Bacaterus / Tanaman Merambat / 10 Jenis Tanaman Merambat Cantik yang Tahan Panas

10 Jenis Tanaman Merambat Cantik yang Tahan Panas

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Apakah kamu termasuk penyuka tanaman merambat? Tanaman merambat umumnya ada yang merambat pada dinding ada juga yang merambat pada pagar. Tanaman ini memberikan corak tersendiri bagi rumah sang pemilik. Jika kamu  ingin menanam tanaman merambat di taman rumah, pastikan untuk memilih tanaman merambat menahun atau dikenal juga dengan tanaman perennial.

Namun ternyata tidak semua tanaman perennial bisa tahan dengan panas. Negeri kita yang beriklim tropis ini tidak memungkinkan bagi beberapa jenis tanaman merambat untuk bisa hidup. Tapi, ada beberapa tanaman merambat yang bisa tumbuh subur di kondisi panas. Tanaman ini hanya perlu diberikan air saat musim kemarau panjang. Berikut adalah jenis tanaman merambat yang tahan panas.

1. Alamanda

Alamanda (Copy)

Dikenal juga dengan nama bunga terompet emas, buttercup atau bunga lonceng kuning, alamanda adalah tanaman hias merambat yang paling cocok untuk subtropis dengan iklim tropis, meskipun tumbuhan ini dapat ditanam di wilayah yang sangat terlindung di zona yang dingin.

Asal tanaman ini dari Amerika Tengah dan Selatan. Namun banyak juga tumbuh subur dengan cantiknya di negara Brasil. Jika kamu berminat untuk menanam pohon ini di pekarangan rumahmu, kamu harus menempatkannya di bawah kondisi iklim yang mirip dengan habitat aslinya.

Alamanda harus ditanam ditanam dalam posisi di bawah sinar matahari penuh. Kombinasi tanah yang dikeringkan dengan baik dan banyak kelembaban akan menghasilkan bunga yang subur selama musim berbunga yang panjang.

Ketika kamu memangkas tanaman alamanda kamu harus melakukannya dengan hati-hati karena tanaman ini bisa  memancarkan getah susu yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Pengembangbiakan tanaman ini biasanya dilakukan dengan cara stek semi-mature atau stek yang sudah matang.

2. Ipomoea

Ipomoea (Copy)

Tanaman hias yang juga umum dikenal dengan nama “Morning Glory” ini walaupun dapat dengan mudah beradaptasi dengan sebagian besar kondisi, Ipomea atau Morning Glory lebih suka ditempatkan di tempat yang cerah dan banyak air di musim tanam. Ketika akan menanam ipomea, pastikan untuk menanam tanaman ini di tanah dengan drainase yang baik.

Tanaman ini memerlukan banyak ruang dan harus dipotong setelah berbunga. Beberapa spesies mungkin memerlukan pendukung untuk tumbuh. Jika tumbuh di tempat yang tepat, Morning Glory dapat menyebar cepat. Perkembangbiakannya dilakukan melalui biji. Namun jenis lain perkembangbiakannya dilakukan dari stek lunak atau stek setengah lunak.

3. Trumpet Creeper (Campsis radicans)

Trumpet Creeper (Copy)

Tanaman Trumpet Creeper atau dikenal juga dengan nama campsis radicans adalah sejenis tanaman merambat yang pertumbuhannya cukup cepat. Tanaman ini dapat menempel sendiri dan memiliki bunga berwarna kuning dan oranye yang cerah. Pohon merambat ini dapat tumbuh sampai 20 hingga 40 kaki dalam satu tahun.

Tanaman ini memiliki daun majemuk yang tumbuh cukup padat. Batang dari Trumpet Creeper mempunyai akar yang bisa menempel di dinding, tiang pagar juga pohon. Karena tanaman ini merupakan tanaman yang kuat dan invasif jadi harus ditanam di wadah yang besar di dekat teralis atau anjang-anjang.

Tanaman ini toleran terhadap bermacam-macam kondisi tanah dan panas dan dingin. Di musim yang panas, tanaman ini membutuhkan air sedang.

4. Clematis (Clematis Jackmanii)

Clematis (Copy)

Clemantis Jackmanii adalah nama yang digunakan dalam taksonomi tanaman. Tumbuhan ini dinamai oleh seorang pemburu Inggris pada abad ke-19 yang bernama George Jackman. Dengan perawatan yang benar, Clematis yang tumbuh dengan cepat. Tumbuhan ini akan tumbuh di iklim yang panas maupun kering.

Tanam clemantis di jeruji di sudut yang sangat terlindungi dan jaga akarnya agar tetap dingin. Tip untuk menanam clemantis yaitu dengan meletakkan batu datar besar atau potongan ubin di atas zona akar supaya tanah di bawahnya tidak menjadi panas. Tanaman ini membutuhkan banyak air.

5. Western White Clematis (Clematis ligusticifolia)

Western White Clematis (Copy)

Tanaman dengan bunga putih cantik ini biasanya muncul pada akhir musim panas dan bertumpu pada sulur sulung yang berada di tanah basah di tempat yang cerah di tahun pertama. Clematis ligusticifolia toleran terhadap kekeringan dan hampir dapat mencukupi kebutuhannya sendiri.

Peringatan! Jangan menanam tanaman ini di area dengan lalu lintas tinggi karena dapat menyebabkan iritasi kulit ringan. Clematis ligusticifolia dapat tumbuh hingga  16 kaki (sekitar 5 meter) dan toleran dengan beberapa kondisi tanah.

Fakta unik tentang tanaman ini adalah dulu tanaman ini digunakan sebagain pengganti lada oleh para pelopor Amerika Barat Lama. Sedangkan penduduk asli Amerika menggunakannya tanaman ini untuk mengobati migrain, eksim dan iritasi kulit lainnya juga untuk mengusir roh jahat.

6. Passiflora

Passiflora (Copy)

Dikenal juga dengan nama Passionflower, Passiflora merupakan tanaman pemanjat yang tumbuh cepat ini bisa digunakan untuk menyamarkan area taman yang tidak begitu menarik. Sebagian besar tanaman ini adalah tanaman hijau abadi tapi Passiflora lebih suka bulan-bulan hangat.

Tanaman ini memiliki berbagai bunga dan muncul dalam berbagai warna mulai dari kuning pucat ke ungu-merah atau merah muda. Tanam tanaman ini di bawah sinar matahari setengah atau penuh dengan tanah yang dalam, lembap dan berdrainase baik.

7. Lady Banks Rose

Lady Banks Rose (Copy)

Tanaman ini akan sangat bagus untuk memberikan kesan klasik dan elegan bahkan untuk area subtropis. Nama lain dari tanaman ini adalah Rosa Banksiae, merupakan tanaman mawar yang tidak memiliki duri yang toleran terhadap panas dan kekeringan dibandingkan dengan penampilan yang ditunjukkannya.

Rosa Banksiae yang merupakan tanaman asli dari Cina ini memiliki cabang panjang berwarna hijau tanpa duri yang merambat di pagar, anjang-anjang, bangunan juga pohon. Bunga ganda muncul di musim semi dan memiliki warna kuning atau beraroma violet putih.

Biarkan tanaman terbentuk selama beberapa tahun tanpa memangkasnya. Kemudian pangkas sesuai kebutuhan untuk mempertahankan ukuran yang diinginkan.

8. Amerika Bittersweet (Skandrus Celastrus)

Amerika Bittersweet (Copy)

Amerika Bittersweet atau dikenal juga dengan nama skandrus celastrus adalah tanaman merambat yang kuat. Tanaman yang bisa tumbuh sampai 10-20 kaki (sekitar 3–6 meter) ini lebih disukai dibandingkan oriental bittersweet (Celastrus orbiculatus) karena invasif. Amerika Bittersweet lebih menyukai untuk ditempak di lokasi dengan cahaya matahari yang maksimal hingga tempat yang teduh.

Untuk penyebaran tanaman ini tidaklah sulit. Ada beberapa pilihan yang memungkinkan untuk dipilih, di antaranya dengan rooting tanaman ini. Pilihan lainnya dengan menanamkan benih Amerika Bittersweet.

9. Hoya

Hoya (Copy)

Jika mencari tanaman hias merambat yang mudah tumbuh, kuat, dan menarik, pilihannya adalah hoya.  Hoya dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk kebun atau rumah. Tanaman hoya dapat tumbuh di luar ruangan sepanjang tahun tetapi juga bisa menjadi tanaman dalam ruangan. Jenis hoya yang paling umum ditanam adalah  tanaman lilin atau hoya carnosa.

Dinamai tanaman lilin karena daun waxy dan kelompok bunganya. Hoya tumbuh sebagai tanaman merambat yang anggun. Batang tanaman ini seperti kayu dan daun yang tebal dan berdaging dan dapat dirambatkan di anjang-anjang atau penyangga lainnya. Di luar ruangan, hoya tumbuh dengan baik di tempat yang mendapat sinar matahari langsung beberapa jam setiap hari.

10. Virginia Creeper (Parthenocissus quinquefolia)

Virginia Creeper (Copy)

Virginia Creeper merupakan tanaman merambat dapat tumbuh sampai lebih dari 50 kaki (sekitar 15 meter) dan menempelkan sulur dan holdfast, struktur yang mirip dengan akar. Daunnya yang besar yang terdiri dari lima bagian ini memiliki warna ungu di musim semi kemudian berubah menjadi hijau kusam selama musim tanam. Setelah itu berubah menjadi merah cemerlang di musim gugur.

Virginia creeper toleran terhadap kekeringan dan tumbuh di bawah sinar matahari penuh sampai tempat yang teduh. Pohon ini juga dapat digunakan sebagai penutup tanah atau dibiarkan keluar dari dinding penahan. Tanaman ini sering tertukar dengan Poison Ivy yang memiliki daun tiga bagian.

Ada berbagai jenis tanaman merambat tapi ketika memilih tanaman ini, pilihlah yang sesuai dengan iklim di tempatmu. Jika tumbuh di tempat yang tepat dan dirawat dengan baik akan jadi tanaman hias yang cantik dan menarik. Jadi, tanaman merambat mana yang menjadi pilihanmu?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar