Bacaterus / Pembersih Udara / 10 Tanaman Pembersih Udara yang Cocok untuk Menghias Rumah

10 Tanaman Pembersih Udara yang Cocok untuk Menghias Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tanaman hias dapat mempercantik teras maupun ruangan di rumah Anda. Akan tetapi, beberapa jenis tanaman hias memiliki kemampuan yang tidak terduga, yakni dapat menjadi pembersih udara yang alami. Bahkan, keberadaan tanaman pembersih udara ini dapat menjadi pengganti air purifier yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan, lho.

Sebagian besar tumbuhan memang dapat menghasilkan oksigen. Namun, 10 tanaman pembersih udara ini dapat menghasilkan oksigen lebih banyak atau setidaknya menyerap debu dan kotoran yang ada di sekitarnya.

Bacaterus telah merangkum informasinya dalam 10 daftar tanaman penyerap debu dan polusi sehingga dapat menghasilkan udara yang lebih sehat. Tanaman yang kami rekomendasikan ini bisa sebagai tanaman outdoor, indoor, atau pun untuk tanaman ruangan tertutup.

1. Krisan (Chrysanthemum)

Krisan (Chrysanthemum) Tanaman Pembersih Udara

Bunga cantik nan rupawan ini merupakan salah satu tanaman pembersih udara yang sangat menarik untuk menghiasi rumah. Bagaimana tidak, bunga krisan memiliki warna-warna yang colorful, mulai dari kuning, putih, ungu, jingga, sampai dengan pink.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA, krisan merupakan tanaman yang dapat membersihkan udara karena memiliki kemampuan untuk menyerap amonia, benzena, formalin, dan xylene yang terdapat pada udara yang berada di sekitarnya.

Untuk pemula, sebaiknya tanam bunga krisan di luar ruangan sampai bunga-bunganya mekar. Setelah bunga-bunga krisan ini bermekaran, silakan pindahkan tanaman ini ke dalam ruangan.

2. English Ivy

English Ivy

English Ivy atau yang akrab dipanggil daun ivi ini adalah tanaman yang dapat membuat udara di sekitar Anda jadi lebih segar. Tanaman penyerap debu ini juga bisa menyerap bulu-bulu halus di udara sehingga cocok sekali ditanam oleh orang-orang yang memiliki alergi.

Keunggulan lain yang ditawarkan English Ivy adalah tanaman ini bisa hidup di dalam ruangan. Jadi, jika Anda tidak memiliki air purifier, Anda dapat meletakkan bunga ini di dalam ruangan. Udara di ruangan jadi lebih bersih dan aman untuk dihirup oleh orang yang mudah alergi.

3. Palem Kuning

Palem Kuning

Butuh tanaman pembersih udara yang dapat diletakkan di dalam ruangan? Palem kuning adalah tanaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pasalnya, tanaman ini bisa ditanam di dalam ruangan. Meskipun palem kuning memiliki tampilan yang sederhana, tetapi tanaman ini dapat membersihkan udara di sekitar Anda.

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Chrysalidocarpus ini dapat menghilangkan formaldehida, benzena, dan karbondioksida yang terkandung di dalam udara. Itulah sebabnya palem kuning banyak ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Padahal, jika ditanam di luar pot, tinggi palem kuning ini bisa mencapai 4 meter, lho.

4. Lili Paris

Lili Paris

Satu lagi sebuah tanaman yang sangat kuat dan tidak mudah mati meskipun disimpan di dalam ruangan, yaitu Lili Paris. Tanaman rumah penghasil oksigen ini perawatannya sangat mudah. Apalagi Lili Paris dapat hidup tanpa perlu terkena sinar matahari secara langsung.

Lili Paris juga dikenal dengan sebutan spider plant. Daun bunga ini sangat panjang dan lebat. Terdapat pula bunga-bunga kecil berwarna putih yang berada di sekitar daunnya. Tak hanya sekedar menghasilkan oksigen saja, Lili Paris memiliki kemampuan untuk menyerap zat-zat berbahaya yang terdapat di udara, seperti benzena, formalin, karbon, monoksida, dan xylene.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya cara memanjangkan jambang

Siapa yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini? Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat populer karena memiliki begitu banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satu manfaat lidah buaya yang paling terkenal adalah untuk menyuburkan rambut.

Namun, siapa sangka lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara? Bahkan, tanaman ini dapat menyerap benzena, formalin, dan sejumlah bahan kimia lain yang mengontaminasi udara di sekitar Anda.

Untuk merawat lidah buaya, keluarkan tanaman ini sekali dalam waktu 1-2 minggu untuk mendapat sinar matahari yang cukup. Selain itu, lidah buaya juga membutuhkan air setiap 3-4 hari sekali. Hindari pemberian air terlalu banyak agar lidah buaya tersebut tidak mati.

6. Boston Fern (Pakis)

Boston Fern

Boston Fern atau yang dikenal dengan nama Pakis Boston sebenarnya adalah tanaman yang berasal dari Amerika, Meksiko, India Barat, dan Afrika. Akan tetapi, tanaman penyerap racun udara ini dibawa ke Indonesia dan justru dapat tumbuh dengan subur di sini.

Sayangnya, Pakis Boston tergolong tanaman yang tidak tahan terhadap suhu yang panas. Jadi, jika ingin menanam tanaman ini sebaiknya pilih tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Anda juga dapat menempatkan Pakis Boston di dalam pot lalu diletakkan di dalam ruangan. Pakis Boston akan menyerap polusi udara di sekitarnya sehingga membuat udara jadi lebih bersih dan segar.

7. Schefflera (Tanaman Payung)

Schefflera

Sekilas tampilan Schefflera ini sangat mirip dengan tanaman buatan yang biasanya terbuat dari material plastik. Namun, Schefflera adalah tumbuhan yang benar-benar asli. Daun-daunnya yang berbentuk oval tampak terlihat sangat kokoh.

Tanaman payung ini adalah jenis tanaman yang umurnya sangat panjang. Bahkan, Schefflera tidak membutuhkan perawatan khusus yang memakan waktu Anda. Cukup bersihkan daun-daunnya saja jika tertutup oleh debu.

Kemampuan yang dimiliki Schefflera adalah sebagai pembersih racun-racun di udara. Tanaman ini dapat menyerap benzena, formalin, dan toluena yang notabene adalah jenis racun yang terkandung pada udara yang kita hirup sehari-hari.

8. Suplir

Suplir

Yang satu ini adalah tanaman pembersih udara yang termasuk jenis tanaman paku modern. Adalah suplir, tanaman yang cukup favorit dan sering dijadikan tanaman penghias interior. Apalagi tanaman ini juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Walaupun menjadi salah satu tanaman favorit, perawatan suplir ini sedikit merepotkan. Anda harus mengeluarkan tanaman ini dari dalam ruangan setiap tiga hari sekali karena suplir harus memperoleh sinar matahari yang cukup agar tumbuh dengan sehat. Di samping itu, Anda juga harus segera memotong tangkai-tangkainya yang kering.

9. Hebras

Hebras

* sumber: blognewby353.blogspot.com

Kecantikan bunga hebras memang bisa membuat siapa saja yang melihat jadi terpesona. Akan tetapi, bunga yang satu ini tidak hanya sekedar cantik, tetapi juga dapat menyerap trichloroethylene, salah satu senyawa kimia yang terdapat di udara.

Hebras bisa diletakkan di dalam ruangan, tetapi Anda harus menjemur tanaman ini di bawah sinar matahari sesekali. Bunga yang memiliki nama lain Gerber Daisy ini dapat mempercantik ruangan maupun teras rumah Anda.

10. Peace Lily

Peace Lily

Tak ada yang bisa menolak pesona bunga peace lily. Bunga ini dapat menjadi tanaman pembersih udara sekaligus tanaman hias yang mempercantik ruangan. Bunganya yang berwarna putih akan menonjolkan kesan anggun dan elegan.

Kelebihan dari peace lily bukan hanya pada bunganya yang cantik, tetapi pada kemampuannya menyerap polusi di ruangan. Peace lily adalah tanaman terbaik untuk menyerap formalin, zat benzena, dan zat VOCS. Istimewanya lagi, tanaman ini bisa diletakkan di dalam ruangan.

Itulah 10 tanaman pembersih udara yang cocok untuk menghias rumah atau segala jenis tempat. Ingin menghirup udara yang lebih segar? Tanam pohon yang dapat mengurangi polusi udara dan jangan lupa untuk cek artikel cara membersihkan udara di rumah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *