Bacaterus / Pembersih Udara / 10 Tanaman Penyerap Bau Busuk dan Polusi Paling Ampuh

10 Tanaman Penyerap Bau Busuk dan Polusi Paling Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Meskipun terlihat bersih, udara di sekitar kita ternyata mengandung polutan yang tak kasat mata. Bahkan, terkadang udara yang kita hirup tercemar oleh bau busuk yang berasal dari toilet, saluran pembuangan, atau limbah pabrik (jika Anda tinggal di kawasan industri). Walaupun sudah menggunakan pengharum ruangan, tapi bau busuknya tetap saja tidak kunjung hilang.

Solusi untuk mengatasi bau busuk di ruangan adalah menanam tanaman penyerap bau busuk. Tak hanya mampu menyerap bau busuk, tanaman yang direkomendasikan oleh Bacaterus ini dapat menyerap polusi yang mencemari udara di sekitar Anda. Yuk, cari tahu jenis tanamannya dan segera letakkan di tempat tinggal Anda.

10 Tanaman Penyerap Bau Busuk

1. Lidah Mertua (Sansevieria)

Lidah Mertua Tanaman Penyerap Bau Busuk

Tanaman penyerap bau busuk yang pertama adalah lidah mertua atau sansevieria. Jenis tanaman ini cukup mainstream karena bisa kita jumpai di rumah, gedung, maupun restoran. Bukan sekedar penghias ruangan, tanaman yang perawatannya sangat mudah ini ternyata dapat menyedot bau busuk yang ada di sekitarnya.

Lidah mertua dapat menyerap benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan xylene yang terkandung dalam udara. Alhasil, bukan hanya menyerap baunya saja, tetapi lidah mertua dapat menyerap racun-racun tak kasat mata yang terkandung di udara.

Bagi pemula atau Anda yang awam soal tanaman, lidah mertua adalah pilihan yang tepat untuk menyegarkan udara di ruangan. Pasalnya, perawatan tanaman ini sangat mudah karena Anda hanya perlu menyiramnya sebulan sekali saja. Tanaman ini juga sangat cocok untuk menghias teras rumah.

2. Peace Lily

Peace Lily

Pesona peace lily memang sangat mengagumkan. Tanaman dengan bunganya yang berwarna putih bersih ini akan menghiasi setiap sudut ruangan di rumah Anda. Menariknya, peace lily juga dapat menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan karena aroma bunganya yang sangat wangi.

Manfaat lain yang ditawarkan dari peace lily adalah kemampuannya yang dapat menetralisir udara dari benzena, senyawa berbahaya yang terdapat pada asap rokok dan kendaraan bermotor. Bahkan, peace lily juga dapat menyerap aroma-aroma yang kuat dari alkohol, aseton, dan formalin.

3. Suji

Suji

Tanaman suji atau yang memiliki nama ilmiah dracaena adalah jenis tanaman penyerap bau busuk yang bisa ditanam di pekarangan rumah atau di dalam pot. Tanaman ini dapat menetralisir bau tak sedap di rumah, apalagi jika Anda menempatkan tanaman ini di dekat septic tank rumah Anda. Pasti aroma busuk yang keluar dari septic tank dapat diredam dengan tanaman ini.

Namun, suji ini merupakan tanaman yang sedikit beracun bagi kucing maupun anjing. Jadi, jika Anda memelihara kucing atau anjing di rumah, sebaiknya pikirkan kembali bila ingin menanam tanaman suji di rumah.

4. Geranium

Geranium

Ada bau tak sedap di rumah Anda? Yuk, segera tanam geranium. Tanaman yang satu ini memang terkenal dengan kemampuannya untuk menyerap bau busuk, membasmi bakteri, dan menyingkirkan ngengat. Kandungan minyak esensial di dalam bunga geranium inilah yang dapat menyerap bau busuk dan menebarkan aroma harum di ruangan.

Menanam geranium di dalam rumah tidak hanya sekedar untuk mengatasi bau busuk, tetapi bisa juga menjadi aromatherapy alami yang menenangkan. Bila ingin tidur lebih nyenyak, Anda bisa meletakkan pot bunga geranium di kamar. Dijamin, aromanya bisa bikin tidur Anda jadi lebih nyenyak.

5. Palem Waregu

Palem Waregu

Ada banyak jenis tanaman palem, tetapi jenis palem yang tergolong tanaman penyerap bau busuk adalah palem waregu. Tanaman eksotis dengan daun yang menyerupai jari ini dapat tumbuh dengan subur meskipun tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Yang paling penting, palem waregu dapat meredam bau busuk yang menyengat.

Palem waregu juga dapat menyerap polutan sejenis amonia, formaldehyde, xylene, dan toulene. Tanaman yang satu ini mungkin tidak terlalu mainstream, tapi Anda bisa mendapatkan tanaman ini dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Sirih Gading

Sirih Gading

Satu lagi tanaman yang dapat meredam bau tak sedap di sekitar Anda, yakni sirih gading. Jenis tanaman ini memang sudah cukup terkenal di Indonesia. Sirih gading juga sering dijumpai di teras-teras rumah sebagai tanaman gantung.

Alasan mengapa sirih gading sebaiknya ditanam di pot gantung adalah, karena tanaman ini dapat tumbuh merambat dengan cepat. Daun-daunnya yang menjulur keluar dari pot akan menjadi keindahan tersendiri.

Kemampuan sirih gading dalam menyerap bau busuk memang tak perlu diragukan lagi. Tanaman sederhana ini juga dapat menghilangkan benzena dan karbon monoksida di udara. Tanamlah sirih gading jika tempat tinggal Anda dekat dengan pabrik karena tanaman ini dapat menyerap polutan dari limbah pembuangan pabrik.

7. Melati

Melati

* sumber: www.satuharapan.com

Siapa yang tak kenal dengan bunga melati? Bunga yang satu ini memang sangat bermanfaat karena bisa diolah menjadi teh, pengharum ruangan, sampai dengan dimanfaatkan menjadi aksesoris pengantin tradisional. Aroma melati yang harum dan kuat ternyata bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bau busuk.

Bunga melati yang sedang bermekaran akan memancarkan aroma yang sangat harum. Keharuman melati dapat tercium hingga radius 3 meter. Jika Anda ingin menghilangkan bau busuk dari septic tank atau saluran pembuangan di depan rumah, tanamlah melati di pekarangan rumah Anda.

8. Sri Rejeki

Sri Rejeki

“Menanam sri rejeki bisa membuat banyak rejeki, lho!” Pernah mendengar mitos ini? Konon, jika Anda menanam tanaman sri rejeki maka Anda bisa lebih mudah mendapat rejeki. Namun, hal itu hanya mitos belaka. Anda boleh percaya, boleh juga tidak.

Di balik mitos sri rejeki yang dapat mendatangkan rejeki, tanaman ini memiliki fakta yang memang terbukti kebenarannya. Tanaman ini dapat menjadi penyerap polutan dan bau tak sedap dari udara di sekitarnya. Menariknya, sri rejeki digadang-gadang dapat menggantikan peran air purifier di rumah Anda.

9. Lavender

Lavender

Bunga berwarna ungu ini memang terkenal dengan aromanya yang khas dan cukup kuat. Lavender adalah bunga yang dapat menyerap bau busuk dan menggantikannya dengan aroma yang sangat harum.

Manfaat lavender untuk mengharumkan ruangan sekaligus menyerap bau busuk ini membuat tanaman tersebut jadi banyak ditanam di dalam ruangan. Namun, Anda harus sering-sering menjemurnya di bawah sinar matahari karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari untuk tetap hidup.

10. Mawar

Mawar

Bunga yang menjadi simbol kasih sayang ini memang terkenal dengan keharumannya yang luar biasa. Keharuman bunga mawar dapat menggantikan bau busuk di ruangan sehingga udara di dalam ruangan jadi lebih segar dan layak untuk dihirup.

Selain harum, kecantikan bunga mawar juga dapat menghias ruangan Anda. Akan tetapi, bunga mawar termasuk tanaman yang perawatannya cukup sulit jika Anda ingin menanamnya di dalam ruangan. Anda harus menyiraminya beberapa hari sekali, menjemurnya di bawah sinar matahari, dan memberi pupuk secukupnya untuk membuatnya tetap hidup.

Itulah 10 tanaman penyerap bau busuk dan polutan yang paling ampuh. Baca juga artikel cara membersihkan udara di rumah jika Anda menginginkan udara yang lebih segar di dalam rumah. Punya rekomendasi tanaman lain yang dapat menyerap bau busuk? Tinggalkan rekomendasi Anda di kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. tanaman yang sangat indah dan berguna

  2. Subhanallah

    Alloh maha pencipta yang luar biasa

    Kita manusia tinggal mencari ilmu nya dan memanfaatkannya….

    Jajakallohu Khoir baca terus untuk ilmunya…

    1. Hai Dede, terima kasih. Kami turut senang bisa memberi informasi yang bermanfaat ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *