Bacaterus / Tanaman Hias / 7 Tanaman Ini Cocok untuk Mempercantik Pagar Rumah Kamu

Bacaterus / Tanaman Hias / 7 Tanaman Ini Cocok untuk Mempercantik Pagar Rumah Kamu

7 Tanaman Ini Cocok untuk Mempercantik Pagar Rumah Kamu

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Memiliki rumah dengan tampilan yang lebih menarik bisa kamu wujudkan mulai dari pagar rumah. Mengapa? Karena pagar adalah bagian dari rumah yang akan pertama kali menyambut tamu, jadi kamu perlu memberikan kesan yang menarik bagi rumah kamu. Salah satunya adalah menciptakan nuansa natural dengan memakai tumbuhan untuk pagar.

Tidak ada salahnya mulai sekarang kamu hunting beberapa pilihan tanaman. Namun, tidak semua jenis tumbuhan bisa kamu jadikan tanaman untuk pagar. Ada beberapa jenis tanaman untuk pagar yang tidak hanya bernuansa hijau, tapi dipercantik dengan bunga-bunganya. Berikut 7 tanaman untuk pagar yang bisa menjadi referensi kamu di bawah ini.

7 Tanaman untuk Pagar Rumah

1. Morning Glory

* sumber: pixabay.com

Sesuai dengan namanya, Morning Glory ini akan mekar dan mempercantik rumah kamu pada pagi hari. Saat sedang bermekaran, Morning Glory akan mengeluarkan aroma wangi yang khas. Bunga dari tanaman ini akan mekar setiap pagi. Jadi, selain mempercantik pagar, tanaman ini akan membuat pemandangan pagi hari kamu menjadi lebih berkesan.

Salah satu tanaman hias ini akan menjalar dengan baik, maka dari itu sangat cocok untuk memperindah pagar rumah kamu. Selain memiliki warna ungu yang cantik, tanaman ini juga memiliki daun tipis yang berbentuk seperti hati.

Tanaman yang satu ini cocok buat kamu yang tinggal di daerah tropis atau pun daerah yang dingin. Tanaman ini tumbuh dengan rimbun. Untuk perawatannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memberi pupuk setiap 2 – 2,5 bulan sekali dan menyiramnya setiap 5 – 7 hari sekali.

2. Bambu Hias

* sumber: pixabay.com

Tanaman yang satu ini bisa dengan mudah didapatkan di negara tropis seperti Indonesia. Tapi, tidak semua jenis bambu cocok digunakan untuk menghias pagar. Pilihlah jenis bambu yang berukuran kecil yang berwarna kehijauan atau kuning. Bambu hias populer digunakan sebagai pagar, dan akan memberikan kesan pagar tanaman yang sangat unik.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki rumah ala negeri tirai bambu, cocok banget menggunakan tanaman yang satu ini. Selain dikenal memiliki banyak manfaat, tanaman bambu ini sangat mudah tumbuh bahkan dengan pencahayaan yang minim. Selain berfungsi untuk mempercantik rumah dan memiliki sifat yang kokoh, bambu hias ini juga bisa membantu untuk meredam suara bising lho!

3. Alamanda

* sumber: www.pinterest.com

Tanaman yang satu ini memiliki bunga berbentuk lonceng berwarna kuning. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat dan cocok banget bagi Anda yang menyukai tanaman merambat dengan bunga yang cantik. Jumlah bunga Alamanda tidak sebanyak bugenvil atau clematis, namun kamu bisa memperbanyaknya dengan cara stek tanaman.

Tanaman Alamanda sangat cocok untuk dijadikan tanaman pagar karena membutuhkan ruang terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung, serta curah hujan yang cukup dan kelembapan yang tinggi. Cara merawat tanaman ini adalah memotongnya dan pastikan juga tidak ada daun gugur yang membusuk di dalam lebatnya tanaman ini.

4. Clematis

* sumber: www.pinterest.com

Tanaman cantik yang satu ini memiliki warna bunga yang sama dengan tanaman Morning Glory. Pada umumnya, bunga dari tanaman Clematis berwarna ungu yang lembut. Clematis merupakan salah satu jenis tanaman yang populer di kalangan penggemar tanaman untuk dekorasi rumah. Tanaman ini sangat fleksibel tumbuh di pagar atau di dinding.

Jika kamu ingin memiliki tanaman Clematis, disarankan untuk membeli tanaman yang berusia minimal dua tahun. Karena tanaman ini memerlukan beberapa tahun untuk tumbuh dewasa dan berbunga. Supaya bisa tumbuh subur, jangan lupa untuk menanam di tanah yang lembab atau kering.

5. Bugenvil

* sumber: garden.org

Bugenvil, tanaman yang memiliki bentuk daun yang tipis ini dikenal juga dengan sebutan bunga kertas. Tanaman ini memiliki beberapa warna yang cantik, seperti orange, merah, kuning, dan ungu. Kamu bisa mengkombinasikan warna-warna tersebut untuk mempercantik pagar rumah. Sebenarnya bagian yang berwarna tersebut merupakan daunnya.

Sedangkan bunganya berwarna putih yang ada di balik kelopak daun. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan bisa terus tumbuh tanpa harus disiram secara rutin. Perawatannya pun sangat mudah. Untuk mempertahankan keindahannya, kamu hanya perlu memangkas secara rutin batang bugenvil yang sudah mengeras.

6. Pakis

* sumber: pixabay.com

Pakis merupakan tanaman jenis paku-pakuan. Tanaman yang bisa kamu gunakan untuk menghias pagar adalah jenis pakis Boston. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik seperti tulang ikan. Maka dari itu, pakis sangat cocok untuk membuat pagar kamu terlihat unik. Untuk menghias atau membuat pagar alami, tanamlah dalam jumlah yang banyak.

Semakin banyak pakis yang tumbuh, maka akan menutupi rumah kamu dan memberikan kesan hijau natural bagi rumah idamanmu. Selain itu, pakis dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki estetika yang tinggi karena bentuknya yang indah dan sering digunakan sebagai tanaman hias. Selain berfungsi untuk menghias pagar rumah, tanaman ini juga bermanfaat untuk untuk mengendalikan serangan hama.

7. Pohon Willow

* sumber: tutuappvipdownload.org

Jika rumah kamu ingin terlindungi dari suara bising, debu dari jalan, atau untuk menjaga rumah kamu lebih tertutup, pohon willow merupakan pilihan yang ideal. Pohon willow merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh dengan mudah dalam kondisi tanah apapun. Sehingga tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan pagar rumah.

Selain memiliki bentuk yang menarik, tanaman jenis ini juga merupakan yang paling ekonomis. Merawat tanaman ini tidak akan menghabiskan waktu dan biaya yang banyak. Kamu hanya perlu memperhatikan tanaman ini dengan menyiramnya seminggu sekali. Jika sedang musim hujan, kamu hanya perlu menyiramnya setiap dua minggu sekali.

Dengan membuat tanaman untuk pagar, tentunya memiliki kelebihan sendiri bagi pemiliknya. Selain membuat suasana rumah lebih nyaman, tanaman tersebut juga akan menyejukkan bagi yang melihatnya, apalagi dengan tanaman yang memiliki bunga.

Cara Merawat Tanaman untuk Pagar

Letakkan Tanaman Pembersih Udara

Seperti tanaman lainnya, tanaman untuk pagar juga membutuhkan perawatan supaya tetap terjaga keindahannya. Yuk, simak ulasan berikut ini tentang cara merawat tanaman untuk pagar.

  • Berikan pupuk

Tidak hanya tanaman biasa yang memerlukan pupuk, tanaman untuk pagar juga perlu dirawat dengan menggunakan pupuk. Pemberian pupuk ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan mineralnya. Jadi, berikan pupuk pada tanaman pagar setiap bulan. Lalu, siram dengan air supaya pupuk bisa menyerap maksimal ke dalam akar tanaman.

  • Rutin membersihkan helai daun

Jangan lupa untuk memperhatikan tanaman pagar yang sudah rimbun. Bersihkan dari daun-daun yang sudah mengering atau membusuk supaya tidak membuat daun lainnya menjadi berjamur. Pangkaslah daun yang sudah sangat rimbun supaya menghindari risiko adanya sarang laba-laba yang bisa mengganggu kebersihan rumah.

Itulah beberapa jenis tanaman untuk pagar yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik halaman rumah. Jangan lupa untuk memilih tanaman pagar yang sesuai dengan konsep rumah kamu, ya.

Tidak hanya nilai estetikanya saja, memiliki tanaman untuk pagar juga sangat baik untuk kesehatan. Jadi sudah tahu, kan, tanaman mana yang akan dipilih untuk mempercantik pagar rumah kamu? Bagi kamu yang memiliki referensi tanamanan untuk pagar lainnya, silakan berbagi dengan kami di kolom komentar.

[sharethis-inline-buttons]
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar