lebih hangat.

Selain berfungsi untuk menghangatkan pakis haji, batu kerikil juga akan memberikan kesan yang indah pada tanaman ini. Jika kamu berencana membuat taman minimalis di dalam ruangan, pakis haji harus dijaga supaya tetap lembap dan terhindar dari debu.

Saat musim panas, pakis haji harus disiram sebanyak dua kali seminggu supaya tetap lembap. Sedangkan saat musim hujan atau musim dingin kamu tidak perlu menyiramnya terlalu sering. Karena pakis haji hanya membutuhkan tanah yang lembap bukan tanah yang terlalu basah.

2. Lidah Mertua

Lidah Mertua (Copy)

Tanaman yang populer sejak tahun 1950-an ini sampai sekarang masih digemari sebagai tanaman hias. Lidah mertua atau yang dikenal sebagai tanaman ular ini memiliki bentuk yang tegak dan warna yang beraneka ragam yang membuatnya ideal untuk taman minimalis.

Kemapuannya untuk mengatasi ruang yang panas dan cerah membuat lidah mertua sangat cocok untuk halaman modern seperti taman minimalis. Bahkan bagi kamu yang ingin memiliki taman minimalis di dalam rumah, lidah mertua dapat beradaptasi dengan baik. Tanaman lidah mertua memiliki ciri khas berawrna hijau tua dengan garis-garis dan bintik bintik kuning.

3. Rumput

Rumput (Copy)

Rumput juga bisa menampilkan kesan yang indah, segar, dan menarik untuk tanaman minimalis. Warna rumput yang hijau segar sangat kontras dengan warna dinding, pagar, dan struktur bangunan lainnya sehingga membuatnya terlihat cantik dan menjadi pusat perhatian.

Sebaiknya rumput ditanam dalam jumlah banyak untuk efek terbaik. Sebagian besar rumput lebih menyukai tanah yang kering dengan baik dan banyak sinar matahari.

4. Bambu

Bambu (Copy)

Untuk taman minimalis, pohon bambu adalah salah satu pohon paling baik ditanam dengan background polos supaya membuat batang dan daunnya yang indah dapat dinikmati sepenuhnya. Ada banyak spesies bambu yang berbeda, beberapa diantaranya memiliki batang berwarna kuning, merah, biru-hijau, bahkan hitam dengan berbagai ketinggian yang bisa dipilih.

Jika kamu tertarik dengan bambu, pilihlah bambu yang rumpun, bukan spesies yang dapat tumbuh menyebar tanpa batas dan tidak terkendali. Bambu dianggap sebagai tanaman eksotis di taman. Untuk penyiramannya, siram sampai dalam untuk mendorong akarnya supaya melindungi bambu dari kekeringan.

Sebaiknya jangan menyapu daun bambu yang terjatuh karena daunnya memiliki fungsi mengembalikan nutrisi penting ke tanah yang akan mendorong pertumbuhan bamboo dengan baik.

5. Pohon Kamboja

Pohon Kamboja (Copy)

Pohon kamboja atau Frangipani adalah tanaman yang memiliki bentuk elegan untuk melengkapi bangunann minimalis modern. Sehingga membuat tanaman yang satu ini cocok untuk memperindah taman minimalismu. Pohon kamboja memiliki aroma bunga saat musim panas.

Pohon ini membutuhkan lokasi dengan sinar matahari yang cukup untuk berbunga dengan baik. Pohon kecil ini memiliki penampilan tropis yang khas, dan salah satu warna favorit bunga kamboja adalah warna putih dengan pusat kuning yang cerah.

6. Kaktus

Kaktus (Copy)

Kaktus memiliki popularitas yang luar biasa dalam dunia taman. Bentuknya yang eksotis dan ikonik membuat kaktus menjadi salah satu tanaman yang cocok untuk taman minimalis. Kaktus sangat cocok untuk tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Walaupun berduri, kaktus memiliki beberapa spesies yang indah yang bisa kamu bisa pilih jenisnya sesuai selera. Untuk mempercantik taman minimalismu, kamu bisa memilih jenis kaktus seperti candelabra, claret cup yang memiliki bunga, golden ball, golden barrel, dan kaktus anggrek. Tanaman kaktus juga bisa kamu manfaatkan sebagai spot foto instagramable di rumah.

7. Pohon Aloe

Pohon Aloe (Copy)

Ketika kamu membaca kata aloe mungkin kamu akan berpikir tentang lidah buaya. Pohon ini memang memiliki bentuk daun seperti lidah buaya pada umumnya. Bentuk pohonnya yang ramping sangat cocok ditanam pada taman minimalis.

Kemampuannya mengatasi suhu tinggi membuat pohon ini ideal pada banyak lansekap keras dan karenanya memantulkan panas yang cukup. Untuk menonjolkan bentuk lidah buayanya, kamu bisa menambahkan lampu pada bagian bawah pohon supaya terlihat cantik dan menjadi daya tarik saat malam hari.

8. Pohon Maple Jepang

Pohon Maple Jepang (Copy)

Orang Jepang adalah pencetus pertama beberapa tanaman minimalis termasuk pohon maple. Pohon ini selalu menjadi idola tanaman untuk di taman. Daya tarik pohon maple Jepang adalah dedaunannya yang berwarna hijau terang dan indah dengan pola cabang yang anggun.

Ini adalah jenis pohon kecil yang ukurannya berkisar dari 5 meter hingga paling kecil 1 meter sehingga sangat coock untuk taman kecil atau ditanam di pot. Maple Jepang terlihat memukau saat diletakkan di depan dinding polos di mana warna cerahnya akan terlihat lebih menonjol.

9. Pohon Awan Topiary

Pohon Awan Topiary (Copy)

Pohon yang berbentuk seperti buntelan bulat ini paling sering kita lihat di taman formal seperti taman kerajaan. Pohon awan topiary ini juga sangat cocok ditanam di taman minimalis. Memiliki beragam bentuk yang unik dan lucu mulai dari bentuk bola simetris dan mengerucut.

Pohon ini biasanya dipangkas untuk membuat dibentuk sesuai keinginan. Tetapi akan lebih bagus jika dibiarkan tumbuh dengan bentuk alaminya menyerupai awan.

10. Pohon Bonsai

Pohon Bonsai (Copy)

Jika biasanya banyak orang yang menganggap bahwa tanaman bonsai adalah tanaman indoor, tapi ternyata tanaman bonsai juga cocok untuk tanaman outdoor. Bentuknya yang unik dan indah membuat bonsai banyak dipilih untuk menghiasi taman minimalis.

Untuk menanamnya di taman minimalis, sebaiknya posisikan bonsai tenggelam ke dalam tanah dan tempelkan papan kecil di atas untuk membuatnya berdirik tegak berbentuk T. Sehingga dapat mengontrol ketinggiannya, dan tumbuh dengan bentuk yang sesuai keinginan. Selain itu, bonsai juga memiliki beragam spesies yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Bagaimana? sudah tidak bingung lagi kan untuk menanam tumbuhan apa untuk tanaman minimalis? Apakah kamu sudah menanam salah satu tanaman seperti di atas? Silahkan berbagi pendapat atau beri tahu kami jika kamu punya saran tanaman lainnya untuk taman minimalis. Tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar