Bacaterus / Tanaman Hias / 10 Jenis Tanaman Pagar yang Cepat Tumbuh di Halaman

10 Jenis Tanaman Pagar yang Cepat Tumbuh di Halaman

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamu menginginkan halaman rumahmu aman dan juga cantik, mungkin kamu perlu mencoba membuat menggunakan tanaman pagar hidup. Tanaman pagar tak hanya akan memberikanmu privasi tapi juga kesejukan yang dihadirkan oleh tanaman-tanamam itu.

Jika kamu tertarik untuk membuat tanaman pagar hidup, beberapa tanaman ini bisa kamu coba untuk ditanaman di halamanmu. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Tanaman Teh Tehan – Acalypha siamensis

Tanaman Teh Tehan – Acalypha siamensis

Tanaman teh tehan yang memiliki nama ilmiah Acalypha siamensis merupakan tanaman yang berasal dari Thailland, Vietnam, Malaysia, Singapura, Sumatera dan juga Sulawesi. Tanaman ini memiliki bentuk yang hampir serupa dengan teh, tetapi keduanya merupakan tanaman yang berbeda.

Tanaman ini bagus untuk dijadikan tanaman pagar, kerapatan dari daunnya sangat cocok untuk dijadikan penghalang pandangan dari luar. Perawatan dari tumbuhan teh- tehan ini juga cukup mudah. Saat di awal menanam kamu hanya harus menyiramnya secara rutin hingga berusia tiga minggu.

Cara memperbanyak tanaman ini pun sangat mudah, kamu hanya melakukan stek batang dari pohon ini. Kerapatan dari pohon ini kamu bisa membentuknya sebagai pagar atau pun bentuk bentuk lainnya seperti bulat, kotak bahkan membentuk menyerupai binatang.

2. Tanaman Kembang Sepatu – Hibiscus rosa-sinensis

Tanaman Kembang Sepatu – Hibiscus rosa-sinensis

Kembang sepatu merupakan tanaman yang dikategorikan sebagai tanaman semak. Tumbuhan yang berasal dari Asia timur ini biasanya dijadikan tanaman hias karena memiliki bunga yang cantik. Tetapi selain menjadi tanaman hias, kembang sepatu juga dapat dijadikan sebagai pagar pembatas.

Tanaman Kembang Sepatu di Okinawa Jepang banyak digunakan sebagai tanaman pagar. Tanaman kembang sepatu dapat menjadi pagar yang cantik dengan bunganya yang berwarna warni dan mendapat julukan sebagai “Ratu Bunga Tropis” dan Queen Of Dreams

Kembang sepatu dapat  tumbuh hingga 2 sampai dengan 5 meter, dan jika berada di daerah tropis tanaman ini berbunga setiap tahunnya. Jika kamu ingin membuat pagar, tanaman ini dapat kamu kembangbiakan dengan cepat dengan mengggunakan sistem stek, pencangkokan, dan penempelan.

3. Tanaman Beluntas – Pluchea indica

Tanaman Beluntas

Tanaman beluntas masuk ke dalam jenis tumbuan semak, tanaman ini banyak digunakan sebagai pagar hidup. Tanaman beluntas dapat tumbuh hingga 3 meter jika kamu tidak rajin memangkasnya. Agar pagar rumah kamu terlihat rapi, maka kamu harus memangkasnya minimal satu bulan sekali.

Beluntas merupakan tanaman yang dapat tumbuh di daerah yang kering dan  di tanah yang keras dan berbatu. Jika kamu ingin memperbanyak tanaman ini untuk dijadikan pagar maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan stek batang pada batang yang telah tua.

4. Tanaman Sinyo Nakal – Duranta erecta

Tanaman Sinyo Nakal

Tanaman Sinyo Nakal merupakan tanaman yang masuk ke dalam jenis tanaman perdu hias. Tanaman ini juga sering digunakan sebagai pagar hidup atau tanaman pembatas. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah, dan di sebagian negara tanaman ini menjadi tanaman gulma.

Tanaman Sinyo Nakal ini dapat tumbuh hingga 6 meter. Pertumbuhan dari tanaman ini terbilang cepat sehingga akan tumbuh dengan sangat tebal. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang khusus, tetapi karena tumbuh dengan cepat, kamu harus rajin memangkas tanaman ini.

5. Tanaman Asoka – Ixora paludosa

Tanaman Asoka

Tanaman ini mungkin lebih dikenal dengan sebutan bunga jarum, hal itu karena tanaman ini memiliki bunga yang batangnya mirip jarum. Tanaman Ixora masuk kedalam tanaman perdu, dan pada iklim yang tropis tanaman ini berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini juga dapat digunakan menjadi pagar.

Di Asia Tenggara tanaman ini merupakan tanaman yang populer untuk dijadikan pagar hidup.  Tanaman ini dapat tumbuh hingga 4 meter. Tanaman Ixora juga tumbuh membentuk semak dengan bentuk bunganya yang bergerombol akan membuat pagar di rumahmu akan terlihat cantik.

6. Tanaman Bambu – Bambusa Vulgaris

Tanaman Bambu

Ada dua jenis tanaman bambu yang bisa digunakan sebagai pagar hidup, yaitu bambu kuning atau Bambusa vulgaris striata dan bambu jepang atau Pseudosasa japonica. Jika kamu ingin memiliki pagar yang berkesan oriental maka kamu dapat menggunakan kedua jenis bambu ini.

Bambu kuning seperti namanya merupakan pohon bambu yang memiliki batang yang berwarna kuning. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman penghias pagar di karenakan mitosnya yang dapat menangkal berbagai serangan gaib dan dikatakan tumbuhan ini juga tidak disukai mahluk gaib.

Bambu jepang saat ini banyak diminati karena perawatannya cukup mudah, dan dapat tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Batang bambu jepang dikenal kuat, keras dan juga kokoh. Pada jaman dahulu bambu ini banyak digunakan sebagai anak panah dikarenakan karakteristiknya tadi.

7. Tanaman Cemara Kipas – Thuja orientalis

Tanaman Cemara Kipas

Tanaman ini masuk kedalam tumbuhan jenis cemara-cemaraan, daunnya berbetuk pipih dan seperti jarum. Tanaman cemara ini juga termasuk tanaman yang dapat kamu gunakan sebagai tanaman pagar hidup, dan juga digunakan sebagai hiasan untuk perayaan Natal.

Pohon cemara ini dapat digunakan sebagai penghalang atau pagar, sangat cocok terutama untuk orang yang memiliki rumah dengan pekarangan yang luas. Tinggi pohon ini tinginya bisa mencapai 5-8 meter, sehingga kamu akan memiliki privasi yang kamu inginkan.

8. Tanaman Saliara – Lantana camara

Tanaman Saliara

Tanaman saliara atau juga ada yan menyebutnya dengan nama tembelekan, sesungguhnya adalah tanaman gulma. Tetapi tanaman ini dapat dijadikan sebagai pagar hidup, karena dapat tumbuh membentuk semak-semak yang lebat. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga sekitar 2 meter.

Selain itu tanaman saliara ini akan membuat pagarmu menjadi terlihat cantik karena memiliki beraneka ragam warna bunga. Tanaman ini termasuk tanaman yang dapat bertahan pada berbagai kondisi iklim. Selain itu tumbuhan ini dapat tumbuh pada semua jenis tanah.

9. Tanaman Privet – Ligustrum

Tanaman Privet

Tanaman Privet adalah tanaman yang berbentuk semak, jenis yang sering digunakan untuk pagar adalah jenis Ligustrum ovalifolium atau dikenal dengan sebuat Privet korea atau Privet California. Tanaman ini memerlukan beberapa kali pemangkasan agar bentuknya tetap terjaga.

Tumbuhan privet ini tumbuh dengan cepat dan termasuk tumbuhan yang mudah untuk dibentuk sesuai dengan seleramu. Tumbuhan ini setiap tahunnya dapat tumbuh hingga 30-60 cm. Privet termasuk tumbuhan yang dapat bertahan pada berbagai jenis tanah.

10. Tanaman English Laurel – Prunus lauroseracus

Tanaman English Laurel

Tanaman ini merupakan tanaman yang cukup populer untuk digunakan sebagai pagar hidup. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan cepat, sekitar 60 cm pada setiap tahunnya. Tumbuhan ini dapat hidup pada kondisi yang panas ataupun dingin, di musim panas tanaman ini juga menghasilkan buah.

English laurel tumbuh dengan sangat lebat, dengan daunnya yang berwarna hijau cerah dan mengkilap. Kerapatan dari English laurel ini membautnya cocok untuk dijadikan tanaman pagar yang akan memberikan kamu privasi. Tetapi tanaman ini beracun untuk peliharaanmu yaitu anjing dan kucing.

Pagar hidup akan memberikanmu kesejukan dan juga sekaligus privasi yang kamu butuhkan. Tanaman-tanaman ini akan melindungimu tetapi juga mempercantik halaman rumahmu. Tanamannya yang dapat tumbuh dengan cepat akan membuat bentuk pagar rumahmu senantiasa tertutup rapat dan rapi. Pemangkasannya juga bisa kamu bentuk sesuaikan dengan seleramu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *