Bacaterus / Tanaman Merambat / 10 Tanaman Cantik yang Bisa Merambat di Dinding Rumahmu

10 Tanaman Cantik yang Bisa Merambat di Dinding Rumahmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Tanaman rambat merupakan salah satu kelompok tanaman yang paling beragam dan multiguna. Jenis tanaman ini memiliki berbagai bentuk dan warna dedaunan yang bervariasi, tampilan bunga yang memesona, wewangian yang enak dan, dalam beberapa spesies, pertunjukan warna yang menakjubkan di musim tertentu. Keragaman ini memberikan banyak pilihan bagi penyuka tanaman rambat.

Tanaman ini bisa menjadi solusi untuk kebunmu dan memberikan perlindungan yang cepat dan massal yang kebanyakan tanaman lain tak bisa melakukannya. Kalau kamu ingin menghias dinding rumahmu dengan tanaman, kenali dulu jenis-jenisnya karena tidak semua tanaman rambat bisa menempel di dinding. Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Clemantis

Clemantis (Copy)

Salah satu tanaman berbunga yang paling populer dan menarik yang ditanam di lanskap rumah adalah tanaman clematis. Tanaman ini tergolong ke dalam tanaman berkayu, sulur daun serta varietas rumput-rumputan dan evergreen. Clemantis juga memiliki beragam spesies, dengan berbagai bentuk bunga, musim berbunga, dan warna.

Clemantis memiliki bunga dengan bermacam warna berkisar dari putih murni sampai warna ungu paling gelap. Sampai saat ini, belum ada clematis berbunga kuning dan oranye yang cerah, tetapi ada beberapa spesies yang berwarna kuning. Kebanyakan orang biasa menumbuhkan tanaman clematis di dinding. Di dinding, bunga mekar seminggu lebih cepat, tetapi berakhir lebih cepat dan bunga cenderung lebih kecil.

Keberhasilan menanam clematis tergantung pada jenis yang dipilih. Tanaman clematis lebih menyukai lokasi yang cerah. Tanaman ini setidaknya memerlukan tersinari matahari selama enam jam untuk bisa berbunga tetapi tanah harus tetap dingin.

2. Honeysuckle – Lonicera periclymenum

Honeysuckle - Lonicera periclymenum (Copy)

Honeysuckle atau di Indonesia dikenal dengan nama kamperfuli adalah tanaman rambat yang kuat dengan daunnya yang berwarna hijau dan berbentuk lonjong. Kamperfuli adalah spesies umum yang tumbuh merambat di pagar taman. Tanaman ini juga merupakan tambahan yang bagus untuk taman di rumahmu. Honesuckle dapat didorong untuk merambat dinding atau pagar.

Kamperfuli memiliki tinggi yang beragam. Umumnya, tanaman ini kuat dan mampu tumbuh di tanah yang cepat menyerap air tetapi lembap, di bawah sinar matahari penuh atau sebagian. Honeysuckle memiliki hampir 200 jenis, termasuk beberapa yang dapat ditanam sebagai tanaman semak atau merambat di pagar.

Bunga honeysuckle beraroma kuat. Selain itu, bunganya juga tampil dalam berbagai warna, mulai dari putih dan kuning, hingga rona merah, merah muda, dan oranye.

3. Wisteria (Wisteria chinensis)

Wisteria (Copy)

Wisterias adalah tanaman rambat yang kuat dan mudah gugur. Gugusan bunganya besar tampak cantik menjuntai di musim semi. Tanaman ini memiliki beragam warna bunga mulai dari ungu kebiruan yang cerah hingga ungu muda, merah muda juga putih murni, bergantung pada spesies atau kultivar. Di musim gugur, sebagian besar tanaman ini memperlihatkan dedaunan berwarna kuning yang indah.

Tanaman wisteria sangat bagus untuk ditanam di taman atau dinding rumah yang besar, asalkan ada dukungan kawat yang memadai. Wisteria juga bisa ditanam untuk merambat dan melewati struktur besar seperti pergola.

4. Ivy

Ivy (Copy)

Tanaman rambat ini bisa terlihat agak gelap dan ketinggalan zaman, tetapi ada banyak jenis dengan warna emas dan hijau limau yang benar-benar dapat memberikan kesegaran pada ruangan. Bonus dari tanaman ini adalah ivy dapat tumbuh hampir di berbagai tempat.

Ivy tumbuh secara alami di dinding dengan menyebarkan sulur tipis ke celah-celah, sementara batang luar terus tumbuh dan menghasilkan daun. Jika dinding rumahmu kurang cocok, sulur-sulur ini dapat benar-benar merusak rumah rumah. Kamu masih bisa memiliki rumah dengan dinding dihiasi ivy, tapi sebelumnya kamu harus mencari tahu masalah tentang cara penanamannya.

Rumah yang dihiasi daun ivy terlihat spektakuler tapi jika rumahmu tidak memiliki struktur yang tepat, ivy bisa berbalik menjadi berbahya. Akar invasif Ivy dapat merusak struktur rumah hanya dalam satu atau dua musim tanam.

5. Bugenvil

Bugenvil (Copy)

Bugenvil merupakan tanaman rambat tropis klasik. Tanaman ini dikenal karena toleran terhadap kekeringan dan memiliki bunga-bunga yang luar biasa indah. Asal tanaman ini dari Amerika Selatan dan Tengah yang tropis. Di negara-negara tersebut seperti halnya di Indonesia, bugenvil dikenal dengan bunga kertas. Bugenvil tumbuh dengan cepat, berbunga sepanjang tahun di daerah tropis dan subtropis.

Bunga tanaman ini berwarna merah muda, lavender, magenta, ungu, oranye, merah, putih atau kuning. Beberapa jenis memiliki bunga dengan dua warna dan sebagian lainnya tumbuh dengan dedaunan berwarna cerah. Bugenvil lebih menyukai iklim hangat, meskipun tanaman yang sudah lama tumbuh dapat bertahan terhadap salju beku sesekali.

Tanaman bugenvil di halaman yang cerah, halaman dengan kanopi, atau di dinding yang tersinari matahari. Kebanyakan tanah cukup asam sehingga sesuai untuk bugenvil. Jika tanah di tempatmu bersifat basa, tanam bugenvil dalam pot atau kondisikan tanah dengan besi kelat.

6. Creeping Fig (Ficus pumila)

Creeping Fig (Ficus pumila) (Copy)

Tanaman creeping fig atau ficus pumila adalah pilihan yang bagus untuk memberikan warna lembut pada dinding yang tidak dicat. Ada peringatan penting bagi kamu yang akan menananm ficus pumila, yaitu tanaman ini tidak cocok untuk permukaan yang dicat dan perlu dipangkas secara teratur agar pertumbuhannya tetap terkendali.

Creeping fig lebih menyukai sinar matahari penuh dan toleran terhadap sebagian besar jenis tanah, asalkan tanah itu bisa cepat menyerap air. Pastikan permukaan tempat tanaman ini melekat cukup kuat karena tanaman yang sudah dewasa dapat menjadi sangat berat.

7. Hardenbergia

Hardenbergia (Copy)

Tanaman asli Australia ini juga memiliki nama lain, yaitu Purple Coral Pea. Tanaman ini adalah tanaman rambat evergreen yang indah yang menghasilkan bunga berwarna ungu seperti kebanyakan bunga kacang-kacangan. Ada juga yang berwarna merah muda atau putih dan tumbuh baik di daerah yang cerah atau sebagian teduh.

Jenis Hardenbergia yang paling umum adalah Happy Wanderer yang tumbuh cepat, mudah dirawat dan menghasilkan bunga ungu gelap yang cantik. Seperti banyak tanaman rambat evergreen, Hardenbergia memiliki kecenderungan untuk merambat pada tembok atau pagar dan menggulung di atas. Agar tumbuh lebat dan menjadi seperti pagar yang rata, pangkas tanaman ini secara teratur setelah berbunga.

8. Firethorn (Pyracantha)

Firethorn (Pyracantha) (Copy)

Tanaman semak yang merambat di dinding dan tumbuh lambat ini menghasilkan tanaman evergreen yang lebat dan berduri sehingga ideal untuk menjadi tanaman yang anti penyusup atau merambat di dinding. Jika dibiarkan tumbuh sendiri, Pyracantha atau firethorn bisa tumbuh tak karuan dan berbentuk melengkung.

Semua tanaman firethorn itu keras dan sangat kuat dan toleran dengan berbagai kondisi. Pyracantha mohave adalah varietas populer yang memiliki daun hijau yang subur dan buah beri kecil berwarna merah oranye dalam jumlah yang banyak.

9. Mawar Rambling (Wedding Day Rose)

Mawar Rambling (Wedding Day Rose) (Copy)

Bunga mawar rambling dapat berubah warna saat tumbuh dewasa, dari kuning muda (primrose) pucat hingga hampir putih. Mawar rambling yang sangat kuat ini sangat ideal untuk menutupi rumah besar atau dinding taman di bawah naungan matahari penuh atau sebagian. Tanaman ini sangat bagus untuk menyembunyikan struktur yang tidak sedap dipandang.

10. Mawar Chevy Chase

Mawar Chevy Chase (Copy)

Bunga mawar yang menjalar ini memberikan sentuhan kemewahan. Mawar chevy chase dikembangbiakkan pertama kali di tahun 1939. Bunganya selalu berwarna merah muda fuchsia dan memiliki aromanya cukup ringan. Kelopak bunganya rapat.

Varietas ini direkomendasikan untuk di tanaman di taman rumah dan ruang publik dan taman. Tanaman ini juga bisa dibuat merambat di sepanjang pagar atau dinding, gerbang masuk dan lanjaran.

Tanaman bunga rambat dikenal agresif terhadap tanaman lain. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk menanam tanaman rambat di dinding rumah, pastikan untuk memeriksa sifat dari tanaman ini. Jangan sampai tanaman ini merusak dinding atau bahkan rumahmu. Jenis tanaman rambat apa yang menarik perhatianmu?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar