Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Tanaman Rambat yang Berbunga Terus Sepanjang Waktu

10 Tanaman Rambat yang Berbunga Terus Sepanjang Waktu

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Tanaman rambat dapat membuat dinding atau kanopi rumah jadi terlihat lebih cantik. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada 2 jenis tanaman rambat, yakni yang berupa daun saja dan ada juga yang berbunga terus. Untuk membuat rumah jadi semakin indah dan semarak, Anda perlu menanam tanaman rambat yang berbunga terus.

Banyaknya jenis tanaman rambat yang dijual di pasaran tentu membuat Anda kebingungan saat harus memilihnya. Apalagi jika Anda bukan pecinta tanaman, tentu saja Anda tidak hafal dengan jenis-jenis tanaman rambat yang berbunga. Nah, dari pada pusing memikirkan jenis tanaman rambat apa yang hendak ditanam, pilih salah satu dari 10 tanaman rambat yang berbunga terus berikut ini.

10 Tanaman Rambat yang Berbunga Terus

1. Mandevilla

Mandevilla Tanaman Rambat yang Berbunga Terus

Jika Anda mencari tanaman rambat yang berbunga harum, Bacaterus menyarankan Anda untuk menanam Mandevilla. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah, pink dan putih. Mandevilla biasa ditanam agar merambat di pagar besi.

Keuntungan menanam Mandevilla adalah tanaman ini sangat menyukai sinar matahari. Semakin banyak tanaman ini terpapar sinar matahari, maka semakin banyak pula bunga yang tumbuh.

Selain itu, akar-akar tanaman ini juga terlihat lemas sehingga dapat melilit di pagar besi dengan sempurna. Namun, perlu Anda ketahui bahwa Mandevilla sangat rentan terhadap nematoda tanah, sehingga sebaiknya media tanamnya diganti dengan arang kelapa.

2. Flame of Irian

Flame of Irian

Sesuai dengan namanya, Flame of Irian adalah tanaman rambat yang berbunga terus dari Papua. Tumbuhan ini masih sangat jarang dijumpai di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Meskipun demikian, Flame of Irian adalah tanaman yang cocok dengan iklim tropis sehingga bisa ditanam di seluruh wilayah Indonesia.

Flame of Irian adalah tanaman rambat yang cocok untuk kanopi. Pasalnya, bunga-bunga yang tumbuh dari tanaman ini nampak seperti menggantung ke bawah. Bentuk bunga Flame of Irian nampak seperti susunan kuku dan bunganya sendiri berwarna jingga. Bunga dari tumbuhan ini tumbuh dan hidup sepanjang tahun sehingga kanopi Anda juga akan terlihat cantik setiap hari.

3. Petrea Volubilis

Petrea Volubilis

Selain dikenal dengan nama Petrea Volubilis, tanaman ini juga dikenal dengan nama Petrea Biru, Blue Bird Vine, Purple Vine, dan Queen’s Wreath. Ini adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah, tetapi bisa tumbuh dengan subur di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Sekilas bunga tanaman ini nampak seperti lavender karena sama-sama berwarna ungu dan mekar di sepanjang batangnya. Uniknya, sebelum bunga tersebut gugur, bunga Petrea Volubilis akan mengalami perubahan warna dari unguh cerah lalu memucat dan lama-lama menjadi warna hijau lalu gugur. Petrea Volubilis sangat cocok ditanam agar merambat di dinding atau pagar.

4. Dipladenia

Dipladenia

Jika Anda ingin sebuah tanaman rambat yang berbunga terus dan memiliki warna yang cantik, Dipladenia adalah pilihan yang tepat. Tanaman ini masih satu keluarga dengan Mandevilla. Akan tetapi, ukuran daun Dipladenia lebih kecil jika dibandingkan dengan daun Mandevilla.

Dipladea sekilas mirip dengan Adenium dan warna bunganya pun berwarna merah cerah. Tempatkan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari agar bunganya bisa tumbuh subur. Anda dapat menanam Dipladenia agar merambat di tiang maupun dinding.

5. Morning Glory

Morning Glory

Yang satu ini adalah tanaman rambat berbunga yang paling populer, yakni Morning Glory. Ciri dari tanaman ini adalah bunganya berwarna ungu dan batangnya enteng tapi tetap keras. Bunga Morning Glory akan berwarna ungu jika tanaman ini memperoleh sinar matahari yang cukup. Namun, jika tanaman ini kekurangan sinar matahari maka warna kelopak bunganya menjadi biru

Morning Glory banyak ditanam di Indonesia karena dapat bertahan hidup di negara beriklim tropis. Tanaman ini bisa merambat di atap maupun dinding, bahkan bisa menjadi tanaman untuk peneduh karena Morning Glory bisa tumbuh dengan sangat rimbun. Perawatan tanaman ini cukup mudah, yakni hanya memerlukan pemupukan 2-2,5 bulan sekali dan penyiraman setiap 5-7 hari sekali.

6. Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin atau yang dikenal juga dengan nama Antigonon Leptopus adalah tanaman rambat yang sangat familiar di Indonesia. Perawatan yang mudah dan daya tahan yang sangat kuat membuat tanaman ini banyak ditanam oleh masyarakat di Indonesia.

Mahkota bunganya berwarna pink dan terselip beberapa kelopak bunga berwarna putih. Kombinasi dua warna yang dihasilkan Air Mata Pengantin ini membuatnya jadi favorit. Anda dapat menanam tumbuhan ini untuk kanopi atau atap sehingga tampilan tempat tinggal Anda jadi lebih cantik dan asri.

7. Bugenvil

Bugenvil

* sumber: agwingallery.blogspot.co.id

Berbicara mengenai tanaman rambat yang berbunga terus dan cukup mainstream di Indonesia, Anda pasti tidak akan melewatkan tumbuhan bugenvil. Bunga yang kelopaknya setipis kertas ini memang sangat populer di Indonesia. Pasalnya, bugenvil dapat bertahan tanpa perlu disiram air setiap hari.

Tak perlu diragukan lagi, bunga dari bugenvil ini akan terus tumbuh sepanjang tahun. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa kelopak yang berwarna ungu atau merah yang selama ini kita kira sebagai kelopak bunga sebenarnya adalah bagian dari daun. Bunga bugenvil yang sebenarnya adalah bunga putih yang berada di balik selundung kelopak daun berwarna itu.

8. White Clematis

White Clementis

Apabila Anda tinggal di dataran tinggi yang cenderung memiliki suhu udara yang sejuk, maka Anda dapat menanam White Clematis di dinding atau pagar rumah Anda. Bunga ini memang bisa bertahan hidup di tempat yang suhu udaranya lebih rendah.

Tipikal bunga White Clematis mirip dengan melati. Hanya saja, sekali berbunga, tanaman ini menghasilkan bunga yang sangat banyak dan tak terhitung jumlahnya. Di samping itu, White Clematis juga mengeluarkan aroma yang harum dan menenangkan.

9. Alamanda

Alamanda

Bunga dengan kelopak berwarna kuning ini juga sangat sering dijumpai di Indonesia. Alamanda adalah tanaman rambat yang dapat berbunga terus menerus, meskipun jumlah bunga yang dihasilkan tidak sebanyak Bugenvil dan White Clementis.

Tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi pagar rumah Anda. Bahkan, seluruh pagar akan tertutup dengan Alamanda yang sangat rimbun sehingga bentuk asli dari pagar Anda tidak terlihat lagi.

10. Soapwort

Soapwort

Suka tanaman rambat yang bunganya banyak dan terus menerus tumbuh dengan cepat? Soapwort adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, tanaman ini akan menghasilkan bunga-bunga kecil berwarna pink dengan sangat banyak.

Walaupun bunganya tidak menghasilkan aroma harum yang semerbak, tetapi tampilan bunga Soapwort ini dapat menghiasi pagar maupun dinding rumah Anda. Selain itu, Soapwort juga disukai karena bisa tumbuh dengan mudah tanpa memerlukan perawatan khusus.

Ide 10 tanaman rambat yang berbunga terus ini bisa bantu mempercantik rumah Anda. Tanaman rambat ini memang sangat cocok ditanam di ruang terbuka, seperti di atap, kanopi, maupun dinding luar rumah. Jika Anda ingin menambahkan ide mengenai tanaman rambat berbunga lainnya, silakan tulis ide Anda di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment