Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Alami yang Paling Ampuh

10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Alami yang Paling Ampuh

Di musim penghujan seperti sekarang ini, nyamuk merupakan salah satu hal yang patut dihindari. Pasalnya, nyamuk seringkali membawa berbagai macam penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan lainnya. Terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyingkirkan nyamuk dari rumah, salah satunya adalah dengan tanaman pengusir nyamuk.

Ya, terdapat banyak jenis tanaman yang terbukti dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak jaman dahulu, jauh sebelum adanya obat nyamuk. Mereka biasanya menanamnya di sekitar rumah atau menggosokkan daunnya ke tubuh mereka.

Penggunaan tanaman anti nyamuk juga lebih sehat untuk keluarga kita. Pasalnya obat nyamuk yang beredar saat ini mengandung bahan kimia yang berbahaya jika sampai tertelan. Nah jika Anda sudah penasaran apa saja tumbuhan pengusir nyamuk tersebut, berikut daftar lengkapnya.

10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Alami yang Paling Ampuh

1. Lavender

Lavender

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga Lavender. Tanaman hias pengusir nyamuk ini memang sudah banyak tampil dalam iklan lotion anti nyamuk di televisi. Maka dari itu tidak heran jika bunga Lavender selalu diidentikan dengan bunga pengusir nyamuk.

Bunga lavender sendiri berasal dari kawasan pegunungan Alpen di Swiss. Bunga ini memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetate yang aromanya sangat tidak disukai oleh nyamuk. Konon gerombolan nyamuk akan langsung pergi ketika mencium aromanya karena merasa pusing.

Bunga ini biasanya dijadikan sebagai lotion anti nyamuk dengan cara menyulingnya terlebih dahulu. Namun Anda juga dapat menggunakannya secara langsung dengan cara menggosokkan bunganya ke area kulit yang terbuka. Cara ini sangat cocok dilakukan ketika Anda akan bepergian.

Sedangkan untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah, maka Anda cukup menanamnya di dalam sebuah pot saja. Selain aromanya yang wangi, warna bunganya yang cantik juga dapat memperindah tampilan pekarangan rumah Anda.

2. Geranium

tanaman pengusir nyamuk geranium

Tanaman untuk mengusir nyamuk yang selanjutnya adalah Geranium. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini juga dikenal dengan nama Tapak Dara. Tanaman ini dipercaya mampu mengusir nyamuk berkat kandungan zat geraniol dan sitronelol.

Kedua zat tersebut dapat dengan mudah terbawa angin sehingga membuat semerbak wilayah sekitarnya. Geranium juga merupakan salah tanaman pengusir nyamuk indoor karena aromanya dapat memenuhi ruangan dengan cepat. Namun ingat, tempatkan bunga ini di dekat jendela atau di tempat yang mudah terkena angin agar aromanya dapat menyebar dengan cepat.

3. Rosemary

Rosemary

Rosemary merupakan bunga yang memiliki aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Seperti kita ketahui, kedua minyak tersebut sering dioleskan pada bayi karena aromanya dapat mencegah gigitan nyamuk. Nah dengan aroma yang sama tersebut, maka bunga Rosemary juga ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk.

Bunga Rosemary ini dapat ditanam langsung di tanah ataupun di pot. Namun pastikan agar selalu mendapatkan cahaya matahari serta air yang cukup agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik. Selain bunganya, Anda juga dapat menggosokkan daunnya ke kulit agar terhindar dari gigitan nyamuk ketika pergi keluar rumah.

4. Zodia

Zodia

Bagi orang Papua, tanaman Zodia pasti sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Ya, orang Papua biasanya mengambil daun Zodia dan menggosokannya ke tubuh mereka sebelum berburu ke dalam hutan. Pasalnya, aroma dari dau Zodia ini terbukti dapat melindungi mereka dari gigitan serangga dan nyamuk.

Zodia sendiri merupakan daun pengusir nyamuk yang memiliki kandungan Evodiamine dan Rutaecarpine. Keduanya merupakan zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga. Selain digosokkan ke kulit, tanaman asli Indonesia ini juga dapat ditanam di dalam pot agar aromanya dapat terbawa oleh hembusan angin.

5. Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak jika tumbuhan ini ada sangkut pautnya dengan nyamuk. Ya, Citrosa Mosquito merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik karena mampu mengeluarkan aroma lemon yang sangat kuat. Selain nyamuk, berbagai macam serangga juga tidak suka dengan aroma yang dikeluarkannya tersebut.

Citrosa Mosquito sendiri berasal dari negara Belanda. Cara menanam tumbuhan ini juga cukup mudah, yakni hanya dengan menyiram dan memberinya sinar matahari secara teratur. Sayangnya tumbuhan ini masih jarang di Indonesia karena harus diimpor dari negara asalnya tersebut.

6. Serai Wangi

Serai Wangi

Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan di indonesia. Selain untuk penyedap masakan, serai juga ternyata dapat mengusir nyamuk. Pasalnya, tanaman ini memiliki zat Geraniol dan Sitronelal yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Namun serai bukanlah tanaman yang cocok untuk ditanam di pot. Ya, serai biasanya tumbuh dengan subur di pekarangan rumah atau di kebun-kebun. Serai juga dapat tumbuh sendiri tanpa perawatan khusus karena memang sudah sangat cocok dengan iklim di Indonesia.

7. Akar Wangi

akar wangi

Sama halnya seperti Serai, Akar Wangi juga bukan tanaman pengusir nyamuk yang cocok untuk ditanam di pot. Tanaman yang termasuk dalam jenis rumput-rumputan ini biasanya tumbuh dengan liar di area pekarangan rumah seperti rumput lainnya.

Konon katanya Akar Wangi ini memiliki bau yang sangat menyengat sehingga membuat nyamuk pergi ketika menciumnya. Akar Wangi juga dipercaya sebagai tumbuhan pencegah demam berdarah (DBD) karena nyamuk Aedes Aegypti tidak suka dengan aromanya.

8. Kecombrang

Kecombrang

Kecombrang merupakan bunga yang cukup populer di indonesia. Tumbuhan yang memiliki nama latin Etlingera eliator memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja kantan atau honje di daerah Sunda serta kincung di daerah Medan.

Bunga, biji, serta buah kecombrang ini sebenarnya lebih banyak digunakan sebagai rempah pelengkap masakan seperti sambel, pepes, dan lainnya. Namun bunga kecombrang juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara menanamnya di pekarangan rumah. Warnanya yang bagus juga menjadikannya cocok disandingkan dengan tanaman hias yang lainnya.

9. Mintrosa Of Lady Diana

Mintrosa Of Lady Diana

Entah apa kaitan tumbuhan ini dengan mantan istri Pangeran Charles. Namun yang jelas, Mintrosa Of Lady Diana sangat  efektif untuk mengusir nyamuk. Tanaman yang berasal dari belanda ini memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga nyamuk enggan mendekatinya. Namun sama seperti Citrosa Mosquito, tanaman ini juga masih sulit ditemukan di indonesia.

10. Selasih

Selasih

Selasih merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan di indonesia. Selasih banyak digunakan sebagai bumbu masak atau lalapan. Namun tidak hanya itu, selasih juga ternyata dapat mengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. Tanaman selasih biasanya tumbuh liar di pekarangan tanpa perlu adanya perawatan khusus.

Tanaman Pengusir Nyamuk Lainnya

Selain 10 tanaman di atas, masih ada beberapa tanaman lagi yang dipercaya mampu mengusir nyamuk. Berbagai tanaman ini bisa Anda jadikan alternatif jika kesulitan menemukan tanaman di atas. Apa sajakah itu? berikut daftarnya.

Topik Terkait: ,

Artikel Terkait

About the Author:

Hobi membaca dan menulis segala sesuatu tentang olahraga, teknologi, makanan, hingga hal-hal berbau mistis. Saat ini menjadi penulis dan CEO di Bacaterus.com dan Carisinyal.com.

Leave A Comment