Bacaterus / Tanaman Hias / Inilah Aneka Tanaman Merambat untuk Menghias Kanopi

Inilah Aneka Tanaman Merambat untuk Menghias Kanopi

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Umumnya beberapa rumah menggunakan kanopi untuk mencegah panas matahari masuk ke dalam rumah. Tetapi fungsi kanopi hanya sebatas pelindung halaman rumah. Terkadang penggunaan kanopi tidak cukup membuat rumah menjadi lebih sejuk. Salah satu cara untuk membuat halaman rumah menjadi lebih sejuk adalah menggunakan tanaman hias merambat pada kanopi.

Tanaman hias merambat tidak hanya membuat sejuk tapi sekaligus menambah keindahan taman. Bahkan beberapa jenis tanaman hias merambat tersebut memiliki aroma yang harum. Jangan biarkan kanopi kamu polos tanpa hiasan, yuk percantik kanopi kamu dengan aneka tanaman hias merambat ini.

1. Clematis

Clematis (Copy)

Clematis adalah salah satu tanaman hias berbunga yang paling populer dan menarik untuk kanopi rumah. Tanaman ini termasuk tanaman sulur daun. Clematis juga sangat bervariasi dengan berbagai bentuk bunga, warna, dan musim berbunga. Pertumbuhan Clematis tergantung pada jenis yang dipilih.

Tanaman hias merambat ini dapat tumbuh setidaknya enam kaki dengan lebar tiga kaki. Bahkan diketahui hampir tumbuh dua kali lipat dari ukuran tersebut. Untuk perawatannya, tanaman hias merambat ini lebih menyukai lokasi yang cerah, setidaknya enam jam sinar matahari supaya bunganya mekar.

Selain itu Clematis juga harus disiram sekitar satu inci setiap minggu. Waspadai juga pada masalah umum yang akan mempengaruhi tanaman ini. Jika Clematis layu, maka bisa tiba-tiba mati setelah daun dan batangnya meghitam.

2. Mawar Menjalar

Mawar Menjalar (Copy)

Mawar adalah salah satu jenis tanaman yang klasik. Selain itu mawar juga menjadi tanaman favorit dari sebagian besar pecinta bunga yang dapat menimbulkan perasaan istimewa, ketenangan, romansa, dan kebahagiaan. Termasuk jenis mawar menjalar yang satu ini. Jenis tanaman hias merambat ini memiliki ukuran yang besar dan kuat untuk naik ke arah atas dengan fleksibel.

Mawar merambat akan mekar hanya sekali pada musim panas. Mawar menjalar sangat baik untuk area taman ruang datar yang memiliki banyak ruang vertikal terbuka untuk membuatnya menjalar ke atas. Tanaman hias merambat yang satu ini akan terlihat elegan saat mekar. Jenis mawar ini dapat tumbuh hingga 12 kaki dan melebar sekitar 4 kaki yang membuatnya ideal untuk pertumbuhan vertikal. Mawar ini akan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari.

3. Wisteria

Wisteria (Copy)

Jika kamu ingin menghiasi kanopi dengan warna tanaman hias yang memiliki banyak warna biru dan ungu, maka wisteria adalah pilihan yang tepat. Wisteria adalah tanaman kuat yang dapat hidup selama bertahun-tahun. Tanaman hias merambat ini dapat tumbuh mencapai 25 kaki, tentunya harus didukung dengan sinar matahari penuh.

Wisteria dapat tumbuh merambat dengan cepat, jadi kamu harus berhati-hati karena Wisteria dapat menutupi smeuanya jika tidak dirawat dengan benar. Tanaman ini memiliki aroma yang wangi dan biasanya mekar pada bulan Mei dan Juni. Sudah bisa dibayangkan kalau Wisteria bisa menjadi tanaman hias merambat yang sangat ideal untuk kanopi rumah kamu.

4. Tanaman Anggur

Tanaman Anggur (Copy)

Jika kamu bosan dengan tanaman hias merambat yang berbunga, kamu bisa menanam tanaman hias merambat yang berbuah. Tanaman anggur yang satu ini berbeda dengan tanaman anggur biasa, karena tanaman anggur ini merupakan jenis tanaman hias merambat.

Menggunakan tanaman anggur sebagai hiasan kanopi tidak hanya membuat halamn rumah menjadi sejuk tapi juga bisa membuat perutmu kenyang. Anggur yang tumbuh di bawah sinar matahari akan menghasilkan rasa anggur yang lebih manis lho! Tetapi anggur tidak bisa tumbuh dalam beberapa tahun pertama.

5. Kamperfuli

Kamperfuli (Copy)

Kamperfuli atau disebut honeysuckle adalah tanaman hias merambat yang memiliki rasa manis di nektarnya. Tanaman ini dapat melilit dengan indah dan merupakan tanaman yang ideal untuk kanopi. Kamperfuli tahan terhadap panas dan sangat menarik untuk ditanamn di mana pun.

Bahkan tanaman hias merambat ini akan menarik banyak serangga liar dengan bunga-bunganya yang manis dan berwarna kuning hingga merah cerah. Untuk perawatannya pun mudah hanya perlu penyiraman sesekali dan pemangkasan yang baik. Dianjurkan untuk memangkasnya saat tanaman ini sedang tidak berbunga.

6. Melati Bintang

Melati Bintang (Copy)

Melati adalah salah satu bunga yang memiliki aroma yang kuat. Nah, tanaman hias merambat untuk kanopi adalah jenis Melati Bintang. Jenis tanaman yang satu ini memiliki daun yang hijau subur dengan bentuk bunga putih seperti bintang.

Melati bintang akan memancarkan aroma yang harum speanjang tahun terutama di daerah beriklim hangat dan lembap. Melati Bintang dapat tumbuh lebih dari 35 kaki dengan hanya sebagian sinar matahari.

7. Boston Ivy

Boston Ivy (Copy)

Untuk penghias kanopi, Boston Ivy adalah salah satu pilihan terbaik. Bentuknya yang mungil dan lucu ini dapat tumbuh dengan baik di bawah sianr matahari penuh maupun sebagian. Bahkan dapat memunculkan warna daun yang lebih banyak.

Tanaman hias merambat yang satu ini juga memiliki perawatan yang mudah dan dapat mentolerir eksploitasi cuaca dan memberikan warna hijau yang subur. Bentuknya yang memanjang, rapi, dan berwarna hijau segar akan membuat kanopi rumahmu terlihat lebih fresh dan sejuk.

8. Butterfly Pea

Butterfly Pea (Copy)

Disebut sebagai Butterfly Pea karena tanaman hias merambat yang ini sangat menarik bagi kupu-kupu. Umumnya berwarna biru tua dan tumbuh sangat baik di bawah sianr matahari penuh. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga 10 kaki dan dapat menahan kelembapan tinggi dan kondisi kering sekalipun.

Bunganya merupakan makanan terbaik untuk kupu-kupu, bagian yang dimakan adalah polong bunganya. Dengan menanam Butterfly Pea pada kanopi, tidak hanya membuat indah dan sejuk tapi sekaligus mendatangkan banyak kupu-kupu secara alami.

9. Bignonia

Bignonia (Copy)

Bignonia adalah tanaman hias merambat yang menakjubkan! Memiliki kelopak berbentuk lonceng halus yang dapat tumbuh hingga 50 kaki. Bignonia cenderung tumbuh paling baik di bawah sinar matahari sebagaian hingga sinar maatahri penuh.

Umumnya tanaman ini memiliki warna bunga oranye cerah dan mekar selama bulan Mei dan Juni. Bunga dari tanaman ini memiliki aroma harum yang khas dan daunnya tebal mengkilap berbentuk oval.

10. Tanaman Terompet

Tanaman Terompet (Copy)

Tanaman hias merambat yang satu ini adalah tanaman yang abadi dan tumbuh dengan cepat. Menanamnya pun sangat mudah dengan perawatan dan pemangkasan yang memadai, tanaman terompet dapat dijaga supaya tetap terkendali. Umumnya bunga dari tanaman terompet berwarna kuning hingga oranye.

Bunganya akan mekar sepanjang musim panas dan menariknya setelah berbunga akan menghasilkan biji seperti kacang. Tanaman terompet sangat coock untuk menghais kanopi karena berfungsi dengan baik sebagai pendukung. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian 25 hingga 40 kaki. Bunganya membutuhkan sinar matahari, tetapi daunnya bisa tumbuh dengan baik di tempat yang teduh.

Beberapa aneka tanaman hais merambat di atas akan tumbuh dengan baik dan indah jika kamu merawatnya dengan benar. Jadi, sudah bisa menentukan tanaman mana yang akan kamu gunakan untuk menghias kanopi?

Bagi kamu yang tahu tentang jenis tanaman hias merambat untuk kanopi lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar