Bacaterus / Tanaman Merambat / 10 Jenis Tanaman Hias Merambat untuk Menghias Taman

10 Jenis Tanaman Hias Merambat untuk Menghias Taman

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Secara teori tanaman merambat adalah semua jenis tanaman yang menunjukkan kebiasaan tumbuh merambat atau menjalar. Tanaman merambat ada beberapa jenis, termasuk semi-merambat dan merambat penuh. Tanaman merambat adalah tanaman yang bagus untuk dipakai menghias taman. Ini dikarenakan perawatannya mudah dan dan tanamannya kuat.

Tanaman rambat baik digunakan untuk mendekorasi pohon, pagar, separator atau pergola. Namun, memilih tanaman rambat yang tepat sangatlah penting jika kamu menginginkan hasil terbaik, baik secara keseluruhan dan estetis. Sebelum menentukan tanaman merambat apa yang akan kamu tanam, ada baiknya kamu mengenal jenis-jenisnya. Baca terus artikelnya, ya.

1. Bugenvil

Bugenvil (Copy)

Bugenvil atau dikenal juga dengan nama bunga kertas adalah salah satu jenis tanaman merambat yang sudah dikenal banyak orang di Indonesia. Tumbuhan ini menghasilkan beberapa bunga berwarna paling cerah di dunia tanaman. Tanaman merambat padat dan berkayu ini dapat berubah menjadi daun gagang raksasa berwarna ungu, merah, merah muda, oranye atau emas.

Tanaman bugenvil adalah tanaman tropis yang tumbuh di iklim hangat tetapi dapat ditanam sebagai tanaman tahunan di iklim dingin. Bugenvil dapat menyebar sampai 40 kaki (sekitar 12 meter) tingginya serta 10 kaki (sekitar 3 meter) lebarnya. Beberapa varietas bugenvil mempunyai duri yang panjang dan tajam.

2. Wisteria

Wisteria (Copy)

Wisteria adalah jenis tambahan merambat yang indah untuk pagar kayu putih ataupun pergola. Dalam bahas jepang tanaman ini disebut “Fuji” yang merujuk pada nama pohon atau bunga yang termasuk ke dalam famili Fabaceae. Bunga ungu pucat yang harum ini tumbuh dalam kelompok yang menjuntai ke bawah yang panjangnya bisa mencapai sekitar 10-80 cm.

Wisteria memiliki dedaunan padat dengan warna hijau muda di musim panas dan kuning mencolok saat musim gugur. Tanaman ini dapat menyebar hingga sekitar 9 meter tingginya dan 9 meter lebarnya. Ada 8 jenis wisteria, satu di antaranya adalah Wisteria Floribunda yang juga dikenal dengan nama Wisteria Jepang. Pohon ini mirip dengan pohon Willow.

Beberapa jenis wisteria dianggap invasif. Jadi, pastikan terlebih dahulu jenisnya sebelum menanam. Kamu tidak mau rumahmu hancur karena salah memilih tanaman, kan?

3. Purple Coral Pea (Hardenbergia violacea)

Purple Coral Pea (Hardenbergia violacea) (Copy)

Bunga ungu yang dimiliki tanaman Purple Coral Pea menyerupai bunga wisteria yang indah yang menghiasi tanaman tropis pada musim dingin atau musim semi. Berbeda dari tanaman merambat lainnya yang umumnya kuat, Purple Coral Pea justru sebaliknya. Tanaman ini tidak terlalu kuat . Purple Coral Pea bisa tumbuh sampai dengan ketinggian sekitar 6 kaki atau 1.8 meter.

Tanaman ini merupakan tanaman asli Australia dan termasuk ke dalam famili Fabaceae. Tanaman ini memiliki 3 spesies dan mereka tumbuh di wilayah Queensland hingga Tasmania. Nama Hardenbergia violacea atau Purple Coral Pea didapat dari seorang ahli botani pada abad ke-19 yang bernama Franziska Countess von Hardenberg.

Di Australia tanaman ini umumnya dikenal dengan nama purple coral pea, fake sarsaparilla, native lilac, happy wanderer, warburra, yang berasal dari bahasa Kattang. Di tempat lain tanaman ini juga disebut sebagai lilac atau lilac vine. Purple coral pea memiliki bunga khas tanaman kacang, yaitu berwarna ungu tapi bisa juga merah muda, putih, dan warna lainnya. Warna daunnya hijau tua dan keras juga kasar.

4. Melati Bintang

Melati Bintang (Copy)

Disebut juga dengan nama Downy Jasmine atau Indian Jasmine, melati bintang (Jasmimum multiflorum) berbunga banyak. Tanaman ini berbunga di musim semi dan awal musim panas, melati bintang akan mengharumkan seluruh taman. Coba berjalan-jalan di halaman yang memiliki tanaman merambat yang mudah ditanam ini dan aroma bunga putih cerah ini akan tercium kamu melihatnya.

Gugusan bunga yang berbentuk bintang  mungil dilengkapi dengan daun hijau kecil yang mengkilap. Melati bintang adalah tanaman kayu yang tumbuh cepat saat ditanam di bawah sinar matahari penuh. Tanaman ini tumbuh dengan cepat pada punjung atau pagar. Cocok untuk dijadikan tanaman pelindung. Batangnya yang melilit menempel di struktur dan bergerak tumbuh ke atas dengan cepat.

Tanam di dasar pergola atau punjung untuk membuat atap struktur yang harum. Dorong tanaman ini untuk merambat ke atas tiang pendukung dengan melilitkan tanaman yang masih muda di sekitar dasar tiang. Melati bintang tidak merambat di tembok batu bata.

5. Mawar Zephirine Drouhin

Mawar Zephirine Drouhin (Copy)

Zephirine Drouhin merupakan jenis mawar yang tumbuh merambat. Tanaman ini merupakan jenis mawar tanpa duri ini tumbuh membentang dengan bunganya yang berwarna merah muda. Batangnya yang tak berduri menjadikannya tanaman mawar yang bagus untuk diletakkan di bangunan lengkung atau pergola di atas jalan masuk atau teras.

Bunga Zephirine Drouhin mekar pada musim semi hingga musim gugur. Pada tahun 1873, mawar antik ini diperkenalkan secara resmi di Perancis. Zephirine Drouhin dapat mekar terus-menerus dan hidup di beragam zona iklim. Tanaman mawar ini bisa tumbuh hingga tinggi 12 kaki (3,7 meter) dan lebarnya 3 (1 meter) sampai 6 kaki (2 meter).

6. Sweet Pea

Sweet Pea (Copy)

Tanaman Sweet Pea merupakan salah satu bunga taman yang bisa tercium aromanya sebelum terlihat tanamannya. Sweet Pea yang merupakan tanaman rambat evergreen yang mudah tumbuh ini menghasilkan bunga-bunga halus pada musim semi atau awal musim panas. Bunganya memberikan keharuman dengan aroma manis dan pedas yang menyenangkan di taman.

Penyuka berkebun mengumpulkan dan menanam semua warna dan bentuk bunga sweet pea yang harum. Tanaman yang termasuk dalam famili Fabaceae dan memiliki nama ilmiah Lathyrus odoratus asalnya dari Italia bagian selatan. Nama Sweet Pea sepertinya berasal dari aroma tanaman ini yang beraroma sangat manis.

Sweet Pea lebih cocok di cuaca dingin dan akan layu begitu musim panas tiba. Meskipun tanaman ini memiliki musim tanam pendek, di sebagian besar wilayah, Sweet Pea adalah jenis tanaman yang berharga bagi taman bunga dan bunga potong yang digunakan untuk karangan bunga. Tanaman ini populer dan menjadi obesesi para penyuka berkebun pada pergantian abad ke-20.

7. Mawar Crown Princess Margaretta

Mawar Crown Princess Margaretta (Copy)

Mawar ‘Crown Princess Margareta’ adalah mawar semak yang sangat harum, yang juga dapat didorong agar bisa merambat ke atas. Bunganya berwarna oranye aprikot dan memiliki ukuran yang sedang serta  berbunga berulang-ulang. Nama Crown Princess Margaretta diambil dari nama cucu Ratu Victoria. Dia sangat mahir dalam berkebun. Jenis mawar ini tumbuh di semua iklim.

Untuk hasil terbaik, tanam mawar ‘Crown Princess Margareta’ di tanah subur dan terawat baik di bawah sinar matahari penuh hingga teduh parsial. Tunasnya muncul pada tanaman sepanjang musim. Mawar Inggris ini cocok ditanam di arch. Pada saat yang sama, batang menahan bunga sepanjang batang dari tanah ke atas, menciptakan arch yang tertutup bunga.

8. Morning Glory

Morning glory (Copy)

Morning Glory yang memiliki nama latin ipomomea ini pertama kali di kenal di negeri tirai bambu Tiongkok. Bunganya berbentuk lonceng tunggal atau ganda dan tanaman ini tumbuh padat dengan cara merambat. Kelopaknya yang berwarna ungu cerah kontras dengan bagian tengahnya  yang berwarna kuning cerah atau merah muda yang kontras.

Pohon ini merambat dan tumbuh dengan cepat dan menyebar hingga 10 kaki (3 meter). Di Tiongkok bijinya dimanfaatkan sebagai obat pencahar. Kemudian pada abad ke-9 tanaman ini mulai merambah ke negara Jepang dan dijadikan sebagai bunga hiasan.

9. Boston Ivy

Boston Ivy (Copy)

Meskipun namanya Boston Ivy, tanaman ini merupakan tanaman asli dari Tiongkok dan Jepang. Boston ivy adalah tanaman yang fleksibel soal persyaratan naungan matahari, tetapi warna dedaunannya akan dipengaruhi oleh tingkat cahaya matahari. Lebih banyak sinar matahari, warnanya akan lebih baik.

Tanaman ini akan tumbuh merambat dalam naungan parsial sampai matahari penuh di tanah yang kering dan tanah liat. Jika kamu ingin menanam Boston ivy, pastikan bahwa tanaman ini memang akan dijadikan tanaman tetap karena setelah mendapatkan tumpuan pada dinding, Boston ivy akan susah dilepas.

10. Clemantis Dr. Rupel

Clemantis Dr. Rupel (Copy)

Mungkin clematis Dr. ruppel tidak seterkenal clemantis Jackman, tetapi tanaman ini dihargai karena bunga-bunganya yang berwarna pink. Clematis Dr. Ruppel membutuhkan struktur pendukung untuk tumbuh dengan baik tetapi juga akan tumbuh di atas dinding, di atas semak besar, menutupi tonggak, dan penutup yang sempurna untuk area yang tidak sedap dipandang.

Menghias taman dengan tanaman akan merambat memberikan sentuhan klasik ke kebun. Selain itu tanaman ini juga bisa menjadi penghalang sinar matahari yang bagus. Jika kamu ingin tumbuhan hijau yang dapat dengan cepat menutupi ruang kosong, tanaman merambat sepertinya yang kamu butuhkan. Jadi, mau tanam tanaman merambat yang mana?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar