Bacaterus / Membasmi Hama / Ini Dia 10 Jenis Tanaman yang Ampuh Mengusir Lalat

Ini Dia 10 Jenis Tanaman yang Ampuh Mengusir Lalat

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2019

Apakah kamu sering diserang serangga, seperti lalat, saat sedang di luar atau di dalam rumah? Rasanya mengganggu bukan ketika kamu ini menikmati kegiatan di luar tetapi dihinggapi oleh hewan-hewan kecil itu. Atau juga ketika kamu menikmati makanan kemudian makananmu dihinggapi lalat rasanya kesal karena selain jijik bisa juga menyebabkan penyakit.

Jika itu masalah yang kamu hadapi, tak perlu khawatir. Kamu cukup menanam 10 tanaman berikut. Mengapa menanam tanaman menjadi solusinya? Karena tanaman-tanaman ini ampuh dalam mengusir lalat dan serangga lainnya. Apa sajakah tanaman tersebut? Cek daftar tanaman yang telah dikumpulkan Bacaterus di bawah ini.

1. Bay Leaf

Bay Leaf

* sumber: www.savoryspiceshop.com

Bay leaf berbeda dengan daun salam. Kedua tanaman ini berasal dari spesies dan famili yang berbeda. Tanaman ini dapat ditanam di luar musim panas tapi ketika musim dingin, bay leaf harus dimasukkan di dalam ruangan. Jika kamu tidak menanam tanaman ini, cukup pergi ke toko dan membeli bay leaf kering.

Kebanyakan produk sereal tidak akan mengalami masalah ketika disimpan selama berbulan-bulan dengan bay leaf yang berfungsi untuk melindunginya. Ngengat, kecoak, dan tikus  akan menyingkir jika kamu sebarkan beberapa helai daun di rak dapur. Tampaknya lalat juga membenci bau bay leaf. Siapa yang tahu ternyata lalat memiliki saraf penciuman yang sensitif.

2. Marigold

Marigold

* sumber: www.gardendesign.com

Kalau kamu ingin mengusir lalat putih dari rumahmu, cobalah menanam beberapa marigold di dalam ruangan. Walaupun tumbuhan ini berfungsi lebih baik sebagai tanaman luar, kamu bisa mencoba menamam satu atau dua marigold dalam pot di dalam rumah dan berikan cukup cahaya. Selain cahaya, tanaman ini juga menyukai suhu yang hangat.

Bahkan jika rumah kamu tidak pernah disinggahi  lalat putih, aroma marigold juga dapat mengusir beragam serangga lainnya. Selain itu, ekstrak dari Calendula Officinalis atau “pot marigold” yang merupakan keluarga marigold berguna untuk mengatasi eksim dan infeksi kulit. Dan bunganya yang telah dikeringkan dapat dibuat teh untuk menenangkan perut yang mengalami gangguan.

3. Lavender

Lavender

* sumber: www.gardendesign.com

Apakah kamu tahu jika lavender sangat ampuh digunakan untuk mengusir kutu, ngengat, lalat dan nyamuk? Lavender telah digunakan selama berabad-abad sebagai penambah aroma -aroma manis yang menyenangkan di laci pakaian dan rumah. Walaupun manusia menyukai aroma lavender, ternyata bagi lalat, nyamuk dan serangga aroma itu tidak menyenangkan dan mereka membencinya.

Untuk membantu menjaga lalat masuk ke dalam rumah, tempatkan karangan bunga lavender di rumahmu. Tumbuhan ini harus ditanam di tempat yang cerah di taman. Bisa juga ditanam di dekat pintu masuk ke rumah untuk membantu menjaga daerah tersebut bebas dari hama. Kamu juga bisa menggunakan minyak lavender untuk pengusir nyamuk.

Selain dapat dioleskan di kulit yang terpapar ketika berada teras atau kebun, tanaman ini juga memiliki manfaat tambahan. Minyak lavender memberi nutrisi pada kulit dan memiliki efek menenangkan yang membuat cepat tidur.

4. Tansy

Tansy

* sumber: www.floralencounters.com

Tansy adalah tanaman cantik dan mudah untuk ditanam. Daun Tansy yang kering maupun segar dapat digunakan dalam sebagai bahan semprotan yang ampuh. Namun daun kering akan lebih baik digunakan untuk semprotan karena membuat penolak yang lebih kuat disebabkan minyak akan lebih terkonsentrasi.

Pembuatan semprotan ini cukup mudah. Rendam daunnya dalam air panas sebelum didinginkan dan disaring untuk dimasukkan ke dalam botol semprot. Bisa juga ditambahkan penolak lalat lainnya, seperti lavender ke dalamnya.  Tansy paling baik digunakan dengan mengekstraksi minyak dan mengubahnya menjadi semprotan yang dapat digunakan pada tubuhmu atau di daerah tempatmu tinggal.

Kamu bisa menyemprotkan tansy di sepanjang kusen pintu atau kusen jendela yang menjadi jalan masuk bagi lalat. Perlu diketahui bahwa tanaman ini bisa beracun jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Ada laporan tentang ternak jatuh sakit dan bahkan mati sesudah memakan tanaman dalam jumlah besar. Pastikan untuk menanam tansy di dalam wadah karena tansy mereproduksi melalui akarnya.

5. Basil

Basil

* sumber: www.consumerreports.org

Tanaman basil yang sehat akan terlihat bagus ditempatkan di jendela dapur yang cerah dan memberikan aroma yang enak ke dalam ruangan disamping dapat mengusir lalat liar. Selain cahaya langsung, tanaman basil perlu disiram secara teratur, sedikit semprotan air dari botol semprot yang dilakukan sesekali tidak akan berbahaya bagi tanaman ini.

Tumbuhan ini tidak rewel dan jika tanah di atasnya mengering, hal itu tidak akan menjadi bermasalah. Sebagai tanaman tahunan, basil akan menghasilkan tangkai bunga kecil di akhir musim panas sehingga bijinya dapat diambil. Untuk membuat basil hidup lebih lama, potong bunga segera sesudah tumbuhan ini mulai berkembang.

Basil memiliki beberapa varietas dan banyak aroma unik seperti kayu manis, lemon dan licorice. Tiap varietas akan berfungsi untuk pengendalian serangga. Selain itu, daun basil segar dapat juga digunakan dalam masakan.

6. Daun Mint

Daun Mint

Karena tanaman mint dapat tumbuh cukup besar, kamu akan membutuhkan pot berukuran besar. Tanaman ini juga membutuhkan banyak ruang yang disinari sinar matahari, baik langsung ataupun tidak langsung. Momen yang terbaik bagi daun mint adalah di pagi hari yang cerah dan kemudian saat cahaya mulai berkurang di sisa hari itu.

Agar tanahnya tempat tumbuh mint tidak kering, beri air yang cukup. Usahakan untuk sering memangkas tanaman mint atau tanaman ini akan tumbuh lebih cepat melebihi tempatnya. Saat memilih mint untuk tanaman hias, pilih satu jenis dengan aroma terkuat. Spearmint adalah pilihan yang bagus.

7. Rosemary

Rosemary

* sumber: www.hooksgreenherbs.com

Meskipun tumbuhan bunga ini umumnya ditanam untuk digunakan dalam masakan, rosemary sebenarnya dapat mengusir lalat dan nyamuk.

Rosemary juga memiliki aroma menyengat yang manjur untuk digunakan sebagai alat pengusir serangga lain, termasuk ngengat kubis. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam cuaca kering yang panas, dan tumbuh subur dalam wadah, sehingga kamu dapat mengaturnya di berbagai tempat di sekitar taman.

8. Pennyroyal

Pennyroyal

* sumber: the-toast.net

Selain sebagai tanaman hias, pennyroyal dapat digunakan sebagai tanaman pengusir hewan kecil. Menggosok potongan segar pennyroyal pada  baju dapat memberikan minyak aromatik pada pakaian dan topi dan telah terbukti sangat efektif.

Pennyroyal juga bisa sangat membantu dalam hal pencegahan serangga yang menyerang sayuran. Dengan menanam tanaman ini di bawah dan di sekitar tanaman, kamu sudah memiliki insektisida alami untuk membantu menjaga tumbuhan bebas dari hama.

9. Citronella

Citronella

Tanaman ini sejenis tanaman serai yang dikenal sebagai pengusir nyamuk. Citronella juga bisa digunakan untuk membantu mengusir jenis lalat lainnya juga. Kamu mungkin sedikit kesulitan mendapatkan tanaman ini karena bukan termasuk ke dalam tanaman hias. Citronella juga sering diberi label yang salah sehingga membuat kamu susah untuk mendapatkan tanaman ini.

Citronella yang benar akan mempunyai daun yang panjang serta terlihat seperti pot rumput. Jika kamu mendapati citronella dengan daun yang menyerupai peterseli, itu adalah geranium beraroma yang juga agak aromatik walaupun tidak sekuat citronella yang asli. Citronella memerlukan tempat yang banyak cahaya dan suhu hangat yang konstan.

10. Apsintus

Apsintus

* sumber: indodjaya.blogspot.com

Dikenal sebagai wormwood dalam bahasa Inggris, apsintus mudah tumbuh dan bermanfaat bagi kebunmu. Daun wormwood memiliki kandungan partikel resin yang dapat digunakan sebagai insektisida alami. Saat apsintus segar digosokkan pada lengan atau pakaian, tanaman itu akan membantu untuk mengusir lalat. Bisa juga dikeringkan dan diikat untuk ditempatkan di pintu, lemari, dan lain-lain.

Wormwood telah digunakan selama lebih dari 3000 tahun untuk kebutuhan pengobatan. Tanaman ini juga digunakan sebagai penyedap yang populer untuk minuman tertentu. Namun di beberapa negara dilarang penggunaannya sebagai minuman karena sifatnya yang kuat dan efek samping negatif ketika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Meskipun banyak kegunaannya, apsintus harus diperhatikan penggunaannya kecuali untuk penggunaan di kulit yang tak memerlukan perhatian khusus. Jika menggunakan tanaman ini selain untuk penggunaan di kulit, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping.

Kesepuluh tanaman tadi bisa menjadi senjata ampuh bagimu untuk terhindar dari lalat dan serangga lain. Beberapa dari tanaman tersebut, sangat mudah ditanam dan ditemukan di penjual-penjual tanaman. Apakah kamu tertarik untuk mencoba pengusir lalat alami ini? Temukan juga cara lain mengusir lalat dalam artikel cara mengusir lalat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *